Kamis, Februari 20, 2014
43
JAKARTA-(IDB) : PT Dirgantara Indonesia (PTDI) siap menjadi pihak kontraktor pengembangan pesawat R80 yang merupakan rancangan mantan Menristek BJ Habibie. Habibie melalui PT Regio Aviasi Industri (RAI) bekerjasama dengan PTDI melakukan persiapan pengembangan R80.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI Andi Alisyahbana mengatakan fase pertama proyek ini adalah tahap konfigurasi. Pada tahap ini akan dipastikan soal jumlah penumpang karena menyangkut segmen pasar.

"Pertama konfigurasi, yaitu menentukan jumlah penumpang, apakah sayap mau atas bawah. Rasanya akan menuju 80 penumpang," katanya usai acara penyerahan helikopter Dauphin pesanan Basarnas di Lanudal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Selasa (18/2/2014).

Andi menjelaskan, dari sisi pasar untuk pesawat R80 belum memiliki pesaing. Saat ini, tidak ada produsen pesawat di dunia yang bermain pada kelas 80 penumpang.

"Kalau ATR juga kapasitasnya nggak sampai 80 orang. Kita masuk di pasar yang belum ada pemainnya," terangnya.

Selanjutnya, pada fase kedua PTDI dan PT RAI akan masuk ke tahap desain awal. Targetnya prosesnya dimulai tahun 2015.

"Habis itu, preliminary design, bentuknya nanti mau gimana. Itu Insya Allah kita mulai tahun depan, karena ini tergantung dana," jelasnya.

Tahap terakhir, PTDI dan PT RAI akan memasuki fase terberat yaitu detail design. Fase ini nantinya akan masuki tahap pembuatan purwarupa (prototype) hingga sertifikasi pesawat. Pesawat N250 menurutnya telah berwujud prototype namun belum mengantongi sertifikasi kelaikan terbang dari lembaga internasional.

"Paling berat nanti detail design, nanti membuat prototype," jelasnya.

Harapannya pesawat baling-baling bermesin turboprop ini bisa dijual ke publik mulai tahun 2020. Namun syaratnya proses pembiayaan pengembangan pesawat ini berjalan lancar.

"Kalau nanti R80 jadi, yang penting pendanaan, kalau PTDI siap semuanya. Kalau dengan RAI berarti dari swasta, mereka pemilik program, kami sebagai kontraktor saja," jelasnya.

Seperti diketahui, Mantan Presiden BJ Habibie memiliki keinginan dan mimpi besar memajukan industri dirgantara di Tanah Air.

Habibie sempat menerbangkan pesawat asli buatan Indonesia yaitu N250, namun dalam proses pengembangan dan menuju sertifikasi gagal karena proyeknya dihentikan atas rekomendasi IMF. Ia masih menjaga mimpinya untuk melihat pesawat asli buatan anak bangsa terbang dan digunakan maskapai tanah air dan dunia, dengan membuat R80.




Sumber : Detik

43 komentar:

  1. Petaka sudah datang lagi ....habibe join produksi r80 non jet pasar market patut di pertayakan?... , riset dan waktu makan biyaya tidak sedikit , kalau habibe datang tidak bawak uang hanya bawak gambar r80 yg notabe se class cn 295 buat apa buang buang duwit . Mendingan pt DI srius produksi cn 295 terbukti sudah terbang dan di akui dunia . Igat ..habibe belom bertanggung jawap pt DI pernah punya hutang triliunan akibat salah kelola di bawah ke peminpinan bj habibe . Kita bicara fakta ajaa...r 80 harus menlalui riset independen , market dan sharing ...produksi harus melaui riset dan di buka ke publik .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampean iku jok ngawur mas.,.
      koyok tau kerja nag PT DI ae,.,
      Kita sekarang butuh rist n riset untuk memajukan PT DI,kalau dilihat prospek kedepan dari r80 itu besar karena masih belum ada dipasaran pesawat kelas itu dan juga bermesin jet...

