Sabtu, Februari 22, 2014
30
BALIKPAPAN-(IDB) : Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo jadi salah seorang yang geram menyusul protes Singapura soal nama KRI Usman-Harun. Negara Singapura, menurut Pramono, dinilai tidak menampilkan sikap terpuji sebagai negara bertetangga yang semestinya saling menghormati urusan dalam negeri masing masing. "Singapura macam-macam, kita kencingi saja mereka," ajak Pramono, saat di Balikpapan, Jumat 21 Februari 2014.  

Pramono mengatakan, pemberian nama KRI Usman-Harun jadi kewenangan dalam negeri Indonesia. Pemerintah sudah menetapkan KKO Usman dan Harun menjadi pahlawan yang gugur saat melaksanakan tugas di medan perang. "Keduanya berangkat setelah mendapatkan surat perintah dari negara. Artinya mereka melaksanakan tugas negara dan bukan teroris," tegasnya.


Protes Singapura ini, menurut Edhie adalah suatu bentuk intervensi atas suatu negara lain yang berdaulat. Pemerintah Indonesia juga tidak terlalu emosional saat Singapura tidak kunjung memulangkan para koruptor BLBI yang diduga bersembunyi di negara itu. "Indonesia ubah nama KRI Usman-Harun, tapi kembalikan juga buronan BLBI," paparnya.


Edhie meminta pemerintah agar mengabaikan keberatan Singapura ini yang sudah dilayangkan ke Kementerian Luar Negeri Indonesia. Dalam hubungan dua negara bertetangga, dia berpendapat Indonesia punya nilai tawar yang lebih besar dibandingkan Singapura. 


"Mereka larang kapal Usman-Harun, Indonesia juga bisa melarang kapal mereka lewat di perairan Indonesia. Mereka tidak jual BBM lagi, kita juga tidak usah beli lagi dari mereka."


Namun, Edhie mengatakan, konflik Singapura-Indonesia harus diselesaikan secara beradab. Menurutnya masing masing negara harus belajar untuk saling menghormati urusan dalam negeri negara lain. "Diselesaikan secara diplomasi, meskipun saya mantan tentara, perang adalah pilihan terakhir," ujarnya.


Pramono Edhie Wibowo merupakan salah satu peserta konvensi capres Partai Demokrat. Dia merupakan capres yang akan mengklaim akan bertindak tegas saat menyikapi permasalahan dalam maupun luar negeri Indonesia.

Pengalaman Ditawari Alutista Amerika

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo kembali membantah kabar pencekalan dirinya ke Amerika Serikat. Sebaliknya, saat berkunjung ke Hawaii, AS, beberapa waktu lalu, Pramono justru ditawari berbagai alat sistem persenjataan utama (alutsista) yang dimiliki militer Negeri Paman Sam itu. Kisah ini dia sampaikan saat berbincang di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/2/2014) malam.

Ia menuturkan, pada tahun 2012, ia diundang ke Pangkalan Komando Militer Amerika Serikat, US Asia Pacific Command (USPACOM), Hawaii, AS. Saat itu, katanya, dia disambut oleh para perwira tinggi AS, baik berbintang tiga maupun empat.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu mengatakan, para perwira tinggi AS menyebut kunjungan itu sebagai hal yang luar biasa. "Itu karena untuk pertama kalinya seorang jenderal bintang empat dari Indonesia datang ke Amerika," kata dia.

Saat pertemuan, Pramono mengaku dirinya didatangi salah satu perwira bintang empat. Perwira itu mengatakan kepadanya bahwa ada dua utusan dari Washington yang hendak bertemu dengannya. "Saya kaget juga. Waduh jangan-jangan ini mau ngecek saya," ucap adik ipar Presiden SBY itu.

Ternyata, Pramono diundang untuk perjamuan bersama dengan Kongres AS dan Presiden Obama. Tak hanya itu, dua utusan itu juga menawarkan alutsista milik AS, yaitu heli serang Apache AH-64. Pramono mengatakan, Indonesia akhirnya menyanggupi pembelian delapan unit. Saat ini, delapan unit heli yang memakan biaya sekitar Rp 3 triliun tersebut sedang dalam proses pembuatan dan segera dikirim dan digunakan TNI-AD.

Selain itu, Pramono juga mengaku ditawari heli Chinook CH-47 untuk keperluan logistik, termasuk dikerahkan pascabencana. Dia mengaku kagum dengan kecanggihan Chinnok yang digerakkan secara otomatis (otopilot). "Tapi, karena masalah anggaran, kita tidak membelinya," ucapnya.

