Sabtu, Desember 28, 2013
112
MOROTAI-(IDB) : Selama empat hari dari tanggal 16 sampai dengan19 Desember 2013 tim Direktorat Teknologi dan Industri Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Alat Peralatan Pertahanan Balitbang Kemhan berhasil melakukan uji coba peluncuran enam unit roket yaitu dua unit RX-1210 mm dan empat unit R-han 1220 mm, di Tanjung Sangkowo Kecamatan Morotai Timur Maluku Utara, Rabu (18/12).

Peluncuran roket tipe ini merupakan peluncuran pertama roket tipe RX-1210 mm dan R-Han 1220 mm yang merupakan hasil penelitian dan pengembangan Balitbang Kemhan. Roket ini memiliki fungsi sebagai roket Artileri Medan (Armed) dan diproyeksikan untuk dipergunakan oleh satuan-satuan Artileri Medan TNI AL dan TNI AD.  

Keenam roket tersebut merupakan pengembangan lanjutan dari roket R-Han 122 mm yang diujicobakan di Pusat Latihan Tempur TNI AD, Baturaja, Sumatera Selatan.   Roket RX-1210 mm memiliki daya jangkau 14 km dan R-han 1220 mm memiliki daya jangkau 20 km.   Pada tahun 2014 Balitbang Kemhan  menargetkan akan meluncurkan roket dengan jarak tembak yang lebih jauh dan akurasi tinggi. Program ini merupakan salah satu program Kemhan dalam rangka mewujudkan kemandirian industri pertahanan.  

Uji coba ini merupakan hasil kerjasama tim konsorsium roket nasional dari beberapa lembaga terkait yaitu Kemhan, LAPAN RI, PT.DI, Kemristek, PT. PINDAD dan PT. Krakatau Steel.

Berdasarkan UU No. 16/2012 tentang Industri Pertahanan pasal 28 disebutkan bahwa peningkatan kemampuan dan penguasaan teknologi Industri Pertahanan dilakukan melalui penelitian dan pengembangan serta perekayasaan dalam suatu sistem nasional. 

Selain itu pelaksana penelitian dan pengembangan serta perekayasaan sebagaimana dimaksud terdiri atas lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, institusi penelitian dan pengembangan, baik lembaga pemerintah maupun swasta nasional di bidang pertahanan dan keamanan, pengguna dalam hal ini TNI, serta industri alat utama.






Sumber : DMC

112 komentar:

  1. INDON BUAT ROKET HAHAHA ROKET TAK GUNA.TERBANG DPAN HIDONG, HAHAHA TAK YA LA INDON PUNYA ORANG JADI AMAH JE KAT MALAYSA. RAKYAT JAWA SUDAH DITAKDIRKAN OLEH ALLAH JADI AMAH,PEMBANTU KAT MALAYSIA,HAHAHAHA JAWA TIMUR Y ALLAH SAYE TENGOK MISKIN SANGAT,PEREMPUANYA BNYAK PELACUR,EMAKNYA JADI PEMBANTU, STORE PEMBAMTU.. HAH INDON BODOH.JAWA BODOH U BILA NAK HIDUP SENANG.DA MERDEKA 60 TAHUN TPI MASH MISKIN, PRESIDEN AWAK MACAM BABI.ISTRINYA MACAM PELACUR.DATANG JE KAT MALAYSIA NANTI I BELI DIA PUNYA CIBAI

    BalasHapus
    Balasan
    1. neragamu bisa buat apa malingsia?? kalau nggak di bantu asutralia dan inggris sudah habis negramu dulu!!! sekarang mau nantang2 perang lagi??? ntar kita kirim ke pantat lu ini roket!

      Hapus
    2. Mulut masih ucap Yang Suci tapi hati busuk, kamulah yg lebih tidak berguna... Orang begini ini yang halalkan segala cara untuk capai tujuan paling pas tinggal di dasar neraka. Belum tentu kamu di terima baik ole bangsamu sendiri.

      Hapus
    3. Ngaku islam tp hati dan klakuan ga beda ma yahudi..emang nabi ngajarin begitu...

      Hapus
    4. Malingsia sudah ngiri,karena tidak bisa buat rudal sendiri,paling paling beli.

      Hapus
    5. HAHAHAHAHA INDON TAK GUNA RAKYATNYA BODOH.. TAHUN 2020 MALAYSIA DA NEGARA MAJU PDB 15.000 US DOLAR/PERSON. BELAJAR LA INDON.U TAK PAYA DTANG KAT MALAYSIA KRJE.. JAWA PUNYA ORANG KAT SINI O JADI AYAM PELACUR.. DKAT INDONESIA KAMI ORANG CMA HORMATI BUGIS KAT CELEBES.. YG LAIN NO WAY.

      Hapus
    6. dah, ga usah di bahas...

      Hapus
    7. DAH JGN BANYAK CAKAP MALING NEGARA KAU TUH JADI SEKARANG NI BERKAT KITA JUGA TUH. MACAM SEPERTI KALIAN TUH MANUSIA MANUSIA SITU TAK TAHU TERIMA KASIH. DAN JANGAN LUPE JUGA TUH DI MALINGSIA BANYAK SEKALI LELUHUR LELUHUR KALIAN YANG DARI JAWA, SAPE TAU TUH OPAH KAU TUH BERASAL DARI JAWA TIMUR JUGE. HATI HATI PUNYA LIDAH NAK CAKAP BISA JADI BUMERANG JUGA KE. DASAR CAKAPAN TAI KUCING.

      Hapus
    8. LIANCAO KAO JAWA, ORAG JAWA KAT MALAYSIA PENYAMPAH PUNYA ORG.GILE BABI.OI JAWA BODOH U TAK MALU KRJE DI MALAYSIA.AWAK TAK KRJE DKAT SINI U BOLE MAKAN TAK DKT INDON..BABI KAO JAWA DATANG KAT MALAYSIA MAKAN,BWA BARANG BALEK KAT INDON. PENCURI,PEROMPAK KAT MALAYSIA..TENGOK JE ORG JAWA KAT MALAYSIA KITORANG MAU BUAT SUSAH,U BALEK LA JAWA TAK PAYA DATANG MALAYSIA. LIANCAO,JAWA BODOH, JAWA PELACUR.TENGOK DKAT KEDAI KENA PEGANG DIA PUNYA BUNTUT PUN TAK APE.

      Hapus
    9. ayo kita sama2 berak di CONGOR ACHEH.... By :adrian kali bata

      Hapus
    10. sdh kah babi acheh makan sampah hari ini.....???

      Hapus
    11. NDAK PUNYA MALU SEBUT2 NAMA ALLOH, MALINGSIA SEBAGAI BEGUNDAL KAFIR. LEBIH BAIK HIDUP MISKIN TAPI PUNYA HARGA DIRI

      Hapus
    12. si cocor bebek muncul.....dari maleysie.....haha, banyak bacot lu.pernah datang ke jawa timur?ke daerah mana yg kau sebut miskin? lu kyg miskin,miskin pengetahuan otak lu.negara gak jelas gitu kq ngoceh sembarangan tentang indonesia.gua kirim 10 juta pemuda NKRI ke perbatasan,mampus lu.branix koar2 dengan bangga pernah perang dengan kita,ape lu menang??????hah?klo brani 1 lawan 1.ga ush pake sembunyi di balik baju kerajaan inggris dan persemakmurannya.palingan sekali libas doang,kere lu.rugi bget ente ngajak musuhan sama kita,ga akan menang.

      Hapus
    13. NEGARA PALING DUNGU DI DUNIA ADALAH MALAYSIA, KENAPA?, KARENA SAMPAI SAAT INI MASIH BELUM MERDEKA ALIAS MASIH JADI KACUNG BRITIS DAN YG PALING PARAH ISLAM DI MALAYSIA HANYA FANTASI TAPI MORAL NYA YAHUDI. MUDAH2AN PECAH PERANG DUNIA 3

      Hapus
    14. SEKARANG INI MALINGSIA MULAI GEMETAR....... MALINGSIA ADALAH BANGSA TANPA MARTABAT DI DUNIA DAN TANPA HARGA DIRI. MALAYSIA SELALU IRI KEPADA BANGSA INDONESIA KARENA INDONESIA PUNYA SEJARAH DAN BUDAYA YG JELAS TIDAK SEPERTI MALAYSIA, YG SEGALA SESUATUNYA NJIPLAK DARI NKRI. LAGU KEBANGSAAN MALAYSIA SAJA DI AMBIL DARI LAGU YG BIASA DI BUAT MAINAN ANAK2 INDONESIA. HI MEMALUKAN...!

      Hapus
    15. HOHOHOHO KAO ITU NEGARA APE.TENGOK ADAKAH INDON MAJU.CIBAI KAO PUNYA.. MALAYSIA TAHUN 2020 DA MAJU MA.PDB 15.000 US DOLLAR/PERSON..MALAYSIA PUNYA DAYA SAING KE 6 IN THE WORLD.. KE 2 PALING INOVATIF DI ASEAN.. INFRASRUKTR MAJU.PINDIDIKAN MAJU. TENGOK INDON VIETNAM PUN KALAHKAN,HAHAHA TAK PAYA LA SUARA BESAR KAO INDON..PETSONAS VS PERTAMINA.BUTU MASA 100 TAHUN BRU BOLE SAMA PETRONAS.ADA PROTON, ADA PERODUA.INDON MANA ADA. INDON SUDAH DITAKDIRKAN JADI NEGARA AMAH.PEMBANTU...

      Hapus
    16. hahaha
      syukurlah nih orang membangga-banggakan petronas tanpa sadar dia membanggakan arsitek dari INA
      wkwkwk
      makannya kalo mau membanggakan sesuatu dipikir dulu
      batik dibanggain
      wayang di banggain
      tari pun dibanggain padahal punya orang lain
      wkwkwk

      Hapus
    17. Comment yg membuat permusuhan jgn di respon..yg hrs kt pkrkn bgaimana memajukn negara ini demi kemamuran Rakyat indonesia yg berkeadilan dan berprikemanusiaan serta berketuhanan yg Maha Esa..Semoga Tuhan Selalu meridhoi Negara Bangsa Kita..Amiin

      Hapus
    18. Malingsial kan cuma bisa koar2 sja tamapa bisa melakukan a..ana kasih tw ente ya klau orang indonesia tak ada mungkin korang dah mati kelaparan babi sial korang dasar melayu tukang minta stu batang rokokpun tak boleh beli cakap orang lrang indon miskin, cakap orang indon pelacur
      ,cakap oang indon penatang hara,memang mlayu mlasial tu islam munafi..

      Hapus
    19. INI ORANG BENAR MALASYIA APA CUMA PROPOKATOR MASALAHNYA YANG DI HINA ORANG JAWA DOANG, INDONESIA ITU BUKAN ORANG JAWA DOANG, HINA SAYA AJA ORANG BATAK JANGAN SAUDARA KAMI JAWA AJA YANG DI HINA.

      Hapus
    20. BATAK BABI. HORAS BAA TAK ADA BERAS MAKAN TAI.HAHAHA BATAK KAFIR, APA MAUMU BATAK LEO JANGAN NGOMONG JAWA SAUDARA LEO.MENJIJIKAN.. ASU TAK PENGGAL KEPALAMU BATAK.

      Hapus
    21. Itu ano2 cuma adu domba...gimana cuman etnik jawa yang dihina...haiyo..ngaku sja doang kamu ini bukannya orang malaysia...provokator adu domba dua negara..

