Rabu, Oktober 02, 2013
117
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetio (photo:sindotrijaya.com)
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetio.

JAKARTA-(IDB) : Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetio mengatakan pemerintah belum menentukan sikap atas tawaran hibah sejumlah kapal selam dari Rusia. 

Pernyataan ini disampaikan KASAL usai melakukan kunjungan ke Rusia bersama Kementerian Pertahanan, untuk pembicaraan awal tentang tawaran hibah tersebut.


Laksamana Marsetio mengatakan, selain membicarakan urusan hibah, perwakilan Indonesia juga melihat kondisi dan kemampuan kapal selam Rusia. “Yang ditawarkan kapal selam Kilo Class,” ujar Marsetio di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2013.


Marsetio menyebut kapal selam Kilo Class Rusia mempunyai kemampuan bagus dan kapal selam produksi 1990-2000-an itu tergolong canggih.


Kapal selam kilo yang ditawarkan Rusia mampu menembakkan rudal dari dalam laut ke permukaan. Rudal yang diluncurkan pun punya jangkauan jauh, yakni 300 kilometer. “Indonesia belum punya kapal selam seperti itu,” ujar Laksamana Marsetio.

Rudal Klub S yang ditembabakn dari Kapal Selam Rusia
Rudal Klub S yang ditembabakn dari Kapal Selam Rusia

Saat ditanya kemungkinan sikap Indonesia dan Rusia, Marsetio mengaku tak tahu. Menurut dia, kedua negara belum ada kesepakatan untuk hibah itu. Marsetio memilih bungkam saat ditanya soal kendala yang dihadapi. 

 Begitu pula soal berapa dana yang diperlukan Indonesia untuk hibah ini. “Itu pembicaraan tingkat Menteri Pertahanan. Soal jumlah (kapal selam yang akan dihibahkan) belum ada kesepakatan juga,” ujar dia.

Rudal 3M-14E berdaya jangkau  290 km dengan hulu ledak 400 kg yang diinstal di kapal selam Kilo pesanan Vietnam
Rudal 3M-14E berdaya jangkau 290 km dengan hulu ledak 400 kg yang diinstal di kapal selam Kilo pesanan Vietnam
Sebelumnya, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan pemerintah Rusia menawarkan 10 unit kapal selam kepada Indonesia. Meski demikian, Menteri Pertahanan juga belum menyebut titik terang dalam tawaran hibah ini. 

Menyambut pernyataan Menteri Pertahanan tersebut, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, tawaran 10 unit kapal selam dari Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia, merupakan hal menarik dan tawaran itu perlu dikaji lebih lanjut.






Sumber : JKGR

117 komentar:

  1. Tunggu apa lagi? Tawaran sudah didepan mata. 10 unit bukan jumlah yg sedikit,apalagi kilo class merupakan kapal selam petarung bukan ecek2 dan kw-kw an seperti changbego.

    BalasHapus
    Balasan
    1. TUNGGU DAPAT TAMBAHANNYA DAN BORONG SUKHOI...RENCANNYA INDONESIA MAU BORONG 112 SUKHOI


      http://duniamiliterterkini.blogspot.com/

      Hapus
    2. ya bro, bungkus aja gak usah byk pertimbangan, keburu dikasih ke negara lain. sekalian rudal S-300

      Hapus
  2. Mungkin harga hibahnya yang terlampau mahal jadi pertimbangan kemenhan, dan semoga bukan karena tekanan paman sam

    BalasHapus
  3. kita lihat saja nanti ...seandainya hibah kapal selam gagal berarti memang ada tekanan dari pihak amerika./

    BalasHapus
  4. rusia menawarkan hibah karena kemaren kalah tender dengan korea, karena korea mampu menawarkan ToT KS Type 209 sedangkan rusia tidak berani,
    kedepannya indonesia akan membeli KS type 214 dari turki dengan skema ToT juga,
    menghadapi hal tersebut mau tidak mau rusia menawarkan hibah agar KS nya laku dan mengamankan pasar (indonesia negara kepulauan terbesar dengan GDP yg meningkat)
    itulah strategi rusia karena dengan dana untuk membeli 10 KS rusia sebenarnya indonesia sudah bisa untuk pengadaan minimal 3 KS Type 214 beserta ToT nya,
    seperti kata petinggi TNI AL, deteren yang sesungguhnya bila indonesia mampu membuat KS sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau bicara apa ?... tot ahli tehnologi changbegok asli bohong , yg saya tahu penguasa sekarang sudah terima upeti duluan , iyaa...toh ! Kita bicara fakta yata lah...rusaknya negara ini akibat peminpin kita serakah 100% yata !

      Hapus
    2. Kamu tahu dari mana tong ? Negara rusaklah apalah ... Buktinya pembuatan kapal selam changbogo sudah dimulai .... Dan pemotongan baja secara simbolis sudah dilakukan .... Tunggu dan lihat saja .... !!! Itu faktanya kalau tidak bisa jadi warga negara yang baik .... Itu Bukan salah pemerintah .

