Jumat, April 01, 2011
0
Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.
JAKARTA-(IDB):Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan para Panglima Angkatan Bersenjata negara-negara ASEAN Kamis 31 Maret 2011 pagi ini, tidak untuk membahas sesuatu yang terkait dengan operasi bersenjata. 

"Pertemuan panglima-panglima angkatan bersenjata ASEAN pagi ini sebenarnya pertemuan informal," kata dia sebelum mengikuti peretemuan tersebut di Istana Merdeka.

Pertemuan informal itu, menurut Purnomo, sekaligus menegaskan komitmen Indonesia untuk tidak membentuk pakta militer di kawasan ASEAN. Purnomo menegaskan, kerja sama militer bukan hanya untuk perang. "Kerjasama itu bisa untuk operasi militer selain perang," kata Purnomo.

Kerja sama selain perang itu antara lain penanggulangan bencana, misi perdamaian, penanggulangan terorisme dan pengamanan wilayah maritim.

Hari ini Presiden Yudhoyono menjamu santap pagi para Panglima Militer negara-negara se-ASEAN di Istana Merdeka. Acara ini merupakan rangkaian Asean Chiefs Of Defence Forces Informal Meeting ( ACDFIM) ke-8 Tahun 2011. Selain Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Presiden didampingi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono serta Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur Pradopo.


Sumber: Tempo

0 komentar:

Posting Komentar