      Hapus
    22. ano 29 dec 18.00,,, kalau kamu yg beragama maki2 orang begitu hebatnya sama dengan cara orang kafir,,, apa bedanya kamu dengan yg kafir ??? bedanya cuma yg satu anjing pake' bedak dan yang lain ga pake' bedak!!! akakakakakakakakakkk

      Hapus
  2. Palestina yg terjajah saja bisa buat roket macam itu bahkan lebih panjan jangkauannya sampai 70km lah ini roket apaan.dana pertahanankan trilyunan hasilnya ecek ecek. ini hanya akalan akalan dana dimakan siluman gendut berdasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa bos dana pertahanankan bobo(Bocor dan boroz . roket sekelas hamas dan bizbulah padahal dananya tidak perlu milyaran.memang semuanya masuk kantong kantong siluman

      Hapus
    2. Berapa trilyun yg masuk ke BPPT dan TNI untuk Litbang om!!! tahun kemarin litbang BPPT hanya kebagian 50an milyar untuk riset propelan, itu pun sudah sukses membuat roket2 ini, yang tinggal selangkah lagi kan menjadi rudal. Hamas itu semua ekonomi diarahkan untuk pertahanan. ente mau seperti itu?? bensin naik seribu saja sudah demo berminggu2!! kita bisa dengan mudah merubah apapun untuk jadi senjata kalau kita mau, degan resiko dana2 negara dialihkan untuk pertahanan. Saya jamin beberapa bulan kita sudah bisa buat rudal!

      Hapus
    3. kalau semua ekonomi dan kemampuan bangsa digunakan sebesar besarnya untuk militer, yg ada hidup dalam kondisi perang. seperti korut, israel, singapura dll...

      hidup dalam tekanan, mau tertawa aja susah, kesinggung dikit marah marah, mau?

      Hapus
    4. yang penting itu ada konsistensi dan komitmen pemerintah untuk terus mengembangkan teknologinya, g berhenti d tengah jalan. Kalau g salah kan habis ini dpt asistensi dari china untuk buat rudal, berdoa saja semoga lancar

      Hapus
    5. Memang anggaran pertahanan trilunan tapi masih sangat kurang. Itu termasuk gaji anggota TNI dan PNS nya, biaya operasi dan pemeliharaannya. BBM aja masih utang 5 triliun ke PERTAMINA.Seharusnya SUBSIDI BBM dihapus, 300 triliun lumayan buat PERTAHANAN dan PENGOBATAN GRATIS.

      Hapus
    6. Dulu pejabat yg loe sebut GENDUT BERDASI juga pasti sering demo dan teriak ANTI KORUPSI... tapi begitu berkuasa dia jadi MALING juga.....Jangan2 yg teriak2 ANTI KORUPSI sekarang ini belum dapat kesempatan korupsi. ...aja. Atau belum ada kesempatan jadi MALING he...he....

      Hapus
    7. tidak setuju ano 09.36, kalau memang niat tidak korupsi ya harus benar2 dilaksanakan...

      Hapus
    8. hammas memang bisa buat rudal ato bisa rakit rudal yang sudah di beli dari luar????...
      bisa buat rudal maksudnya dari bahan mentah hingga jadi entah itu elemen metal , propelan, batree ,dan navigasi. Kalo rakit rudal tinggal ngerantep doang.
      yang bener yg mana nih jika bandingin dgn mereka. Jangan asal bacot...memang belajar gak pake duit buat gak pake modal, jika yang di maksud berdasi mungkin bokap loe tuh yg gendut tikus.

      Hapus
    9. NAMANYA BARU BANGKIT BRO

      Hapus
  3. megenaskan sekali kalah ama hamas lapan , yg lebih cilaka roket tampa akurasi dengan biayaya triliunan patut di pertayakan dari dulu lapan hasilnya itu itu ajaa....apa gak perampokan di siang hari bolong . makanya mari kita sadar dan saling mengigatkan negara ini sudah di kuasai kekaisaran asuu ....aturan nya dengan dana milyaran dolar , berguru yata lebih pintar layak nya india dan cina daholo ....hasilnya gak jalan di tempat habis milyaran dolar ini anehhh ....menhan mantan mentri energi sudah terkennal dari dulu....menurut sumber di kementrian energi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. mungkin management nya harus lebih terbuka...

      Hapus
    2. Cobalah cari info yg bener jangan asal cuap. ....jadinya fitnah. Dana untuk penelitian ROKET yg diterima ama BPPT dan LAPAN itu tergolong MINIM....boro2 MILYARAN DOLAR....

      Hapus
    3. Bukan alasan yang tepat.!!!!
      Kalo di kumpulin sdh ratusan milyar tuh dana anggaran dua lembaga peneltian pemerintah tapi.sebagian besar habis untuk belanja pegawai yang besar, sehingga belanja modal tinggal se uprit.
      Makanya setelah puluhan tahun hasilnya ya sekedar saja yg penting sudah melakukan penelitian dan kalau g berhasil atau gagal harap maklum karena konteksnya adalah penelitian jadi wajar.
      Makanya lembaga penelitian itu harusnya di ringkas saja, jangan seperti sekarang masing- masing departemen dan kelembagaan ada bagian riset yg intinya hanya bagi2 anggaran yg habis untuk belanja pegawai doang sedang apa yg sdh di hasilkan dari risetnya? Boleh di bilang hasil risetnya g ada yg di pakai sebagai acuan untuk perbaikan dan kemajuan ilmu dan teknologi yg di inginkan.
      Ini bukan fitnah ini kenyataan, kalo pitnah bener alias "kejePIT ngeuNAH" kata orang sunda.
      Preeettt.....!!!!!

      Hapus
    4. haha bocah....cari data jangan cuma dr om google tong...

      Hapus
    5. btul... bos..,,, :>) bsanya cm sinis sm hasil bngsa sendiri.... pdahal ngarti jg kg yg di omonginya....

