Rabu, Oktober 09, 2013
68
JAKARTA-(IDB) : Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro, Rabu (9/10) menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis-Plasschaert di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta. Kunjungan tersebut dimaksudkan dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama bilateral kedua negara khususnya di bidang pertahanan yang sudah terjalin baik selama ini.

Kunjungan Menhan Belanda di kantor Kemhan disambut oleh Menhan RI melalui upacara jajar kehormatan di depan Gedung Sudirman, Kemhan. Turut mendampingi Menhan RI antara lain Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin dan beberapa pejabat Eselon I di lingkungan Kemhan.

Selanjutnya kedua Menhan yang didampingi masing – masing delegasi melaksanakan pertemuan bilateral. Dalam pertemuan bilateral tersebut diantaranya membicarakan upaya – upaya peningkatan untuk memperkuat kerjasama pertahanan secara lebih konkret yang menguntungkan kedua negara.
Peningkatan kerjasama pertahanan tersebut mencakup berbagai bidang antara lain kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan, seminar dan program kunjungan antar pejabat militer kedua negara. Kerjasama tersebut diharapkan akan mengakomodasi peningkatan komunikasi dan interaksi antar kedua Angkatan Bersenjata.

Kerjasama pertahanan lainnya adalah di bidang pengadaan peralatan pertahanan. Kerjasama pada sektor pengadaan peralatan pertahanan dan industri pertahanan menjadi salah satu agenda penting di mana kedua negara telah bekerjasama selama bertahun-tahun.

Selain membicarakan peningkatan kerjasama kedua negara, dalam pertemuan bilateral tersebut kedua Menhan juga membahas dan saling bertukar pandangan mengenai situasi keamanan internasional dan regional saat ini guna saling berbagi pengalaman tentang bagaimana menangani tantangan-tantangan keamanan tersebut.

Menhan RI mengatakan, Indonesia dan Belanda adalah dua negara penting yang memainkan peran penting dalam promosi perdamaian dan stabilitas dunia. Kedua negara telah menjalin kerjasama di berbagai bidang termasuk pertahanan. Kerjasama pertahanan kedua negara terus meningkat dan telah memberikan manfaat tidak hanya untuk kedua negara tetapi juga bagi masyarakat internasional.

Dunia saat ini memiliki sejumlah tantangan keamanan yang cenderung lebih kompleks baik secara tradisional maupun non - tradisional, tidak ada negara yang mampu untuk menanganinya sendiri. Tantangan tersebut membawa kedua negara untuk bekerja sama dalam mempromosikan perdamaian dan menjaga stabilitas perdamaian dunia.

Di beberapa bagian dunia, kedua negara masih melihat beberapa negara yang terlibat dalam konflik yang mungkin menyebabkan penggunaan kekuatan militer seperti konflik di Semenanjung Korea, isu-isu konflik internal di Timur Tengah dan Afrika Timur serta sengketa Laut Cina Selatan.

Pada saat yang sama, dunia juga memiliki tantangan keamanan non-tradisional yang meningkat secara intensif seperti terorisme, pembajakan dan keamanan maritim, serta bencana alam dan dampak perubahan iklim global. Oleh karena itu, pertemuan bilateral Indonesia – Belanda ini diharapkan akan menjadi moment yang sangat baik bagi kedua untuk saling bertukar pandangan mengenai isu keamanan di lingkup global dan regional .

Selain pertemuan bilateral dengan Menhan RI, selama kunjungannya ke Indonesia kali ini Menhan Belanda juga dijadwalkan memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Universitas Pertahanan serta mengunjungi Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI di Sentul, Bogor. Menhan Belanda juga dijadwalkan akan mengunjungi PT. PAL Indonesia (Persero) di Surabaya, Kamis (10/10)

Bersamaan dengan kunjungan Menhan Belanda tersebut, dalam rangka meningkatkan kerjasama pertahanan Indonesia-Belanda, Kementerian Pertahanan dari kedua negara menandatangani Letter of Intent (LoI) tentang Kerjasama Pertahanan. LoI ditandangani oleh Dirjen Strahan Kemhan RI Mayjen TNI Sonny E.S. Prasetyo mewakili Kementerian Pertahanan RI dengan Principal Director of General Policy Affairs Wim Bargerbos mewakili Kementerian Pertahanan Kerajaan Belanda dan disaksikan oleh Menhan dari kedua negara.

Belanda Sesalkan Pembatalan Penjualan Tank Ke Indonesia

Kementerian Pertahanan Kerajaan Belanda menyesalkan dibatalkannya rencana penjualan tank Leopard ke Indonesia pada dua tahun lalu.

Hal itu dikemukakan Menteri Pertahanan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis Plasschaert saat mengunjungi Kementerian Pertahanan RI di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Plasschaert mengaku menyesal atas keputusan parlemen Belanda untuk menolak keinginan pembelian tank oleh Indonesia kepada negara itu pada 2011 lalu.

"Pendahulu saya mengalami waktu sulit ketika menghadapi masalah itu. Saya tak mau kejadian seperti ini terjadi lagi. Apalagi kalau kita bicara kerja sama dan partnership," ujarnya.

Pada 2011, parlemen Belanda menolak rencana penjualan sejumlah tank Leopard ke Indonesia karena dinilai rawan dengan aksi pelanggaran hak asasi manusia.

Namun demikian, Plasschaert mengatakan penyesalan tersebut tidak lantas dapat diartikan bahwa Belanda akan kembali memroses penjualan tank ke Indonesia.

"Tidak ada deal yang spesifik saat ini," katanya.

Dia menegaskan bahwa permohonan maaf yang ia lontarkan bukan atas proses di parlemen.
"Saya tak bisa memohonkan maaf atas proses demokrasi yang terjadi," katanya.

Lebih lanjut dia menyesal karena peristiwa penolakan penjualan tank ke Indonesia tidak menguatkan hubungan kedua negara.

"Saya menghargai kerjasama kedua negara. Tetapi merevisi keputusan atas [pembatalan penjualan] tank itu tak akan memberangus hubungan Indonesia - Belanda," tegasnya.

Siang ini, Menteri Pertahanan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis Plasschaert berkunjung ke Indonesia untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, menteri pertahanan kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama pertahanan secara lebih konkret yang dapat menguntungkan kedua negara.

Kerja sama pertahanan tersebut antara lain mencakup bidang pendidikan dan pelatihan serta pengadaan peralatan pertahanan. Kerjasama pada sektor pengadaan peralatan dan industri pertahanan menjadi salah satu agenda penting.

"Kami di sini membahas masalah-masalah yang terkait masalah global, regional, dan hubungan bilateral Indonesia-Belanda. Kami baru akan bicarakan soal MoU kerjasama pertahanan ke depan. Kita bisa bicarakan di atas kertas apa yang kami butuhkan dan mereka bisa berikan," ujar Purnomo.

Dalam waktu dekat, ujarnya, pihak Kementerian Pertahananan RI akan ke Belanda untuk memformulasikan nota kesepahaman (MoU).





Sumber : DMC

68 komentar:

  1. Aduhhh belanda mah ngomong doang kalo ngajak kerjasama, yang diuntungkan cuma mereka. contoh pembangunan kapal perusak mana tuh kabarnya, katanya ToT sampe sekarang ga jelas.

    BalasHapus
  2. Moge-moge nantinye ni Belande gak lagi-lagi turut nimbrung campur tangan politik dlm negeri dgn dalih akal-akalan baru. Salam dr Ydur bin Kudaterbang.

    BalasHapus
  3. dasar mantan penjajah..
    Mentalnya mau untung terus..

