Jumat, April 15, 2011
0
HTMS.Taksin FF-422
MEDAN-(IDB) : Dua kapal perang Thailand singgah di Pelabuhan Belawan, Medan, Jumat (15/4/2011). Kedua kapal yang membawa 582 personel ini, akan berada di Belawan hingga 18 April mendatang untuk kunjungan silaturahmi.

Kedua kapal tersebut, masing-masing His Thai Majesty's Ship (HTMS) Taksin yang bernomor lambung 422 dan dinakhodai Capt. Aniruth Sawasdee, serta HTMS Saiburi bernomor lambung 458 yang dinakhodai Capt. Ed. Youwananggoon. Sejumlah kadet Angkatan Laut Kerajaan Thailand ikut serta dalam rombongan ini.
 
Kedatangan kedua kapal ini disambut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, Laksamana Pertama TNI Amri Husaini. Dalam keterangannya, Danlantamal Amri Husaini menyatakan, kedatangan kedua kapal ini, tujuan utamanya adalah silaturrahmi kemiliteran. Selain itu untuk meningkatkan kerjasama dalam upaya menjaga keamanan perairan laut dari gangguan bajak laut.
HTMS Saiburi 458
 
“Kita juga berbagi informasi di bidang militer untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas,” kata Amri Husaini.

Dalam pelayarannya kali ini, HTMS Taksin dan HTMS Saiburi juga berperan sebagai unit training bagi para kadet Angkatan Laut Kerajaan Thailand. Keikutsertaan para kadet dalam kunjungan keluar negeri, merupakan bagian dari empat tahun masa pendidikannya.

Kedua kapal ini akan menempuh perjalanan sepanjang 9.235 mil selama 70 hari atau 615 jam. Pelayarannya dimulai sejak 1 Maret lalu dan akan berakhir 10 Mei nanti. Pelayaran dimulai dari Pelabuhan Sattahip di Thailand, kemudian menuju Penang di Malaysia, lalu Colombo di Srilangka, dan Phuket di Thailand.

Dari Phuket perjalanan menuju Belawan, dan rencananya akan menuju Bali, dan seterusnya menuju Singapura dan kembali ke Thailand.


Sumber: Detik

0 komentar:

Posting Komentar