      Hapus
    6. maaf bro kalo agak sedikit sok tau, setahu saya memang hamas membuat roket sendiri. mereka membuat bodi roket mereka sendri, tapi untuk propelannya mereka memakai formulasi yang memang mereka sudah tahu dari dulu atau dari senjata2 yng mereka pernah pakai atau dri mujahidin2 yg pernah belajar ke luar. bahkan seorang sarjana gurupun bisa jadi ahli bahan propelan di daerah konflik akibat keadaan yg memaksa. beda dengan lapan, lapan melakukan pengembangan roket, tanpa memakai formulasi yang memang sudah diketahui orang umum, karena itu bahan campurannya adalah hasil penelitian mandri. karena untuk formulasi yang ada2 di rudal2 canggih tidak pernah di bocorkan kesembarang pihak oleh negara asal rudal. jadi kita mulai dari 0 dn bnyak "try and error". roket yang dibuat hamaspun sekenanya saja dengan rudder dan aileron yang fix, dengan begitu mereka hanya bermain di sudut peluncuran roketnya saja, sedangkn lapan mengusahakan sirip roketnya dengan program mikrokontroler yang tentu menggunakan komponen elektronik yang tidak murah. belum sensor2 pemantau yang terpasang di roket dan di groundnya. tentu hal2 seperti itu tidak terdapat diroket2 buatan hamas secara mandiri, di roket mereka hanya terdapat bodi utama dengan sirip fixed plus hulu ledak saja pada bagian ujung, kisaran biaya satu roket mereka puluhan hingga ratusan juta rupiah per satu roket. sebagai pembanding, roket buatan mahasiswa2 yang berlaga di kontes roket di dlam negri, persatu roket yang panjangnya 1 mter lebih sedikit tanpa hulu ledak tentunya dengan propelan hasil formulasi sendiri dari penelitian terbatas saja harganya bisa mencapai 15-20 juta. jadi pengembangan roket lapan yang diarahkan untuk menjadi misil dengan biaya 50M masih terbilang minim.

      Hapus
    7. maaf bro kalo agak sedikit sok tau, setahu saya memang hamas membuat roket sendiri. mereka membuat bodi roket mereka sendri, tapi untuk propelannya mereka memakai formulasi yang memang mereka sudah tahu dari dulu atau dari senjata2 yng mereka pernah pakai atau dri mujahidin2 yg pernah belajar ke luar. bahkan seorang sarjana gurupun bisa jadi ahli bahan propelan di daerah konflik akibat keadaan yg memaksa. beda dengan lapan, lapan melakukan pengembangan roket, tanpa memakai formulasi yang memang sudah diketahui orang umum, karena itu bahan campurannya adalah hasil penelitian mandri. karena untuk formulasi yang ada2 di rudal2 canggih tidak pernah di bocorkan kesembarang pihak oleh negara asal rudal. jadi kita mulai dari 0 dn bnyak "try and error". roket yang dibuat hamaspun sekenanya saja dengan rudder dan aileron yang fix, dengan begitu mereka hanya bermain di sudut peluncuran roketnya saja, sedangkn lapan mengusahakan sirip roketnya dengan program mikrokontroler yang tentu menggunakan komponen elektronik yang tidak murah. belum sensor2 pemantau yang terpasang di roket dan di groundnya. tentu hal2 seperti itu tidak terdapat diroket2 buatan hamas secara mandiri, di roket mereka hanya terdapat bodi utama dengan sirip fixed plus hulu ledak saja pada bagian ujung, kisaran biaya satu roket mereka puluhan hingga ratusan juta rupiah per satu roket. sebagai pembanding, roket buatan mahasiswa2 yang berlaga di kontes roket di dlam negri, persatu roket yang panjangnya 1 mter lebih sedikit tanpa hulu ledak tentunya dengan propelan hasil formulasi sendiri dari penelitian terbatas saja harganya bisa mencapai 15-20 juta. jadi pengembangan roket lapan yang diarahkan untuk menjadi misil dengan biaya 50M masih terbilang minim.

      Hapus
  4. Aduuh miris masa kalah sama hamas palestin yg terjajah saja bisa bikin roket.lihat lah palestin hamas dalam keadaan sulit terhimpit saja bisa buat roket padahal dananya minim.aduh miris miris.woii woi antek antek siluman sadarlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita tidak kalah, bro. beda... mereka bikin roket untuk bertahan hidup dari penjajahan israel

      Hapus
    2. Kita buat roket untuk ngalahin mercon sreng..........produksi Parung, Bogor.
      He...he....he.......

      Hapus
    3. GUOBLOOOK BESAR....mereka bisa buat, beli atau terima sumbangan dari sekutu. Jangan asal komen men gua tau komenmu ini hanya sebatas COPAS doang bukan berasal dari informasi yg lengkap hingga penyampaiannya ngawur. OON.

      Hapus
    4. PEMERINTAH ALOKASIKAN DANA BUAT ROKET UNTK JADIKAN KEMBANG API,MERCONG, JADI GAK USAH IMPOR MERCONG NANTI TAHUN BRU BISA DILEDAKAN,,JARANG ROKET BUATAN PEMERINTA Y CM BISA KALAHKAN MERCONG JANGKAUANYA..

      Hapus
    5. Klo ente mau lihat lapan bisa buat yang 300 km dlm waktu dekat, ente harus nyumbang 1 unit tomahawk dulu gan?sanggup. Klo ngk sanggup Ente bisa nyumbang titik koordinat rumah Ente GAN, biar nanti klo nih mercon diuji coba lagi ngak usah jauh2 ke morotai. Biar langsung nyungsep ke rumah ente,,DUUOR !!!..Habis deh ente.

      Hapus
    6. LAPAN da 40 tahun melakukan penelitian tengtang roket, TPI sungguh memalukan, ROKET VS MERCONG.mash menang mercong dri pada roket LAPAN.. Uang dri pemerintah untk penelitian cm dipake belanja untk anak istrinya. Mash mendingan tabung gas pertamina bisa dijadikan bom,dri pada roket lapan gak brguna. LAPAN gak adakan penelitian cma tidur, BUBARKAN AJA LAPAN.BENTK LEMBAGA BARU LEBH BAIK BELAJAR ULANG SAMA CHINA DRI PADA LAPAN. JAWA VS MADURA,

      Hapus
  5. Ano 2 pada teriak2 ada apa ini.......kalo mikir yg agakpinter dikitlah. Pada saat test berlangsung semua MATA di dunia mengarah ke MOROTAI. Jika yg ditest roket dg kemampuan sampai 4 digit, maka PENAWARNYA dg gampang mereka siapkan. Jadi yg diexpose yg ecek2 yg sdh sering ditest, sedangkan yg digit besar biar TETAP MISTERI dan RAHASIA...he...he...he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan terlalu terpesona dengan model pemberitaan yang kayak begituan.
      Seperti katak dalam tempurung yg tidak melihat kenyataan.
      Harusnya malu kita kalau dulu kita sdh berhasil melesatkan roket Kartika tahun 1960-an, masak sudah puluhan tahun roketnya masih juga kaya mercon sreng.!!!!
      Udah gitu di banggain lagi. Payah banget nih orang.

