Sabtu, Januari 25, 2014
53

ARC-(IDB) : Pertengahan Januari lalu, PT.PAL dan Damen Naval Schelde Shipyard telah melakukan pemotongan baja pertama pembangunan kapal pertama jenis PKR 10514. Pemotongan plat pertama ini juga dihadiri Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Kepala Staf TNI AL Laksamana DR Marsetio KSAL dan CEO Damen Schelde Naval, Mr. Hein Van Amaiden Shipbuilding (DSNS). Disebutkan pula kapal pertama nantinya akan selesai pada akhir 2016 atau awal tahun 2017.

Sekedar menyegarkan ingatan, dalam kerja sama produksi ini, PT.PAL kebagian membuat 4 dari 6 modul Sigma 10514. Kecuali modul 5 dan 3, modul lainnya dikerjakan di PT.PAL. Dan nantinya ke-6 modul akan diintegrasikan serta diuji di fasilitas PT.PAL di Surabaya. Untuk lebih lengkapnya, simak diagram dibawah ini. Tertulis jelas bahwa PT.PAL membuat modul 1,2,4 dan 6 mulai tanggal 15 Januari. Sementara galangan DSNS di Rumania akan mulai mengerjakan modul 3 pada bulan mei 2014. Lalu pada Juni 2014, giliran modul ke 5 dikerjakan oleh galangan DSNS di Belanda. 





Februari 2015, Modul dari Rumania dikirim ke Surabaya lalu menyusul pada Juni 2015, Modul dari Belanda. Setelah diintegrasikan, sekitar akhir Desember 2016 atau awal Januari 2017 akan dilakukan sea trial. Nah, semoga saja semua jadwal yang telah direncanakan ini bisa berjalan lancar.

Selanjutnya yang harus dikawal adalah pengadaan persenjataan untuk PKR 10514. Pasalnya, untuk melengkapi PKR10514 dengan Rudal Exocet, Rudal Mica, CIWS Millenium, serta torpedo masih dibutuhkan dana sekitar 60 juta euro. Nilai ini termasuk pengadaan perangkat perang elektronika ECM dan ESM buatan Thales. Namun demikian, PKR10514 sudah dipastikan dilengkapi sejumlah peralatan canggih. Diantaranya radar SMART-S MK2, STING-EO MK2 tracker, Integrated Bridge System serta Integrated Comms System hingga Kinglip Sonar.




Sumber : ARC

53 komentar:

  1. klo ga salah rudal SAM nya pake VL mica yg jangkauan nya hanya 20km yah??

    BalasHapus
  2. Iya sob rudal SAM nya pake vls MICA.....pendampingnya CIWS milenium,.gahar bener ni kapal

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo pake aster 30 padahal lebih gahar, cuma harga nya jg gahar xixixixi,, tp yg penting bs TOT, dan kita bs buat utk kedepan nya, wlupun cm bagian modul yg penting bgt nya blm di kasih TOT, tp mudah2an selanjutnya dikasih tau,, amin..
      sigma ini mirip bgt ma punya frigate nya maroko yah??

      Hapus
    2. SAM nya pake vl mica, utk tnial dan tni ini dah lompatan besar krn sebelumnya cuma pake seacat strela rbs70 rapier dan mistral yg jaraknya ngga tembus 7 km. Mica sendiri menurut produsennya merupakan basic nya aster, mica adalah aster tanpa booster shg jaraknya pendek. Utk aster 30 dg jarak yg jauh hanya bbrp negara yg pake termasuk singpur, arab yg kaya aja cuma pake aster15.

      Hapus
  3. met datang bremen class...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bremen class atau Fregat Talwar Class ???
      kalo Fregat Talwar Class bisa menggunkan missile brahmos..
      kalo bremen class Harpoon (RGM-84) anti-surface missile

      Hapus
    2. Kenapa nggak fregat admiral gorshkov class aja? Ini fegat terbaru dari Russia yg akan dgunakan ALnya dan juga cocok untuk diinstall brahmos dan medium range air defense system.
      Teknologi dan senjata pastinya lebih canggih dan sangar daripada talwar yg sbnrnya modif dari krivak 3 class.
      Plus armada kpl selam u209, changbogo, kilo/amur, sigma corvette, light frigste, n pkr 10514, blom lagi kcr 40 60, dijamin tetangga utara selatan mikir 1,000,000X sbelum masuk ke perairan kita.... :)

