Kamis, Oktober 31, 2013
26
Snowden: AS Sadap Komunikasi di Asia Tenggara, termasuk Jakarta (photo: rendezvous.blogs.nytimes.com)
Snowden: AS Sadap Komunikasi di Asia Tenggara, termasuk Jakarta.

SYDNEY-(IDB) : Harian Australia, Sydney Morning Herald menulis  artikel bahwa Amerika Serikat melakukan penyadapan serta memonitor jaringan komunikasi dari fasilitas pengawasan elektronik di Kedutaan Besar dan Konsulat AS di seluruh Asia Tenggara dan Timur, termasuk di Jakarta. Informasi ini diperoleh dari pengakuan whistleblower Edward Snowden.


Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan protes keras terhadap penyadapan ini. ”Indonesia tidak dapat menerima dan mengajukan protes keras terhadap berita tentang keberadaan fasilitas penyadapan di Kedubes AS di Jakarta,” kata Menteri Luar Negeri, Marty M. Natalegawa, menanggapi pemberitaan di surat kabar harian Sydney Morning Herald  Rabu (30/10/2013).


Marty mengaku sudah mengonfirmasi langsung pemberitaan tersebut kepada perwakilan Kedutaan AS di Jakarta. ”Kami telah berbicara dengan Kepala Perwakilan Kedutaan AS di Jakarta untuk menuntut penjelasan resmi Pemerintah AS atas pemberitaan dimaksud,” papar Marty.

Menteri Luar Negeri, Marty M. Natalegawa Kecam Penyadapan AS (photo: Reuters)
Menteri Luar Negeri, Marty M. Natalegawa Kecam Penyadapan AS.
Menurutnya, jika informasi ini benar, maka Amerika Serikat telah melanggar hukum serta melanggar etika diplomatik. ”Perlu ditegaskan bahwa jika terkonfirmasi, tindakan tersebut bukan saja merupakan pelanggaran keamanan, melainkan juga pelanggaran serius norma serta etika diplomatik dan tentunya tidak selaras dengan semangat hubungan persahabatan antar negara, ujar Menteri Luar negeri Marty M. Natalegawa. 




Sumber : JKGR

26 komentar:

  1. Berani marah pak? Atau omdo aja!

    BalasHapus
  2. jgn cuma kecam doank donk kirim tim kontra intelligent dari BIN atau BAIS untuk menyelidiki nya.. semut aja di injek ngegigit apalagi manusia... walaupun amrik negara hebat tapi kalo ribut ama indonesia mah blm tentu bisa dgn mudah nya di kalahkan... kondisi alam indonesia kalo di bandingkan dgn irak atau afghanistan beda jauh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semut di injek mati ga akan gigit. . .

      Hapus
  3. kalau jadi amerika? iya pak kami minta maaf.... terus setahun kemudian terusin aja nyadapnya.... bukti bahwa amerika bisa menyadap negara lain tanpa diketahui sama sekali, itu bukti keunggulan teknologi IT amerika. kalo ngga ada snowden dkk, ngga bakal tau ada penyadapan di dubes negara. jujur aja, kemampuan penyadapan amrik suka nggak suka patut diacungi jempol. namanya juga inteligen, ya harus dapat informasi lah. kalo BIN nggak nyadap pihak lain, malah aneh jadinya. jangan ngomong kode etis, namanya juga interligen, pake segala cara dihalalkan kok

    BalasHapus
  4. kalo brani hibah F16 batal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat setuju!!! , kalau ngak bisa balas secara frontal tapi harus dikasih pelajaran, batalin hibah f-16... aneh kedengerannya hibah tapi bayar... kalalu harus bayar beli yang top sekalian SU-35...

      Hapus
    2. uang mukanya sdh dibayar om.....asal nyerocos aja tu bacot

      Hapus
  5. Hati hati alat sadap nya kalo ada di pesawat hibah tsb

    BalasHapus
  6. marti banci pura2 ngamuk

    BalasHapus
  7. Waktu ngerebut Irian Barat dari Belanda pakai bantuannya siapaaa??? baca sejarah,,, terus waktu ngelawan PKI pake bantuannya siapaaa??? ,,,, terus waktu ngejatohin Suharto pake bantuannya siapaaa??? ,,,, nah itulah jadi bumerang sekarang,,,,
    Kalau sadap menyadap didunia intelijen itu udah kerjaan sehari-hari ,,, Indonesia juga nyadap,,, Indonesia mungkin kalah main teknologi sadap ,,, tapi orang lapangan intelijen asingnya yang dikipas ,,, ingat wartawan Australia di Timor di bantai? Wartawan Australia di Papua dipulangkan? udah deh gak usah histeris,,,, sadap menyadap itu sudah biasa,,, ya itulah orang intelijen .... Gagal tidak diakui, berhasil tidak dipuji, mati tidak dicari !!! santai aja brooo,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. koment kamu seharusnya dibaca pertama kali oleh mas edward snowden deh,
      tapi pastinya dia gak sependapat denganmu bro....

