Minggu, Mei 01, 2011
0
Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.
JAKARTA-(IDB) : TNI mengerahkan ribuan personilnya untuk mengamankan pelaksanaan KTT ke-18 ASEAN yang akan dilangsungkan pada 4-8 Mei di Jakarta.

Ribuan personel TNI yang tergabung dalam Komando Operasi Pengamanan KTT ke-18 ASEAN itu melakukan gelar kesiapan dipimpin Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di Silang Monas, Jakarta, Minggu.

Komando Operasi Pengamanan KTT ke-18 ASEAN TNI terdiri atas Satuan Tugas Pengamanan VVIP, Satuan Tugas Pengamanan Wilayah, Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Laut, Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Udara, Satuan Tugas Pengamanan Operasi Udara, Satuan Tugas Khusus Antiteror, Satgas Intel, Puspen TNI , Komlek TNI dan unsur Polri.

Polri sendiri mengerahkan sekitar 4.500 personelnya dalam pengamanan KTT ASEAN 2011.

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan, jumlah personel yang dikerahkan tetap akan disesuaikan dengan skala kegiatan dan lokasi penyelenggaraan KTT ke-18 ASEAN.

"Target pengamanannya tentu meliputi para kepala negara dan pemerintahan 10 negara ASEAN, para delegasi, panitia penyelenggara, kelompok tertentu, dan masyarakat umum," katanya.
 
Pasukan Gabungan TNI dan POLRI melakukan gladi bersih apel bersama di Silang MONAS, Jakarta, Sabtu (30/4). Apel gelar Kesiapan Pasukan ini dalam rangka PAM KTT ASEAN Ke-18 2011.
Tak hanya itu, fokus pengamanan juga akan dilakukan terhadap penginapan para kepala negara/pemerintahan dan delegasi 10 negara ASEAN, kendaraan VVIP/VIP, fasilitas KTT ASEAN dan barang-barang delegasi.

Fokus pengamanan juga dilakukan di Istana Merdeka dan Negara, Gedung Sekretariat ASEAN, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Balai Sidang, Hotel, Spouse Program rute jalan yang akan dilewati, areal parkir dan kawasan ASEAN.

"Untuk pengamanan di lingkaran pertama dilakukan TNI, sedangkan di lingkaran kedua dan ketiga dilakukan bersama-sama TNI-Polri. Untuk lainnya dilakukan  oleh Polri," kata Panglima TNI.

Pada kesempatan yang sama Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo mengatakan, siap berkerja sama mengamankan pelaksanaan KTT ke-18 ASEAN.

Panglima TNI dan Kapolri sepakat keberhasilan pelaksanaan KTT ke-18 ASEAN dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia dimata internasional.

"Keberhasilan penyelenggaran ini merupakan kehormatan dan tanggung jawab kita semua,"
kata Panglima TNI.

Sumber: Antara

0 komentar:

Posting Komentar