      Hapus
  4. ORANG ORANG BODOH. YG PUNYA BLOG JUGA BODOH,. BERITA GAK BERGUNA..GAK MENDIDIK.CM JADI TMPAT KHAYALAN.YG KOMEN PUN IKV MENHAYAL.. BLOK ANJING. YG PUNYA BERITA JUGA MONYET.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam hidup itu carilah pahala sebanyak2nya , anda berkata begitu hanya akan menyengsarakan diri di akhirat... [-(

      Hapus
    2. ano 17.35: udah nggak usah blog ginian...mending nyimeng aja lebih enak

      Hapus
    3. Ano 17.35 memperlihatkan kebodohannya,....dasar otak belatung, wajah monyet, hatinya anjing kudisan,.....huh.

      Hapus
    4. ano 17.35, kalau kami bodoh terus masalah buat looo ?
      kalau kami semua disini bodoh termasuk yang punya blog juga bodoh, lebih bodoh lagi anda yang masuk dan mengomentari dunia bodoh! jadi sekarang ketahuan yang lebih bodoh itu siapa ? akakakakakakakakkk

      Hapus
    5. HAHAHAHA DASAR PADA BODOH. YG PUNYA BLOG PUN BODOH. BERITA BASI DI BLOG LAIN DI PUBLIKASIKAN DI BLOGNYA.. MENIRU.CRI DONK YG KREATIP.. JAWA BODOH.,MAU TANYA APA ADA ORG PINTAR ORG JAWA. BISA BUAT LAPANGAN PEKERJAAN AGAR SUPAYA WANITA JAWA GK KELUAR NEGRI JADI PEMBANTU,JADI PELACUR.. SANGAT SANGAT MEMALUKAN DI LUAR NEGRI ORG INDONESIA DRI SUKU LAIN... LHAT DI HONGKONG DI ARAB DI SINGAPURA.ORG JAWA DA MACM SAMPAH ORG LUAR BILANG... SUKU2 LAIN DI INDONESIA GK ADA KYK ORG JAWA..SUKU LAIN PADA TENANG.MUNKN MAKAN CUKUP.TPI KALAU JAWA DA MISKIN.MAKAN CM 1X SEHARI PUNYA ANAK SATU LUSIN, BODOH MANA GK SUSAH TOLOL. AYO JAWA BUAT LAPANGAN PEKERJAAN.AGAR BANGSAMU GK TERHINA....HAHAHAHAHAHAHA

      Hapus
    6. malon detect

      Hapus
    7. Orang 06.41 itu bukan org malaysia.loe jagan salah paham. Dikit2 malaysia.loe mestinya berterimah kasi mempekerjakan warga indonesia baik krja di bangunan.hotel.pembantu. Restoran,mpe di mall2.. Mereka tu gk marah walau rakyt indonesia da lbh 1 juta org. Byangkan berapa trilluon rupiah dia bwa masuk..mereka mensejehtrakan keluarganya. Sy bukanya pro malaysia tpi lhat gaji minimum yg diperkenalkan kerajaanya bukan cm rakyt malaysia yg dapat warga asing pun dapat...byangkan gaji buru mereka dpat gaji 1500 ringgt/bulan loe kali ma kurs RM 1 X Rp 3700= 5.500.000.. Org yg diatap itu warga indonesia juga. Munkn suku2 lain da bnyk benci org jawa

      Hapus
    8. ano 06.41 kalau anda orang Malaysia jangan munafiklah,,, kalian lebih senang kalau orang Jawa yang jadi pekerja kasar dinegara kalian karena orang Jawa itu mayoritas Muslim dan sifatnya penurut! coba kalau orang Batak, Makassar, Palembang atau Aceh kerja dinegara kalian,,, mereka tersinggung sedikit perut kalian bisa robek !!! apakah kalian senang kalau orang Tambi atau Pakistan, Bangladesh yang kerja ditempat kalian? jangan munafiklah,,,

      Ano 06.41 kalau anda orang Indonesia dari suku non Jawa,,, kalian juga jangan munafiklah,,, kalian tentu lebih senang kalau 1 juta orang jawa kerja ke Malaysia,,, coba kalau 1 juta orang Jawa pindah atau transmigrasi kedaerah kalian??? senang nggak??? pastinya protes kan? udah pasti kalian kalah, karena orang Jawa ulet dan sabar mereka makan singkong setahunpun bisa hidup dan bisa berhemat,,,

      Udah lah gak usah omong kosong disini! dimulut lain dihati lain ! kampret lu pade !