      Hapus
  6. Katanya indonesia masuk negara ekonomi g20 kok roketnya sama dengan negara yg terjajah macam palestina.huft huft huft mau dibawa kemana ini.kalo masalah nilep duit rakyat. indonesia no 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga salah roket hamaz dari iran??

      Hapus
    2. kalo kita publikasi atas keberhasilan roket yg 3 digit bisa jadi histeria di kawasan asia makanya tidak di publikasi. Sama halnya kapal selam negara luar hanya tahu kita punya dua jenis kapal selam, yg laen tdk di publikasi agar tetap menjadi rahasia.

      Hapus
  7. Sudah puluhan tahun usia lembaganya, membuat roket saja masih uji coba terus dengan dana milyaran rupiah dengan hasil minimal.
    G bakal dapat membuat roket yg di gembar gemborkan kalau model sdm birokrat cuma ngabisin dana untuk belanja pegawai yg terlalu banyak dan tidak effisien kerjanya.
    Di samping itu selama belum ada industri hulu sebagai pendukung industri manufactur jangan harap terlalu muluk kita mampu membuat ini itu yang sebenarnya ini itu ya korupsi semua.!!!!!
    Malu, sudah puluhan tahun merdeka hanya mampu membuat "Kroket" seharga Rp 5 ribuan rupiah.!!!
    Sudah gitu pemberitannya bukan main bombastisnya, apa di kira masyarakat pembaca masih dapat di tipu dengan pemberitaan model gituh.
    Bah,!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gemana kalo ente bantu kpk membuka korupsi yg ente tuduhkan???

      Hapus
    2. bener bgt ano 09.49 bener banget,,
      bantu kpk n bantu lapan kalau ano 09.34 merasa hebat,,jangan asal menghujat tidak bisa berbuat apa-apa

      Hapus
    3. Apa urusannya masalah sistem dengan KPK?
      Dasar gemblung, yg ada adalah masalah sistem bukan korupsi, mblung, gemblung.
      Katrok g mampu menyimak tulisan si gemblung nih.
      Belajar mbaca, mblung, gemblung.
      Masalah sistem kok dikaitkan dg KPK.

      Hapus
    4. katanya korupsi ya KPK donk?

      Hapus
  8. Roket hamas????? Baca dan pelajari lagi hay para penghujat sok tau!!! Itu Roket bantuan iran roket slundupan mungkin juga dari rusia yang sedikit di modif!!! Untuk pengembangan roket R han 1220 dapet dana Rp 5 milyar, tolong para penghujat dan orang malaysia nyasar buat satu aja peluru untuk AK 47 saya siap beli 1jt per biji!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngk usah di tanggapin boss, paling jg org2 LSM, yg netek sama mama elly dan piaraannya obama

      Hapus
  9. Setapak demi setapak Lapan beserta jajarannya akan mengembangkan terus roket kendali tsb,nanti suatu saat pasti bisa membuat rudal yang jangkaluannya 500 km sampai 1000 km.
    kalau sudah terwujud,udah deh pada diem semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setapak demi setapak dalam kurun waktu puluhan tahun ya gitu-gitu aja.
      Tahun anggaran ini bikin roket begini, tahun anggaran depan bikin lagi roket begituan, dan tiap anggaran selalu membuat model roket tapi belum ada roket yang dapat di pakai sebagai proto type yang dapat di buat secara massal.
      Karena LAPAN atau BPPT adalah lembaga penelitian bukan lembaga atau industri manufactur seperti PINDAD atau PT DI.
      Jadi keliru kalau mengharapkan lembaga itu memproduksi roket.
      Ya kegiatannya selalu "Try & Error" mencoba dan gagal, kalo gagal ya harap maklum karena dalam kerangka uji coba.

      Hapus
    2. Jangankan rudal yg daya jangkaunya 500 km atau lebih siapa tahu lembaga peroketan itu juga berhasil membuat contoh rudal antar benua dengan hulu ledak nuklir di waktu dekat ini. Lembaga itu SDM nya banyak dan berkualitas international serta sdh mempunyai banyak pengalaman membuat roket sejak puluhan tahun yang lalu.
      Bukan tidak mungkin bisa membuat contoh roket dan rudal canggih dan hueibat, mungkin saja asal dana anggaran yg di sediakan cukup besar dan tidak sulit untuk mendapatkan bahan baku yg di perlukan karena disini belum ada industri pendukungnya.
      Yang ada disini industri pendukung dengan merk "AKAN".
      Selama pabrik pendukung riset dan pengembangan roket dan rudal kita masih merk "AKAN" produk roket dan rudal yang dihasilkan nanti juga roket dan rudal "AKAN".

      Hapus
  10. Maju Trz Kemhan, LAPAN RI, PT.DI, Kemristek, PT. PINDAD dan PT. Krakatau Steel. Jadikan komentar di atas sebagai cambuk untuk maju dan bisa buktikan bahwa buatan Putra Putri Indonesia dapat dibanggakan.

    *Ayam Jantan dari Timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg di banggakan adalah produk "Korupsi" dan turunannya.
      Selama sistem birokrasinya seperti sekarang, jangan harap yang berlebihan pada konteks roket dan rudal Indonesia.
      Ayam jantan dari timur = ayam sayur,

      Hapus
  11. Yang komen menghujat tolong dong buatin ane mercon terbang!!! Tau gak bahan nya apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahanya dari abon sapi di campur sama biji kedongdong di bungkus daon pisang... :d

      Hapus
    2. MERCON aja ente bilang " abon sapi di bungkus daun pisang"..apa lagi roket/ rudal? BACA DULU YANG BENER ARTIKELNYA DI ATAS BARU KOMEN? Skali2 ente lihat ke LAPAN Sana biar ente bisa tau bedanya roket sama abon sapi, payah kali loe!!

