Senin, April 18, 2011
0
GLOBAL-(IDB) : Menlu Kevin Rudd mengatakan, Australia ingin memperkuat hubungannya dengan NATO, tapi tidak bermaksud untuk masuk aliansi militer itu. "Kami ingin ... merumuskan kerja sama kami melalui kerangka kerja bagi kerja sama politik dan militer," kata Rudd dalam wawancara dengan pada Reuters, Kamis, di Berlin di sela pertemuan puncak NATO.

Langkah itu akan mempercepat konsultasi pada tingkat politik dan militer seandainya Australia ikut operasi di luar negeri, tempat NATO mengambil bagian.

Australia memiliki sekitar 1.550 tentara di Afghanistan, dan negara bukan anggota NATO terbesar dalam koalisi internasional yang memerangi gerilyawan Taliban di negara itu.

NATO telah meminta keterlibatan yang lebih aktif dalam keamanan dengan negara bukan anggota NATO sebagai bagian dari konsep strategis barunya, menekankan nilai hubungan dengan mitra-mitra strategis penting termasuk Rusia, India, China, Jepang dan Australia.

NATO memiliki seluruhnya 28 anggota -- sebagian besar negara Eropa ditambah Amerika Serikat dan Kanada.

Berdasarkan catatan Global Future Institute (GFI), Australia merupakan kekuatan menengah di dunia, namun dalam soal supremasi militer memiliki pengaruh besar di kawasan Asia Pasifik.

Sebagai kekuatan di Asia, Angkatan Bersenjata Australia memiliki infrastruktur pertahanan dan keamanan yang cukup memadai. 

Saat ini Australia masuk peringkat ke 15 dalam soal pengeluaran anggaran pertahanan. Sebagai kekuatan di Asia, Angkatan Bersenjata Australia memiliki infrastruktur pertahanan dan keamanan yang cukup memadai. 
 
Anggaran Militer yang dikeluarkan Australia saat ini US$ 22 miliar. Berdasarkan data GFI (2009), kekuatan Angkatan Bersenjata Australia memiliki pasukan sebesar 54 ribu. Sementara persenjataan Darat sebanyak 705. 

Sementara, Amerika Serikat masih tetap pada urutan pertama dalam pengeluaran anggaran pertahanan/militer. Disusul kemudian oleh Perancis, Republik Rakyat Cina, Inggris, Jerman, Jepang, Rusia, Italia, India, Turki, Korea Selatan, dan Brazil.


Sumber: Global

0 komentar:

Posting Komentar