      Hapus
    9. yg komen nya mencela negatif trus bahasa nya beribet ya kalo gak malon iri atau timlose bokek.. 86.....

      Hapus
    10. Aduh, sudahlah gak usah digubris. Gak ada gunanya orang kayak gituan. Untuk menjadi negara maju diperlukan energi positif. Jadi jangan biarkan energi positif kita hilang dan lenyap begitu saja hanya untuk melayan orang apatis. Mari kita tetap menjadi pemuda pemudi Indonesia, yang senantiasa semangat dan percaya diri. Bagaimana mau menyingsingkan lengan baju kalau badan aja masih berbalut selimut. Maju terus NKRI, jayalah pemuda Indonesia...!

      Hapus
    11. buat orang 14.00..kamu jgn asal ngomong transmigrasi.. Y biasala kalau org gk punya.miskin. Makan apa aja bisa.jgankan makan singkong.makan manusia aja bole kalau da kelaparan... Emang berani jawa transmigrasi. Setau saya da kebnyakan pda pulang ke jawa..tanah yg dikasi da di jual. Kamu kalau jawa jgn asal ngomong.berani cm di sini.kalau ke daerah org berani gak.. Jagan sampai peristiwa SAMPIT terulang.. Lhat kejadian poso beratus2 org jawa mati dibunuh.. Lhat sampit beribu2 org madura mati...kamu itu cm jago kandang. Saya uda ke kalimantan.ambon papua.sulawesi.gak ada tu org jawa jagoan di daerah tersebut. Yg ada jawa buru di pelabuhan..

      Hapus
    12. ano 17.23 ya memang suku Jawa dengan jumlah lebih dari 100 juta orang,,, mayoritas segala-galanya ,,, mayoritas pemimpinnya tapi juga mayoritas orang miskinnya,,, terus kenapa? masalah buat looo ?

      Ketahuan kamu itu bukan orang Indonesia !

      Hapus
  5. bung aa,, biarkan dia berkata semau nya dia , karena cuma itu yang dia mampu komentari dari blog ini,, klo dia pintar mungkin dia akan berkata lain, atau memberi ceramah yg lebih masuk logika,,

    BalasHapus
  6. Wooow indonesia beli 5 fregat. Gila ngamuk nih AL karna kecolongan kmaren. Moga moga aja lancar smuanya. dari specnya kayanya ganas nih. Tinggal beli payung udaranya yg cakep soalnya singapur beli aster 30 yg untuk darat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos Ano Jan 25, 21.45
      Yang bener 20 fregat bos, karena tetet towet kita untuk kelas sigma dari damen adalah untuk 20 kapal dan sudah dibayar. 5 kapal itu untuk yang masih supervisi dan modul tertentu dari damen, sisanya full PT. Pal love to work the hull he...he...silakan dicari lagi linknya mengenai tetet towet ini...

      Hapus
  7. Ano 17.35, ketara banget siriknya,....maklum negaranya lagi ǵǻǵ ada duit buat beli kapal perang model sigma, rakyatnya juga ǵǻǵ pinter buat kapal sigma,ketara banget sirik sama bodohnya.

    BalasHapus
  8. Wow SIGMA Frigate...sementara Indonesia trs belanja utk UpGrade asset militer TNI, negeri jiran malingsia masih sibuk untuk DownGrade asset militer ATM. Sementara TNI-AL Indonesia install anti ship guided misile seperti Yakhont, C-705, C-803, dan Exocet di KRI, malingsia malah instal canon dan uninstall AShM pada kapal perang KD mereka?