    BalasHapus
  4. kita hrs bisa memanfaatkan situasi ini.. jgn sampai kita yg dimanfaatkan trus... ambil pelajaran yg dipetik. kuasai ilmu pengetahuannya, dgn brbagai cara,, klo bs giliran kita menjajah ekonominya..gantian,,

    BalasHapus
  5. gak butuh juga ngapain lo dateng2 ke indonesia... jgn ngotak lah masih butuh duit juga sok2 an ujung2 nya menyesal.. harus nya menhan bilang juga ke belanda tanpa merekapun indonesia masih bisa kok dapet tank leo nya...

    BalasHapus
  6. mungkin udah saatnya kita bikin sejarah baru dengan membuat belanda menjadi babu di negeri kita,jujur aku sakit hati sama negara bule yang satu ini.mereka menjajah kita begitu lama tapi SOK jadi pahlawan ham,kita harus kalahkan belanda dari segala penjuru


    JAYA TERUS INDONESIAKU

    BalasHapus
  7. Ya menyesal.. soalnya negerinya sedang krisis ekonomi .. apalagi leo yang kita dapat dari jerman lebih bagus daripada leo punya belanda. lagian udah dapat leo yang canggih dari jerman dapat merder juga..by. E-Kafa

    BalasHapus
  8. Lupakan aja deh belanda...masih banyak negara lain yang antri mau kerjasama dgn indonesia.,lebih baik fokus dgn yg sdh jalin kerjasama dgn indonesia, rusia,cina,korsel,turki,dll..jangan buang duit buat belanda..

    BalasHapus
  9. Bodoh amat kalau mau bekerjasama,,, ga inget apa proyek PKR dikadaliNnnn??Mikir TOONNGGG!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. maz coraL..
      Admint di INFO DUNIA MILITER yaa.???

      Hapus
    2. Iya gan mungkin dia admin IDM

      Hapus
    3. kemaren ada yg blg. tNI krjanya apa.??
      Hny org O'On yg blg gitu..
      Xixixiix admin e lucu

      Hapus
  10. Yg namanya bekas negara pnjajah,slamany punya naluri pnjajah. Pmrintah hrz hati2 dan waspada..waspadalaah..!

    BalasHapus
  11. ah ga penting belanda dikomentarin,,, udah terlalu kecil mereka dibanding kita yang sebesar ini.

    BalasHapus
  12. belanda,dia masalahkan ham di indo, pada hal ia menjajah indo 3 setengah abad membantai rakyat indo apa gak kena ham gitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahkan aja tuh ratu beserta para jendral londo sebagai penjahat perang. Tapi telat juga sih kebanyakan sdh pada koit.

      Hapus
  13. Tai gedi.. gak ada untungnya bos..

    BalasHapus
  14. Menirrr bokek..kere.....gw beli lo sekalian ma ratu lo.....

    BalasHapus
  15. Loe loe pada nich komen gk becus. Pa munkn nenek loe pelayan nafsunya ma si londo..kacian dech loe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komen yang becus itu gimana dunk oom,,
      ajarin kami lah ano"..jangaan cuma bisa mengkritik doank,tanpa bisa membenahi,
      kalau si oom gk bisa kasih contoh koment yg becus sama aja si om macam
      "BEKICOT DI BOTHOOOKK""......ALIAS **COCOTTAN THOKK

      Hapus
    2. Mas ano19.37, kalau lihat komennya ano 19.10 sepertinya nenek moyangnya yg melacurka diri pada belanda. Buktinya sampai skr msh bela belanda dan merendahkan kita2. Keturunan pengkianat tetap pengkianat

      Hapus
    3. maz aNo 20.18
      Behaaahahahah..
      Itu sich salah satu malon/ lSm yg ingin mngendurkan semangat bangsa indonesia,,
      makLum ano 19.10,,itu kebiasaan akan batu,jadi otaknya perlu di refurbish..

      Hapus
  16. semenjak indonesia masuk G-20,
    londo mulai merapatkan barisan ke NKRI,
    doeloe leopard di tolak,,sigMa teOte di kibuLin,,
    sekarang meinta maaf,dgn memberi kompensasi pada korban westerling lah,,dengan ekonomi londho yg mulai mmbusuk dan sudah tak sebanding lagi dg NKRI,,roda itu pasti berputar,,Usa yg gagah perkasa sekarang anjLok ,,
    semoga kedepanya indoonesia bisa masuk 3besar ekonomi terbaik walao sampai karatan,,

    salam 1jiwa NkrI

    BalasHapus
  17. Namun demikian, Plasschaert mengatakan penyesalan tersebut tidak lantas dapat diartikan bahwa Belanda akan kembali memroses penjualan tank ke Indonesia.
    "Tidak ada deal yang spesifik saat ini," katanya. Gue malah geleng-geleng kepala. Siapa emang yg mau beli barang rongsokan harga selangit. Dikaitkan sama HAM lagi. Butuh apa kita sama belanda sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha setuju broo
      jangan sampai kita menjilat lagi ludah yg sudah di keluarin,,
      udah kere masih blagu belanda,

      kita malah ditawarin lagi butuh berapa,, karena leopard udah mau di gantikan dgn puma,jadi berapapun beli leo dr jenis A4,A6,revo skalipun di kasih jerman,,

      Hapus
  18. Ingat sejarah, dr nenek moyangnya licik dan ngk bisa di percaya dan penuh tipu muslihat. Ngk usah berurusan dgn mereka

    BalasHapus
  19. Pak Pur.. jgn dilanjutkan.. iya iya aja tapi jgn buat deal apa apa sama belanda.. mereka itu penjajah paling koret, medit, licik, naudzubillah, kita cuma ditinggalin bendungan, pabrik gula sama trauma Westerling....

    BalasHapus
  20. Dephan lagi ngincer Leo punya Spanyol......jauh lebih bagus dari punya Belanda.

    BalasHapus
  21. putusin hubungan diplomatik dengan belanda..
    Tidak ada untungnya..
    DAFTAR INDO DICEKIK:
    1.dijajah 350 tahun
    2.pembantaian westerling
    3.agresi militer 1 n 2
    4.pinjaman iggi bunga selangit
    5.tot kapal perang
    6.gagal deal leopard
    7.memojokkan indonesia dengan ham..
    8.dll..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia tidak pernah dijajah Belanda selama 350 th. Belanda hanya berhasil menjajah Indonesia selama kurang dari 30 tahun. Untuk menaklukkan Indonesia, Belanda perlu waktu lebih dari 320 tahun. Indonesia adalah bangsa pejuang dan petempur yg ulet dan pemberani.
      Hubungan diplomatik dg Belanda masih diperlukan, karena Belanda merupakan gerbang eksport produk2 Indonesia ke Eropa

      Hapus
    2. stuju ama yg diatas...
      sblm aceh dinkuasai belanda masih bertempur dngan INA...

      tp bener juga scara harfiah ano 22.04
      blanda MULAI menjajah dngan total HAMPIR 350 th

      Hapus
    3. selama 350 thn belanda di nusan tara ini berperang, krn nenek moyang kita memberikan tantangan dan perlawanan. enak aja mau merubah2 sejarah dan mengatakan belanda mejajah nusantara selama 350 thn.

      Hapus
  22. BUBARKAN FPI SKRNG JUGA ATAU FORUM INI ANE BUBARKAN!!Nih kenalin nama ane Wowok Om Ane Kepala Pos Polisi Senen,mau apa lo pada?!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentarmu mencerminkan kebodohanmu,
      udah bodoh di pelihara,hidup lagi..
      Innai rhintamu kushempar re'emu