      Hapus
    2. ano 22.09 iya ya akakakakak
      Indonesia ini bangsa yang besar,,, negara yang besar,,, jadi kalau disadap oleh tetangga sekitar kita ya wajarlah,,, malah aneh kalau kita nggak disadap,,,
      cuma jangan lupa kadang-kdang bangsa kita sendiri yang membiarkan kita itu gampang disadap ,,, contohnya beberapa tahun yang lalu,,, indosat,, telkomsel,,, sahamnya malah dibiarkan dibeli oleh Singapura ,,, aneh kan ??? jadi ya kalau kita gampang disadap itu salah kita sendiri ,,, pengaturan flight di Hang Nadim Batam malah diatur oleh singapura??? kok aneh??? pengaturan traffic kapal di selat Malaka/singapura dilakukan oleh singapura,,,, aneh nggak?? sekarang soal pengungsi yang lewat pantai dan pulau-pulau kecil bukannya ditangani sendiri ,,, malah australia yang nanganin dari dalam negara kita sendiri ,,,, lalu sekarang Menlu komentar kayak gitu ,,, aneh kan???
      Sama broo kita termasuk orang-orang yang prihatin melihat semua ini ,,, makanya kawan-kawan yang muda-muda ayooo belajar yang giat,,, ambil alih kepemimpinan kelak dan benahi negara yang pakai standard ganda seperti ini,,, !!!

      Hapus
  8. Menlu omdo di grtak sekali om obama pasti mlempem,,,,,,,

    BalasHapus
  9. mending berani getak. daripada presinden mlempem

    BalasHapus
  10. ya tetap harus diprotes keras, prancis sama jerman juga protes.

    BalasHapus
  11. Kalo berani jgan ke kedutaannya, tpi langsubg telpon ke Obamanya seprti.jerman. SBY pengecut. Bisanya cuma protes aja. Langsung dong kasihtindakan tegas.

    BalasHapus
  12. sy malah curiga issue ini sengaja dimainkan oleh Amerika dan sekutu2nya, Eropa protesnya pura2, coba lihat negara mana aja yang mengkampanyekan issue penyadapan ini. khusus penyadapan di Indonesia siapa yang mengkampanyekan? Harian Australia. sekutu dekat Amerika. mereka yg mengkampanyekan adlh sekutu dekat amerika.
    selanjutnya setelah masyarakat dunia yakin pada kampanye ini, satu persatu isi penyadapan di buka....bukan isi dari penyadapan thdp negara2 sekutu Amerika, melainkan puluhan negara dunia ketiga yang tidak disebutkan namanya negara mana saja (yg menjadi target sebenarnya)...dan kini dimulai dari jakarta...Rahasia Negara akan dibongkar ke publik habis-habisan, masyarakat akn terpancing, instabilitas akn terjadi. ingat...setelah petualangannya di timur tengah, Barat khususnya Amerika mengarahkan kekuatannya untuk menguasai asia pasifik dgn alasan konflik LCS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analisa mas bro ano 22.37 sangat masuk akal & cerdas.... Teori konspirasi asu & sekutunya diawali dgn modus whistle blower-nya Snowden, adalah lanjutan dari "dagelan" wikileaks. Karena efek situs tsb dianggap kurang heboh utk menggoyang publik dunia.
      Skenario snowden diangkat asu utk jadi triger menggeser wilayah hot zone konflik dari timur tengah, kpada issue LCS di wilayah asia pasifik. Ini sejalan dgn misi penguatan armada PACOM yg mrpakan 65% kekuatan armada asu di tingkat global.
      Dgn menggoyang instabilitas negara2 yg berseberangan dgn asu, adu domba rakyat vs pemerintah, HAM, propaganda anti amerika, membendung pengaruh china, dll. Akan jadi pijakan asu & sekutu britania-nya utk "turun tangan" mengamankan kepentingannya. Lewat tekanan diplomasi atau mengirim pasukannya ke negara jadi target mrk.
      Dan Indonesia sudah dikepung oleh penempatan pangkalan & pasukan asu di area ring terdekat teritorial kita, seperti singapura, brunei, philipina, chocos, darwin...
      Semoga pemimpin & rakyat lebih cerdas dalam bersikap.... Dan negeri ini senantiasa diberikan kedamaian & dijauhkan dari konspirasi busuk imperialis.

      Hapus
  13. Bulshit sok gaya doang ... jangankan yang sukar dibuktikan seperti spionase begini, yang sudah jelas kayak NAMRU di lingkungan depkes aja melempem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bung bobo....mendengar kata NAMRU sy sedikit trauma...4 thn kebelakang anakku terkena penyakit kuku mulut dan tangan , dokter bilang virus singapur kenapa dokter bilang ...dalam sehari lebih kurang belasan pasien datang ke dia.....dokternya kaget kok banyak sekali....indikasi pasien terkena bintil2 merah seluruh badan dalam mulut hancur bintil2...sakit perut luar biasa....waktu itu jabodepok masif penyakit ini.....dokter bilang ini penyakit cara penularannya sudah pasti disebar...ntah caranya bgm....dan satu lg...penyakit ini disebar asu waktu perang vietnam....dokter ini wawasannya luas terakhir dia bilang salah satu tersangka ya NAMRU.....share saya .....

      Hapus
    2. kalo NAMRU emang bisa bantu kesehatan masyarakat (versi mereka), harusnya penelitian atau semacamnya dilakukan dgn transparat. tapi orang sekelas menteri kesehatan mau masuk aja gak boleh, lha gimana???

      Hapus
  14. Kalau berani Nasionalisasi Freeport! Pasti ga berani... yg berani lawan ASU hanya Soekarno!

    BalasHapus
  15. Kontrak karya dengan freefort akan habis 2021 .....
    Tunggu aja ,,,,, banyak kog yang bisa, generasi sekarang pintar" kog ......

    BalasHapus
  16. sabar ano2 sekalian ..........pohon aren......, pohon karet...... semuanya disadap....malah menghasilkan..sadaaap kan......santai aja broooo......................=))=))=))

    BalasHapus
  17. cuma ngemeng de-eng,no action

    BalasHapus