Kamis, September 11, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Kementerian Pertahanan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemhan menyelenggarakan kegiatan Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan (Forkom Litbang) Pertahanan Ke-25 Tahun Anggaran 2014. Forum Litbang Pertahanan kali ini mengambil tema “Kemandirian Industri Pertahanan” dan judul “Mendorong Percepatan pembangunan Industri Propelan untuk Pemenuhan Kebutuhan Industri Pertahanan”.

Kegiatan Forkom dibuka oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Kamis (11/9) di Gedung Auditorium Kampus PT. Dahana, Cibogo, Subang, Jawa Barat. Forkom Litbang Pertahanan ini dihadiri pejabat dan komunitas Litbang dari Kemhan, TNI, Polri, Kementerian dan Lembaga Non Kementerian terkait, kalangan Perguruan Tinggi dan Industri Strategis dalam negeri.


Menteri Pertahanan berharap kegiatan Forkom Litbang Pertahanan kali ini dapat menghasilkan suatu kajian bagaimana dan seperti apa industri propelan, strukturnya, prospeknya kedepan, ketersediaan bahan bakunya dan juga faktor inputnya Sumber Daya Manusia (SDM), kapitalnya dan teknologinya.


Selain itu, dengan materi mendorong percepatan pembangunan industri propelan untuk pemenuhan kebutuhan Alutista maka diharapkan dapat didiskusikan bersama untuk mencari terobosan- terobosan baru, pemikiran dan kerjasama serta solusi yang tepat dalam mengejar teknologi penguasaan bahan peledak dan propelan.


“Saya berharap semoga Forkom Litbang Pertahanan ke-25 ini dapat memberikan manfaat bagi proses percepatan pembangunan pabrik propelan untuk memenuhi kebutuhan Alutsista menuju kemandirian pertahanan”, harap Menhan.


Forkom Litbang Pertahanan diselenggarakan dengan tujuan untuk menyamakan visi dan presepsi dalam penyelenggaraan Litbang sehingga dapat dicapai suatu kesamaan tindak dalam mengimplementasikan Litbang untuk pertahanan negara. Disamping kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kerjasama tiga pilar pelaku Iptek (Industri, Lembaga Litbang, Perguruan Tinggi).


Sejalan dengan tema yang diambil dalam rangka mendorong percepatan pembengunan industri propelan, Forkom Litbang Pertahanan kali ini menghadirkan empat pembicara yaitu, pembicara pertama dari Bappenas memaparkan tentang “kebijakan pendanaan dalam pembangunan industri propelan”, pembicara kedua dari Aslog Panglima TNI memaparkan tentang “Proyeksi Kebutuhan Muhandak TNI 5 Tahun Kedepan”, pembicara ketiga dari PT. Pindad memaparkan tentang “Proyeksi Kebutuhan Propelan untuk Mendukung Produksi Amunisi”, dan pembicara keempat dari PT. Dahana memaparkan tentang “Kesiapan PT. Dahana (Persero) dalam pembangunan industri propelan.


Kemhan – PT. Dahana Tandatangani MoU Pengembangan SDM, Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Bahan Peledan dan Propelan


Bersamaan dengan kegiatan Forkom Litbang Pertahanan ini juga dilakukan penandatangan (Memorandum of Understanding (MoU) antara Kemhan dengan PT. Dahana tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Dalam Bidang Bahan Peledak dan Propelan. MoU tersebut ditandatangani oleh Kabalitbang Kemhan Prof. Dr. Ir. Eddy S. Siradj, M.Sc bersama Dirut PT. Dahana (Persero) F. Harry Sampurno dan disaksikan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.




Sumber : DMC

0 komentar:

Poskan Komentar