    BalasHapus
  9. Waspada gempa jawa tengah. Kpl selam nuklir asing tengah mengintai qt berkeliaran d perairan indonesia. Ingat gempa jogja kmrn, saksi nelayan melihat adannya api & asap klwr dr dlm laut ketika gempa & bau mesiu gosong di laut setelah gempa terjadi, akibat apa ini? Benarkah krn alam atau tngn2 manusia? Ibgat jg tsunami d aceh terjadi krn adanya uji senjata nuklir strategis as di lautan dalam. Barat yg dipelopori as, inggris, aussie dll anteo2nya tdk senang ketika 2004 sby jd presiden mnng pemilu, & skrg ketika ada ketegangan dgn australia & sby seolah2 tak lg tunduk dgn barat gempa d laut jawa kmbali terjadi. Krn barat as & sekutunya tdk pernah senang dgn indonesia yg merupakan negara muslim terbesar akan menjadi kuat d segala vidang tentu akan menakutkan, terlebih gempa ini terjadi stlah indonesi deal menandatangani krjasama pkta pertahanan bersama arab saudi yg merupaka negara muslim terbesar & terkuat jg, ditambah saudi skrg lg skt hati dgn as krn melunak dgn iran & krisis suriah, saudi kecewa dgn as & memboikot tawaran anggota dewan keamanan pbb. Tentu betsatunya negara muslim terkuat & terbesar didunia ini akan menjadi momok yg menakutkan di masa mendatang. Barat tentu tdk akan pernah senang akan adanya kerjasama & persatuan negara2 muslim. Qt hrs waspada sgn as, inggris, aussie & negara persemakmuran inggris lainnya antek2 amerika yg mengelilingi qt yg siap memangsa qt kpn aja. Yakinlah ano2 smw, gempa yg terjadi indonesia yg ada didasar lautan bkn gempa yg wajar krn alam tp krn ulah manusia dgn as adalah biang keladinya. Waspadalah...waspadalah..australia sengaja memancing emosi ri utk show of force dgn alutsista seadanya skrg selagi blm sempurna. Tdk mgkn kejadian2 bencana2 gempa d indonesia suatu hal yg kebetulan atau krn kekuatan alam, dibanding krn adanya peristiwa politik kebijakan d tanah air yg membuat barat berang membuat pelajaran dgn indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduhhhhhh sumpah nih berita TOLOL bngt isinya dan mau bkin isu yg gk jelas bngt

      u cek ke BMKG liat seismografnya kalo gk sini ke BMKG UIN ciputat ane kasih seismografnya sekalian ane kasih pelajaran tentang kegempaan

      gempa aceh lagi malah percaya karna bom
      jelas lah ada radioaktivnya orng setiap gempa itu mengeluarkan gas radon yg bersifat radioaktiv dan memancar glombang beta
      itu radiasi alam

      Hapus
    2. Kalau gempanya karena teknologi HAARP lu mau ngomong apa hah ? Jelas2 Haarp tu pke frekuensi cara kerjanya , sebuah hasil selalu relatif dan ad suatu kemungkinan yg brbeda dgn pandangan lo

      Hapus
    3. eh mau dijelasin ternaya ada yg kritisi seperti anda walaupun bedanya anda menelan mentah2 informasi masalah Nuklir dan HAARP ini sedangkan penulis ini kritis membedah apa yg jadi "isu" di sekitar masyarakat

      disini udah di jelaskan secara lengkap dengan perhitungan yg pasti walau ane gk terlalu paham masalah transmisi glombang


      http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2012/04/13/analisa-hoax-gempa-di-indonesia-disebabkan-oleh-haarp-454704.html

      nah sekarang saya tanya balik
      apakah anda tau INA itu berada di lempeng dunia dengan potensi gempa terbesar di dunia?
      dan menurut anda arti kata lempeng itu gmna?
      hayoooooo
      hehe

      gempa itu bisa terjadi karena tekanan baik karena perpindahan beban secara tiba2 (seperti air bah dalam jumlah sangat banyak) hingga bergeraknya magma di dalam bumi karena faktor rotasi bumi
      tau rotasi kan?

      nah dari situ lempeng dapat bergerak dan pergerakan ini ada yg membuat patahan atau tidak
      jika anda memperhatikan alat seismograf yg ketelitiannya sangat tinggi anda akan melihat getaran gempa dengan ordo 0-1 SR dan itu biasanya alatnya di dalam laut karena kalo di daratan tiap kali mobil tronton lewat menghasilkan 2-3 SR

      Hapus
    4. Berarti dari sana ketahuan lah klo alatnya ngga terlalu canggih , taruh di darat aj bsa kena , nah klo misalnya gempa pusatnya di darat gmn? Udh gempa + mobil tronton lewat ? Bsa 9 SR-an kan? Nah lu tau teknik kerja HAARP kan ? Yg memantulkan gelombang balik ke bumi , "we cant see it but we can feel it" , gelombang yg dimaksud tuh INFRASONIK , setiap ad Frekuensi yg lebih kecil dri 20 Hz pasti suatu benda bsa bergetar , contoh : jika anda punya subwoofer anda bsa mencobanya dgn mengetesnya dengan gelombang infrasonik , letakkan benda / miniatur suatu kota di meja di dekat itu letakkan subwoofernya , pasti benda yg anda taruh tadi akan bergetar , . Nah , karena gue bukan org BKMG gue juga tdk tau menau soal apa itu yg anda definisikan tdi apalah itu tentang lempeng , yang jelas cara kerja HAARP itu dengan gelombang yg frekuensinya dibawah dri 20 Hz , atau yg kita sebut dengan infrasonik...

