Jumat, Mei 17, 2013
43


MAKASSAR-(IDB) : Hari Kamis (16/05), sekitar pukul 18:00 WITA pesawat raksasa AN-124 mendarat di Lanud Hasanuddin Makassar. Pesawat ini membawa tambahan 2 buah Su-30MK2 tambahan pesanan Indonesia, dari 6 yang dipesan. 2 buah sebelumnya sudah tiba pada februari lalu, dan kini TNI-AU tinggal menunggu 2 buah lagi yang diperkirakan datang pada bulan Juni. Berikut adalah foto kedatangan pesawat AN-124 di Makassar. Pesawat Su-30Mk2 sendiri kini dalam proses diturunkan. Tunggu foto-foto penampakan berikutnya di www.arc.web.id



Detik-detik Kedatangan Su-30Mk2 TNI-AU 


Seperti sudah dijanjikan sebelumnya, ARC akan mempersembahkan detik-detik kedatangan 2 buah pesawat Su-30MK2 di Makassar. Dan inilah dia...! Namun kami mohon maaf, karena yang kami tampilkan bukanlah foto, melainkan video.



Dengan video, anda bisa menyaksikan secara jelas proses penurunan jet tempur kebanggaan TNI-AU tersebut. Dengan kedatangan 2 pesawat ini, total sudah ada 14 buah jet Sukhoi mengisi skadron udara 11 di Lanud Hasanuddin Makassar. 2 pesawat tambahan akan tiba diperkirakan pada bulan Juni. psssttt... dalam waktu dekat, persenjataan untuk sukhoi juga akan tiba.







Sumber : ARC

43 komentar:

  1. met datang su 30 mk2..semoga sukses mengawal udara NKRI..pesan cepat datang cepat..birokrasinya tidak rumit..hidup INDONESIA hidup russia..

    BalasHapus
  2. nambah lagi 5 skuadron ya pak....??!!

    BalasHapus
  3. kita rindu rusia sayang moskow ,di balas tidak dengan janji palsu gombal .tapi yata konsekuwen itu lah moskow .patut kita renungkan dan mereka datang tidak merusak ataupun gejarah .

    BalasHapus
  4. russsiiiaaaa yeessss lop yu pulll...

    BalasHapus
  5. Ada yg tau ngga penampakan pswat slain sukro yg ada d video?f 16 kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu f16 ano 09.50 biasa mutar dengan zeyap termasuk sukhoi 35 bm ba ,sanggup landing di jalan rayaaa .kadang di kupang dan kadang di pangkal pinang ,tergantung situasi info baiss atau bin
      musuh datang nya dari mana ,itulah benteng republik mereka datang dan keliatan setelah musuh datang ,mirip pesawt perdana metri papua nugini seenak nya masuk indonesian tori tori di sergap hampir mampuskan .

      Hapus
    2. Yg betul kmampuan trbaik 35bm tu mndarat di heli pad di atap gdung bidakara..

      Hapus
    3. emm... emm hoii huu haha..kwkwkw..

      Hapus
  6. Cepet banget ya, 2 lagi datang bulan Juni nggak mesti nunggu lama...
    Pak saya pesen SU35BM nya 2 porsi sekalian.... GPL pakkkk...

    BalasHapus
  7. Mantap bos maju terun tni au, tapi al sama ad kok tersendat2 ya???

    BalasHapus
  8. Masa lalu sudah membuktikan, saat ini sudah terbukti, siapa kawan siapa lawan.

    BalasHapus
  9. su35bm udah diboking pak..habis..gimana klo sukhoi 27 dulu aja pak..sukhoi27++ hahahaha nyindir f-16 block 32++ canda bro.. ^_^ butuh 5 squadron..betul banget itu... dan kurang lebih kita butuh 80 sukhoi berbagai kelas + Ilyushin 96-300 buat pesawat VVIP presiden..
    ngarep.com hehehehehehe

    BalasHapus
  10. fery fery welcame bm hehe...agak bongsor ???

    BalasHapus
  11. Delivery'nya sukhoi cepet banget ya??
    Tp kurir F16 kok gak dateng" ya???