      Hapus
    3. Ni orang klo ngomong kayak dukun ajah... cb klo dia di pemerintahan kemungkinan dia yg jago nrima suap.. hehehe... peace

      Hapus
    4. sssstttt.....jgn pada ribut agan2, itu KS Kilo yg dihibahkan sebagian sdh nongkrong di Palu.tuh, pejabat kita diplomasinya canggih bro...sengaja dipublikasikan belakangan utk ngetes reaksi masyarakat.

      Hapus
  5. kapal selam kilo ada jenis2nya ndak ya? mohon penjelasan dr agan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ditawarkan ke indonesia
      Mungkin tipe 877ekm menyebut kemampuan hentak rudalnya. Bukan proyek 636 varsyanka.

      Hapus
  6. Kilo sub marine sudah selayak nya segera di akusisi terlalu banyak bicara bukan solusi tepat pegadaan alutsista berkualitas hebat , kita berkaca ke negara vetnam hidup mandiri dan gak mau atur negara luar patut di tiru , sampai kapan indonesia jadi boneka mainan barat sekutu ?.... ini negara sudah salah jalan akibat kita salah pilih commander .

    BalasHapus
  7. Ya kok dapatnya yang bekas lagi ???? Alutsista kita memang jadi banyak secara kwantitas tetapi kwalitasnya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekasnya Russia bukan seperti bekasnya Asu,yg tdk memilki efek gentar k lawan...
      ks kilo Russia terbukti handal dan sangat di takuti oleh eropa barat...

      Hapus
  8. ToT kapal selam penting tapi memiliki kelas Kilo juga penting.....karena jauh dari kata setara dengan buatan sendiri kalo dibandingkan dengan kapal selam kelas kilo...... baik kapal tempur pun seperti itu.
    Jadi kalo mau pengamanan berkualitas yaaa mau tidak mau harus punya herder kilo ini...... kl dah punya ini langsung merubah keamanan papua....dan keutuhan NKRI....
    Tapi kl mikir nya lama yaaaah makin bertingkah tuh australia.......lawan kita mah udah bukan malaysia......tapi australia jadi hayo maju pak menhan.....tak dukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. tot apaan bos????wong kapal selam korea aja kita dikadalin...tot apaan itu kalau cuma nongkrong lihatin orang kerja lagi buat kapal selam???emang ente bisa cuma nongkrongin doang terus dapat buat kapal selam????

      Hapus
    2. Kita tidak dikadalin masbro masalah TOT sdah jelas ....
      Kemarin kita cuma bisa lihat sebab proyek KS changbogo untuk pesanan negara lain ..... Nah sekarang setelah pemotongan baja yang diresmikan secara simbolis oleh wakil pemerintah .... Tenaga ahli kita sudah terlibat langsung dalam pembuatannya .... Gitu masbro ....

      Hapus
  9. pak menhan pinter di mulut ngomongnya blm ada titik terang padahal pak beye ama menhan udah sujud syukur di ruangan masing2... hehe... kapal selam kan senjata yg (syutttt) rahasia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo kyk gk tau aje pak menhan. Orgnya pendek kyk babi. Otaknya bodoh. Munkn jdi prof dlu nyogok kali.

      Hapus
    2. Ano 10.37 ente ndak ngerti maksud omongan ano 08.23 maksudnya pak menhan ni cuma omongannya yang bilang blum ada titik terang...padahal barangnya dah bisa keambil gitu lhoo....otak ente ni jangan kaya babi lah bahasanya babi melulu......begitu bukan ano 08.23??

      Hapus
    3. =))
      ano 10.37 kalo komen ga pake otak..
      mendingan orang bodoh (masih bisa make otak), lha ini?
      wkwkwkw punya otak tp ga bisa caranya makai =))

      Hapus
    4. helowwww
      ngomong paje budi luhur ya
      yg diajarkan ortu mu jngan diaplikasikan disini
      kalo bodoh gk mungkin bisa lulus akmil
      soooo kalo gk lulus tes cpns, scaba dll jngan gitu ngomongnya

      Hapus
    5. :d ano 10.37 kamu manusia atau tidak...
      manusia itu ngomongnya pake adab bukan asal jeplak... [-(

      Hapus
  10. ditekan as aja takut....kita dah merdeka 68 tahun..beli aja tu kilo..jangan takut sama as..sukarno aja berani..

    BalasHapus
  11. Nafsu amatttttt haha...

