Rabu, Juni 04, 2014
1


SITUBONDO-(IDB) : Puncak kegiatan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2014 berupa penyelesaian/penghancuran sasaran (musuh) yang dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur Marinir Karang Tekok, Asem Bagus, Situbondo, Jawa Timur dan sekitarnya, Rabu (04\06\2014). Kegiatan pendahuluan berupa Galdi Posko dan persiapan sudah dilaksanakan sebelumnya sejak tanggal 19 Mei 2014 di Sentul, Jawa Barat.



 
TNI Angkatan Laut mengerahkan sedikitnya 5.129 personel dan berbagai alutsista, antara lain 1.848 prajurit Marinir dan material tempur Marinir berupa 10 unit LVT-7, 18 unit Tank BMP-3F, 11 unit  Tank PT-76, 13 unit BTR-50P, 11 unit BTR-50PK, 8 unit KAPA K-61/PTS, 8 pucuk Roket Multilaras RM-70 Grad, 8 pucuk Howitzer 105 mm dan lain-lain. Di samping itu juga melibatkan 10 KRI dari berbagai tipe dan sebuah pesawat udara CN-295.



 
Diskenariokan, musuh yang berada di pantai Banongan yang berkekuatan satu kompi plus telah dilemahkan oleh tembakan roket dari kapal-kapal perang Angkatan Laut dan pesawat-pesawat tempur AU. Selanjutnya prajurit Korps Marinir melaksanakan pendaratan dan serbuan amfibi di pantai, merebut serta menguasai sasaran musuh yang berada di pantai. Setelah wilayah di sekitar pantai  dinyatakan aman, maka pasukan dari Angkatan Darat dengan seluruh unsur kekuatannya didukung pesawat-pesawat tempur Angkatan Udara bersama-sama dengan prajurit Marinir melaksanakan serbuan dan penghancuran sasaran pokok musuh.



 
Latihan Gabungan TNI 2014 yang melibatkan 15.108 prajurit TNI yang terdiri dari 1.172 prajurit untuk latihan Posko dan 13.936 prajurit untuk latihan lapangan dengan menampilkan seluruh kemampuan tempur prajurit TNI beserta alutsista yang dimilikinya ini sebagai ajang unjuk kemampuan TNI dalam mengatasi berbagai ancaman yang mungkin timbul di wilayah NKRI dan sebagai bentuk kampanye militer.



 
Seluruh rangkaian serbuan ke sasaran musuh disaksikan oleh Mentri Pertahanan (Menhan) RI Dr. Poernomo Yusgiantoro, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko berserta para Pejabat Tinggi TNI dari ketinggian T-12. Titik Ketinggian T-12 merupakan titik di peta yang terletak di Baluran, Puslatpur Marinir Karang Tekok, Banyuwangi yang selalu digunakan oleh Korps Marinir untuk meninjau kegiatan latihan yang dilaksanakan di wilayah tersebut. 




Sumber : Kormar

1 komentar:

  1. aku mau nanya ni. kalau penyerangan ada di sebuah pulau kecil, terus kita kirim juga TNI AD. Nah Apakah TNI AD punya kapal juga untuk menyeberangkan alat2 berat semacam meriam Howitzer dari prancis itu dll itu? Jadi memang TNI AD harus punya helikopter angkut berat macam Chinook dan Pave Low (yang di transformer itu)

    BalasHapus