      Hapus
    2. 12.19 loe ini ngmong apa to.. Komen2 org gk ada krjaan.sano cri krja jgn cm jadi beban. Gara2 loe nich org miskn makin bnyak, tai babi..komen jago tpi krja ngrampok buat mkn. Bodoh.. Patutla di luar negri indonesia di sebut negara ke3.kyk afrika. Afganistan.pakistan.. Krn jago komen tpi krjaan kaga ada.. Tai koltol satu2.. Apalgi ORG JAWA pengen qw mau bunuh

      Hapus
    3. ano 14.37
      saya tau kau jg orang jawa,, gk usah rasis dech,,
      tERMASUK ENTE BODOH ,ENTE SKOLAH BAYAR PAKAI DAUN UBI SAJA BELAGU,, LANCAULAH PUQI MAK KAO LEBAR MACAM PUQI SAPI,,BANGKSAAT KEPARAATTT MAK LONTHE YG SLL DI SINGGAHI DI TIDURI ORANG JAWA KEH,,COBA KAO JUJUR MA KAMI ANO DISINI

      HAHHAHAHAHA
      RASAKNO TAK SEMPROOOTT COGLOKMU COOKKK &COKKK

      Hapus
    4. for ano 14:37
      eleh.... konon elo mau bunuh org jawa...!! peler mu se gede lidi aja... pake menyombong mau bunuh org jawa

      Hapus
    5. SAMPEAN ORG JAWA JGN BNYAK NGOMONG. COBA TANYA SUKU2 DI LAIN GAK ADA YG SUKA JAWA KAMPRET.TAK CRULIT AWAKMU PNYA LEHER.

      Hapus
    6. hmm..provocator detected...

      Hapus
  23. Penjajah paling kejam dan licik itu belanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah kau kawan...penjajah yg paling kejam itu..... JEPANG. Baca lagi sejarah.....meski hanya 3,5 tahun..tapi JEPANG luar biasa penindasanya. BERAPA BANYAK KORBAN MATI AKIBAT ROMUSHA, WANITA YG DIPERKOSA, SEMUA KEKAYAAN PENDUDUK DIRAMPAS....RAKYAT PAKE KARUNG GONI sbg PAKAIANNYA. JEPANG memasukkan BEKICOT sebagai ganti SAPI DAN KAMBING yg dirampas JEPANG.

      Hapus
    2. ano 09:46

      memang jepang dulu paling kejam tapi liat sekarang jepang sudah menebus dosa masa lalu nya terhadap negara ini dgn berinvestasi paling besar di indonesia dan memberikan hutang dgn bunga yg paling kecil dgn cicilan boleh sampai puluhan tahun dan tidak ikut campur dgn urusan politik indonesia dan tidak berbicara tentang ham dgn kata lain mereka sadar diri dgn dosa2 masa lalu nya... tapi belanda sudah dosa masa lalu nya banyak terhadap negara ini tapi masih bisa nya berbicara tentang ham gak sadar diri...

      Hapus
  24. JANGAN LUPA JUGA BAHWASANNYA INTELEJEN BELANDA YANG ADA DI INDONESIA BESERTA ANTEK2NYA DARI BANGSA KITA SENDIRI TERMASUK SALAH SATU DARI INTELEJEN ASING YANG BERMAIN DI PAPUA AGAR MEREKA BISA DIMERDEKAKAN JUGA KAYAK TIMOR LESTE.

    BalasHapus
  25. Lepas dari permasalahan Belanda itu penjajah,,,, tapi karena Belanda itulah ketika merdeka Indonesia jadi bersatu, 13000 pulau dan sekian ratus suku jadi bersatu,,,,
    Sama juga kalau Amerika tidak dijajah Inggris dulu dan melawan sampai merdeka mana dia bisa jadi sebesar sekarang?,,,, ada plus minus nya dalam setiap kesengsaraan ,,,, coba direnungkan deh,,,, kalau kita tidak dihina dengan lepasnya Timor Timur, pulau-pulau kecil yg diambil Malaysia,,, mana bisa TNI disetujui oleh DPR beli senjata sebanyak ini sekarang??? pasti masih terus digencet anggarannya oleh DPR,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita liat niatnya bro kalo tulus kerjasama or dagang saling menguntungkan yo it's ok lah semua bangsa aku kira juga pengennya begitu. mumpung lagi lembar halaman pertama harus diawali dg baik dn teliti biar kesananya jadi baik juga, geto kali yo...