    BalasHapus
  12. Saya sangat yakin dan pasti klo tni bakal mengoperasikan ks tsb, karena nkri sangat membutuhkannya, didukung kondisi finansial yang bagus. Rahasia strategi militer tidak akan diekspos secara terang-terangan dan vulgar..jalesveva jayamahe

    BalasHapus
  13. Ya namanya juga alutsista rahasia keputusannya juga rahasia.... Jd kita sssttt ssstttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. ssstttt... ini rahasia ya, KS Kilo yg dihibahkan itu beberapa sdh ada di teluk Palu tuh, cuma gak ada yg tahu...tp ini rahasia loh..sstttt

      Hapus
  14. alutsista semua itu tdak akan menyejahterakan rakyatnya..klu pemerintahnya menerapkan ekonomi KAPITALIS DAN LIBERALIS.krna kepentingan rakyat sudah tergusur oleh pemilik modal asing.dgn pembelian senjata yg super canggih.pertanyaanya mampukah indonesia MENASIONALISASI perusahaan ASING,Yg slama ini sudh menyedot SDA indonesia,semenjak bung karno,mengangkat soeharto menjadi presiden,hingga sa'at ini...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menasionalisasi perusahaan asing? Lo ngomong apa berak? Perusahaan asing datang menanamkan modalnya ke indo,mereka bawa teknologi yg kita tdk punya.mereka membuka usaha disini dan membuka lapangan pekerjaan buat jutaan rakyat indo.
      Negara mana yg ga punya investor asing?
      Guoblok lo.

      Hapus
    2. Yo pak harto ntu kudeta halus bro.

      Hapus
    3. ano 10.07 bocah baru lahir kemarin sore...
      lo kira dgn adanya perusahaan asing d indo dpt mensejahterahkan rakyat...
      tidak,sebelum pemerintah yg mengelolah SDA negara ini maka kesejahteraan rakyatnya tdk akan terpenuhi...
      contok fakta PT Freeport asu...ada lo lihat rakyat papua nya hanya d jdiin babu/kuli,anjing penjaga di tanahnya sendiri utk menjaga perusahaan asing...
      ap mereka merasa sejahtera (rakyat) dan ini yg d sebut lapangan pekerjan yg lo maksud...?!
      Dan ini sistem pemerintahan indo yg harus kita lanjutkan sampai kiamat...

      Hapus
    4. Lo org tua yg dah mau mampus.lo pikir investor asing cuma pt.freeport ?picik sekali otak lo

      Hapus
    5. ano 12.13
      hebat kali lo tau ajal gw bakal mampos dluan dr pd lo...udh macam Tuhan aj lo,,,wkwkw
      mungkin lo yg dluan mampos,ajal orang tu tdk ad yg tau biar pun umurnya masih muda dan tua...
      makanya byk" belajar rohani dan jasmani ya cok...
      jgn pikiran lo d penuhi dgn pikiran kotor, yg dpt mendatangkan kemiskinan dan menjadi beban negara alias ampas...

      Lo baca lg cok,,,gw nulis salah satu contoh faktanya...walaupun masih byk investor asing d indo ini...

      susah bgt a klo kita ini berbicara dgn orang yg tdk pernah mencicipi bangku sekolah,,,wkwkwkw :-)

      Hapus
    6. Dasar lo malon kontol.
      Pt.freeport sudah dikelola oleh asu sejak papua masih dijajah belanda.
      Karena sikap licik asu yg ingin menguasai kekayaan emas dipapua maka diam2 asu mendukung agar papua masuk kedaulatan NKRI.
      Sekarang pun jika indo terlalu memaksakan hak bagi hasil disana maka asu pasti akan mendukung isu papua merdeka.
      Ngerti lo cok?

      Hapus
    7. memang bener gk mensejahterakan rakyat karna gk ada hubungannya bro senjata samakelangsungan hidup orng... tp kalo ada pabrik senjata yg di pegang BUMN keuntungannya buat siapa? kembali ke rakyat... yg aneh itu subsidi bbm = ngilangin kemiskinan emng orng miskin minum bensin wong 1 liter aja gk bakal abis diminum... kalo pendidikan baru bisa ngilangin kemiskinan... jepang, korea, cina, singapur itu berjuang dari pendidikannya dulu

      Hapus
  15. ayo Pak MenHan beli aja, datangnya satu satu juga nggak papa, yg penting udah kontrak... terjamin...

    BalasHapus
  16. wakakaka dikasih hibah borongan juga jiberrr,...emang nasib negara kita agak gembel sih,dikasih borongan bingung dana pemeliharaan,dana infrastruktur tambahan untuk pelabuhan baru,dana operasi,dana pelatihan awak baru....contoh usa aja siap kasih tambahan 10-20 hibah f 16,...kitanya sendiri yang ngeper gak mampu

    BalasHapus
  17. yang kita butuhkan pemimpin yang pemberani n jenius..