    BalasHapus
  12. bandingkan sama korea dan amerika, rusia sangat komit dengan indonesia, gak pake basa-basi. Pak Syafrie harusnya sadar siapa kawan kita sebenarnya, kalo purnomo emang dia buta peta militer jadi gak usah dipikirin. Segera bikin pelatihan militer bersama rusia, tingkatkan pembelian alutsista dari rusia, kpk dan icw jangan berhenti mengawasi pembeliannya

    BalasHapus
  13. Sabar...sabar... Si sukro bm kemungkinan besar 99,99% akan dipesan di MEF 2,pakde presiden,paklik menhan,sama om dpr/tni sdh kesengsem banget tu pespur,tp di MEF 1 ga kecatet mo dibeli.

    BalasHapus
  14. Ano 04.02. Yg lebih kesengsem agen penjualan Sukhoi, PT Tri Marga.
    Karena disamping dpt fee / komisi penjualan materialnya juga sudah di pastikan me monopoli penjualan suku cadangnya.
    Untuk itu, mereka ngatur agar tidak ada klausul di kontrak yg menyertakan program "ILS" ( Integrated Logistik Support ).
    Dan ano - ano yg blaaassss g ngerti masalah ini sdh cukup puas dg jargon usang " Hebat Sukro udah datang" " Kok cepet ya datangnya???"
    Sedih saya, karena dibalut dg yg namanya "Kerahasiaan" seenaknya saja masyarakat awam ini mudah di kibuli........hemmmm prihatin saya.
    Ya cuma prihatin apa mau apa lagi????

    BalasHapus
  15. Terus yg bagus menurut BOLER ini apa ya????? Leopard di cacimaki jauh lebih bagus tank BMP hasil retrofit nya boler, sukro gak ada apa2nya lebih bagus pesawat dakota yg pake avionik ciptaan boler, rudal yakhon gak bisa di andalkan tanpa propelan hasil pengembangan boler!!! Nah yang terbaru semua pembelian alutsista itu mementingkan komisi aja kalo BOLER gak di ikutkan seperti zaman dulu!!! Cangkem mu boler emang kuwi iki sopo to le?? Ngombe obat kono!!!

    BalasHapus
  16. Yg bagus menurut "Boler" belum tentu bagus menurut Ano 08.24 karena "Boler" lebih rasional dan faktual serta tidak asal "anut grubyuh". Sehingga komen " Boler" dianggap "sok tahu" " sok pinter" dsb-nya.
    Gpp buat " Boler" g marah justru prihatin dan maklum karenanya.
    Saya doakan smg para ano nanti dpt ksmptan spt sy, ngoprek alutsista berbagai jenis, ikut latihan tempur, ikut merasakan berlayar dg KRI jadul sd KRI termodern, ikut dlm berbagai seminar dan presentasi berbagai ma terial alutsista, ikut berkunjung ke berbagai pabrik senjata di luar negeri.
    Sehingga g kaget dan iri apabila ada yg komen kayak " Boler"
    Gpp di cangkem- cangkemke bak omongan orang g waras, biasa itu buat " Boler". Asal saya tdk begitu, krn ingat " Ajining diri dumunung ana ing lathi" " Sura dira dijaya lebur dening pangastuti" " ojo gumunan - ojo kagetan lan ojo dumeh "!!!!!! Semoga khususon Ano 08.24 membaca komen "Boler" ini yg menurutnya cangkeme ndower, asal njeplak koyo boyo mangap. Mhn maaf ya, Ano 08.24.

    BalasHapus
  17. Boleeeer ngakak gw!!!! Seandainya pengakuan mu itu benar boler ini adalah katak peot dalam tempurung!!! Merasa paling tau, merasa paling up date, merasa bahwa cara fikir, ide, analisa, dan kata2nya adalah yg paling bijak!!! Contoh gaya cihuymu boleeer sukro yg baru dateng dirakit aja belum lha kok cangkem mangap mu itu dah ngomong kekurangan ini itu seperti baru nyobain terbang pake sukro tadi aja! Elu idup jaman jadul, kalo memang pernah nyobain alutsista dan pengalaman luas rasa2nya komen mu bukan di sini deh, komen mu pasti jd headline!!!! Komen gak pantes untuk latarbelakang sehebat itu!!! Persis kaya orang tua atau eyang subur yg sangat yakin dgn wangsit dan pengalamannya tak sadar kalo dunia berubah!!!

    BalasHapus
  18. Mana hasil karya mu boleeer yang melebihi dari produk2 sukhoi, leopard, yakhont, sampe nuklir itu??? Tunjukkin boleeeeer!!! Terus kalo mau marah jg gak apa2 monggo kami ladeni!!! Kami ingin liat juga Mantan militer th berapa kesatuan apa brapa nomer indukmu ntar kami konfirmasi!!!!

    BalasHapus
  19. sudah yg penting sukhoi datang abang sayangggg ...lagian sukhoi gak bayar kontan kriditttt dan antar negara gak pakek calokk .beda dengan f 16 bekass sudah bayar kontan jet tempur menghilang entah kemana ,ini yg patut kita tayak duta ri di dc ,karna dia loby 2 f16 paling depan ,duwit ri sudah di potong ama abang sam ,kebutulan cadangan devisa nkri ratusan milyar di simpan di abamg sam ,stop kata kasar dan tengkar bukan jalan keluarnya .

    BalasHapus
  20. Ano, 10.12 dan Ano 11.59 Yth dan sgt sy hormati, mhn jawab pertanyaan saya sbb. ;
    1. Perlukah Jadul itu ?
    2. Melanggar tata aturan dan perundangankah kalo komen di blog ini?
    3. Apakah dlm kegiatan alutsista di wajibkan hanya personil dari militer saja yg boleh terlibat?
    4. Sdh ada komen sy perihal Sukhoi yg minor tendensinya?
    5. Adakah paksaan bagi komentator lain di blog yg hrs mengikuti komen saya?
    Mhn di jawab, terima kasih.

    BalasHapus
  21. Ano 10.12 dan Ano 11.59.
    Yg sangat saya hormati dan saya hargai, dlm masalah produk, mhn maaf saya bukan produsen alutsista. Jadi logikanya dimana sy di minta untuk menunjukkan produk bla...bla....bla.....
    Sy tidak akan marah, buat apa? Nanti yg rugi?
    Soal kepantasan walah anda penganut paham jadul ya. He....he....he.... Jaman skrg suka2 org komen, dimana kpn, saja., apa mesti diatur sama anda????
    Ya anda betul sy memang sdh tua, tapi bukan eyang subur lho sy Boler, kan ?? Emang sdh diganti sama ente nama saya? Kapan, dimana, mengapa diganti Ano?
    Selamat ngakak sampai mulutmu robek juga g ada yg ngelarang, he..he...he dsr bocah ingusan kemarin sore.....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  22. Sudah...sudah...jangan ribut aja,tergantung kita mau nrima ga pendapat orang ntah itu si boleroes atau sob ano yg laen,cocok ga dg pemikiran kita ya trima,ga cocok ya buang aja,ga usah saling ejek/mencaci lah. Komenku aja juga pernah disentil tuh sama boleroes atau sob ano yg laen,tp saya ttp menghormati,krn saya anggap sob ano dan boleroes lbh pintar dari saya. Gitu aja kok repot.

    BalasHapus
  23. Boler yth pertanyaan mu jawaban ada di otakmu!!! Baca komen mu lalu resapi dan hayati!!! Nanti lu akan tertawa sendiri menilai kehebatanmu!!!

    BalasHapus
  24. Kelihatannya anda pribadi yg labil tidak mencerminkan orang intelek? Pantas saja komennya asal komen dan tidak bertanggung jawab, sungguh menyesal saya punya teman sharing di blog ini, tdk menyangka kalau yang saya ajak sharing ternyata hanya pribadi idiot, debil, dan labil.
    Di hormati sbg layaknya org yg patut saya hormati ternyata memang tidak pantas saya hormati, dasar manusia busuk haram jadah, sampah !!!!!
    Vervijlin zeg, godverdoom,!!!!!!