      Hapus
  26. Oh baru sadar ini mantan penjajahan, jangan mau kerja sama nanti di kadalin lagi...

    Kita bersyukur sudah beli ratusan tank leopard dari jerman lumayan gahar....

    BalasHapus
  27. Negara2 NATO kelihatan banget mau deketin indonesia dgn segala cara, sampe menggunakan cara2 yg nggak umum gini, apalg belanda sampe minta maaf mslh gagalnya penjualan tank ke indonesia, udah gila nih belanda, mrk baru sadar kali yah indonesia kedepannya jd salah satu kekuatan ekonomi + kekuatan militer dunia, NATO nggak mau indonesia gabung sm negara2 BRICS kali yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. BRICS = brazil, russia, india, china, south afrika kl ditambah indonesia jadi BRICSI bener2 kekuatan ekonomi + militer masa depan

      Hapus
  28. Belanda bisa dibilang penjajah yg lemah dan hanya menang dari segi teknologi
    butuh 3 abad untuk menaklukan nusantara
    walau berbekal golok, panah, tombak tapi bagaikan jamur di musim hujan pejuang INA mash terus bertarung tanpa kenal lelah

    dan dalam pertempuran hebat di dunia (PD 1 dan 2) jendral Inggris mati hanya di tangan pejuang INA oleh arek2 surabaya
    walau yg tewas dari pejuang 2000 lebih dari inggris 140an tp jendral inggris tewas

    maav OOT cuma mau sharing tentang NUSANTARA aja

    BalasHapus
  29. Negeri yang dijajah sekarang lebih moncer daripada yang menjajah,itulah perbandingan antara Belanda & Indonesia saat ini,Dunia terus berputar yang dulunya dibawah sekarang jadi kebalikannya.
    Kalau kita lihat fakta yang ada,posisi Belanda sudah menurun dimata Indonesia atau dengan kata lain kita gak butuh lagi Belanda,yang ada justru sebaliknya.
    Benua Eropa sekarang sedang dihajar krisis ekonomi yang parah (termasuk Belanda),akhirnya mereka menoleh ke timur (Asia) barangkali masih ada peluang yang bisa dimanfaatkan untuk bangkit dari keterpurukan Ekonominya,berbondong bondonglah orang eropa datang ke Asia.
    Karena sekutunya Amerika Serikat pun juga sami mawon kondisinya,termehek mehek juga.
    Pesta pora di eropa sudah berakhir, sekarang siap siap cuci piring, Kasihan itu kompeni Belanda.

    BalasHapus
  30. Belanda harus digugat di Dewan HAM PBB karena telah Menindas, Memeras, Merampok harta kekayaan Rakyat Indonesia selama 3,5 abad.
    Masalah Rawagede & Westerling itu hanya sebagian kecil saja, tetapi ada yang lebih besar lagi yang harus di teruskan (kasus Tanam Paksa bisa dibangkitkan lagi).

    BalasHapus
  31. sudahlah lupakan aja itu kumpeni2, en jgn lg percaya yg namanya kerjasama, perundingan atau apapun dg mereka.....

    BalasHapus
  32. londo sekarang lagi gak punya duit, moga2 sekarang mereka bener2 dah insyaf cari duit dgn halal. tapi kalo sifat penipu en penjajahnya kumat lagi... tak totok kowe...

    BalasHapus
  33. huh BELANDA kelaut aja...
    Kita belum pernah diuntungkan belanda..