      Hapus
    2. ini nih....manusia yg gak tau tapi SOK TAU....
      BACA DULU SEJARAH...TELUSURI DULU SEBELUM NGOMONG...
      LOE BISA CUMA BACOT AJA...Menghina ORANG....
      YG JADI PETAKA ITU...KALAU BANYAK ORANG MACAM LOE DI INGONESIA.... ITU BARU PETAKA BESAR DAN TANDA2 MAU KIAMAT....
      SAMPAH LOE....!!!!!!!!

      Hapus
    3. Kalau di negara majuu ... mantan peminpin gagal bawak maju perusahaan apalagi negara langsung di vonis ( BAD ...BAD....) apa adanya kerja dan hasil ber prestasi di utamakan . hhkwkw...lah di indonesia terbukti sebaliknya di pujaa....

      Hapus
    4. Ano 9.58 bilang R80 sekelas dengan c295? =)) =)) =)) Tolol kok dipelihara.... =)).... =))..... =))

      Hapus
    5. tambah lagi gan ketololannya

      tanpa habibie jumlah kecelakaan pesawat pasti banyak
      tanpa habibie penerbangan dngan baling2 masih menggunakan hidrolik

      duhhhhh belajar dulu sana
      mending u salahin soeharto sono
      hutang luar negri di anggap pemasukan negara
      bodoh itu

      Hapus
    6. Emm..sayqng ....abang pasti datang hhhkwkwkw....

      Hapus
    7. Cara berfikir orang ini katrok banget. Ketinggalan berapa generasi lo? sebaiknya anda membuka keluasan berfikir anda, bukan fikiran negatif dulu yang muncul di otak lo.

      Hapus
    8. patut dicurigai orang ini begundal asing

      Hapus
    9. Ano 20 Februari 2014 09.58, penulisan yang benar itu "DUIT" bukan "DUWIT" seperti yang loe tulis. Mending loe belajar baca tulis yang benar dulu, sebelum komentar. Jadi utk sementara loe duduk manis aja ya, nyimak aja...tolol ko dipelihara.. :-b :-b :-b

      Hapus
  2. Seperti mata dewa ....sepert mata dewa ....kita bicara fakta .... keuangan pt nortanio pernah di putar ...putar di luar lingkungan pt nortanio . Orang tua sadarlah kamu !!!!! .....sadarlah kamu!!!!..... hura hura itu kamu yg buat dari tim tim sampai ambon sambas makan korban ribuan .....

    BalasHapus
  3. Ano 11.28 ngomong....apa berak looooooooooooo........................dasar otak dodolllll........

    BalasHapus
  4. Di kalau bj habibe masih mau otak otik perusahaan negara hanya bermodalkan gambar doang ...boleh sajaa....ada gudang gedung kosong bekas bikin lantang ...di pakai ajaa...deh ....itu gedung luas nya bukan main sekalian bj habibe igat memory di gedung itu di bangun dengan dana triliunan hanya untuk bikin lantang dan wajan . Kami liat hanya karna kami bicara fakta banyak tepuk soraynya ...orang tua habibe meradang .

    BalasHapus
    Balasan
    1. he bego,... otak lo itu gak ada 1/10nya otak habibie.., beliau itu diberi kewarganegaraan kehormatan dijerman sono bukan sembarangan, tapi karena sebab..!! sampah lo..!!

      Hapus
  5. mantap lanjutkan semoga berhasil..

    BalasHapus
  6. Minimal dan sangat patut bg kita utk menghargai dan menghormati orang tua... apalagi kita mampu yg lebih dr skedar itu, yaitu mendukungnya... apalagi mampu membantunya dg pertimbangan yg cukup dan selayaknya oleh ahli dlm bidang itu, dlm hal ini PT.DI...
    Hal ini adlh bagian dr cermin budi-pekerti yg oleh bangsa ini ditetapkan bhw kita bangsa yg berbudi-pekerti luhur...
    Anonim yang komennya menghina silahkan tidur aja, krn itu lebih selamat, drpd hidup tp hanya menambah kehinaan Anda!...

