Jumat, Juli 19, 2013
0
SURABAYA-(IDB) : Satuan Kapal Eskorta (Satkor) adalah salah satu satuan dijajaran tinggi Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), yang memiliki  beberapa Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) seperti, jenis Korvet, Sigma Kelas, dan Van Speek. Kapal tersebut disamping bertugas  sebagai kapal penghancur lawan, akan tetapi juga dituntut mampu melaksanakan Air Gap Filler (Pengisi Kekosongan Udara).

Pelaksanaan diskusi dipimpin langsung oleh Komandan Satkor Koarmatim Kolonel Laut (P) Syufenri, Msi, bertempat di Lounge Room KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang bersandar di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Kamis (18/7). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh komandan KRI di jajaran Satkor Koarmatim beserta seluruh perwira Korps Pelaut dan Elektronika.

Air Gap Filler merupakan salah satu peran yang dilaksanakan oleh KRI dalam operasi pertahanan udara dengan mengisi daerah kosong diluar jarak jangkau satuan radar pantai, yang selanjutnya akan melaporkan seluruh kontak udara yang terpantau kepada unsur – unsur kawan.

Kegiatan diskusi tersebut  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai peran KRI sebagai Air Gap Filler, agar jajaran prajurit Satkor Koarmatim senantiasa tangguh maju di medan pertempuran.







Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar