Sabtu, September 21, 2013
14
NEW DELHI-(IDB) : Dewan Akuisisi Pertahanan Kementerian Pertahanan India setuju untuk memproduksi sendiri 235 tank tempur utama T-90 di bawah lisensi Rusia, The Times of India melaporkan pada hari Selasa, 17 September 2013. Seorang sumber di Kementerian Pertahanan India mengatakan kontrak untuk memproduksi 235 tank yang senilai AS$ 1 miliar tersebut akan segera diterbitkan.

Kesepakatan untuk memproduksi tank T-90 ini ditandatangani pada bulan Februari 2001 silam. Ketika itu India bermaksud untuk memasok 310 tank T-90 senilai AS$ 1 miliar, setengah diproduksi di India dan setengahnya lagi diproduksi di Rusia. India sejatinya berencana untuk memproduksi 1.000 tank T-90 hingga tahun 2020.


Pada bulan Agustus lalu, pabrikan senjata India Bharat Dynamics menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan India untuk memasok Angkatan Darat dengan rudal anti-tank Invar, ini juga dibuat oleh India dibawah lisensi Rusia. Kontrak ini diperkirakan mencapai AS$ 470 juta. Pengiriman diharapkan akan selesai dalam lima tahun kedepan.


Pada tahun 2001, India membeli 310 tank T-90 dari Rusia, yang 120 diantaranya dikirimkan lengkap, 90 semi knocked down kit, dan 100 lainnya knocked down kit komplit. T-90 dipilih India karena tank ini merupakan pengembangan langsung dari tank T-72 yang juga India gunakan. T-72 memiliki 60% kesamaan logistik dengan T-90, hal ini untuk menghemat biaya pelatihan dan pemeliharaan. India membeli T-90 karena keterlambatan produksi tank Arjun yang merupakan tank buatan dalam negeri India, dan juga untuk menghadapi tank T-80UD Pakistan yang dibeli dari Ukraina.


T-90 merupakan pengembangan lanjut dari tank tempur utama T-72B. T-90 dilengkapi dengan sistem senjata yang memungkinkan kru untuk terlibat dalam target darat dan juga udara. Saat ini Rusia mengoperasikan sekitar 550 tank T-90 -yang tak lama lagi akan segera digantikan tank Armata.


T-90 terlibat dalam aksi pertempuran saat di Chechnya pada tahun 1999. Menurut Moskow, sebuah T-90 kala itu dihantam oleh tujuh roket RPG anti-tank, namun tank tersebut tidak apa-apa.


Persenjataan T-90 terdiri dari meriam utama 2A46M 125 mm smoothbore two-axis stabilized. Selain itu, T-90 dipersenjatai dengan senapan mesin koaksial PKT 7,62mm dan satu senapan mesin anti-pesawat NSVT 12,7 mm yang dipasang pada turret komandan.





Sumber : Artileri

14 komentar:

  1. Kapan Indonesia bisa membuat tank sendiri ?

    Kumpulan Cara Dapat Duit dari Internet # http://tinyurl.com/terpaksa-kaya < TERBARU

    BalasHapus
  2. Katanya Tank Leopard Tiba Hari Ini Melalui Pelabuhan Tanjung Priok, kira2x Berapa Bnyak ya gan. Ada yg dekat Pelabuhan rumahnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah datang om ano 19.32

      tank nya leo2 dan marder 2..
      Cari aja di www.garuda-militer.com

      Hapus
  3. Iya tuh di Garuda Militer katanya sudah datang 2 unit Leo dan 2 unit Marder, jam 6 sore tadi dengan kapal roro mv. Isolde berbendera Norway.

    Cuma kalau lihat spesifikasi kapal Roronya kayaknya agak aneh kalau cuma ke Tg. Priok bawa 4 unit tank.
    Spesifikasi kapal DWT 28,396 ton, luas ruang muatnya 47,309 meter persegi, masak cuma bawa 4 tank???? apa masih dirahasiakan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dateng emg 2 leo dan 2 marder om..yang lainya adalah spare part etc (rahasia) hehehe

      yag penting udah dateng aja,,bentar lg si malon juga koar"..
      Gk tau apa..?
      Sbagian sudah di kirim ke pontianak,,yg datang ke priok cuma sbagian buat foto" aja..


      Salam 1jiwa NkrI

      Hapus
    2. ano 00.04,

      wah lebih aneh lagi kalau udah dikirim ke Pontianak di Kalbar?
      mustinya ke Bontang atau Balikpapan di Kaltim baru dipindah ke daerah yang dekat dengan daerah yg di incar si Malon ...

      Hapus
  4. Admin, minta info leo yang baru dateng sore ini donk.. Apa bener keudah masuk kandang, mohon pencerahan

    http://arc.web.id/images/stories/berita/leopriok.jpg

    BalasHapus
  5. benar ganjil bro jarak tempuh yg lumayan jauh & kapasitas kapal yg lumyan gede masa cuma 2/4..hehehe.biarin aja deh yg sempet difoto cm segitu kali ya :-d

    BalasHapus
  6. sepertinya sengaja yang dibawa untuk leo & marder emang cuman 4 gan, tapi yang didahulukan adalah peralatan pendukung serta spare partnya yang bisa dibilang lumayan banyak juga,,secara kita pesan si leo langsung borongan gitu..

    BalasHapus
  7. ada 25 leo partra , 10 morder besarta alat pendukung roda rantai plus...amunisi .
    mirip sukhoi menurut intelgent asing peluru kendali baru sekarang di publikasikan untuk menghindari diplomasi tekanan asing semisalnya berakibat esport palm oil jadi bulan bulanan akibat kurang tegasnya sang peminpin

    BalasHapus
  8. negara tragis, ada arjun, malah impor barang luar [-(

    BalasHapus
  9. Tenang aja woy, tank leopard itu datang secara bertahap-tahap pasti lengkap kok, susah kalo bawa ratusan tank kelas berat dengan menggunakan kapal angkut datang jauh2 sana sini rempong...

    BalasHapus
  10. Seharusnya spt india produksi 300 tank T90 dari rusia.
    Kenapa malah beli tank tdk ada tot.
    Yg lucunya dahulu tank tarantula prototype RI,kok malah korsel yg produksi?

    BalasHapus
  11. kereen banget indiahe

    BalasHapus