    BalasHapus
  7. HABIBI ORANG HEBAT INDONESIA TAPI SAMA DENGAN PEMIMPIN INDONESIA LAINNYA BELIAU JUGA PUNYA KESALAHAN !!!
    AYO SAUDARA-SAUDARAKU,,, BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHORMATI PAHLAWANNYA ,,, SISI NEGATIPNYA SUDAHLAH JANGAN KITA KOREK-KOREK !!! ITULAH BANGSA INDONESIA RAYA !!!
    BANGSA INI BISA MEMAAFKAN ATAU MELUPAKAN BANGSA BELANDA YANG MENJAJAH DAN MENGADU DOMBA BANGSA KITA SAMPAI 350 TAHUN ,,, KENAPA TIDAK BISA MELUPAKAN KESALAHAN PARA PEMIMPIN DAN PAHLAWAN KITA???

    COBA RENUNGKAN !

    BalasHapus
  8. Ano 09.58 babi anjing lo untung gk di depan gue, gue injak kepala lo
    dasar anjing peliaraan IMF y itu antek2nya barat yg menghancurkan negara sendiri dr dalam agar produk anak bangsa tidak maju dan berkembang menjadi saingan negara barat di pasar global
    Dasar babi penjilat pergi dr negara ini ja sampah lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopral karsan : ello bikin malu negara ...commen sebagai aparat gak tahu aturan . Awas gua cekk loo dari kesatuan mana ?.... karsan aparat gak bolehh gancam gancam apalagi yg ello bella penghianat bangsa . Gua injak injak karsan , kopral belagu gak netral awas !!!

      Hapus
    2. ano 14.39 ello juga ngancam2 orang...emang siapa lo...menjelek-jelekkan pak habibie tanpa dasar. Dari koment2 mu diatas bisa ketebak kalau anda hanya manusia kurang kerjaan.

      Hapus
  9. Kalau kita bicara demokrasi dalam lingkungan nkri harus pakek tatak krama , supaya kita tidak kejebak saling tuduh antek ke antek padahal kita aslinya benteng republik . Kenapa borok masa lalu kami buka lagi supaya penerus bangsa hati hati !!! Igat antek antekk barat sudah frustasi karna krepotan menghadapi pintarnya penerus bangsa bermain politek praktis kok bisa ?.... lahh yg kata barat super rahasia malah bisa keluar masukk tampa hadangan penjaga gawang mau bukti ? Jokowi di sadap alat alat sadap sampai tiga macam di biarkan sajaa....ama bos jokowi selama 7 bulan . Setelah di tayak wartawan media kok gak di laporkan ke aparat pak jokowi ?... yaa ...biarkan saja... supaya tukang sadap tambah keluar biyaya tampa hasil memuaskan . Wongg...isinya saya bicara saban hari kuras sugai buang sampah di.sadap . Hehe....mabok bulekk bulekk...kata jokowi .

    BalasHapus
  10. R-80 ITU NONJET BAHLUUUL...!!!

    BalasHapus
  11. airbus ama boing siap siap ni jualannya berkurang kesaing sama PT DI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudahan 2 ajaa...amin , cuma yg di jual pak bj habibe itu dokar ....kwkwkw.....kalau boeing dan airbus bermesin jet jellas lamborghini calardo maaf yaa...jangan marah loo...ini hanya seumpama umpama antara DOKAR dan lamborghini bersaing berkompetisi di pasar market .