      Hapus
  10. Y ALLAH KASI BENCANA GEMPA BUMI DI JAWA.AGAR SUPAYA PULAU JAWA HANCUR.DAN ORG JAWA PADA MATI.. PULAU JAWA SISA MENUNGGU KEHANCURAN DAN AKAN HILANG DARI PETA BUMI..GEMPA.GUNUNG BERAPI.TSUNAMI.HAHAHAHAHAHAHA TUNGGULA KEHANCURANMU,. BLOG BODOH..,BERINTANYA DA BUSUK.BASI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astagfirulloh naudzubillah hi mindalik.smga Alloh mngampuni hai org yg msh ada iman d hatimu.krn ssungguhnya Rosululloh sendiri blm prnh sklipun mngkutuk suatu kaum,bhkan bliau mncegah saat malaikat mnawarkan kpdnya utk mngangkat dan mnjatuhkan gunung d atas suatu kaum yg sudah mndzoliminya.dn.skrg anda cm manusia biasa brani mengkutuk suatu kaum.jika anda bkn org jawa,sy cm bisa brdoa agar doa2 anda tidak dikembalikan kpd anda dn kaum anda.bertobatlah selagi msh ada ksmpatan.

      Hapus
    2. Malon kesurupan setan Boke' tuh,... sama ky yg diatas... cuekin aja broo...

      Hapus
  11. Selamat dan sukses diangkat & di percaya menjadi "tukang jahit" oleh Londo.
    G usah malu karena memang ya baru itu kemampuan PT PAL kita, yaitu jadi "Tukang Jahit".
    Kita sudah terlambat puluhan tahun di bidang technology maju, karena kalah cepat dengan Technology "Korupsi".
    Jangan memalukan, nanti waktu penyerahannya molor kayak membangun 2(dua) LPD. Waktu peletakan lunasnya bareng yg dua LPD dari Korea tepat waktu, sedang dua LPD yang di bangun di PT PAL molor nggak tanggung2x dua tahun.
    Wkwkwkwkwk........nanti bikin alasan, terus koar2 di media untuk ngapusi masyarakat bahwa PT PAL sudah mampu membuat Kapal Perang canggih, padahal baru sebatas "Tukang Jahit".!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg pnting kan brani mulai
      daripada yg katanya serumpun beli kapal dari korsel trus di cat di negara jatanya serumpun trus dbikin made ini bla bla bla
      sama kayak rimau alias anoa
      haha

      Hapus
    2. Positive thinking aja bro, dimasa sekarang ini jarang ada yg bisa mbuat barang 100% dalam negeri, F35 dan Eurofighter typhoon aja jahitan bbrp negara. Indonesia sendiri juga sering jual bahan jahitan utk airbus dan boeing. Yg penting adalah persentase jahitan makin besar shg ongkos dr luar negeri bisa dikurangi dan berantas korupsi kolusi makelarisme.

      Hapus
  12. Apa bener bremen class mau dibungkus? Gayakin, ga ada pernah ada beritanya sedikitpun

    BalasHapus
  13. Kalo dikerjakan di 3 galangan sekaligus, kok selesainya 2tahun kemudian? Bukannya lebih cepat? Aneh...! Nahkoda ragam bukan fregat tp korvet krn panjangnya cuma 89,9m.

