Senin, April 11, 2011
0
MAKASSAR-(IDB): Dua kapal perang Australia HMAS Yarra dan HMAS Huon dan satu kapal perang Amerika Serikat, USS Guardian, dijadwalkan sandar di Pelabuhan Hatta atau pelabuhan peti kemas, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (11/4/2011) ini.

Ketiga kapal tersebut ke Makassar untuk membawa misi perdamaian. Rencana kedatangan tiga kapal ini disampaikan Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL VI, Mayor Imam Danu Pranoto kepada Tribun Timur, Minggu (10/4/2011).

"Insya Allah besok sandar dua kapal perang Australia dan satu Amerika. Kami harap wartawan datang meliput kedatangan kapal tersebut," kata Imam Danu. HMAS Yarra diproduksi di Newcastle, Australia dan pertama kali beroperasi, 1 Maret 2003.

Kapal ini dapat mengidentifikasi dan menetralisir ranjau serta dilengkapi kamera sonar sorot yang dikendalikan dari ruang kemudi.

Kapal ini memiliki panjang 52,5 meter, bobot 720 ton, dan memiliki kecepatan 14 knot. HMAS Huon diproduksi untuk Angkatan Laut Australia oleh Industri Pertahanan Australia di Newcastle, North South Wales.

Kapal ini diklaim sebagai kapal tercanggih di dunia dan terbuat dari fiber. Beroperasi pertama kali pada 15 Mei 1999, ia memiliki panjang 52,5 meter, bobot 720 ton, dan kecepatan 14 knot. Sedangkan USS Guardian pertama kali beroperasi 16 Desember 1989.

Kapal penyapu ranjau ini memiliki bobot 1.389 ton dan memiliki panjang 68 meter. Kapal ini memiliki kecepatan 14 knot. Sebelumnya, dua kapal perang Australia itu juga bersandar di Pelabuhan Umum Tenau Kupang selama beberapa hari.


Sumber: Kompas

0 komentar:

Posting Komentar