    BalasHapus
  18. menurut gw,, yg pengen sok tau..
    rusia memberikan kredit pinjaman 1M dolar, yg sudah di gunakan300jt dolar sisa nya 700jt dolar.. dan rusia ingin segera menggenapinnya dengan memberikan hibah 10KS dgn biaya perbaikan 700jt dolar.. sedangkan indonesia masih membutuhkan 3 senjata lg dr rusia . makanya menhan nego masalah harga dan jumlah nya, cos utang luarnegri kita udah lebih 2000T. mungkin jumlah nya cukup 5 aja dlu. sisa nya utk S300 dan SU 35 serta BMP 3F. buar pemerinta ga di salahkan bgt sama rakyat indonesia .terkait hutang yg jauh melebihi jaman mega / suharto.
    utk MEF selanjutnya TNI sendiri butuh SU 35..dan S300 klo bs digenapin pinjamannya itu sekalian su 35 dan s300. ,soalnya yg waktu survey ke rusia KSAU jg ikut kesana??? apa lg klo bukan utk su 35 / S300..dan rudal2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang punya duit bosss???wong beli oerlikon yang murah aja ngeteng...kok masih ngimpi su 35 bm/s 300???entah kalau 5 tahun akan datang baru ada...itupun saya jamin gak ngefek buat lawan...dijamin ngeteng lagi

      Hapus
    2. ano 11.56
      jd orang tuh yg cerdas,bukan asal jeplak cangkem'e,disitu ditulis rusia menawarkan kredit,bukan cash,tau g maksudnya kredit,kaya elo g pernah beli kredit aja,

      Hapus
    3. ano 11.56
      ndk usah d tangapin bos..itu orang tdk pernah sekolah...tau ap dya dgn info di dunia ini...
      maklum tu orang baru mengenal dgn dunia maya,jdnya ya gtu agak kaku isi dlm otak nya...wkwkw

      Hapus
    4. ano 11.56 ni jamaah pesimisiyah di IDB jadi mohon dimaklumi pemikirannya nggak kedepan......

      Hapus
    5. bro andi ada data gk utang kita saat ini melebihi zaman soeharto dari satuan dolar?... kalo ane liat utang kita masih bermanfaat contoh utang itu dibangun jalan tol, jalan tol menghasilkan uang, uang buat cicilan, 10th hutang lunas dan kita punya jalan tol... maav agak mepet2 utang karna banyak yg salah persepsi bahwa utang iyu ntar buat beli kasur untuk bobo pak beye

      Hapus
    6. klo dari jaman suharto blm gw dpt datanya tp dari tahun 2000 s/d 2013 ada bro bisa diliat di situs ini .http://manado.tribunnews.com/2013/09/20/ini-utang-pemerintah-indonesia-jumlahnya-rp-2177-triliun
      Tahun 2000: Rp 1.234,28 triliun (89%)
      Tahun 2001: Rp 1.273,18 triliun (77%)
      Tahun 2002: Rp 1.225,15 triliun (67%)
      Tahun 2003: Rp 1.232,5 triliun (61%)
      Tahun 2004: Rp 1.299,5 triliun (57%)
      Tahun 2005: Rp 1.313,5 triliun (47%)
      Tahun 2006: Rp 1.302,16 triliun (39%)
      Tahun 2007: Rp 1.389,41 triliun (35%)
      Tahun 2008: Rp 1.636,74 triliun (33%)
      Tahun 2009: Rp 1.590,66 triliun (28%)
      Tahun 2010: Rp 1.676,15 triliun (26%)
      Tahun 2011: Rp 1.803,49 triliun (25%)
      Tahun 2012: Rp 1.975,42 triliun (27,3%)
      Agustus 2013: Rp 2.177,95 triliun (26,4%)

      masalah utang ini bisa jadi kendaraan politik buat OPOSISI,utk menyerang pemerintah, makanya pemerintah sedikit hati2 menggunakan pinjaman.. tau sendiri gmn perpolitikan
      kita?
      tp mudah2an semua ada jalan nya , pertumbuhan ekonomi semakin tumbuh bukan hanya kalangan menengah , tp mudah2an kalangan bawah jg ikut merasakan pertumbuhan ekonomi negara kita ..sehingga bisa membeli alutsista yg di tawarkan rusia

      Hapus
    7. Coba dibuka mata dan pikiran kalian semua ya....

      Jika harga kapalselam 10 biji $700jt maka rakyat siap mendanainya cuk,
      taruhlah 1 kapal $70jt

      penduduk indonesia 250jt
      200jt penduduk indonesia iuran $1/bulan, maka tiap bulan ada duit $200jt

      sehingga kesimpulanya dalam waktu 3 sampai 4 bulan indonesia sudah bisa melunasi utangnya.....jancuuuuk. jika iuranya 1 tahun sekalian maka uang yang terkumpul ?????? hahahahahaha cuk...cuk

      bayangkan jika iuranya $2/bulan, maka dalam tempo 5 tahun lautan indonesia penuh dengan kapal selam hahahahahahahahahahah cuk.....

      Indonesia siap menyatukan asia tenggara dalam satu bendera dan satu lambang .... hahahaha

      Hapus
  19. taruh di beberapa samudra indonesia biar kapal perang australia di crhismast menghargai batas wilayah dengan indonesia...

    BalasHapus
  20. kasih masukan tuh ke dpr biar jadi beli satelite....perang masa depan ya pake sate lite, n rudhaaaaaal brooo...