    BalasHapus
  14. Najis banget lihat malaysia sekarang, apalagi lihat tentera malaysia jijik bgt sumpah! Jaguh bangkrap!
    Korupsi Kolusi dan Nepotisme di di malaysia sdh parah! Beli kapal selam Scorpene bobrok rusak terus, beli kapal perang MEKO ompong sampai sekarang, beli PT-91 seperti kereta kaleng krupuk, beli AV-8 harga tdk masuk akal.
    Belum lg Adnan butut, Nuri butut, SU-30 tua, MiG-29 kuno, F-18 usang, sampai kapal perang TLDM tanpa AShM hanya punya Canon?! Emang malaysia mau buka museum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Calm down gan...! Gak usah asyik mengutuk M'sia terus. Saya sudah 6 tahun di M'sia selalu berusaha menunjukkan sisi positif Indonesia, salah satunya dengan memperkenalkan perkembangan ekonomi dan pertahanan yang banyak diulas dalam blog2 Indonesia. Perlu diketahui oleh saudara2 kita di Indonesia, pendatang di M'sia asal Indonesia, kebanyakannya dari pelosok kampung dengan tingkat pendidikan dan pengetahuan yang rendah. Kalau agan tanya ke mereka pernah ke jakarta gak? Jawabannya pasti, jangankan jakarta, ke ibukota provinsinya aja belum pernah. Yang paling menyedihkan, orang Indonesia yang di M'sia sebagian kecil bahkan sok M'sia banget. Banyak juga diantara mereka yang mengira bahwa pulau Jawa hanya terbagi atas Jatim, Jateng, dan Jabar. Waktu ditanya Bandung termasuk provinsi mana, jawabannya Jateng. Sungguh memilukan dan menyedihkan, tapi inilah kenyataan. Soal orang M'sia, sekarang mereka mulai sadar bahwa Indonesia itu negara yang besar. Bahkan ada yang kaget waktu mereka pertama kali ke Medan. Ternyata Medan itu lebih besar daripada Kuala Lumpur. Sekarang sudah kenjadi hal biasa kalau mereka terkagum kagum dengan Indonesia. Jadi kalau bisa, comment dalam blog apapun jangan sarkasme banget dong, biar saya bisa tunjukin pada mereka tentang Indonesia yang sebenarnya. Yang seringkali memburukan Indonesia, terkadang justru orang Indonesianya itu sendiri. Ini menjadi tugas kita semua untuk mengubah persepsi dan paradigma yang ada. Salam hangat selalu dan jayalah NKRI. Selamat menyambut Chinese New Year untuk saudara2 Tionghoa kita yang ada di Indonesia. Salam damai dari saya yayan@indocuisine.

      Hapus
    2. LOE TAU APA JUGA INDONESIA. TAUNYA MEDAN.JAGAN2 LOE DI MALAYSIA PEKERJA ILEGAL,MASUK CURI2 LEWAT BATAM.APA DUMAI.TRUZ LOE MASH PENGEN KRJA DIMALAYSIA TPI DA DI TANGKAP MA POLISI MALAYSIA..ADUH JGN SAKIT HATI BANG.ORG BATAK Y. BIS BERAS MAKAN GABAH.... SO PANDAI. KEMANA AJA DI INDONESIA.GK USH SO SO TAU..

      Hapus
    3. Hehehe..! Alhamdulillah gan, saya kerja di Malaysia legal kok. Mungkin sudah takdir aja saya harus kerja di M'sia. Ada kebanggaan tersendiri buat saya bisa kerja di LN. Bukan semata mata karena gajinya. Sebagai seorang Chef di sebuah hotel international chain, tentu sangat terbuka bagi saya untuk mengenalkan Indonesia melalui produk kuliner. Saya juga tidak pandai, karena itu saya juga selalu berusaha menambah pengetahuan dan keterampilan dari banyak orang. Saya pengen banget jadi orang pandai. Itu tujuan utama hidup saya, supaya nanti kalau pulang bisa membimbing saudara kita yang lainnya yang mungkin belum pandai. Soal Indonesia, alhamdulillah, selain medan dan batam yang agan sebutkan tadi, saya juga tahu daerah lainnya. Gak usah saya sebutkan, karena saya tahu agan tidak suka saya. Tidak apa2, mungkin Tuhan akan menjadikan cara ini sebagai jalan perkenalan, persahabatan dan persaudaraan. Saya percaya kehendakNya. Karena saya bisa keliling luar negeri juga dulunya gak nyangka. Saya nabrak orang di Batam. Saya minta maaf dan menyesal atas ketidakhati2an saya. Eh dia malah minta maaf juga, karena sudah bawa mobil sambil melamun dan menyebabkan tabrakan. Singkat cerita, beberapa lama kemudian, saya mendapatkan email dari dia yang meminta saya untuk ikut terlibat dalam pembukaan restaurant barunya di Melbourne. Tugas saya cuma satu, memperkenalkan Indonesia aja. Lama kelamaan jadi keenakan. Gak terasa udah lebih dari 13 tahun jadi TKI. Karena itulah saya minta kita semua untuk senantiasa menjaga sopan santun, karena yang membaca blog ini bukan hanya orang Indonesia. Saya berharap, kelak kita bisa bersahabat. Jangan khawatir, saya orang baik2 dan berasal dari keluarga yang baik, serta lahir di sebuah negeri yang terbaik. Saya akan sambut anda jika datang ke Kuala Lumpur. Saya juga bisa datang silaturahmi dengan menemui anda jika ada kesempatan saya pulang. Kebetulan saya suka jalan2. Jika persaudaraan masih anda anggap penting, kita bisa memulai perkenalan lewat email. Ini account saya: yayan_supriatna1975@yahoo.com. Sekarang dari nama saya, anda tentu sudah bisa tahu darimana saya berasal bukan? Tapi sudahlah, yang lalu biarlah berlalu. Saya ulurkan salam persahabatan untuk anda dan semua. Mari kita ikut berpartisipasi membangun RI dengan segala yang kita bisa. Salam hangat untuk semua....