    BalasHapus
  25. Boler yg pinter anak tk aja tau kalo lu bukan produsen alutsista!!!!!!untuk itulah gw minta bukti sebab dari komen yg dulu2 katanya elu ikut rerofit tank, buat avionik, ikut ngembangin bahan bakar roket, terus yg bikin anak ingusan spt gw ngakak lu jg ngaku ngembangin nuklir!!! Naaaah boler si super jenius tolong mana hasil karya mu itu???????????kalau2 elu bisa jd idola bagi banyak anak2 ingusan!!! Belum lg elu ngaku tentara yg pengalaman di irian!!! Ikut proyek2 canggih lainnya!!! Tambah lg elu gampang bener ngomong kalo pt.DI hanya asembling, pt PINDAD buat slongsong pluru aja blum bisa, LAPAN cuma ngecap tentang roketnya, PT PAL cuma tukang las!! Sementara kami para anak ingusan sudah terlanjur bangga dengan perusahaan alutsista itu!!! Kalo emang lu bisa segalanya toloooong tunjukin agar akami para anak ingusan punya kebanggaan baru dan idola baru yaitu boler si serba bisa!!!

    BalasHapus
  26. Maaf saya nggak akan melayani ocehan anak ingusan, sila ngoceh sendiri. Sebab nggak akan nyambung penjelasan saya nanti.
    Anak ingusan masih seneng merengek rengek minta netek lebih konyol lagi nggak level sama " Boler". So, Sorry ........

    BalasHapus
  27. salam kenal pak boleroes11, maaf bukan Mau membaca pikiran bapak tp mungkin maksud bapak ada yg salah dalam pengadaannya dimana unit Dan spare parts kenapa hrs melalui pihak ke 3, kemudian mnrt pengalaman pak boleroes11 peralatan Dr Russia sangat sulit perawatannya, suku cadangnya, aplikasi tekhnologinya begitu yah pak? mungkin bs diterangkan agak detail pak supaya tdk terjadi salah paham, saya pribadi terus terang awam di peralatan militer tp terus terang saya sangat menyenangi peralatan militer, matur suwun pak boleroes11

    BalasHapus
  28. beli alutsista dari rusia lebih mantap, gak kayak tetangga di semenanjung bagian selatannya, bajingan

    hail indonesia, hail rusia

    BalasHapus
  29. Salam kenal juga, dg melalui ini kita silturahmi, ya.
    Perihal pertanyaan Bp dpt saya jelaskan sbb.
    1. Pada setiap kontrak pengadaan biasanya disepakati dg apa yg disebut dg istilah after sales service. Bentuknya dpt berupa a judgment kalo ada kekeliruan atau mal function sistim.
    2. Apabila ada penggantian spare biasanya juga telah disepakati spare dan biaya bongkar pasangnya dg merujuk pada level 2. ( penggantian spare parts).
    3. Waktu berlakunya juga terbatas pada waktu pemakaian atau lama waktu material itu terpasang boleh dipilih salah satu.
    Perihal pengadaan spare parts produsen tetap akan menunjuk agen penjualan selaku wakil dan biasanya pihak ketiga disini dan biasanya juga rekanan dari user agar memudahkan komunikasi antara user dg produser.
    Mengenai material Russia, saya hanya mengandalkan pengalaman masa lalu sbb.
    1. Secara filosofi material Russia dibuat tidak untuk bisnis tapi untuk perang, sehingga sulit bagi user untuk mencari parts yg rusak.
    Contoh, Engine di kapal Parchim menggunakan sistim radial tidak in line engine, apabila jam putar terpenuhi ya harus ganti engine baru, sedangkan engine lama ya dibuang.
    Saya dengar dari seorang Pamen AU yg saya kenal, engine Sukhoi apabila sdh terpenuhi jam terbangnya harus diganti dg engine baru komplit.
    Beda dg filosofi Barat yg menedepankan bisnis dan secara politik si user di ikat agar ada faktor ketergantungan dg produser, maka dikenal dg istilah modular engine. Jadi pada waktu jam pakai tertentu engine hanya module tertentu yg diganti tidak menyeluruh dan berikutnya dan seterusnya maka diistilahkan dg jaminan " ILS" integrated Logistic Support. Kalau di kontrak disepakati begitu, tapi jarang terjadi karena ini mengakibatkan terhapusnya program pengadaan spare parts yg berarti tidak ada proyek, kalau nggak ada proyek ya hanya terima gaji saja.
    Persoalan sulit saya kira nggak ada krn secara theory engine dari dulu ya begitu, kalau mau di aplikasi kita juga hrs menyiapkan bengkel har level depo apa kita sanggup?
    Sementara disini dulu, maaf ada tamu datang. Monggo...........

