Kamis, Mei 16, 2013
63
DSME Korea Selatan setuju pembangunan kapal selam ke-3 dibangun full di Indonesia mulai dari awal sampai selesai.

JAKARTA-(IDB) : Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) memastikan kerjasama alutsista dengan sejumlah negara terus berlanjut, termasuk dengan Korea Selatan, China serta Turki. Dalam jumpa pers di gedung Kemhan Rabu (15/05) siang, KKIP menjelaskan panjang lebar sejumlah kerjasama yang tengah dan akan berlangsung.

Baru-baru ini terjadi polemik tentang pengadaan Kapal Selam dari Korea Selatan. Untuk menjawabnya Kementrian Pertahanan menyatakan, akan mengamandemen kontrak dengan pihak DSME Korea Selatan. Salah satu amandemen adalah jika sebelumnya kapal selam ke-3 dirakit di PT.PAL, maka pada perubahan ini kapal selam tersebut sepenuhnya dibuat total di Surabaya. Sehingga mulai dari modul, bagian-perbagian hingga perakitan sepenuhnya dilakukan PT.PAL.



Lebih lanjut, ARC juga mendapat penjelasan, Kementrian BUMN sudah mengajukan dana sebesar US$ 150 Juta untuk menambah fasilitas di PT. PAL. Pasalnya fasilitas produksi yang ada tidak dirancang untuk membangun kapal selam, tetapi kapal permukaan saja. DSME sendiri dikabarkan setuju dengan amandemen kontrak, dengan syarat Kementrian Pertahanan menjamin PT.PAL mampu melaksanakannya.

Khusus dengan Turki, Kementrian Pertahanan baru saja memastikan akan melakukan kerjasama pembuatan Tank. Selain Tank, masih ada kerjasama lainnya. Yaitu antara PT.LEN dan Aselsan. Sesuai bidangnya, kerjasama dengan Aselsan adalah pada pengadaan alat komunikasi untuk di perbatasan. 

Prosesnya sendiri sudah dimulai dan sudah masuk tahapan kontrak. Namun tidak dijelaskan alat komunikasi yang dimaksud, yang pasti alat komunikasi yang dibutuhkan adalah yang canggih sehingga anti jamming dan tak bisa diintersept.


Sementara dengan China, Kementrian Pertahanan juga terus melanjutkan kerjasama pembuatan rudal C-705. Saat ini prosesnya sudah masuk tahap feasiblity studies yang dilakukan oleh Kementrian Ristek. Dalam catatan ARC, rudal C-705 ini nantinya akan mempersenjatai kapal perang cepat jenis KCR-40 dan KCR-60 yang jumlah diperkirakan cukup banyak.





Sumber : ARC

63 komentar:

  1. semoga dapat berjalan dengan lancar...Amin

    BalasHapus
  2. Bukan sekedar mou saja...... Ada hasilnya.....

    BalasHapus
  3. Nggak tahu mana yg benar? Di pihak Pem.(KemenHan) blm ada release tapi ARC sdh menebar info meyakinkan bw , bla....bla....bla....
    Buat readers sih silakan saja, siapa tahu ARC sdh ditunjuk sbg press releasenya KemenHan, who know's?

    BalasHapus
  4. Ini operasi intelejen bro!!!

    BalasHapus
  5. operasi intelgen kemauan pejabat bejat ,jellas kebijakan bejat .harus di hentikan 2014 .new eraaa new leader ship ,new commander ,dan kemungkinan 2015 dalang tukang gulang uang rakyat sudah resmi jadi penghuni nusa kambangan .

    BalasHapus
  6. benar gak nih,..jangan sampe nanti beritanya lain lagih, kecewa lagi dong semua pembaca.

    BalasHapus
  7. Tetap positive thingking aja bro. Yakin semua yang kita inginkan buat nambah alutsista plus pengembangan serta kemandirian moga2 bisa terwujud,biarpun banyak masalah2 yang jadi batu sandungan,(NEK TEMEN2 PASTI TINEMU-jawa).