      Hapus
    4. "Jaguh bangkrap!"

      "PT-91 seperti "kereta" kaleng krupuk"

      udah terkontaminasi bahasa malon ya pak,ato orang malon?????
      di Indonesia tidak ada kata "jaguh" dan "bangkrap" tapi "jago" dan "bangkrut" dan "kereta" diIndonesia adalah mobil bukan "kereta" emangnya kereta api????

      Hapus
  15. Untuk PT Pal ngerjain modul1,2,4 dan 6 mudah mudahan Pt Pal pada saat pembangunan kapal kedua ngerjain modul 3,5 sehingga lengkap kemampuan Pt Pal punya kemampuan bikin utuh satu kapal.

    BalasHapus
  16. semoga bisa diinstall dengan yakhont ato club s biar ntu kapal tambah sangar.

    BalasHapus
  17. ada yang bisa IP block tuh ano yang komennya pada nggak bener diatas?? biar nggak ada rasisme lagi... sedih banget ya ko bisa2nya ngata-ngatain blok ini, kalo ngga suka tinggal ga dibuka.... sirik lv 9999

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak so alim aja kamu momyet.emang kenapa.. Jagan jgan dlu kamu maling y. Apa bini kamu pelacur y. 1 malam berapa.kontol aku nich da gatal bnget...

      Hapus
    2. itu ano 16.58 pasti hasil didikan bapak ibunya dirumah tuh ! dasar turunan tambi bangla!

      Hapus
  18. waduh2..beli sigma aja tanpa senjata dan ompong..penggandaan senjata dibuat paket terpisah..parchim aja sudah obselete dgn sonar dicabut dan banyak yg gak layak beroperasi..fatahillah aja hanya diupgrade sensor dan cms tp tidak dipasang missile kerana mm38 nya sudah usang,van speijk pula hanya 1 saja yg ada yakhont tp gak boleh digunakan kerana tiada otht dan ujian pertama fail..begitu juga c 802 yg banyk ujiannya fai kerana jatuh ke laut saat ditembak..helikopter tni pula bnyk yg terhempas dan mendarat darurat seperti mil mi 17 dan bel..belum lg pintu heli yg jatuh saat terbang dan drop tank hawk yg juga jatuh saat terbang..sukhoi aja ompong dan sudah ketinggallan zaman begitu juga f 16 USANG yg hanya setaraf block 32 dan tidak mampu melawan pespur tentangga di 10 tahun akan datang..dan paling penting tentera indon semuanya banci kerana kabur dari medan perang di lebanon dan hanya duduk diam di saat aussie ceroboh laut indon..kami di malaysia sudah tahu yg tentera indon mengalami bnyk masalah tetapi disorok kerana ingin menunjukkan kejaguhan TNI..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 14.25, terimakasih ya, semoga anda masuk surga.. :)

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Raja TKI bersabda: Malonte siap2 bangkrap kerajaan lou, TKI akan memberikan penyelamatnya dr penjajahan Inggris dan Malonte bisa menjadi negara bagian dr Raja TKI. Salam persaudaraan dr Raja TKI...........................................

    BalasHapus