Pramono mengatakan, pembelian alutsista dari AS tak berarti Indonesia bergantung kepada negara itu. Apabila Indonesia kembali diembargo oleh AS, kata Pramono, Indonesia bisa membeli dari negara-negara saingan AS, seperti China dan Rusia.




Sumber : Tempo 

30 komentar:

  1. Seandainya nanti ditawari pesawat tempur F-35 nanti mungkin bisa dibungkus, terutama pesawat tempur F-35 yang bisa mendarat secara vertikal.... sebagai arsenal baru pesawat stealth yang bisa mendarat vertikal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG
      PALING MISKIN
      DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA .ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN
      DAN 10 TAHUN ITU
      KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN
      TULANG BERSAMA,SUAMI SAYA
      UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP
      KELUARGA SAYA..AKHIRNYA
      AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU
      SEMUA TIDAK PERNAH
      MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
      MEMBERIKAN NOMOR,
      (MBAH JOYO RATMO) ,, SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI,
      (MBAH JOYO RATMO). DAN
      AKHIRNYA,(MBAH JOYO RATMO y , MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA, ,4D... DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI
      SAYA SANGAT
      BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA
      TERIMAH KASIH SAYA KEPADA
      MBAH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN.(MBAH JOYO RATMO) BAGI ANDA YANG
      INGIN MERUBA NASIB
      SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI (MBAH JOYO RATMO) DI NO 085-242-474-478-
      DEMI ALLAH LANGIT DAN BUMI PASTI TEMBUS 100% ..









































































































































































      Hapus
  2. Mantab ndan, ane ikut berakin dah. Itu negara ngak ada dipeta.

    BalasHapus
  3. Wahh...wahh....bagus sih ...ucapan mantan kasad ,ipar sang ...sang......" ini calon penguasa besutan kaum .....hanya pencitaraan mirip srimulat lagi manggung sudah di persiapkan jauh jauh hari untuk menopang kredibilitas sebagai calon preden gak mungkin ke pilih lagi ! ....bagus punya uang haram keluarga cekeas bogor di gunakan yg lebih bermanfaat dari pada foya foya hanya kekuasaan semata yg di buru .sadar dan sadar bakal berujung kebaikan keluarga family dari pada rakus serakah gak berujung !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaya komen lo,,kayaknya bukan orang indonesia,,nampak dr bahasa anehnya..klo mau komen demokratis di negara lo z sendiri,berani gk lo komen seperti ini..dasar kampret lo,,manusia n negara banci,,semoga negara lo n org2 nya diterpa musibah

      Hapus
    2. BETTUL ANO 01.18 . ANDA SEBAGAI PEGAMAT PLOTEC TANAH AIR RADA RADA JITU , DEMOKRAT WASWAS SANG PAGERAN IBAS ,KALAU SAMPAI TAHTA....KERAJAAN KAMARUK LEPAS DARI TANGAN BAKAL BERUJUNG DI NUSA KAMBANGAN ITU KARNA ULAH MEREKA SENDIRI . HEHE....WKWK ....GEMETAR SANG PAGERAN ...GEMETAR KEKUASAAN HANYA HITUNGAN BULAN BAKAL YATA 2 LEPAS DARI TQNGAN .

      Hapus
    3. analisa terbodoh, spanjang sejaranh 01.18. gue suka ni jendral tapi kagak suka tu partai, partai manapun tetep resek

      Hapus
    4. Gk usah saling menyela. Kita harusnya bersatu bkn terpecah gara2 politik. Pandangan politik boleh beda tp Nasionalisme tetap satu. Lagian disini wadah utk menyatukan dan menambah semangat nasionalisme kita sbg anak bangsa bkn utk bikin rusuh.

      *Ayam Jantan dari Timur

      Hapus
  4. Kampanye jangan di blog ini woooy brengsek lu pada.. Ngrusak mood baca perkembangan alutsista nkri...

    BalasHapus
  5. ano 20.33 kita dah pernah di tawarin F 35 kok tapi harhanya 1,1T kosongan... kalo pun jadi kita gk bakal beli versi vertikal take off soalnya tuh aspal pasti berkelupas dan bahan bakar lebih cepet habis.... dan intinya kita juga gk minat tuh barang

    @ano 5.47 kalo ane bilang partai tidak salah yg salah adalah individunya... ada anggota DPR yg korupsi pasti yg di cap partainya padahal partai tersebut teriak2 jngan korupsi.... kalo ane sendiri berpendapat emang tuh orangnya yg brengsek... contohnya akil dan atut itu 1 pohon keluarga berarti emang keluarganya yg brengsek

    BalasHapus
  6. Mungkin dari blok barat bisa dibungkus helikopter Chinook dan F-35 nya....

    BalasHapus
  7. Apa yg bisa diharapkan hidup di singapore; red dot dgn politic dynasty. Titik noda merah dgn quasi konstitusi dan korupsi laten, apalgi tanpa real demokrasi, pres media freedom, dan human rights freedom bagi rakyat. Hidup di dunia satu kali, tp rakyat singapore seperti anjing burik dalam kandang!
    Bagi rakyat singapore yg tdk punya nama LEE jgn mimpi bisa jd prime minister, korupsi, kolusi, dan nepotisme di goverment. Apalagi mimpi jd anjing istana ratu tua bangka UK, mimpi jd anjing burik UK boleh!

    BalasHapus
  8. menurut saya ucapan sang jenderal terlalu arogan dan sombong...tidak sepantasnya ucapan itu terlontar, ciri2 pemimpin yang bijak dan disegani bukan dari ucapannya yang kasar tapi dari ucapan yang rendah hati dan tindakan nyata untuk NKRI

    BalasHapus
  9. wah.. hati hati kalau berucap, kesombongan tidak membuat kita lebih baik..

    BalasHapus
  10. Asal berobat jgn sampe singapore aja..wkwk

    BalasHapus
  11. Kata siapa sombong? jika 1 hari 1 orang paling sedikit kencing 2 liter, maka 460.000.000 liter air kencing orang Indonesia bisa ditumpahkan di singapore. Daripada yg ditumpahkan Rocket R-Han yg sdh lewat mass production 10.000 unit.
    Indonesia itu sekarang bukan Indonesia yg dulu selalu bela negara-negara ASEAN, kita skrng memang hrs licik dan tegas pd negara tetangga yg banyak tingkah; ASEAN is Nothing for Indonesia. Kata Ipang BIP "Ternyata kita sampai pada jalan yg berlainan arah..."

    BalasHapus
  12. MILITAN BOLEH BOLEH SAJA ,,, TAPI BAHASA YANG DIPAKAI JANGAN SEPERTI ORANG MABOK DOOONG,,,, MANA INTELEKTUALITAS MU PAK JENDRAL ???

    RAKYAT INDONESIA EMANG BANYAK YANG MASIH BERAK & MANDI DI KALI TAPI BUKAN BERARTI KAMI KAMPUNGAN !!!

    BalasHapus
  13. kekasaran dibilang arogan
    kelemahan di bilang lembek

    wkwkwk

    BalasHapus
  14. mantan kasad hnya mengutip kata2 sukarno, ya bedalah bro...zaman sukarno ditakuti kalo zaman skrng diketawain...hahahihi...hanya pura2 sangar

    BalasHapus
  15. -Pejabat yg berobat ke luar negeri termasuk ke singapore sdh dilarang oleh Presiden lewat Peraturan Pemerintah.
    -Ekspor mineral dlm bentuk bahan mentah sdh dilarang lewat UU. (Industri singapore agar tutup)
    -Impor BBM dr singapore mulai thn ini sdh mulai dialihkan ke middle east dan sdh mulai dikurangi dgn program nasional 10 oil refinery.
    -Maskapai nasional utk penerbangan eropa ke depan sdh mulai transit ke Dubai UAE, tdk lg lewat singapore.
    -Moratorium TKI ke singapore
    Mati...mati...kau singapore!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerrdas kau brow, tinggal para koruptor ma tukang judi

      Hapus
    2. Masih banyak hal yang belum maksimal kita lakukan seperti Sing apork masih mengatur penerbangan di indonesia.Telekomunikasi masih di kuasai mereka.Ekport import masih dari,lewat singapork karena pelabuhan beserta fasilitasnya kita masih belum memadai.Tapi paling tidak mereka sudah mulai gerah dengan tindakan kita di tambah marinir ditempatkan di hidung mereka.Perlahan tapi pasti ketergantung kita sama mereka mulai berkurang.Semoga pemerintahan berikutnya menuntaskan apa yang sudah dimulai.

