Selasa, April 08, 2014
0
RIAU-(IDB) : Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksma) TNI Arief Rudianto, S.E., menutup latihan bersama Multilateral Komodo 2014 di lapangan dermaga pelabuhan Selat Lampa Kabupaten Kepulauan Natuna Propinsi Kepulauan Riau, baru-baru ini.
 

Pada kesempatan tersebut Panglima Armada RI Kawasan Barat Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, S.E., membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio. Dalam amanatnya Kasal mengatakan bahwa latihan bersama dengan sandi Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 yang dilaksanakan saat ini mengambil tema “cooperation for stability”, dengan menitikberatkan materi latihan pada aspek non warfighting dan fokus latihan pada disaster relief.
 

Lebih lanjut, Kasal mengatakan tujuan dan sasaran pelaksanaan latihan bersama ini mempunyai dimensi kepentingan nasional, regional dan internasional antara lain meningkatkan hubungan antar negara-negara Asean pada khususnya, dan negara non Asean pada umumnya serta meningkatkan stabilitas keamanan maritim kawasan.
 

Selain untuk meningkatkan kemampuan (capacity building) tim penanggulangan bencana Indonesia terutama TNI Angkatan Laut, dalam konteks operasi secara multilateral. Lebih lanjut dapat memberikan rekomendasi dan masukan strategis bagi kerja sama Asean Regional Forum (ARF) dalam penanggulangan bencana di wilayah regional serta untuk meningkatkan kemampuan komunikasi sosial internasional dan kerja sama prajurit TNI Angkatan Laut dengan negara Asean dan Asean plus.
 

Latihan bersama Multilateral Komodo 2014 telah dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan bersama, baik di Batam pada saat harbor phase, maupun sea phase dan civic mission di Anambas dan Natuna. Kegiatan harbor phase meliputi  Table Top Exercise (TTX), Command Post Exercise (CPX) meliputi Presail Brief dan Tactical Floor Game (TFG). Pada kegiatan civic mission telah dilaksanakan Kegiatan Engineering Civic Action Project (ENCAP) dan Medical Civic Action Project (MEDCAP) yang diselenggarakan di daerah Jemaja, Tarempa dan Sabang Mawang.
 

Upacara penutupan tersebut diakhiri dengan penandatanganan prasasti Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 ENCAP dan MENCAP sektor Natuna oleh perwakilan dari Angkatan Laut  Australia yang lakukan oleh Capt. Henry William CO kapal Australia HMAS Launceston, Philipina oleh CDR Corbe Jack CO kapal BRP Gregorio Del Pilar, Rusia diwakili oleh Capt. Vladimir Djuli Pummed CO kapal Marshal Shaposnikov (BPK 53), Vietnam diwakili oleh Capt. De Minh Thai CO kapal VPN Khanh Hoa dan Bupati kepulauan Natuna Drs H. Illyas Sabli di Selat Lampa.




Sumber : Koarmabar

0 komentar:

Posting Komentar