    BalasHapus
  21. untuk pecinta perkembangan alutsista tni...ada yang tahu berita tentang berita pembelian light frigate dari inggris...?gak ada kabarnya yyyaa..?

    BalasHapus
  22. Ambilllll bos ambillllll, masih seger tuh lontong

    BalasHapus
  23. obat kuat..



    Kami menyediakan obat anti ejakulasi dini,

    pil biru

    kapsul ajaib

    spray tahan lama

    kapsul pembesar

    vacum pembesar peny / payudara



    obat kuat

    1)) pil biru 2)) Nangen

    3)) cialis .4)) maxman

    5)) v6 tian .6)) sony

    7)) black ant .7)) vimmax



    OIL PEMBESAR



    1. BULUS OIL

    2. CROcoDILE OIL

    3. BLACK MAMBA OIL

    4. ARABIAN OIL

    5.COBRA OIL

    6.LINTAH OIL



    ALAT BANTU PRIA / WANITA



    1.BONEKA FULL BODY JEPANG/USA

    2.VEGY GETAR RINTIH SUARA

    3.VEGY GETAR

    4.PENY MMUTIARA

    5.PENY IKAT PINGGANG

    6.PENY DUDUK

    7.VACUM + CREAM PEMBESAR PAYUDARA

    8.VACUM + OIL PEMBESAR PENY



    BAGI YANG BERMINAT

    HUBUNGI:

    081931360661 XL

    081222668812 SIMPATI

    083829387146 AXIZ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doyan ngentot nih org,dikira ini tempat mesum apa..

      Hapus
  24. jossss.. ini berarti trik lempar batu sembunyi..
    TERUUUS.. HA..3X

    BalasHapus
  25. apapun canggihnya alutsista kalo tidak berani nembak musuh sama aja bohong...
    Menurutku yang terpenting mengembleng NYALI prajurit pada musuh to calon musuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seiring tuntutan reformasi nasional, TNI sampai saat ini terus melaksanakan reformasi internal dengan melakukan berbagai perubahan yang signifikan termasuk diantaranya perubahan doktrin. Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor : Kep/21/I/2007 tanggal 12 Januari 2007, telah ditetapkan Doktrin TNI "Tri Dharma Eka Karma" ?.

      nah yg aku pertanyakan Doktrin TNI ini gmn kelanjutannya...?!
      ad yg tau nasip dokrin TNI saat ini....

      Hapus
  26. mending armur...stroooonggg....ada vls dan sistem pertahanan udara...jet lawan akan jerit2 kalau dekat kapal selam armur...kapal selam lain cuma rudal anti kapal+torpedo

    BalasHapus
  27. ini baru berita teman2 http://s3.zetaboards.com/Defense_Philippines/topic/7636461/1/ coba dibuka kita beli tambahan 2A6 80 unit

    BalasHapus
    Balasan
    1. weww lagi "mamayu", sesudah sakit jadi banyak makan.. Rakus Senjata =p~ (h) saya kira benar, karena Jerman tidak akan begitu saja melepas 2A4 sedemikian "murah" jika tidak ada komitmen "bisnis" lanjutan..

      Hapus
    2. Ne ada juga gan, News bulan Mei 2013, kemungkinan tidak hanya 2A4 tapi dengan 2A6 juga.

      http://www.defenseindustrydaily.com/rolling-sales-indonesia-becomes-the-latest-buyer-of-german-tanks-013042/

      "This may be why previous reports have mentioned the Leopard 2A4 and 2A6 variants for Indonesia, even though recent sales to Qatar and Saudi Arabia have involved the 2A7 variant." :)

      Hapus
    3. cakep gan info forum dr negara tetangga,makin d sengani ne indo d kawasan 8-)

      Hapus
    4. ini gan gue juga ada referensi kalo indonesia sudah beli tank leopard 2A6 http://militerindonesiamy.blogspot.com/p/inikah-tank-leopard-a26-indonesia.html

      Hapus
  28. Pada ga tau see.. KS Kilo Class itu "PASTI" dimiliki Indonesia, yg jadi pertimbangannya adalah : Baru atau Refurbish, apakah kualitas dulu atau kuantitas dulu.. PERCAYALAH, Kili Class bakal menjadi Inventori TNI AL.. MERDEKAAA !! cheer

    BalasHapus
  29. Proses nego ini mungkin krn mjd satu paket dgn pengadaan 8 skuadron fighter sukhoi atau 128 pesawat sukhoi, 3 kapal fregrat, 16 kapal patroli cepat, amunisi dan rudal dll smp sebelum th 2024. Saya rasa bagus utk melakukan kontrak jangka panjang mengingat utk pengadaan alusista tsb butuh waktu lama utk membuatnya kalau tdk direncanakan dari skg. Dgn kepastian kontrak tsb selain bisa menekan harga, jg mempunyai alat tawar yg lbh besar kalau pembeliannya dlm jumlah yg banyak spt klausal TOT, garansi service dan maintenance. selain itu kontrak jangka panjang ini bisa memberi kepastian pemenuhan MEF 2

    BalasHapus
  30. https://www.facebook.com/lembagakeris?hc_location=timeline
    baca aja inich BRO g' usah banyak ngayal bwat dapetin 10 ks RUSIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di berita itu tertulis walau kita dah inspeksi tapi dari pihak russia sendiri juga rada plin-plan...,masalahnya tawaran ini mendadak jadi kita juga harus menimbang dulu kalo jadi dibeli gimana dan ini tergantung kemhan jadi dibeli ato tidak.....jadi ane masih optimis kapal selam ni masih bisa kebeli....

