Jumat, Mei 03, 2013
16

SURABAYA-(IDB) : Penembakkan senjata strategis milik TNI Angkatan Laut telah dilaksanakan. Tepat pukul 14.30 Wib hari ini, Kamis (2/4) Rudal Exocet MM 40 melesat dari KRI Sultan Iskandar Muda-367 mengarah pada sasaran yaitu ex. KRI Teluk Semangka-512 di perairan Laut Jawa. 

Selang dua menit kemudian KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 menembakkan Rudal C 802 dengan sasaran yang sama. Disusul kemudian dari KRI Cakra-401 meluncurkan Torpedo SUT (Surface and Underwater Target) melaju deras di bawah air menuju sasaran ex. KRI Teluk Semangka-512. Senjata-senjata strategis tersebut berhasil mengenai sasaran, hal ini ditandai dengan ex. KRI Teluk Semangka-512 perlahan-lahan mulai tenggelam.


Pelaksanaan penembakan ini disaksikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE, ke tiga Kepala Staf Angkatan serta pejabat tinggi TNI yang terlibat dalam Latihan Gabungan TNI tahun 2013 dari KRI Makasar-590. Sedangkan Wakil Presiden Prof. Dr. Boediono beserta pejabat lain menyaksikan penembakan ini dari geladak KRI Surabaya-591.





Sumber : Koarmatim

16 komentar:

  1. infonya dong jarak tembaknya berapa mil/km...?jadi kemungkinan enggak dekat* amat nembak teluk semangkanya...?barangkali bisa jadi acuan dengan rudal* tetangga...

    BalasHapus
  2. Iya min cari info lg sono!! Di tembak dgn 2 rudal + 1 terpedo tenggelem nya kok perlahan2 beda ya dgn penembakan rudal yakhon!!

    BalasHapus
  3. Lha mbok sampeyan yang cari info, kok main printah2...admin kan cuma share info saja....mau percaya atau kagak kan tergantung kita yang mencerna beritanya

    BalasHapus
  4. videonya dong diupload..., gak pake lama ya..!

    BalasHapus
  5. Yg nyebarin brita kan admin, jd wajar kalo admin yg cari brita!!! Inikan permintaan kosumen!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasanya bung....yang sopan dikit kan lebih enak..

      Hapus
    2. Masalah buat looh???

      Hapus
  6. Menarik sekali. kali ini yg dipakai 1 exocet mm40, 1 c-802 dan 1 torpedo sut untuk 1 kapal target.

    Jadi pingin tahu apa mungkin ya, kapal target dikasih flare atau sistem decoy yg bisa diaktifkan secara remote saat ada rudal mendekat. Supaya memberi nuansa latihan yg lebih dekat ke realitas, yaitu menghadapi target yg bisa bela diri, walau sdh ga bisa melawan balik.

    Mungkin ada rekan2 yg punya pengetahuan teknis mengenai hal ini? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mungkin untuk show of force aja tentang kekuatan rudal2 kita (daya hancur) dan sekedar menunujukkan kesiapan operasi senjata (on fire)dan koordinasi antar KRI (permukaan n Selam), bukan untuk benar2 menguji kehandalan teknis terutama yg anda sebutkan. Flare itu efektif utk rudal pencari panas dan biasa digunakan utk target udara yg punya exhoust dg suhu sangat panas bukan kapal jarang sekali, apalagi dipasang jamming wah terlalu mahal utk ditenggelamkan pasti ada prosedur lain yg lebih murah utk tes anti jamming sebuah rudal

      Hapus
  7. exocet mm40 block 2 jangkauan 75km
    yang block 3 bisa mpe 180km lebih. c802 adalah pengembangan dari yj81 ( yingji 81 ) yang bisa menjangkau jarak 120km. Kapal yang jadi sasaran tak ada decoy..hanya diam statis saja. varian missile c802 terbaru bisa melesat dengan jangkauan 280km dengan code CM-802AKG.

    BalasHapus
  8. Ada roket Lapan dg jangkauan antar benua dan rudal Han 122mm yg mampu meledakkan jidat ano -ano yg sok teu pada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini berita dr mana??? Bikin roket antar benua?? Bikin roket jarak 3 digit aja masih uji statis. Sebelum bikin roket antar benua pasti bisa bikin roket pengorbit satelit kang krn jaraknya lebih pendek antara 900km-1000km...lah kalo antar benua 5000km aja kurang cuman bisa benua aussy...benua yg lain 15000km kang, kita belom bisa!!!! Provokator aja kang bole

      Hapus
  9. VIDEO LATGAB TNI 2013 bersama Pak SBY

    http://www.youtube.com/results?search_query=latgab+tni+2013-+ops+pendaratan+dan+ops+darat+gabungan&oq=latgab+tni+2013-+ops+pendaratan+dan+ops+darat+gabungan&gs_l=youtube.3...5549266.5586086.0.5587218.39.39.0.0.0.0.97.2005.39.39.0...0.0...1ac.1.11.youtube.DvtlCF13nTs

    or => http://www.youtube.com/watch?v=Z29U61n7Aew

    BalasHapus
  10. terlihat jelas, bahwa yang berkomentar ngawur adalah orang goblok!

    BalasHapus
  11. Sebenarnya saya nunggu berita resmi dari pemerintah pada saat Latgab ini berlangsung ada sequence penembakan rudal HAN -122mm buatan Lapan yg sudah di produk ribuan unit atau rudalnya yg mampu menjangkau ribuan kilometer.
    Yg ada kok penembakan roket "Grad" turunan roket "Katyusha" Korps Marinir saja yg di release.
    Kemudian panser "Anoa" juga nggak muncul yg muncul tank jadul jaman baheula, atau Pesawat Patmar yg sdh dicantelin rudal "Harpoon" dan kebolehan KCR kelas "Clurit" nembak rudal juga nggak ada.
    Atau mungkin itu masih dirahasiakan ya, ano?

    BalasHapus
  12. latgab cuma menggunakan rudal yakhont setahun sekali (harganya mahal)


    # http://tinyurl.com/terpaksa-kaya

    BalasHapus