Jumat, April 01, 2011
0
JAKARTA-(IDB):Dalam upaya mewujudkan konsistensi pembangunan Kekuatan Pokok Minimum (Minimum Essential Forces/MEF), TNI Angkatan Laut melaksanakan Olah Yudha Rencana Strategis (Renstra) 2012 yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno, Kamis (31/3) di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta.  Pada kesempatan ini juga hadir Wakasal Laksdya TNI Marsetio, M.M., serta sejumlah pejabat teras Mabesal, para Pangkotama TNI AL dan pejabat lainnya berjumlah kurang lebih 109 orang peserta.   
Kasal Laksamana TNI Soeparno dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini  merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan Rapat PimpinanTNIAngkatan Laut yang telah dilaksanakan pada akhir bulan Januari lalu. Beberapa hal yang melatarbelakangi penyelenggaraan kegiatan Olah Yudha Renstra ini antara lain adalah semakin kompleksnya tantangan tugas  TNI Angkatan  Lautke depan, akibat dari dinamika perkembangan lingkungan strategis global, regional maupun nasional.  
Maksud dari pelaksanaan kegiatan Olah Yudha Renstra ini, adalah untuk menyelenggarakan mekanisme pengambilan keputusan dalam proses perencanaan program dan anggaran tahun 2012, agar diperoleh hasil yang tepat sasaran dalam memenuhi pembinaan, penggunaan dan gelar kekuatan TNIAngkatan Laut guna menghadapi setiap ancaman di laut. tegas Kasal Laksamana TNI Soeparno.
Tema pelaksanaan kegiatan Olah Yudha Renstra TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2012 adalah, Melalui Kegiatan Olah Yudha Renstra TNI Angkatan Laut tahun 2012 Kita Wujudkan Konsistensi Pembangunan Kekuatan Pokok Minimum Guna Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut. “Kita perlu menjamin konsistensi pelaksanaan pembangunan kekuatan pokok minimum. Selain karena hal tersebut sudah menjadi kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan dan wajib untuk kita laksanakan, pembangunan kekuatan pokok minimum juga merupakan langkah strategis yang paling realistis yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut sebagai bagian integral dari TNI, sekaligus sebagai komponen utama pertahanan negara di laut”, tegas Laksamana TNI Soeparno.
Menurut Kasal, konsistensi pelaksanaan program pembangunan kekuatan ini menjadi penting, karena tanpa adanya konsistensi, maka arah pembangunan yang dilaksanakan untuk mewujudkan postur TNI Angkatan Laut guna memenuhi tuntutan tugas akan menjadi bias dan makin sulit untuk dicapai. Sehingga untuk menjamin konsistensi tersebut, kita semua perlu untuk terus menyamakan visi, misi dan persepsi dalam melaksanakan proses perencanaan program dan penganggaran, yang rentan terhadap dinamika dan perubahan, karena selalu dihadapkan pada perkembangan situasi terkini, ketersediaan sumber daya, fasilitas, dan sarana serta pra sarana yang ada.
Berdasarkan pada pertimbangan tersebut, Kasal mengharapkan agar pelaksanaan kegiatan Olah Yudha Renstra TNI AL 2012ini, dapat menjadi “jembatan atau jalan” guna menuju pembangunan dan pembinaan kekuatan TNI AL, yang diwujudkan melalui direktif Kepala Staf Angkatan Laut berupa arah kebijakan program dan anggaran tahun anggaran 2012. Direktif iniselanjutnyaakan digunakan sebagai pedoman serta koridor dalam menyusun rencana kegiatan yang akan dibahas pada Renaku pertama tahun anggaran 2012.
Kasal Laksamana TNI Soeparno menekankan pentingnya menyusun perencanaan secara serius, cermat dan cerdas, sehingga berbagai program dan kegiatan yang direncanakan untuk tahun 2012 nanti dapat menjadi lebih komprehensif, realistis, aplikatif, berdasarkanskalaprioritas, serta selaras dengan upaya kita dalam menata pembangunan kekuatan menuju kekuatan pokok minimum.Selain itu, jika dihadapkan pada alokasi anggaran yang disediakan, upaya ini diharapkan dapat mengoptimalkan dukungan anggaran yang ada sehingga dapat dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin dalam mewujudkan  TNI AL yang  handal dan disegani, sesuai Visi TNI AL.
Selama kegiatan tersebut telah dilaksanakan beberapa sesi, antara lain arahan Kasal Laksamana TNI Soeparno, kemudian paparan dari para Asisten Kasal dan diskusi. Saya berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kita semua akan dapat mempelajari, menelaah, dan memformulasikan, serta akhirnya menentukan dan menyepakati program dan anggaran untuk tahun anggaran 2012, sehingga kegiatan di tahun mendatang akan benar-benar dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan akuntabel, serta tepat pada sasaran terhadap program pembangunan TNI Angkatan Laut yang direncanakan” tegasnya.

Sumber: TNI AL

0 komentar:

Posting Komentar