    BalasHapus
  8. Takutnya 2015 kalau Peternakan Sapi Gemuk maju lagi ini semua rencana MEF pada mandek dan dijualin lagi semuanya...dulu super tanker Pertamina....kira kira yg bakal dijual LPD kali yee.....mudah2an Peternakan Sapi Gemuk nggak naik lagi deh.....

    BalasHapus
  9. @boleroes: sama aja hal ini dengan berita2 soal perkembangan militer Iran yang dimuat di blog ini, belum ada berita pembandingnya, tapi sudah banyak yang yakin bahwa press release pihak iran pasti benar (padahal cuma sumbernya dari Iran saja), seperti comment2 banyak orang di blog ini.

    BalasHapus
  10. Ano 09.21 Ya, logislah kalo press asing di luar Iran g bakal mau menebar berita ttg sukses Iran, karena hal ini tentu merugikan mereka sendiri.
    Masalahnya, persoalan ano percaya atau tdk perihal release Iran tsb, tentu kita harus bijak bestari dan berpikir logis.
    Buat Iran berlaku adigium, ; Percaya boleh, g juga gpp, yg penting musuh nyerang gua ganyang !!!!
    Secara pribadi saya percaya dan yakin karena sdh ngeliat sendiri buktinya. Ano g percaya ya gpp.

    BalasHapus
  11. @boleroes: jadi sama saja kan soal liputan ARC ini kita mau percaya atau tidak, semua berpulang pada kita sendiri kan...., sekian terima kasih.

    BalasHapus
  12. That's your business, Sir !!!!!
    Buat saya, mengapa bukan release resmi dari KemenHan, kok ARC? Untuk itu saya bertanya apakah ARC merupakan agen pemberitaan resmi dari KemenHan, kalau ya silakan lanjutkeun.
    Nggak usah ditanyakan, itu kalimat oratoris, invain, Sir !!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bung Bole.. ARC bukan pegangan, MOU adanya di Kemenhan.

      Hapus
  13. Boleroes saya tahu pengetahuan anda luas, tapi sayangnya anda kurang mau menerima pendapat pihak yang berseberangan dengan anda, kalo ARC nulis gitu itu kan hak mereka, buat saya artikel ARC ini cuma karya tulis jurnalistik saja, simple seperti berita saja, nggak perlu resmi2...nah saya jadi ingat sama artikel blog ini beberapa waktu lalu, saat ada 'berita' jet tempur suriah sebar pamflet diatas tel aviv, anda langsung merespon dengan memuji kemampuan AU suriah, dengan teknik menghindar radar lewat laut mati, dsb (jd penasaran kenapa bisa begitu yakin, mungkin bung bole ikut di kokpit belakang jetnya...hehe peace bung-nggak usah dianggap serius, nggak usah emosi bung)....nah kalo buat saya ini sah2 saja...cuma seperti kita bikin cerpen, terserah mau ditulis apa, tp nggak usah ditanggapi serius...mungkin bisa dianggap jubirnya kemenhan kalo ARC bikin jumpa pers....ya toh..?

    BalasHapus
  14. gue percaya sama ARC, faktanya semua analisa dan liputannya aktual yang disertai bukti-bukti baik gambar maupun sampai pada rekaman video di yusup dot com.

    justru kalo koar-koarnya si bole...blas gak percaya, orang pemabuk mana bisa dipercaya..., bol udah minum arak belum kau..?

    BalasHapus
  15. We lah yg sdh jelas kok masih dibahas lagi tho, ndoro, malah ngundat- ngundat segala, wis pokoknya itu urusannya sampean, titik.
    Tabik, ndoro tuan yg nggak jelas identitasnya Ano 10.26.

    BalasHapus
  16. bole itu sok tahu...egois dan suka merendahkan bahkan menghina pendapat orang lain..., anda berhadapan udah aku clurit dia.

    BalasHapus
  17. @bole: bukan ngundat-undat bole, tp coba deh sebelum anda comment ini itu yang mempertanyakan suatu sumber berita kaya ARC, menhan RI, dll...., anda baca comment anda sendiri dulu, apakah comment anda itu obyektif, tidak merendahkan orang lain, bisa terima pendapat yang berbeda atau justru sebaliknya.

    BalasHapus
  18. Dibilang..... Boleroes yah gitu deh menuduh org mendominasi n asal menang debat doang...padahal dia sendiri plus ditambah sok yakin n sok lebih tau dr orang2 yg ahli dibidangnya saat ini.... Jd males baca bawaannya pengen berak baca komen dia. Mulai bidang intelejen sampai pembuatan rudal secara detil "menguasai/ahli" semua sampai masalah ToT pesawat ahli juga.....ah keliatan maksanya.

    BalasHapus
  19. Ano 10.33 begini den Ano, ARC itu kan merupakan organisasi apa resmi atau tidak.
    Sbg organisasi jelas punya anggota dan tentu informasinya diusahakan sampai di tangan anggota ya yg aktual, faktual, dan menarik.
    Kalo saya jgn dibandingin dg ARC, mungkin yg bandingin hrs di sekolahin yg lebih baik untuk dpt ilmu perbandingan di sektor informasi.
    Informasi sy bukan untuk di percaya 100 %, karena ini kan wilayah atau domainnya blog Indo Defence Blog dlm rangka mewadahi komen2 tuan-tuan Ano yg tdk berani secar gentle and brave membuka jati dirinya.
    Boleroes11 berani, itu perbedannya, sedang kualitas dan atau kwantitas komen yg ditulis itu domain yg nulis, dia tdk minta dg sangat agar dipakai sbg panutan, tapi sekedar komen. Percaya boleh g juga gpp.

    BalasHapus
  20. Sudah pake anonim banyak lg si bole...jd seakan2 menguasai forum......bukan utk sharing.

    BalasHapus
  21. woi bole.., remi apa tidak kamu kan bisa mikir..!!! Apa ada wartawan gak resmi boleh meliput sampai kedalem-dalem...? Tolol kau bikin aku ngakak...LoL.

    BalasHapus
  22. udah kebaca ketololan bole, idiot tahap gaban...kwa..kwa..kwa..

    BalasHapus
  23. Ano 10.34 Sengak, cong !!!
    Wah, sdh pake ngancem sgl nih, ayo mau ketemu saya? Atau sampean yg nentukan dimana kita ketemu, Carook , Cong.!!!

    BalasHapus
  24. Sdh tau Boleroes11 org tolol, idiot tahap gaban, opo menen kuwi, tapi ya tetep againts sama komen Boleroes11, malah di dramatisir serba tahu pengin menang debat dsbnya, pd hal gampang kalo g setuju ya diam atau kalo memang senang polemik ya monggo buat Boleroes11 gpp.
    Yg jelas Boleroes11 gentle and Brave than U, ano2.

    BalasHapus
  25. @boleroes: OK deh bole, saya juga nggak 100 persen percaya kok soal berita yang bagus2 ini, sampe semua peralatan atau teknologi yang katanya akan kita terima bener2 sampe di tangan TNI, cuma saya juga nggak akan berkomentar 'sinis' dengan menyebut ARC mungkin sudah ditunjuk sbg 'wakil' menhan. Buat saya berita ini baik - tidak bombastis juga bahasanya, dan memberi asa bagi semangat akan harapan TNI menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  26. Diangkaaaatttt setingggiiii mungkinnnn, teros dijatuhinnnnn....
    Diangkatttttt lagiiiiiii, teros dijatuhin lagiiiii.....
    Kenapa nggak pening cobaaa???? kalo digini'in terussss....
    Memuaaakaaannnn.....
    Menurut ane sih lebih baik semua TOT pindah ke russia semua:
    Rudal C-705 diganti Rudal Yakhont Rusky
    KS CangBogok diganti KS Kilo atau lebih canggih KS AMur Rusky
    Light/medium Tank Turky diganti New Light/medium Tank BMP 3 Rusky

    Semuannya jelas berkualitas di zaman modern kayak sekarang, dijamin mantapppp, ini potonya seklian :
    http://jakartagreater.com/wp-content/uploads/2012/02/kri-oswald-siahaan.jpg
    (bisa nyahok thu Malon)

    http://static.navaltoday.com/wp-content/uploads/2011/12/JSC-Rosoboronexport-Offers-Newest-Russian-Submarine-Amur-1650-for-Tender-Issued-by-Indian-Government.jpg
    (KS Amur Class, 6 kali lbh mematikan dari Kilo Class, super mantap cuy)

    http://3.bp.blogspot.com/_En-sxfOkXP8/S-V7VfAyjaI/AAAAAAAAFmY/UtaUPl4vIe0/s400/Kilo+class_pbs.bmp
    (Kilo class lumayan sih dibanding Cangbogok, tapi gwa lebih menginginkan TNI pake thu Amur Class, nggak kebayang thu di Asia)

    http://static.progressivemediagroup.com/uploads/imagelibrary/bmp-3_9.jpg
    (Nha darpda pusing2, saran gwa lebih baik New BMP 3 ini yang di ToT, pilih aje sekalian yang bisa dilaut dan didarat... kan selesai deh)

    Sekian dulu dari ane, wassalamualaikum....

    BalasHapus
  27. ck ck ck.. hadeh..
    diskusi yg dilandasi kebencian adalah bukti rendahnya intelektual dan akhlak..
    ayolah masbro.. ga usah pake caci-maki deh..
    belum tentu yg memaki lebih baik dari yg dimaki..dan sebaliknya.


    BalasHapus
  28. Pindah ke russky oke..aku setuju banget bro..

    BalasHapus
  29. korea memang cerdik tinggal kasih alasan kfx di tunda mau bikin yg lebih canggih trus pemerintah indonesia di minta nambahin modal lage buat riset mau gak mau pemerintah nambahin lage karena dari awal emang udah ngeluncurin dana nya.. tapi nanti mah belum tentu korsel patuh pada kontrak yg sudah di buat... trus yg kapal selam indonesia di minta buat fasilitas seperti standard di korea.. setelah indonesia buat nanti mereka bilang belum standar jadi di undur lage.. dari awal udah keliatan trik2, dan banyak bgt alasan2 nya....

    BalasHapus
  30. Boler jgn dipercaya 100% ya!!! Kita pake anonim karena komen dr hp jadul boler!!! Trus kalo lu jentel elu pake nama apa bener nama asli??? Alamat nya mana??? Pekerjaan apa?? Terus temuan mu di bidang roket, avionik, ngembangin tank, ngembangin nuklir, kok nama boler gak pernah muncul di berita??? Kalo lu tentara kok gak pernah denger sampe jendral boler??? Soalnya kalo baca komen dan pengakuan boler ini paling gak boler ini seorang kepala litbang!!! Tapi gw sih yakin paling banter kepala terminal atau pasar!!! Soalnya ngajak carok segala!!!! Wiii takyuuut!!! Tapi pengen juga sih nyoba in!!! Kalo ktemu di bali aja g mana???

    BalasHapus
  31. udaahlah dibilangin boler itu pemabok, tukang tipu..., komentnya boler itu ngaco.., gak usah ditangapi..., nanggapi boler sama aja nangapi orgil.
    yang waras ngalah..titik.

    BalasHapus
  32. hehehehe...salut buat boler bisa jadi cetar membahana diblog ini..., walaupun cetar di bully oleh ano2...;

    sabar mas boler...wis tuek...putumu wis akeh..., eling..eling...

    BalasHapus
  33. Korea bukan cerdik, dia yg memanfaatkan kelemahan diplomasi dan sekaligus kelemahan di bidang fabrikasi alutsista.
    Saya tdk dpt membayangkan untuk produksi 1(satu) KS kita hrs melengkapi galangan selengkap spt yg dipunyai DSME, gede modalnya.
    Ini sebenarnya Korea itu "njlomprongke" atau ada maksud lain?
    Hitungan orang bodo, idiot bin tolol spt sy mengatakan ;
    1. Mampukah PTPAL mekonsolidasi seluruh pal yg diperlukan.
    2. Sudah siapkah SDM kita, walau ada supervisi dar DSME.
    3. Sudah siapkah dukungan anggaran dan kebijakan lain.
    4. Cukupkah waktu yg diperlukan?
    Mohon komentar ano2 yg baik untuk memberi komennya.
    Suwun.

