Minggu, Mei 01, 2011
0
RAMALLAH-(IDB) : Pemimpin Otorita Ramallah, Mahmoud Abbas, dan Ketua Biro Politik Hamas, Khaled Meshal, Rabu pekan ini akan menandatangani kesepakatan damai di markas Liga Arab di Kairo, Mesir. 
 
Sebelumnya, Ketua Delegasi Perunding Fatah dalam perundingan damai dengan Hamas, Izzam al-Ahmad mengatakan, kesepakatan itu akan ditandatangani oleh Mahmoud Abbas dan Khaled Meshal, serta disaksikan oleh para delegasi dari seluruh kelompok Palestina.

Sejumlah pejabat Palestina menyatakan bahwa Mesir juga mengundang berbagai kelompok Palestina termasuk Gerakan Jihad Islam, Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina, Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina, dan Partai al-Shaab, untuk hadir pada acara penandatanganan kesepakatan damai tersebut di Kairo.

Pertemuan di markas Liga Arab itu akan berlangsung selama tiga hari dimulai pada 2 Mei 2011 dan berakhir pada Rabu (4/5) dengan penandatanganan kesepakatan damai bersejarah antara Fatah dan Hamas. 

Diperkirakan, pasca penandatanganan kesepakatan damai itu, sebuah komisi dari Mesir akan dikirim ke Jalur Gaza guna membantu implementasi kesepakatan dua kelompok besar Palestina itu. 

Di lain pihak, Perdana Menteri Palestina, kemarin (29/4) dalam shalat Jumat, berharap Mahmoud Abbas tidak membiarkan Amerika Serikat dan Israel merusak kesepakatan damai Palestina.

Kesepakatan damai antara Fatah dan Hamas di Mesir (27/4) merupakan mimpi buruk bagi para pejabat Israel dan Amerika Serikat yang selama ini berusaha memecah belah gerakan muqawama Palestina. Kesepakatan tersebut akan mengakhiri seluruh konflik internal Fatah-Hamas dan akan membuka jalan bagi pembentukan pemerintahan independen Palestina.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar