Senin, Juni 02, 2014
6
SRI RACHA-(IDB) : Sebuah kapal tanker minyak Thailand tujuan Indonesia yang hilang dua hari setelah dibajak telah ditemukan. Semua awak kapal ditemukan selamat, namun pembajak menguras isi kapal Thailand tersebut.

Demikian keterangan Biro Maritim Internasional (IMB) pada Senin (2/6/2014). Kapal MT Orapin 4 kehilangan kontak dengan pihak berwenang setelah berangkat menuju Indonesia dari pelabuhan di Singapura Jumat lalu. IMB kemudian mengirim pesan, jika kapal itu telah dibajak.

Namun, kapal itu tanker minyak itu tiba-tiba muncul di pelabuhan Sri Racha, Thailand pada Minggu malam. Pemerintah Thailand kini sedang menyelidiki kasus pembajakan kapal tersebut.

Noel Choong, kepala Anti-Pembajakan IMB yang berbasis di Kuala Lumpur, kepada Reuters mengatakan, pembajak atau perompak menyerbu kapal tanker itu di lepas pantai Malaysia. Kawanan pembajak kemudian mengambil 3 juta liter sola yang ada di dalam kapal.

IMB sebelumnya menyatakan, kapal tanker minyak Thailand itu semula ingin menuju Kalimantan, Indonesia. “Kapal tanker minyak diesel MT Orapin 4, dengan 14 awak kapal, kehilangan kontak dengan pemiliknya setelah berangkat dari Singapura awal pekan lalu,” bunyi pernyataan IMB.

Choong sejak awal juga sudah mencurigai hilangnya kapal tersebut karena dibajak.”Ini mungkin kasus pembajakan,” katanya saat kapal itu pertama kali dilaporkan hilang kontak.




Sumber : Sindo

6 komentar:

  1. wahh wah...pembajak bisa menguras kapal tengker brisi minyak ribuan barel ...pasti si bajak laut punya penampungan kilang minyak berukuran raksasa ....ada yg anehh kapal tengker yg di bajak tahu tahu muncul di pelabuhan thailand semua awak selamat .

    BalasHapus
  2. bukan kilang minyak ukuran raksasa kok, cukup kapal tanker juga yang khusus di desain buat nampung solar

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. sudah cerita lama sekutu ingin mengusai selat malaka dengan alasan ga masuk akal memerangi bajak laut ....masak bajak laut punya kapal tengker buat penampungan ribuan barel minyak hasil rampokan ?....setahuq bajak laut di kawasan selat malaka hanya cukup buat makan doang... boro boro punya kapal tengker berukuran 15 ribu ton keatas hehe....

    BalasHapus
  5. bisa saja lah. pembajak bisa.
    1 kapal tanker besar. sama dengan 4 atau 5 kapal bunker / tongkang. ukuran tongkang hanya 20-30 meter
    jd pembajak membawa beberapa kapal untuk di ambil isi kapal tanker thailand itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, setuju.....selama ada niat, pasti ketemu jalan walau itu untuk hal" buruk sekalipun.

      Hapus