    BalasHapus
  34. ano@12.11 ini kok spt provokator ya? atau lebih tepat preman..?
    gwe setuju tuh ano@11.11
    ayolah preenn.. diskusi dengan cerdas

    BalasHapus
  35. Boler@ kalo elu yg mau menuhi ya jelas gak kan sanggup tapi ini pemerintah republik Indonesia!!!!

    BalasHapus
  36. Ano 12.11, Nak, nama Boleroes11 itu dicipta oleh serg penerbang tempur alm Marsda TNI F. Djoko Poerwoko.
    2. Angka 11 diambil dari no.lambung pespur A-4E Skyhawk dari Skd 11.
    3. Almt kompleks TNI di Jkt, ( mau kenalan? Punya cewek g?)
    4.Pek. Nulis komen buat ngelawan prajurit ano yg masih suka minta duit.
    5. Bukan temuan, tapi pernah ikut dlm berbagai macam kegiatan TNI.
    6. Disini keliatan kualitas analisa pikir para ano thd diri Boleroes11, yg tdk kritis dan tdk dewasa. ( saya diajar psychology ).
    7. Awas kalo nge-bully saya yg sdh setengah terbuka, kalau terbuka jadi kayak ano dong!!!!!!!!! Sini nak, makan, tidur .......kalo g nurut gue cepol.

    BalasHapus
  37. Ano 12.40 dimana indikasi kemampuan pemerintah dalam hal ini?
    Kalo komen jgn kayak pokrol bambu alias asal njeplak, komen yg bagus dan dapat di kritisi, ya bocah angon.!!!!!

    BalasHapus
  38. GUE GAK PERCAYA BLASSSSS....udah diterangkan sama jerman,lisensi kapal selam cuma turki yg diberi...kalau korea niat...kenapa gak boleh tenaga ahli indo ikut kerjakan kapal selam???kenapa cuma boleh liat aja???tot apaan itu????soal kfx katanya diundur agar setara f35???mampus aja loe dibegoin korea....kfx aja korea cuma jadi tukang jahit,item technology blasss gak ada yg dibuat....kok mau ngimpi setara F35???tai kucing lah.....ini tipu muslihat habisin duit pajak rakyat

    BalasHapus
  39. Yaaah boleeer itu bukan nama mu ya?? Katanya jentel!!! Kalo nama model itu sih gw punya namanya "doa ibu" di cipta oleh bokap gw!!! Yaah gw sih pengangguran, Trus kalo di tni sih ya maen ke serang banten boler jentel!! Kakak gw mantan baret merah, sekarang sih danramil di sekitar pasar serang!!! Naah kalo pangkat jauh dr jendral kaya lu! Tapi kalo nyali masih ada sisa dr aceh dikit!!!!

    BalasHapus
  40. @bole: ok deh, ntar kita liat aja nanti realisasinya dari apa yang ditulis dalam artikel diatas, terealisasi atau tidak...atau pemikiran sampeyan yang terealisasi....kita tunggu apakah indonesia jd luncurin tank medium, tank leo jd datang atau tidak, rudal C-705 jadi dilisensi, atau changbogo jadi dibuat di PT PAL ato tidak...kalau terealisasi semua berarti berita ini benar...dan anda perlu mereview lagi comment2 nya, demikian pula sebaliknya.....cukup buat saya disini...tanpa ada emosi dan marah2...ok kan bole??? Peace..

    BalasHapus
  41. Wah pada gtw ya siapa bolereos11 itu ckckck hati" kalian smua haahaaa ..

    BalasHapus
  42. Boler komen kok kaya komunis!!! Elu sendiri sering komen bahwa sdm indonesia cukup mampu bahkan sering di bajak negara lain!! Kemampuan Finansial RI?? Wow lu baca berita gak kalo pemerintah dah ngeluarin dana tuk bangun galangan kapal selam??? Terus yg terpenting adalah persetujuan dan tanggung jawab pelaksanaan proyek ini adalah presiden dan menhan yg jelaaaaaaaaas sekali orang pintar orang bijak dan tanggung jawabbb jauh dari elu!!!

    BalasHapus
  43. OOT:
    Fathanah Akui Indehoy dengan Maharani.
    "Saya menyewa satu kamar dengan nomor 1740 untuk indehoy
    bersama-sama."
    http://bit.ly/13yvOhn

    Gini kan enak.......

    BalasHapus
  44. Ckck pd ribut.. sabar setaun aj lagi, 2014 rencananya mulai realisasi di PT. PAL ..

    BalasHapus
  45. Ano 13.46 Hati-hati menuduh Komunis, sedang arti dan sejarahnya saja anda blm paham dan mendalami, kalo g suka dg komen saya gpp saya g marah, tapi kalau anda nuduh saya komunis itu sangat melukai saya karena termasuk korbannya. Sungguh biadab dan tidak bertanggung jawab hanya karena masalah komen saja anda sdh menyinggung komunis dan menuduh saya komunis, brengsek dan sungguh tidk bertanggung jawab anda dlm hal ini.

    BalasHapus
  46. SERASA DEJAVU...BENAR KATA MANTAN KSAL DULU : DARI PADA BELI KS ECEK2, MENDING BUAT BELI BERAS UNTUK RAKYAT...
    KILO EMANG SETROOOOOOONG......!!

    BalasHapus
  47. Di indo ini banyak bergelar Prof,Dr,dll,pada saat ngomong di TV hebat2, pada saat buat perjanjian dengan bangsa lain baik masalah MEF atau yg lainnya, Bodohnya ngak ketolongan.

    BalasHapus
  48. Hey boler gw gak nuduh lu komunis!! Gw bilang " komen lu kaya komunis" sama halnya kalo elu di bilang "lu ngomong kaya pejabat aja" artinya belum tentu seperti itu!!! Ah elu ini boler katanya pengalaman kok cepat ambil kesimpulan ya??? Kalo jd pengamat analisis nya yg bener ah!! Main tuduh aja!! Kalo tuduhan nya positif ya enak tapi kalo tuduhan negatif kan rasanya gak enak ya gak boler!!!

    BalasHapus
  49. ea panas2

    berita ttg lontong emang selalu panas, entah beritanya, entah komennya

    BalasHapus
  50. wah,,, mantap ni boler.... bkin rame blog nie...
    naik rating nya,,
    hahahha a,,, cayo,,, lo tx da pro kontra,, kan g' seru bacanya...
    hahahaha

    BalasHapus
  51. Heheheeee...semua komentator sedang menunjukkan kualitas masing2...

    Salam satu jiwa....

    BalasHapus
  52. april mop bukanya udah lewat ya?? Norak bgt ni blog sumpah. Gw kira beneran gak taunya cuma naikin rating doang. Huh, Good boy !!

    BalasHapus
  53. Wesss kulino ano" Kabeh iki...

    BalasHapus
  54. Seruuu...hebat dah indo defense blog,komen2 bagus semua ditambah bumbu caci makian ala preman,bergaya dah paling yahud dri yang lain. Mantap!!! tinggal dipilih...dipilih...diobral...mana yang disuka.

    BalasHapus
  55. Yoa seru bener baca coment indo defense kata-katanya romatiiiiis abiz bro.ngalahin artikelnya sendiri.wkwkwkwkwk.

    BalasHapus
  56. boler kok di lawan,,
    habibie saja masi cantrik'nya boler apalagi bung ano-ano ini,iya saja wis sama boler.maklum sudah tua.wkwkwkwkwk......

    BalasHapus
  57. negara slah kelola sang peminpin tetap di bella segelintir orang ,peminpin sennang numpuk harta dengan tidak bennar bukan di bella ,langsung di lempar ke nusa kambangan. sudah tahu kruptor bikin nkri ambruk 1998 dengan korban sipil tidak berdosa ,komuniss ,sytem kerajaan alaa orde baru sama 2 makan korban tidak sedikit pelakunya hidup enak ,dan lebih cilaka sang maestro calon tunggal presiden 2014 ,itulah nasip tanah kelahiran ku nkri sudah di ujung jari kehancuran .

    BalasHapus
  58. INDONESIA GAK BAKALAN HANCUR...INDONESIAKU PASTI TETAP AKAN JAYA. MERDEKA!!!!!!

    BalasHapus
  59. YEN TEMEN2 MESTI TINEMU

    BalasHapus
  60. maksutnya YEN TEMEN2 BAKAL TINEMU

    BalasHapus