      Hapus
  31. nih sama maboknya dengan wartawan bodrex....itu dibuat spin kata2...maksudnya 8 skuadron itu campuran..+termasuk heli,c295,cougar,cn 235 dll...bukan murni 8skuadron sukhoi.....masih ingat hoax beberapa tahun lalu gak???katanya beli 180 sukhoi?masih ingat hoax beli 300 bmp????nyatanya cuma ngeteng setronnng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca berita yang baru bro....ni ane kasih link
      http://garudamiliter.blogspot.com/2013/10/indonesia-intends-to-purchase-112.html

      Hapus
  32. Indonesia bisa jaya dan selalu akan jaya dengan kekuatan militer terkuatnya yang makin maju

    BalasHapus
  33. aaah,,, KSAL terdiam tidak menjawab kendala apa untuk beli kasel tawaran Rusia,,,,

    Udah kubilang kendalanya adalah ancaman Menhan AS Hagel waktu kemarin ke Jakarta,,,,
    ga bakalan tuh kasel dibeli!!!!!!!!!!! udahlah,,,, Hagel udah terima telpon dari Malaysia, Singapura dan Australia,... kalau Indonesia beli kasel Rusia maka keseimbangan keamanan Regional ASEAN jadi terganggu,,, karena kalau pemerintahnya di 2014 berubah ke pemerintah yang radikal,,,, wah wah wah wah sangat berbahaya bagi kami pendukung AS tooh..... akakakakakakak,,,,

    Udahlah, aku udah tambah pesimis!

    BalasHapus
  34. keliatan klo indonesia itu bnar2 bodoh. knpa gk kita beli aja sih. efek getarnya sudah terasa. dana juga bisa diadakan. kok malah milih stngah2 kya beli alutsista darat yg kurang gigit. kita beli KS itu setngahnya aja juga gak apa . berpikir smart gtu lho. tapi hasilnya dahsyat

    BalasHapus
  35. Wah kemampuan radarnya dah bisa ga ya ngebaca target sampe jarak 290 km. KRI aja belom bisa make Yakhont secara maksimal, masih perlu bantuan KS utk menditek sasaran. 8-)

    BalasHapus
  36. nunggu apa lagi sih. ada tawaran bagus ditolak. ini lbh dahsyat dari changbogo atau chang jamal. beli 5 klass kilo juga gak apa klo dana gk ada. ini udh hibah lagi. udh ada ksmptn di dpan mata jgn ditolak

    BalasHapus
  37. negara kita itu cuman bisa komen doang. adu mulut mulu. adu argumen mulu. bsa dicontoh kyak gtu ampai skrg. revormasi juga cuman argumen aja. telah dah. beli senjata juga argumen mulu. apa istimwanya? gk prnh brtindak cepat.

    BalasHapus
  38. coba deh skrg mikir. katanya mau perkuat AL . buktinya bohong doang.

    BalasHapus
  39. liat aja pangkalan KaSel di sulawesi, diliat kira kira muat berapa kapal selam baik yg dah jadi ato yg potensial mau jadi

    BalasHapus
  40. sebenarnya yg ditawarkan rusia adalah kapal selam baru yg udah dibeli indonesia tp dibilang bekas, kapal itu udah lama disimpan dirusia. kapal selam itu disimpan dirusia karena di indonesia belum ada pangkalan kapal selam yg mampu menyimpan kelas kilo, setelah dibuatnya pangkalan dipalu n rusia akn membuat tempat pemeliharaan kapal selam di indonesia, maka 10 kapal selam kilo mulai dimunculkan dipublik yg bertepatan dgn hari proklamasi indonesia

    BalasHapus
  41. pasti nantinya pemerintah akn mengatakan dipublik bahwa batal mengakuisisi hibah kilo, padahal sebenarnya KS itu udah ada di indonesia agr semakin tdk diketahui kemampuan jumlah KS indonesia. logikanya seperti ini, tdk mungkin pihak rusia n indonesia ingin membangun pusat perawatan kpl salam di indonesia jika jumlah KS di indonesia sedikit n tdk mungkin pangkalan kapal selam dipalu dibuat klo cuman mengandalkan 5 KS ( 2 yg uda ada + menunggu 3 KS dr KORSEL)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar....bro. Lucukan KSnya U 209 tapi bengkel dan teknisinya. ....biasa nanganin KILO. ...

