Senin, Februari 10, 2014
0
SURABAYA-(IDB) : Prajurit KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Satgas Maritim TNI Konga  XXVIII-F/ UNIFIL 2014  siap diberangkatkan menuju Lebanon. Hal ini setelah mereka menyelesaikan Latihan Pratugas selama sebulan penuh sejak 7 Januari lalu. Komandan Kolatarmatim Kolonel Laut (P) Bhudiyanto menutup Latihan Pratugas Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-F/ Unifil 2014, Kamis (6/2)  di Ruang Auditorium Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolatarmatim, Ujung, Surabaya.

Hadir pada upacara penutupan yaitu Wakil Komandan Pusat Misi Pemeiharaan Perdamaian (PMPP) TNI Kolonel Pnb Irwan IS Dunggio, Para Komandan Satuan dan Kasatker Makoarmatim, Para Komandan Unsur dan undangan lainnya.

Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-F/ Unifil 2014 beranggotakan sebanyak 100 personel yang akan mengawaki KRI Frans Kaisiepo-368 Koarmatim dan Helikopter BO 105 dari Puspenerbal Juanda dibawah Komandan Satgas Letkol Laut (P) Ade Nano, akan bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB di Lebanon. Selama latihan, para prajurit melaksanakan berbagai materi latihan meliputi latihan klasikal di Kolatarmatim, Harbour phase di pangkalan Surabaya dan Sea phase di Laut Jawa.

Koarmatim telah mengirim KRI Frans Kaisiepo -368 kedua kalinya untuk melaksanakan misi perdamaian PBB di Lebanon. Misi pertama sukses dilaksanakan oleh KRI Frans Kaisiepo -368 pada tahun 2010. Menurut Komandan Latihan Pratugas Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-F/Unifil 2014 Kolonel Laut (P) Suhartono, tujuan latihan Latpratugas ini adalah untuk menguji keterampilan dan kemampuan prajurit KRI FKO-368 serta menyiapkan kondisi teknis semua peralatan yang digunakan sehingga dapat mencapai kemampuan yang dipersyaratkan PBB untuk penugasan sebagai Satgas Maritim TNI yang akan bergabung dengan kontingen Garuda pada misi Unifil di Lebanon.

Dalam sambutannya Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Ridwan yang dibacakan Komandan Kolatarmatim mengatakan,  dengan selesainya Latpratugas ini, Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-F/ Unifil 2014 sudah mempunyai bekal pengetahuan dan kemampuan untuk ditugaskan sebagai pasukan perdamaian pada misi Unifil di Lebanon, selain mengemban tugas pokok para prajurit juga mempunyai misi sebagai Duta Bangsa Indonesia dan Duta TNI.




Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar