Jumat, Februari 28, 2014
2
SURABAYA-(IDB) : Pemerintah Belanda melalui Angkatan Lautnya, Royal Netherlands Navy (RNN) menganugerahi medali kehormatan “PRINS HENDRIK” kepada TNI Angkatan Laut. Penganugerahan medali tersebut disampaikan langsung oleh  Commander of The Royal Netherlands Navy (Kasal Belanda) Laksamana Madya Matthieu J.M. Borsboom kepada Kepala  Staf  Angkatan  Laut  (Kasal)  Laksamana  TNI  Dr. Marsetio

Penganugerahan medali kehormatan “PRINS HENDRIK” diselenggarakan dalam suatu upacara militer di KRI Ahmad Yani-351 yang sandar di dermaga Madura, Komando Armada RI Kawasan Timur, Ujung, Surabaya, Kamis (27/2). Acara tersebut dihadiri Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia H.E. Mr. Tjeer de Zwaan bersama sejumlah stafnya, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum dan para pejabat teras TNI Angkatan Laut terkait.

RNN menganugerahi medali kehormatan “PRINS HENDRIK” kepada TNI AL sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama dan persahabatan yang telah terjalin dengan baik selama bertahun-tahun. Selama ini medali “PRINS HENDRIK” dianugerahkan kepada  seorang  atau  institusi yang telah memberikan kontribusi positif kepada RNN. TNI AL merupakan institusi yang kedua menerima penganugerahan medali ini.

Sebelumnya, Kasal Belanda Laksdya  Matthieu J.M. Borsboom juga telah melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur; Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur; dan Menteri Pertahanan Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro MSc., MA., Ph.D., di Kemhan, Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Selain itu, juga melaksanakan kunjungan kehormatan ke Pangkotama TNI AL baik di Jakarta maupun di Surabaya, salah satunya hari ini melaksanakan kunjungan kehormatan ke Pangarmatim sekaligus penyerahan medali kehormatan kepada TNI AL.

Kunjungan Kasal Belanda ke sejumlah pejabat Indonesia adalah untuk silaturahmi sekaligus dalam rangka memperkuat hubungan antara Indonesia dengan Belanda, khususnya TNI AL dengan RNN. Selama kunjungan Kasal Belanda Laksdya  Matthieu J.M. Borsboom,  senantiasa bersama Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio.

Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio menyambut baik kunjungan orang pertama di Angkatan Laut Belanda tersebut dan memberikan apresiasi terhadap segala perhatian yang diaktualisasikan dalam bentuk penganugerahan medali kehormatan “PRINS HENDRIK” serta berharap, hubungan kerja sama TNI AL dengan RNN ke depan dapat berjalan dengan baik dan konstrukstif bahkan ditingkatkan pada masa yang akan datang.

Selama ini kerja sama antara Angkatan Laut kedua negara telah menunjukan trend ke arah yang semakin positif dengan meningkatnya kunjungan pejabat kedua Angkatan Laut, kerja sama di bidang pendidikan, pemberian asistensi dan akses perolehan informasi terkait penulisan Buku Sejarah Perjuangan TNI Angkatan Laut, dan pengadaan alutsista TNI AL, termasuk di antaranya pengadaan kapal perang jenis Perusak Kawal Rudal korvet SIGMA class




Sumber : Koarmatim

2 komentar:

  1. Para pahlawan dan pejung bangsa ini dahulu mungkin pernah bermimpi bahwa suatu saat belanda akan menhormati bangsa indonesia seperti apa yg terjadi pada saat ini.
    Dan generasi kita sekarang sedang bermimpi suatu saat nanti di generasi yg akan datang indonesia akan berjaya dan di hormati bangsa2 seluruh dunia.
    (Arya kamandanu)

    BalasHapus
  2. Arya Kamandu: komentar gini yang gue suka..keep optimizing

    BalasHapus