      Hapus
  42. Mending beli 5 aja, terus sisa dananya buat upgrade jadi project 636 terbaru, buat apa beli 10 tapi teknologi 90'an, minimal tuh KS spec nya kayak kilo vietnam wahaha

    BalasHapus
  43. tenang aja bro ........ Beli paket lebih murah ............. 10 ks kilo + 3 ks armur + 37 bmp 3f + 50 yokont + 112 sukhoi 35 BM + 5 batrai s300++ / s400 ......... Hingga 2024

    BalasHapus
  44. wakakaka semua ini ibarat gembel yang gak pernah punya mercedes....tapi kerjaanya gosip melulu...tapi tak pernah sekalipun merasakan naik kapal selam killo....gimana ceritanya beli borongan?wong beli fregat sigma aja fitur senjata dan radarnya abal2...itupun cuma 2 biji....ini lagi ngimpi killo?????maksud hibah itu cuma hull doang...kapalnya korslet semua...perlu refurbiss....rusia tawarkan refurbisnya....istilahnya jualan sparepart berkedok hibah.....sama aja hibah hercules,f16....kedok''hibah''....aslinya jualan spare part

    BalasHapus
  45. kalau 10 lontong gk jadi beli...
    Emang pemerintah indonesia koyo -jAnc*K
    garai tresmosi thoc

    yo rak c*k djanc*kk

    BalasHapus
  46. indo butuh kapal selam. pasti beli

    BalasHapus
  47. Kalo jadi, Indonesia bisa punya 15 kapal selam. Kalo udah bisa buat kapal selam, tetap harus dibuat lagi kapal selam baru, mungkin yang scorpene dibuat lokal (seperti India) biar ilmunya tambah banyak dan bisa buat kapal selam yang lebih bagus lagi yang cocok dengan perairan Indonesia.

    BalasHapus
  48. kasel baru tapi gak punya kunci untuk kapal aussie nd the genk ya sama juga boong buat apa? walau kilo bekas kan tetep bisa "nganterin" ato sekedar bikin alarm torpedo kapal2 aussie nd the genk meraung raung. biar bisa biken mereka sibuk sikit lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukur2 baru dan tetep bisa ngunci itu kapal ausie dan kawan2.. he..he..

      Hapus
  49. kebacotttt lok gk kbeli bro,,

    BalasHapus
  50. ano 14,43 komen nya bener banget! paling bener! gw jg ga yakin tuh sby berani beli! ntar ga didukung barat but jadi sekjen PBB , ahahah

    BalasHapus
  51. Hat2i dengan 'cyber troopper' yang sengaja disetting untuk memberi opini serong, menghina ,sok tahu, sok pandai tapi .... Kelihatan bodohnya ..

    _Rapatkan barisan untuk NKRI_

    BalasHapus
  52. HA...HA. ...TRIT LONTONG DIMANA2 STROOOONG...

    BalasHapus
  53. Tahun dpn ane cuma milih pemimpin yg berani menentang ASU kalo ga ada mending golput ajalah...drpd yg dipilih cuma bisa korupsi malah nambah dosa

    BalasHapus
  54. berani menentang bos besar asu?????ngimpi kali yeeee???emang kita siapa???rusia????wong sama singapura aja gak berkutik kok lawan usa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... penggemarnya USA lagi ketakutan...

      Hapus
    2. Siapa tahu muncul pemimpin baru spt yg kita inginkan..jgn peaimis gan mending kita amini aja..amiinnn

      Hapus
  55. kilo? yo di ambil lah yaw...

    BalasHapus
  56. Ini kan baru tahap awal pembicaraan ke 2 negara sepertinya pengadaan kasel killo dealnya butuh waktu lama.soalnya mef 1 ga ada tambahan kasel killo ini mgkin dimef 2 .y minimal 4 unit kasel killo kebeli sisanya pengadaan kasel kerjasama dgn turki biar nnti bisa bikin sendiri.mudah2an.

    BalasHapus
  57. 2 unit kilo menjaga laut banda, 2 unit di samudera pasifik, 2 kilo di laut china selatan, 2 kilo di samudera Hindia, 2 kilo di Kolinlamil, 3 changbego di laut jawa, selat makassar dan selat malaka, cakra dan nanggala di selat sunda dan selat bali. Pengawalan dilakukan oleh 2 destroyer di laut banda dan samudera Hindia, 2 PKR di Selat Malaka dan Laut China Selatan, 4 korvet sigma class

    BalasHapus
  58. Nambah komeng yg ke 100.... sekalian rudal BrahMos-nya dibungkus MUANTAB abiss.... X-)

    BalasHapus
  59. TOT adalah PERLU tapi WAKTU yang tidak tepat untuk menimbang-nimbang pengadaan alutsista dgn tambahan TOT,kondisi negara saat ini adalah DARURAT,jadi adakan alutsista SEGERA (bagaimanapun caranya) karena sangat banyak celah di negara ini yang sangat bisa dilemahkan oleh negara lain,dan ditambah juga dengan situasi dan kondisi Laut Cina Selatan yang sedang menghangat.Sangat boleh jadi akan ada Perang Regional di tahun 2015,masih mikir bodohkah dengan embel2 TOT????

    BalasHapus
  60. TOT adalah PERLU tapi WAKTU yang tidak tepat untuk menimbang-nimbang pengadaan alutsista dgn tambahan TOT,kondisi negara saat ini adalah DARURAT,jadi adakan alutsista SEGERA (bagaimanapun caranya) karena sangat banyak celah di negara ini yang sangat bisa dilemahkan oleh negara lain,dan ditambah juga dengan situasi dan kondisi Laut Cina Selatan yang sedang menghangat.Sangat boleh jadi akan ada Perang Regional di tahun 2015,masih mikir bodohkah dengan embel2 TOT????

    BalasHapus
  61. OK DEH KAWAN-KAWAN SEMUANYA,,,, SAYA TUTUP DISKUSI KITA INI YANG TIDAK ADA MANFAATNYA, DENGAN,,, NASIHAT YANG PERLU DIRENUNGKAN,,,,

    "MARILAH KITA SEMUA SIAP-SIAP UNTUK KECEWAAA,,, KARENA KASEL 10 UNIT ITU TIDAK AKAN PERNAH DIBELI !!!" KARENA DOI TAKUT SAMA SI HAGEL MENHAN AS !!!

    NANTI KALAU BENAR INGATLAH SAYA YAA,,, ANO DENGAN SANDI,,, "KASEL MIMPI"

    BalasHapus
  62. sebelum janur kuning melengkung... dst..dst.. sebelum palu diketok..dst..dst.. indonesia bisa memiliki kapal selam kilo... tidak ada akhir yang mengecewakan bagi indonesia....

    BalasHapus
  63. kalo gak 10 beli kilo 9 aja boleh lah...

    BalasHapus
  64. Plis pak Menhan, AD udah dapet mainan baru tak kira udah cukup bertaring dan jumlahnya cukup. Mengingat negara kita wilayah udara dan lautnya sama-sama luas dan rentan disusupi penyakit dari luar, kita perlu banyak-banyak mainan kapal selam dan pesawat, okelah borong 100++ SU, tapi jangan lupain Kilo Classnya, plis plis pak Menhan, 10 cukup untuk dikelilingkan di Nusantara dan luar nusantara, masalah menjaga perbatasan dengan tetangga sebelah ada Changbogo si anjing kampung (udah cukup garang), yg saya takutkan itu U.S di Ausie, dan konflik LCS, yah jaga-jaga dari pada kena imbasnya?? Who knows.

    BalasHapus
  65. Jangan lupa chang bogo ....... Si anjing kampung ....
    1; Anjing kampung rentan kena rabies lho hati2. dengan. gigitannya , apalagi kalau ada yang mau main2 dengan patok perbatasan mikir dulu lha ....
    2; Anjing kampung kalau beranak pasti banyak ....
    Jadi tunggu saja beberapa tahun kedepan pasti anak2nya akan lahir dari rahim TOT .

    VIVA changbogo

    BalasHapus
  66. Mungkinkah sebegitu bodohnya pemerintah kita sehingga menolak tawaran ini? Saya yakin tidak. Menurut saya ini strategi komunikasi pemerintah biar gak bikin ribut tetangga aja.

    BalasHapus
  67. Bungkus aja pak....lumayan bs nambahin alutsista kita.....

    BalasHapus
  68. tidak usah bamyak cincong sudah sikat aja...!klo kelamaan jangan2 masih ngituung berapa yang mau dikorupsi....

    BalasHapus
  69. ini baru sahabat, kepentingan relatif kecil bantuannya besar. smoga cepat realisasinya !

    BalasHapus
  70. indonesia kadang dibelokkan kepentingannya oleh sekelompok oknum nakal yang tidak ingin negeri ini maju, dengan macam2 retorika yang bikin mulas bila mendengarnya. tinggal saja orang2 nakal itu, mari lihat kepentingan nasional yang jelas berada diatas kepentingan pribadi, kelompok ataupun golongan termasuk diatas kepentingan pelaku politik dan dewan sekalipun. kalo dewan perwakilan tak setuju, padahal kepentingan nasional kita perlu alat pertahanan yang bagus, beli aja tanpa persetujuan parlemen, kami rakayt tak merasa rugi duit pajak kami buat dibelikan pelindung bagi kami, lebih baik daripada dihambur-hamburkan untuk biaya politik yang tinggi tapi hasilnya kurang dapat kami rasakan

    BalasHapus
  71. Baiknya diterima aja hibah kapal selam kilo...soalnya ini kapal selam bikin australia jadi merinding....apalagi kalau pangkalan sauhnya bisa dibuat di pulau terluar seperti pulau aru atau natuna/ambalat..pasti bikin efek gentar negara antek antek nekolim

    BalasHapus
  72. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus