Minggu, Mei 15, 2011
0
Kapal MT Gemini milik Singapura yang dibajak perompak Somalia
JAKARTA-(IDB) : Wakil Ketua Komisi Pertahanan dan Luar Negeri DPR, Tubagus Hasanuddin, meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendesak Pemerintah Singapura untuk segera menyelamatkan kapal MV Gemini. Ada 13 warga Indonesia yang menjadi awak kapal berbendera Singapura itu.

"Pemerintah harus 'G to G' (government to government) minta tolong selamatkan 13 WNI kita. Presiden juga bisa mendesak Pemerintah Singapura," kata Hasanuddin kepada wartawan di Gedung DPR, Rabu 11 Mei 2011.


Sabtu, 30 April 2011 lalu kapal berbendera Singapura, MV Gemini, dirompak lanun Somalia di wilayah perairan Afrika Utara. Sebanyak 25 awak disandera, 13 di antaranya adalah warga Indonesia. Belum diketahui bagaimana kondisi ABK asal Indonesia itu. Sejauh ini, Pemerintah Indonesia hanya menunggu langkah Singapura.


Hasanuddin tak memungkiri bahwa pihak yang paling berkompeten untuk memimpin operasi penyelamatan kapal Gemini adalah Pemerintah Singapura. Pasalnya, kapal itu berbendera Singapura. Adapun posisi Indonesia hanya membantu. 

Meski demikian, politikus PDI Perjuangan ini menganggap soal itu seharusnya tak menjadi hambatan bagi Pemerintah Indonesia untuk mengusahakan penyelamatan 13 warganya. "Atas permintaan Singapura, kita bisa bantu. Nanti apakah kita di depan atau di belakang, itu terserah Singapura," kata dia.
Sumber: Tempo

0 komentar:

Posting Komentar