    BalasHapus
  34. udalah pak menhan basa basi aja ke belanda mah iya2 in aja trus kasih senyum ajak makan bersama udah itu suruh pulang lah gak guna juga buat negara ini hihihi...

    BalasHapus
  35. lah belanda2 ente ngajak kerjasama apalah udah gak penting ente itu...

    BalasHapus
  36. INDON BODOH.INDON BABI. INDON ANJING.JAWA BABU..JAWA PELACUR. JAWA MISKIN..BUA APE INDON INI CAKAP2 TAK GUNA..TENGOK KAT SEMENANJUNG JAWA JADI KULI. PEREMPUANNYA JADI BABU. JADI AYAM PELACUR..APE TAK ADE KRJE KAT INDON.ORG JAWA JADI KULI. KASIAN KASIAN..JAWA BODOH. JAWA ANJING.

    BalasHapus
    Balasan
    1. provokator.aslinya orang indonesia tapi memaksakan diri berbahasa malon

      Hapus
    2. apa yang anda harapin dengan mengadu domba jawa,
      apa anda puas.. Kalau puas silahkan,
      thinafu... Innai ri intamu naku she empar re' emu

      Hapus
    3. sdh maaf kan aja bro si ano 14:49 mungkin terlalu lama tinggal di hutan... jd sifat berok nya masih terbawa hinga sekarang. lg pun org seperti itu, dia gak di lahirkan lewat mrs V.... tp lewat zubor...
      pas emak nya mau berak, eh... malah ikut keluar dia... pas sekarang jd manusia, yach kayak gitu deh rupa nya...

      Hapus
    4. Ada pepatah POHON TINGGI NGUNDANG ANGIN,,, semakin tinggi pohon semakin keras angin,,, Bangsa yang besar pasti akan mengundang kebencian dari yang kecil-kecil ,,, USA, CINA, RUSIA, mereka itu ada yang suka dan ada yang benci,,,
      begitu juga INDONESIA ada yang suka ada juga yang tidak suka,,, biasa saja itu,,,
      Jawa yang 150 juta orang,,, ya ada yang Presiden ada yang jadi babu,,,, biasa aja itu,,, Tapi kalian MALON 15 juta semua budak Inggris !!!!!!!! bagi kami INDON melihat itu juga biasa,,, terserah kalianlah ,,,

      Hapus
    5. Ano 18.17
      wkwkwkwkwk.....asli gan ane ngakak baca komen ente....... =))

      Hapus
    6. ano 14:49

      malon2 dulu sering masuk2 ambalat tanpa ijin di kalimantan hampir seluruh rakyat di seluruh pulau di indonesia daptar jadi relawan ganyang malaysia.. mereka gak ada darah kalimantan nya.. hacker di seluruh indonesia satu tujuan memblock situs2 di malaysia mereka juga gak ada darah kalimantan nya... sumatra, jawa, sulawesi, kalimantan, papua, bali, ntb, ntt, semua nya indonesia.. di ganggu satu saja semua nya maju soal nya kalo gak maju ya mau kemana cuman indonesia ini satu2 nya negara asal leluhurnya.. kalo ada ribut2 kecil antar suku itu sih urusan masing2 dan juga wajar dgn banyak nya jumlah suku di indonesia dan gak pernah lama juga udah berdamai lagi.. kalo kalian etnis china, india, melayu apa kompak dan se nasionalis kami kalo malon di serang negara lain etnis china, india mungkin pulang ke negara asal nya karena mereka merasa malon ya memang bukan negara nya..

      Hapus
    7. Ano 14.49 kl komen harus pake etika dong. lo orang bukan sih????? apa mahluk hasil kloning antara beruk ama anjing..

      Hapus
  37. ada apa tho maz??
    Gak usah ngadu domba decch,, kita tau kamu jg orang jawa,
    jgn sok mau adu kami , liat aja rumah tanggamu akan hancur bila kamu usik nKrI,,

    sampean kie goblokk tp di pelihara,,

    BalasHapus