Jumat, April 01, 2011
0
Senjata Karabin Colt 5.56mm M4

KUALA LUMPUR: Kementerian Pertahanan telah kucurkan dana  RM700 juta dan telah menjalin kesepakatan dengan Amerika Serikat untuk membeli 130.000 senjata baru untuk angkatan bersenjata dan polisi. 

Menteri Pertahanan Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi mengatakan, pemerintah di tahun 2006 telah menyetujui karabin Colt 5.56 mm M4, yang dapat menampung peluncur granat M203, untuk menggantikan serangan Steyr buatan Austria.

SME Ordnance Sdn Bhd (SMEO), yang mulai produksi lokal dari Steyr pada tahun 1991, telah di Nov 19, 2007 dilakukan kesepakatan dengan perusahaan Amerika Colt Pertahanan LLC untuk awalnya memperoleh 14.000 karaben, yang semuanya disampaikan oleh Juni 2008.

Kemudian  ditindaklanjuti dengan kontrak kedua dengan perusahaan yang sama pada 17 Feb tahun ini untuk penyediaan 116.000 karaben selama periode tujuh tahun.
Melalui kesepakatan itu, SMEO diatur untuk mendapatkan hak lisensi untuk memproduksi tambahan Karabin Colt lokal, melalui program transfer teknologi setelah pemerintah AS memberikan persetujuan," kata Zahid.

Dia menambahkan bahwa Malaysia juga akan diberikan hak untuk memasarkan karaben yang diproduksi secara lokal ke Thailand, Brunei, Phlippines, Indonesia dan negara-negara lain menggunakan mereka.

Ini akan memungkinkan SMEO untuk menjadi pusat pembuatan senjata api kecil dan menengah  di Asia," katanya seusai memimpin Malaysia Industri Pertahanan Dewan, Penegakan dan Keamanan (MIDES) di Hotel Royale Chulan.

Pertemuan diadakan secara teratur MIDES terhadap pembentukan Pertahanan Malaysia berteknologi tinggi dan Keamanan Technology Park di Sungkai, Perak akhir tahun ini.


Taman akan menjadi pusat one-stop bertujuan untuk memacu industri pertahanan lokal melalui alih teknologi, kontra-beli dan paket bekerja melalui kemitraan dengan perusahaan asing.

Investor dari Korea Selatan, Jepang, Eropa dan Amerika telah melakukan investasi awal sebesar  US $ 1 milyar (RM3 miliar) dan dijadikan tambahan sebesar US $ 5 miliar.

Pada catatan lain, Zahid mengatakan MIDES telah sepakat untuk merampingkan pembelian dan pembuatan peralatan pertahanan, termasuk senjata api dan pakaian, untuk lembaga penegak lokal untuk mengoptimalkan sumber daya untuk pemeliharaan mereka.

Sama seperti industri mobil, produsen lokal tidak bersaing atas produk yang sama tetapi diversifikasi berbagai kapasitas kendaraan."

Zahid menambahkan bahwa perguruan tinggi lokal, seperti Universitas Pertahanan Nasional Malaysia dan Universiti Teknologi Mara, akan didorong untuk menetapkan program industri pertahanan untuk melakukan penelitian dan pengembangan untuk pasar komersial.

Masukan mereka dapat memberikan nilai tambah bagi industri pertahanan yang memiliki potensi untuk berkembang sangat besar dan memberikan kesempatan kerja untuk Malaysia bagi mereka yang berbakat.

Ada permintaan besar bagi tenaga kerja terampil di sini dan kita tidak perlu mencari bakat asing jika Malaysia dapat memenuhinya.

Sumber: NST

0 komentar:

Posting Komentar