Senin, November 25, 2013
3
JAKARTA-(IDB) : Kepolisian RI menghentikan kerjasama penanganan people smuggling (imigran gelap) dengan Australia sebagai respons atas perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelumnya, Indonesia memutuskan sejumlah kerjasama dengan Australia paska skandal penyadapan.

Kapolri Jenderal Sutarman menyatakan, kepolisian tidak akan mencegah imigran gelap yang masuk ke wilayah Australia. "Orang punya tujuan ke sana, itu bukan wewenang kami," kata Sutarman di kantornya. Meski demikian, lanjut Sutarman, polisi tetap akan menindak tegas mereka-mereka yang tertangkap menyelundupkan imigran gelap ke Indonesia.

Berdasarkan perintah Presiden Susilo Bambang Yudoyono, imbuhnya, Polri telah memutus kerjasama penanganan imigran gelap dengan Australian Federal Police (AFP). "Tetapi kerjasama pendidikan tetap dilaksanakan," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga kerjasama dengan Australia yang dihentikan adalah pertukaran informasi dan pertukaran intelijen, latihan militer, dan kerjasama soal penyelundupan imigran gelap. Jakarta marah setelah Australia menolak meminta maaf pada Indonesia atas penyadapan yang dilakukan intelijen negara itu tahun 2009. Diberitakan sebelumnya, Australia diduga kuat menyadap telepon SBY, Ani Yudhoyono, dan sejumlah petinggi Indonesia tahun 2009. Namun, Australia menolak mengomentari, menjelaskan, apalagi meminta maaf terkait aksi spionase mereka.




Sumber : Vivanews

3 komentar:

  1. Nah gitu baru namanya Polisi beneran, bekerja untuk negara dan rakyat, ngapain ikutan mengabdi ke ostrali, biarin aja negara mereka dipenuhin pengungsi, kalo perlu mulai sekarang kasih kapal ke pengungsi2 yang kemaren sempet ditahan di Indonesia, kasih bekal buat ke ostrali, kawal sampai perbatasan ZEE biar mengurangi beban negara buat menghidupi para pengungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul betul" kapalnya di perbaiki ( amal dah) kasih kompas, peta, plampung dan makanan. Biar sampai di tujuan dgn selamat.

      Hapus
    2. jangan lupa bonus GPS portable yang murah "made in China" biar ga nyasar.
      biar tambah kheki si abbot :d

      Hapus