    BalasHapus
  30. Isone mek ger ngebacot tok......ngoceh isinya cuman saling cemuh...gk yg tua,gk yg muda sma...pdo edane.....!!!!

    BalasHapus
  31. Terima kasih mentor boleroes11 mudah2an bs jadi penjelasan buat adik2 yg awam dunia militer, salam korsa

    BalasHapus
  32. Yth Ano 17.35. Mengenai masalah pengadaan tidak ada yg salah.
    Pengadaannya kan difasilitasi Kredit Eksport, dimana jangka waktu pemakaiannya terbatas layaknya kredit komersial biasa.
    Intinya produsen menyiapkan materialnya yg sdh disepakati lebih awal oleh Supplier dan Buyer, melalui nego teknik.
    Lanjut nego interdept yg membicarakan masalah kredit ekspornya, antara pihak " lender" atau penyedia jasa keuangan dg pihak kemenkeu berapa tahun kesepakatan pemakaian uang " Lender", berapa interest per thnnya, berapa fee atau komisinya dsbnya, baru draft contract.
    Dari draft contract di teliti kembali dan setelah acc jadilah contract.
    Dari contract terbitlah pembukaan L/C di bank koresponden yg di tunjuk.
    Dari L/C dimulailah pembuatan atau penyiapan material yg di pesan hingga siap pengiriman ke user dst-nya.
    Dari seluruh rangkaian proses tadi rekanan sdh hrs siap duit buaaanyak, dan siapa rekanan yg mampu menjadi persoalan tersendiri, dimana pd saat L/C itu cair, rekanan sdh agak lega karena sdh dpt menikmati fee ke agenan dari produsen, tapi sedikit itu menurut saya buaaanyaaak sekali. Contoh kalau nilai kontrak 10 juta usDollars fee didapat 1% = 1 juta Usd.= 1.000.000 x Rp 9.500,- = Rp. 9.500.000.000,-
    Pada hal harga kontrak kapal KPR nilainya 1.milyard dollars lebih jadi mbuh ora isi ngitung fee-nya.
    Kalau pakai State Credit Rusia nggak ada fee atau komisi, waktu pemakaian kreditnya lama jangka waktunya sd 15 thn.
    Jadi mana yg dipilih, ya kredit ekspor tho, ada fee, ada komisi dlsbnya yg lazim di sebut " Susuk" alias ..........bisa jadi Vitalia, Camry, dan Villa dsb nya. Sedangkan kalau pakai state credit yo ngaplo kabeh, nggak ada Vitalia, Villa, dan Avansa., he....he.....he......

    BalasHapus
  33. Nah gitu donk pak boler.....mator tank you atas infonya.....pantesan aja para pejabat gk mau ambil brang dri rusia....pjabate kyok asu.....cman mentingin perut doank......

    BalasHapus
  34. Kok pakai " mentor" apa "Sisun" eks bumi Moro?

    BalasHapus
  35. Siap mentor, saya hanya awak kapal yg sedang mendarat, matur suwun penjelasannya.

    BalasHapus
  36. hebat ya negara ini 2003-2013 hanya untuk satu skuadron itupun 16 pesawat .banyak bajingannya pula dalam proses.nga ngerti pola fikirnya orang diatas sana?ternyata masih jauh sekali dari cita cita para pendiri bangsa.nga tau deh mereka akan bilang apa melihat republik yang di cintainya ini jika mereka masih hidup.manusia indonesia sekarang lebih mementingkan proyek ketimbang membesarkan dan mengharumkan nama bangsa ini,sedih banget.

    BalasHapus
  37. udah ? puas? cuma 1 skuadron?

    seluas Indonesia ini minimal 10 skuadron,
    JANGAN BELI KETENGAN PLISSS !!!

    BalasHapus
  38. belli ketengan gak ketaraaa brooo ...hasil lebih hebat dan seyapp ketengan pesawat tempur ,negara lain belanja alut sista tentu yata yg terhebat di akusisi ,indonesia harga lebih mahal tampa peluru avionic di makan para kommendan ,contoh yataa belli fregaat dari bellanda ,tampa peluncur senjata avionic harga segudang padahal maroko belli feregat dari bellanda tipe sama senjata lebih lengkap harga lebih murah 15% .hitung ajaa berapa komisi buat panglima besar hehe...

    BalasHapus