      Hapus
    3. Orang ngk waras Gan! HAHAHAHAHA. Lagi mbahas roket eh ni bocah malah mbahas pepes abon sapi campur kedondong. Bikin ketawa ae cah

      Hapus
    4. hahaha.... =)) slow aj bro jgn trlalu seriuslah bcanda dikit kan boleeehh.... hihihihi :d

      Hapus
  12. Kali ini sudah di tunggu belum ada bukti video tentang peluncuran roket dari lapan seperti biasanya di blok ini.Apa ada kesulitan dapat videonya??Rakyat tentu berharap bisa nonton videonya mulai roket meluncur oah gerak sampai mengenai target....katanya kali ini peluncuran roket roket tsb di rekam oleh pesawat nir awak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesawat nir awak yg berisik itu, masyaallah,.......

      Hapus
  13. kalau mau uji roket skala kecil di bawah 50km alangkah baiknya di uji coba di batam,saja atau di garut daripada jauh" ke mmaluku habisin biaya saja..
    Daridulu ukuranya gitu" saja..katanya Rx-550 mau di uji coba.
    Jan jane kie Lapan bisa tepat waktu tidak tho.. Dari sebelu masehi sampai abad 21 kog gitu" aja..
    Kapan mau maju.
    Pemipine cen djancookk kabeh,itu uang rakyatt jangan pernah di maenin hanya untuk uji" coba saja skala kecil..
    Kalau 300km itu rakyat baru setuju..
    Saya tau emg sgl sesuatune kui bertahap,tapi gk jalan di tempat terus dunk..kapan mau maju kalau tdk ada tmmbahan dana ONE TOP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kw nek komen ojo ketok goblogke mas.nek ra mudeng ra sah kakehan cangkem.mudeng artine one top ra?nulis ae kleru ketok pekoke.ngelok2ke pimpinane njancuk maneh.emang kowe sopo?nabi?moloekat?paling kw cah njancuk gaweane mbukaki situs bokep gaweane.jangkrik..asu..

      Hapus
  14. Optimis aja Om sma nih program. 1 tahun lagi udah dibuat masal tuh roket Lumayan lah. Tunggu aja 2014 om, mau dilaunching dlam bentuk mobile MLRS (mirip Himarx Singa). Nanti klo dah jadi, Ane yakin Ente2 yg remehin bakal diem deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum baca rilisnya petinggi Lapan bgm untuk membuat roket blm rudal loh, sulit untuk mendapatkan sumber bahan baku ammonium propelatnya karena ketatnya embargo.
      So, tahun depan ya membuat proyek lagi kecil2-an menghabiskan anggaran yg di ajukan.
      Jgn ngomong Himars atau rudal, yang realistis saja kita bru mampu membuat mercun sreng, wkwkwkwkwk.
      Kalo anda ngotot bahwa kita mampu buat roket dan rudal tahun depan, berarti anda sedang "onani" make sabun, wkwkwkwkwk.

      Hapus
  15. Heran sm komen2 dsini.mcem org2 suci aj yg ngga pny salah sm dosa.ngga ada kbanggaan sdikitpun sm pmrintah n negaranya.ini yg dsebut mental2 pmberontak.apa2 pmrintah ini...pmrintah itu..emang gmpg ngurus negara.klo ada bncana sapa yg hrs repot?klian?klo negara ini perang,klian yg ngadepin musuh?mentok2 klian lari k negeri ttangga jd pngungsi.ato klian jd pemimpin d negeri udah psti jaminan klian ngga ada salah?pikirin itu jgn asal njeplak klo ngomong
    .

    BalasHapus
  16. Pasti ada orang yg gamau indo maju, skeptis, pesimist. Itulah para looser. Jangan putus asa LAPAN, kami mendukungmu. Ayo maju

    BalasHapus
  17. Ane tetep opimis Om sma nih program. Klo di produksi masal, nih program bisa ngulangin kesuksesan panser anoa. kalupun kwalitasx belum, ya kuantitasx yg dikejar dulu. Nanti klo dah user yang pake' kan kelihatan kekurangx, tinggal ningkatin aja kemampuanya kan. Kesuksesan ANOA, SS2, CN 235/295 bisa dijadiin contoh kok, yg penting mereka(TNI) mau pakai, trus kelihatan kemampuanya, dan sering2 diikutin pameran ma di promosikan, lama2 negara lain melirik, dan beli juga ternyata, nanti klo negara lain beli, kita dah punya yang versi baru lagi, dan seterusnya. nih roket juga gitu Om tahapnya, butuh perjuangan n perjalanan yang panjang..Ane sbg rakyat bangga dgn kemajuan industri dlm negeri yg dicapai akhir2 ini.. Smoga bsa dilanjutin n dibesarkan lagi ma pemimpin indonesia yg baru nanti...amin.

    BalasHapus
  18. alhamdulillah..ternyata udah meluncur,,
    tinggal di cantolin di super tukino untuk di isi palm bom,,selanjutnya tembusin /jatuhin di singoporno.. Dalam 2bateerai.. Lenyaplah sudah negeri kurang ajar itu

    BalasHapus
  19. Yg gak suka sama NKRI keluar aja dari warga indonesia...daripada cuma jadi sampah doang gak berguna

    BalasHapus
  20. Ha.ha malon kuat iri hati ya lon indo pencipta malon pendengki dasar malon beruk kih kih

    BalasHapus
  21. saya miris baca komen nyalahin dan yang menghujat kalo Indonesia mau maju salah...diem disalah-salahin hadeuuhh ;((.....kalo saya baca komen yang menghujat keliatannya pesimistis dengan produk dalam negeri.....

    BalasHapus
  22. Kalo kerajaan sulu mau integrasi ama nkri maka saya pastikan malingsial tinggal histori target selanjutnya Timor Leste & ostrali

    BalasHapus
  23. Maju terus L.A.P.A.N maju terus indonesia N.K.R.I harga mati M.E.R.D.E.K.A ! ! !

    BalasHapus
  24. Yg maju korupsinya .hanya akal akalan dana.hasilnya nol

    BalasHapus
  25. MLRS RHAN 1210-1220 makin TOP...ini bisa segera ganti in canon gunung76mm- 105mm M101.mlrs BM14/17-M51 armed AD/AL-selaiin RHAN** indonesia juga kan sudah sjk lama(2005) sudah produk mlrs NDL40 versi triler..mohon kapan2 IDB bisa ulas MLRS NDL40- dan antitank STRIM LRAC89mm TNI-

    BalasHapus
    Balasan
    1. NDL40 kreasi PT DI yg di jadikan monument di depan kantor Litbangad, Matraman.
      Yg konon duluuuuuuu, make roket FFAR 2,75 inch hasil lisensi dari Belgia yg sudah diputus lisensinya, he....he....he.....
      Kecian ternyata sampean katrok bin dusun, he....he.....he..............

      Hapus
  26. Memang intelijen malaysia itu melancarkan perang asimetris lewat blog seperti ini,,,,, mereka banyak masuk ke blog-blog daera sumatera dan kalimantan,,, yg jadi sasaran adalah suku jawa diadu dengan bugis,,, jawa diadu dengan padang,,,, jawa diadu dengan melayu ,,,, tujuannya adalah melemahkan NKRI,,, bagian dari politik barat ,,,,, kalau Singapura tugasnya adalah melemahkan NKRI dari segi ekonomi,,,, kartel dan sindikat ekonomi semua berpusat di singapura,,,,, australia bertugas untuk memecah NKRI dari Indonesia Timur !!! Itulah makanya Bangsaku kita semua harus sadar ,,, jangan pernah percaya pada tetangga!! Sebenarnya mereka itu kuatir terhadap bangsa ini yg thn 2020 akan mencapai 400 juta orang dengan kekayaan alam yg besar ,,, akan menjadi superpower!, oleh karena itu mereka bersatu dgn barat untuk melemahkan kita!!! Waspadalah! Tetaplah bersatu!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Majulah bangsaku ku,,,we love indonesia

      Hapus
    2. gan tau gk keunikan INA yg ditakutin negara lain?
      kita memang dari beratus2 suku yg berbeda yg gampang gesekan tetapi itu diperkuat dengan sosalisasi individu yg sangat kuat dan toleransi beragama

      jika kita damai dan tentram akan ada kegaduhan sekala kecil di dalam negri kita tetapi jika kita di ganggu dari negri luar yg tadinya musuh2an jadi bersatu

      contoh saat tenang hacker daerah A nyerang daerah B dll giliran ausi ngusik2 hacker dari sabang sampe merauke, dari puncak jaya wijaya ampe laut terdalam bersatu nyerang tuh negara

      ingat pas ambalat?
      dlm 2 minggu 1jt orng lebih daftar jadi tentararakyat

      inilah indONEsia

      Hapus
    3. setuju dgn ano 1526.
      emang ga masuk akal kalu org bugis malon benci jawa, krna di johor banyk banget jawa keapa ga perang dgn bugis? itu cuma adu domba malon aja! lagian kebanyakan malon yg suka menghujat indonisia itu malon yg hitam bangsa tambi dari srilanka, india dan pakistan, mereka itu benci banget dgn indonisia. polisi malon yg suka menyiksa TKI itu pasti yg hitam tambi.
      Pemogokan buruh galangan kapal di Batam itu juga karena mandor2 bangsa tambi hitam malon itu sadis2 dan sombong terhadap buruh kita, makanya banyak yg digebukin.

      kelompok malon yg benci jawa itu yg kelompok sultan-sultan karena mereka takut rakyat malon jadi ngikut org jawa, sultan dijawa/indoneisia itu sudah ga ada power cuma jadi simbol budaya itulah yg ditakutkan malon kelompok sultan makanya diadu terus biar gak nyatu!

      Hapus
    4. MALAYSIA.SINGAPURA,AUSTRALIAINGGRIS.NEW ZELAND. SIAP MENGHANCURKAN INDONESIA. KAMI DARI KUMPULAN NEGARA MAJU AKAN MENJAJAH INDOSIAL. INDOSIAL BODOH. BUNUH RAKYAT DRI JAWA. SUMATRA KALIMANTANG SULAWESI ADALAH SAUDARA KAMI. BUNUH ORANG2 DI PULAU JAWA. BOM JAKARTA.HAHAHAHAHAHAHAHA

      Hapus
    5. Ane pesen satu gan bom LPG 3kgx. Tapi ngak usah dikirim ke ane, Langsung di ledakin dirumah ente aja skalian..

      Hapus
    6. ano 29 dec 18.19 KAKEKMU PASTI PKI YAAA? kesian deh luu! dendam ya?

      Hapus
  27. Maju slalu indonesia ku,,,doa seluruh rakyat mu dari sabang smpai marauke ttap bersamamu ,,,,jayalah bangsa ku,maju terus

    BalasHapus
  28. Iya memang, selalu ada upaya utk memecah belah negeri ini, mereka takut kalau indonesia besar dan bersatu, mereka tdk akan bisa mendikt indonesia lg. Utk melawan mereka, perlu ditingkatkan SDM dan patriotisme, krn dgn pikiran yg pintar ditambah jiwa patriot tdk akan mudah diadu domba dan bisa bertahan dibawah tekanan. Generasi muda perlu mengambil pelajaran dari sikap patriotisme rakyat (die) surabaya yg berani mati berjihad dgn hanya bambu runcing melawan tentara inggris dan sekutu. Pertempuran surabaya mrpkan neraka inferno bagi tentara inggris yg mrpkan tentara yg tlh memenangin perang dimesir, malaya dan birma. Dua jendral mereka mati dan tentaranya jg byk yg mati shg mereka hrs pulang kampung balik ke england.

