Kamis, Mei 16, 2013
21
JAKARTA-(IDB) : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, proyek kerja sama pembuatan pesawat tempur dengan Korea Selatan tetap berjalan. Hanya, proyek kerja sama pembuatan pesawat Korean Fighter Experiment (KFX) memang ditunda. 

"Tidak ada kata-kata batal atau gagal. Itu yang penting. Betul ditunda karena pemerintahannya (Korsel) lagi transisi," kata Purnomo di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (15/5/2013). 

Pramono mengatakan, Pemerintah Korsel bahkan berpikir kerja sama dapat ditingkatkan dengan membuat pesawat yang lebih canggih. Pasalnya, kata dia, kedua negara berpikir kebutuhan jangka panjang hingga 15 tahun mendatang. 

"Mereka bahkan berpikir untuk meningkatkan (selevel) pesawat F-35 (buatan Amerika Serikat). Kita sudah sampaikan ke pihak Korea, apa pun yang akan dikembangkan, kita ikut. Kita share 20 persen (modal)," kata Purnomo. 

Pramono menambahkan, selain kerja sama dengan negara lain, pemerintah juga tengah menambah investasi di PT Dirgantara Indonesia. 

Seperti diberitakan, Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin menyebut, pembatalan proyek KFX telah merugikan Indonesia sekitar Rp 1,6 triliun. Proyek itu ditandatangani pada 15 Juli 2012 di Seol, Korsel. 

Anggaran itu disebut untuk kebutuhan penelitian dan pengembangan. Sudah ada sekitar 30 orang dari PT DI yang dikirim ke Korsel untuk ikut mendesain pesawat KFX. Dari kerja sama ini, Indonesia awalnya berharap dapat memiliki 50 unit KFX pada 2020.






Sumber : Kompas

21 komentar:

  1. dari awal udah coba2 ingkar kontrak korsel mulai berfikir untuk berpaling ke negara2 laen aja buat kerjasama nya.. buat cadangan kalo2 korsel bohong lagi...

    BalasHapus
  2. ini melebihi 1000 kalinya pembrontak ,habis triliunan duwit rakyat tampa hasil yata , duwit lagi ke level lebih gawat ini bukan hebat ,tapi penipuan di siang hari bolong dan bikin negara bangkrut harus di hentikan ,ini negara bukan kerajaan bungggg
    harus di pertanggung jawapkan dulu hasil kerja yata ,baru ke level atass .

    BalasHapus
  3. Kalo saya masih tetap percaya bahwa bangsa kita pasti bisa mewujudkannya,asalkan dengan niat yang sungguh2 pasti ada jalan keluar buat mewujudkannya,krn SDM kita pintar2 dan mengerti.

    BalasHapus
  4. Bukan hny butuh pinter / SDM mas bro, fasilitas n infrastuktur buat building this product jg perlu dilengkapi. Ibarat orang lumpuh, bisa lihat tp ga bisa meraih apa yg diinginkan.
    Balance is key life....

    Moga aja bisa legowo bersikap jujur dng tdk korupsi buat kembangin industri pertahanan kita..

    BalasHapus
  5. Ga bisa ya bongkar 1 biji Tiger yg kita poenya buat bahan percobaan? PT.DI kan pinter masalah airframe pesawat, belajar bikin dengan model yg lain aja dlu,dgn m'ggunakan mesin&sistem eletonik combat di tiger..... klo emang yakin mau bisa bikin pesawat tempur,mesti coba improvisasi dgn yg dipunya dlu dong...... Learning by doing....... Masa kagak bisa sih..? Dodol.....

    BalasHapus
  6. jadi itu alesan ditundanya proyek KFX/IFX?
    yo wislah sak karepmu lah.

    BalasHapus
  7. Nggak percaya lagi proyek ini bakalan mulus, Proyek ini membutuhkan waktu lama, duit jalan terusss, hasil belum tentu mulusss, ujung-ujungnya hangussss..., Negara Plastik itu bentar lagi kena bencana besar dari Sang Khalik, mendingan batal pindah ke negara Russia or India...

