Rabu, Maret 20, 2013
7
JAKARTA-(IDB) : Salah satu alat yang menarik perhatian pengunjung Jakarta International Defence Dialog (JIDD) adalah gattling gun yang dipamerkan di stan Kementerian Pertahanan. Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao bahkan sempat melongok melihat-lihat laras kaliber 7.56.

Dirut PT Pindad Adik Avianto mengatakan, saat ini gattling gun itu memang masih dalam fase prototipe. Uji statis telah selesai dilaksanakan. Dalam waktu dekat akan diadakan uji dinamik. Senjata ini bisa memuntahkan peluru dengan kecepatan 3.000 butir per menit. 

Kecepatan itu untuk mengimbangi kecepatan alat yang membawanya seperti helikopter serbu atau kapal perang.

Menurut Adik, proyek ini berasal dari pengembangan Litbang TNI AD. Sesuai dengan perencanaan dan doktrin, di waktu-waktu mendatang, dibutuhkan senjata seperti ini. "Jadi kalau ke depan kita pengadaan, Pindad sudah bisa menyediakan," kata Adik. 




Sumber : Kompas

7 komentar:

  1. Smg dpt ditingkatkan rate of fire seperti Goal Keeper HSA atau Phalanx agar effectiv menghadang rudal Sea Skimmer. Btw bgm dg bahan baku n optronic systimnya atau just mechanical firing spt di pswt A-10 warthog? Monggo sja.

    BalasHapus
  2. ini baru mantabbbb....
    Mudah2an bisa di kombinasikan dengan radar kita sehingga mencadi senjata CIWS di kapal perang Indonesia, untuk merontokkan rudal2 dan roket yg mengarah ke kapal perang kita. good luck

    BalasHapus
  3. Kasih ilmunya don kang boler biar orang pindad pada faham tuk menyempurnakan produk itu

    BalasHapus
  4. Bagus di pasang di ANOA...

    BalasHapus
  5. 3000 butir per menit. kalo seseorang kena tembak itu selama semenit bisa jadi bubur dia!

    BalasHapus
  6. Moga"2"setingkat phalax dng sistem radar dari LEN

    BalasHapus
  7. ini kalibernya beneran 7.56?.....yg lazim biasanya sih 7.62.....kl yg ekornya .56 lazimnya 5.56.....

    BalasHapus