      Hapus
    2. hihihi
      walaupun dokar tp ano 16.57 gk bisa buat kannnnn
      hayoooo ngaku aja gk bisa buat kan
      dokar harganya 50 M lohhhhh
      hahaha

      siapa tau aja nanti pas udah kejual eh malah naik dokar nya ano 16.57
      hihihi

      dokar itu yaaaa pasarnya yg jarak deket lah bung
      lebih hebat nyempil2 di pegunungan papua dan gk manja ama panjang landasannya
      maklum lah namanya juga dokar
      kalo lambirgi kan pasarnya yg jarak jauh... rugi lah kalo disuruh jalan 200-300km

      jadi disini gk ada persaingan pasar ano 16.57
      ahhhh ano otak buangan dokar
      wkwkwk

      Hapus
    3. saya sangat setuju bener hahaa

      Hapus
  12. Itu kelihatan kalo negara kita adalah korban dari IMF. Karena IMF itu kntornya ada di negara imperialis. Jadi Habibie dan IPTN itu adalah korban dari sepak terjang imperialis. Kenapa juga FAA tidak memberikan cap legal buat pesawat buatan Rusia(misal sukoi jet penumpang) ataupun buatan IPTN? ya jelas kelihatan mereka tidak ingin disaingi dong. Mohon tolong deh yang logikanya jalan, hendaknya nyadar kita itu dihalang halangi negara barat untuk dapat membuat pesawat jet ataup propeler berpenumpang. Jadi harusnya kita bersatu untuk memajukan proyek nasional. Karena negara tanpa berproyek dan berambisi itu adalah negara mandul. tapi juga negara juga jangan separo hati ngasih dana penelitian dan pengembangannya. Hayo pikirkan semua ini buat kemajuan bangsa dan negara kita. Amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bettol ano 16.57 . Kalau desain plan pak bj habibe bermesin jet sungguh loncatan tehnologi patut kita dukung dalam bentuk pendanaan dan suport loby dan politek ...kenapa politek bukan polusi dirgantara dunia ?...
      Karna dari duluu boeing dan airbus tidak suka ada industri dirgangantara bermesin jet menyangi mereka mau tidak mau ptDI butuh dukungan politek luar biasa dari penguasa
      Fakta nya sampai sekarang indonesia sebagai menthor satu satu market pesawat penumpang . Alias celengan baeing dan air bus penopang economi dua benua itu .

      Hapus
    2. ano 18.16, gw suka gaya lo,..."Politek...terasa lidah lo kelindes grobak sate madura...wkwkkwwkwkwk

      Hapus
  13. Lo...kok pada gaduh semua

    BalasHapus
  14. Ano 14.39 Gue harus bilang woow.......gitu
    Hanya Allah yg tau manusia penghianat negara
    yg tak punya jiwa nasionalis sekalian bawa Amerika dan sekutunya aja untuk membantu membenarkan pendapatmu

    BalasHapus
  15. aduh, kenapa pake turboprop lagi ... Mending N2150 deh ....

    BalasHapus
  16. PT RAI bisa aja nekat membuat pesawat penumpang jet. tapi kan strateginya sekarang bukan seperti itu.

    BalasHapus
  17. HABIBE HANYA PINTAR BIKIN KOMPONEN PESAWAT MAtRIAL TIDAK DI KEPEMINPINAN !

    BalasHapus
  18. Orang yg menghujat tanda tak mampu....dan semacam pemakan bangkai....mari kita sebagai pemuda berpikir positif dan komprehensif punya visi kedepan utk kemajuan bangsa......

    BalasHapus
  19. tenang... itu cuma masalah strategi aja...

    BalasHapus
  20. selalu yang di pikirkan untung mulu gimana mau mju ni negara,gagal jga pasti ad hikmahnya dari pada tidak moncoba sama sekali

    BalasHapus
  21. coba rakan-rekan ku sebangsa dan setanah air, lihatlah pada diri kalian sendiri, apa yang sudah kalian berikan pada bangsa ini? jangan hanya menghujat orang, cobalah untuk saling mendukung jangan saling menjatuhkan, tak akan ada suatu negara yang akan maju jika didalamnya masih banyak orang yang saling menjatuhkan. senang rasanya jika melihat pesawat buatan negara sendiri terbang diatas tanah airnya sendiri

    BalasHapus
  22. senang mendengarnya

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Ilmuwan kita di caplok negara lain karena tidak adanya perhatian pemerintah,indonesia tetap akan menjadi konsumer dari negara lain,bukan produsen,,,

    BalasHapus