Selasa, September 23, 2014
0

SURABAYA-(IDB) : Wakil Asisten Operasi Kasal Laksma TNI Didik Wahyudi mewakili Asisten Operasi Kasal Laksda TNI Arief Rudianto, S.E.,M.M., secara resmi menutup latihan bersama Marines Tactical Warfare Simulation (MTWS)-14 di lapangan apel Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Kamis (18/09/2014).




Kegiatan yang dihadiri Paban Lat III Sops Mabesal Kolonel Laut (P) M. Zaenal, Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi dan para Asisten Pasmar-1 itu juga dihadiri para Komandan Kolak/Satlak dijajaran Pasmar-1.


Dalam amanatnya yang dibacakan Waasops Kasal, Asops Kasal mengatakan selama sepuluh hari mengikuti latihan yang ditikberatkan pada kegiatan dalam bentuk command post exercise, para peserta latihan telah melaksanakan rangkaian proses perencanaan, manajemen dan koordinasi serta pengambilan keputusan hingga simulasi pengerahan pasukan yang dilakukan secara terintegrasi antar Negara.

 

Penanganan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami dan meletusnya gunung berapi, lanjutnya, adalah operasi militer selain perang, yang mana dibutuhkan kerjasama mengatasi dan membantu para korban bencana alam untuk meringankan beban penderitaan masyarakat. Sehingga latihan tersebut sangat bermanfaat unutk mempererat kerjasama dan saling mengerti dalam proses perencanaan militer kedua Negara, dengan harapan para peserta latihan dapat mengaplikasikan pengetahuan dari hasil latihan dalam pelaksanaan tugas ke depan.


Dalam kesempatan tersebut, Asops Kasal berpesan kepada seluruh peserta latihan agar meningkatkan kerjasama antar satuan Marinir kedua Negara dalam pelaksanaan tugas penanganan bencana alam, selain tiu juga senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan prajurit dalam mengantisipasi dan merespon secara cepat kemungkinan terjadinya bencana alam, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu membangun rasa hormat antar sesama peserta latihan dan hubungan baik berdasarkan persaudaraan prajurit Marinir (marines brotherhood).

 

“Saya yakin dan percaya, sumbangsih dan kerja keras selama melaksanakan latihan ini akan meningkatkan hubungan baik kedua Negara khususnya Korps Marinir TNI AL dan USMC, dengan harapan semoga latihan ini dapat terlaksana secara berkesinambungan,” tegasnya.


Sebelum upacara penutupan latihan, Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir Letkol Mar Agus Gunawan Wibisono selaku Perwira Pelaksana Latihan dan Komandan Batalyon USMC Letkol USMC Jackson saling bertukar cinderamata di Markas Batalyon Infanteri-3 Marinir.

 

Dalam kesempatan tersebut Letkol USMC Jackson menyampaikan rasa senang dan bangga bisa berlatih dengan prajurit Korps Marinir TNI AL, merupakan pengalaman tersendiri bisa berlatih dan mengikuti permainan tradisional Indonesia yang diselenggarakan disela-sela latihan. 



Sumber : Kormar

0 komentar:

Poskan Komentar