    BalasHapus
  8. Harus menjadi pertimbangan bg pembuat keoutusan adalah Korsel itu kan sekutu dekat amerika, amerika sekutu inggris, tdk mungkin as n inggris akan membiarkan indonesian dominan dikawasan asean,,mereka punya kepntinangan indonesia tdk boleh lbh kuat dr negara tetangga, dr segi geopolitik n geostrategi menurut sy tdk tepat RI kerjasama dg korsel, msh mudah diintervensi AS, lain halnya jika RI dg China tdk mngkn dg mudah diintervensi,,gmn jadinya kalu RI dominan di laut n udara krn transfer tekhnologi via Korsel,,apa iya AS n ingriss akan berpangku tangan,,gmn kepentingan AS n Inggris di asean n pasifik? Gmn dg ketakutan negara tetangga thd RI? Lbhnbaik RI tetap memperluas kerja sama dg china & rusia,,

    BalasHapus
  9. wakakaka,maklum kita ini negara bodoh dan tolol,super cemen...udah jelas dibuat molor...itu bukan naik level jadi F35....korea itu intinya gak mampu....wong item technologynya aja semua dari eropa....korea cuma buat tukang jahit aja...masih ngayal setara F35...wakakakaka lawakan tingkat dunia...mending beli tuh su 35 bm...gak usah macem2 tat tet tot...kalau kagak mampu

    BalasHapus
  10. digoblogin korea kok mau aja, liat tu jaoin kapal selam giman akhirnya indonesia cuma disuruh liat doang, pokoke and aja ma korea

    BalasHapus
  11. Menurut ku ga ush di gembor2kan proyek KFX/IFX. Itu haya mengundang negara lain untuk mencegah proyek tersebut supaya di batalkan. Seperti amerika pasti tdk ingin indonesia dominan di asean karena mampu membuat pesawat tempur berteknologi canggih. Amerika pasti puya upaya pencegahan. Amerika mudah saja membujuk KORSEL untuk membatalkan dan memawarkan pesawat yg lebih canggih sekelas F35 dngn alasan korea sedang konflik dng korut maka butuh pesawat yg lebih canggih. Perlu di ketahui teknologi pesawat tempur korsel adalah turunan dari pesawat golden T50 hasil kerjasama antara amerika dan korsel. Maka amerika tidak mudah mengijinkan korsel untuk tranfer teknologi ke negara. Lain.

    BalasHapus
  12. Hehehehe pak menhan bicara seperti itu menghibur diriya atau korsel pura2 ngehibur dah pada tau ini negara kita gampang bgt di kadalin

    BalasHapus
  13. waduh gimana ya? 4,5 ditunda untuk program untuk membuat yg 5, nanti korsel punya alasan lagi untuk menunda kerjasama selanjutnya dgn alasan menyiapkan pesawat gen terbaru sekelas f22 raptor. kerjasama ini punya landasan hukum, atau kah cuma kekeluargaan, shg tak ada perkara bila ada yg melenceng.

    bagi saya kalo indo bisa buat pesawat sekelas f16 aja dah bagus, bisa menutup wilayah NKRI yg luas. dasarnya, hibah as aja diterima, apalagi kalo sekelas pt di bisa bisa memenuhinya.

    untuk urusan pesawat fighter kualitas wahid, tidak haram untuk membeli dari produsen tulen.

    pak Menhan, mainkan strateginya.

    BalasHapus
  14. yg bodoh makanan orang pintar, hati2 lah bangsaku.......

    BalasHapus
  15. Apapun alasannya yg jelas tdk boleh secara sepihak korsel menunda2 proyek tesebut, memangnya apa isi perjanjiannya,apakah bisa berobah-obah,busetdah ini uang negara Bung,bukan uang nenek moyangmu,yang buat perjanjian seenaknya aja,gampang percaya,Stupid.

    BalasHapus
  16. Harus ada yg bertangung jawab atas proyek ini,karena ini uang negara,sebaiknya KPK masuk

    BalasHapus
  17. huh, denger2 nih KATAnya lagi pada ngorek pesawat F16 apa benar gosipnya seperti itu ?

    BalasHapus
  18. Trs ngapain korsel mau beli banyak f35...??.takutnya kyk drama2 korea ujung2nya nangis.

    BalasHapus
  19. Yang jadi pemikiran saya,apakah ini buat alasan korsel buat molor2in waktu krn sdh dapat duit dari RI?? Berikutnya kalo dibilang akan membuat kfx setaraf F35,lha yang sdh ahli beneran dan berpengalaman puluhan tahun (boeing n loched martin) sdh bikin jet2 mumpuni laris di pasaran,sdg bermasalah bikin F35,apalagi macam RI n KORSEL yg baru sebagai pemula bikin jet super canggih??? Ntar bernasib sama kay F35 yg bakalan jd jet tempur termahal didunia tp penuh masalah dlm produknya! Apa ga mending bikin yang ringan dulu macam bikin sejenis GROB 120,lanjut ke sejenis TUCANO,terus bikin macam hawk,baru ke generasi 4-5 NG. Cina aja perlu puluhan tahun baru bisa bikin J10,lha ini baru seumur jagung???

    BalasHapus
  20. sudah tambah lagi saja Su-30 1 skadron lagi,daripada nunggu gak jelas.
    PT.DI belajar dulu saja dulu sendiri buat pesawat macam KUmbang,belalang,Kunang sebelum buat jet tempur.

    BalasHapus