    BalasHapus
  29. bangsa indonesia takluk di ahir pemerintahan sukarno kita bicara fakta sejarah berdirinya LAPAN . daholo saman nenek moyangku moyangmu lapan di atas cina sedikit dan dua tingkat di atas india .
    lapan satu 2 negara di asia bisa mencipatakan mesin roket secara mandiri , habis lah terang kedeta datang sumitro dan harto bak algojo memfonis para ilmuan lapan di tuduh angkota komunis lapan pun di tutup atas permintaan asu .....jadilah negara indonesia seperti sekarang di kasih hutang barang dari anggota asu bebas masuk mengalir bak air terjun , rencana panjang sekutu
    sudah di desain cantiknya , petinggi negara dari menrhor economi sampai tukang sapu harus ber aliran kekaisaran asu ....tegok kebelakang siapa yg duduk di kementrian basah dengan dolar .
    jangan heran pembelian senjata alutsista kerjasama sekalipun ada kebocoran luar biasa asuuu pura 2 gak tahu asal f 16 bekas heli apache dan pesawat latih t 50 lolos bersama ks changbogo .
    tragisnya kita terbuang dengan barang bekas dan hutang membungbung segunung . bank dunia pun ketawa terbahak bahak rupiah terjun bebas , anehh lagi anggota asuu yg terkennak krisis malah indonesia mata uang nya jadi bulan bulanan mirip sampah di luar negeri .semoga para antek asuu...sadarkan diri supaya negeri nan kaya ini ada selesainya di tindas para tuan demang jellmaan asing .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus kamu anteknya siapa?

      Hapus
    2. Untung ada suharto,,, kalau nggak kamu masi pegang palu arit makan pakai kupon ngantri sekarang spti di Korut !! CINA DAN RUSIA aja berubah jadi Kapitalis sekarang ! Kamu tuh barisan sakit hati yaaa? Ga usah korek luka lama,,, banyak org yg diam tapi tersinggung! PKI luu !!

      Hapus
  30. Betuul sekali.negara kita dianggap barang galian.gali emas .gali.perak.gali minyak.semuanya diangkut ke amerika .hutang menggunung .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita dukung uu minerba...

      Hapus
  31. indon gile bayang,tak apelah daripade tak de nak buat..bebual mcm bangse heibat sahaja,uros negri soramg pun tak sanggup,cam mane nak perang,,lalu jadi umpan bullet tentera m'sia hahhahhhah

    BalasHapus
    Balasan
    1. We all know Malaysian laaah ,,, they are a nation without history so they create their own history akakakakakakak ,,, even the Australian and the Singaporean admitted that Malaysian are nothing ! but ofcourse because they are commonwealth country the other members are ignoring those stupidity!
      Malaysia trully Asia??? akakakakak Malasyia trully tambi srilanka laaaahhh ,,,, you think that by speaking english you become intelectual??? come on maaaannn,,,,

      Hapus
  32. Nusantara indonesia dan malaysia sebenernya itu java. Satu nenek moyang, dari bangsa imuneria. Hanya di pecah belah oleh belanda jadi berbagai suku. Seluruh bangsa eropa dan amerika jika menyerang indonesia dan malaysia 1000% kalah sekalipun secara teknologi mereka lebih maja. Mengapa bisa begitu???
    Itu diakui oleh para petinggi negara israel, amerika dan uni eropa. Sehingga mereka akan selalu memecah belah Indonesia dan malaysia. Sadarlah wahai malaysia kita satu rumpun.
    Mengapa ibu kota israel java tel aviv. Mengapa rumah ibadah israel berbentuk joglo. Mengapa situs pemerintah resmi israel bergambar nusantara dan sebagian malaysia. Ingat tanah yg dijanjikan bagi yahudi bukanlah palestina tapi negeri keturunan asli bangsa imuneria. Indonesia dan malaysia. Tapi mereka tak akan pernah berani perang terbuka tanpa adu domba. Mereka pasti kalah sekalipun teknologi mereka1000% di atas kita. Why??? Cari sendiri jawabannya ya gan.
    From : pekalongan kota batik

    BalasHapus
  33. Ngga usah ngomong indon vs maling provokasi model lama,sudah basi kali..

    BalasHapus
  34. Malingsia dengan utang luar negeri 65% PDB saat ini telah mampu untuk bina :
    1. Senjata VIta Berapi yg mampu tembak burit keturunan indian dan china jika mereka tdk tunduk pd bumiputra.
    2. Askar Tentera anjing kafir dgn tugas sebagai anjing jaga istana ratu kafir inggris.
    3. Tempat JUDI yang HALAL dan terbesar dirantau Asia Tenggara.
    4. Ternak BABI terbesar dan terluas dirantau Asia Tenggara.
    5. And Many More...
    NEGERI yg konon tamadun, negeri islam, muslim, syariah tp NAJIS...!!! MERATA-RATA

    BalasHapus
  35. si ipin upin00.59..dasar CEMENN(pd diludahin anak2 kecil/tv2 pada kebakar sebab diludahin anak nonton upin ipin)..

    BalasHapus
  36. hati2 banyak malingsia nimbrung di forum ini.bahasa dan aksen serta tulisannya menyaru jadi orang indonesia.bisanya cuma jadi provokator dan adu domba.Sepertinya mereka terkoordinir sekali untuk mengcover setiap berita2 tentang kemajuan kita,memecahbelah dan mengadu domba lewat opininya yg seakan dia orang indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin orang malaysia? bagaimana jika singapore atau australian?

      Hapus
  37. Saya sarankan orang2 Indonesia yg bekerja di alay(malaysia), sptnya disepelehkan spt babu/jongos kerja di alay dan kami lebih senang kalau ahli2 suku jawa yg bekerja di alay kembali ke Indonesia utk membangun negara. Walaupun sengsara ttp harga diri, dpt ditegakkan. Salam NKRI.............

    BalasHapus