      Hapus
  16. Pemikiran yang sangat saya sayangkan berdasarkan kutipan "Pramono mengatakan, pembelian alutsista dari AS tak berarti Indonesia bergantung kepada negara itu. Apabila Indonesia kembali diembargo oleh AS, kata Pramono, Indonesia bisa membeli dari negara-negara saingan AS, seperti China dan Rusia".Berarti menurut pemikiran beliau sudah amat jelas bila nantinya alutsista canggih nan muahal yang dibeli dari uang rakyat Indonesia terhadap alutsista asu itu cuma iseng-iseng.Mengapa saya memakai kata"cuma iseng-iseng",itu tidak lain karena bila nantinya alutsista asu yang dibeli dengan harga nan muahal di embargo(besi rongsokan-red) jawabannya enteng sekali tinggal beli alutsista dari negara-negara saingan as(China,Rusia).Masalahnya disini yang saya hendak tekankan memangnya NKRI saat ini negara kaya akan APBN bidang militer, wong beli alutsista aja sampai tahun ini kebanyakan ngeteng, ko ini coba-coba beli alutsista dari asu yang rawan embargo(jadi besi tua) yang ntar pas di embargo alutsista nan muahal itu hanya jadi pajangan saja di hanggar pespur tanpa digunakan untuk mempertahankan harga diri NKRI bila terjadi bentrokan dengan negara tetangga yang mayoritas antek asu.Coba anda bandingkan dengan negara australia yang udah teken kontrak pembelian pespur f35 berjumlah 30unit ketas yang akan mulai berdatangan tahun 2016 nanti. Kesimpulan dari saya ialah emang gampang beli alutsista canggih nan muhal,klo emang gampang beli dong alusita tersebut dengan jumlah besar ga ngeteng,ini udah belinya ngeteng,bayarnya kredit alias ngutang trus coba-coba lagi bermain api(embargo alutsita).

    BalasHapus
  17. Coba dari dulu waktu masih aktiv jdi jendral ngomong ''sing porn hrs ngembalikan koruptor koruptor ke indonesia baru kalau gak mau di berak i..itu yang betul jendral,kalau sekarang ngomong he.....he kayaknya ada indikasi pencitraan.....capek deh

    BalasHapus
  18. Hua hua huaaaa :((

    Knapa chinok gak dibungkus ?

    Kan itu perlu tuk mobilisasi pasukan & keperluan SAR.

    BalasHapus
  19. Tp knapa ya kok TNI AD banyak beli alutsista dari ameriki. Udah tau pak jenderal rawan embargo, tapi pake bilang kita bisa beli dari negara lain. Lah dia yg beli alutsista dari ameriki terus kalo di embargo bilang kita bisa beli dari negara lain. Enak bener ya jadi jenderal ngomongnya. Mungkin itu duit dari kantong dia sendiri kali ya...? Gua yg OON apa emang gua di bloonin jenderal itu. Hadeeeh nasib jadi rakyat jelata di perlakukan semene-mena terus.

    BalasHapus
  20. Ini jendral OMDO alias omong doang giliran pensiun deket pemilu isu apapun di jadikan alat untuk cari simpati masyarakat, pertanyaannya? Sewaktu masih aktiv kok gak bilang '' KALAU SINGAPURA TIDAK MENGEMBALIKAN KORUPTOR KE INDONESIA DI BERAK in Aja !!!!'' Saya jamin 100% kagak berani ini jendral !!! Coy

    BalasHapus
  21. Sindrom masa pensiun. kasian banget...
    Walaupun nih orang teriak kencingi singapore, australia, amerika or what next....udah gak ngaruh
    Udah keliatan belangnya, antek AS. Udah pensiun jd salesnya AS....Yaa Allah...lingdungi negaraku dari manusia keturunan dajal ini.

    BalasHapus
  22. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG
    PALING MISKIN
    DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA .ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN
    DAN 10 TAHUN ITU
    KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN
    TULANG BERSAMA,SUAMI SAYA
    UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP
    KELUARGA SAYA..AKHIRNYA
    AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU
    SEMUA TIDAK PERNAH
    MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
    MEMBERIKAN NOMOR,
    (MBAH JOYO RATMO) ,, SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI,
    (MBAH JOYO RATMO). DAN
    AKHIRNYA,(MBAH JOYO RATMO y , MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA, ,4D... DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI
    SAYA SANGAT
    BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA
    TERIMAH KASIH SAYA KEPADA
    MBAH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN.(MBAH JOYO RATMO) BAGI ANDA YANG
    INGIN MERUBA NASIB
    SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI (MBAH JOYO RATMO) DI NO 085-242-474-478-
    DEMI ALLAH LANGIT DAN BUMI PASTI TEMBUS 100% ..









































































































































































    BalasHapus