Rabu, Mei 22, 2013
22
JAKARTA-(IDB) : TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) menggelar latihan gabungan (latgab) bersandi “Cooperation Afloat Readiness and Training” (Carat) 2013 yang dilaksanakan pada 21 hingga 28 Mei 2013.


“Latgab melibatkan 5 ribu personel dari TNI AL US Navy,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio, usai  membuka latihan di Markas Komando Armada RI Kawasan Barat (Armabar), Jakarta, Selasa.


Latihan yang dilakukan bersama pasukan “United State Pacific Command” ini  juga mengerahkan sejumlah pasukan khusus dan alat tempur canggih  seperti kapal perang, pesawat tempur dan lainnya.


“Kita mengerahkan empat kapal perang, helikopter. Sementara AS mengerahkan tiga kapal perangnya, sehingga diharapkan ada teknik-teknik baru dalam mengatasi teror di laut,” ujarnya.


Menurut Kasal,  latihan itu merupakan kerangka kerja sama bilateral antara Indonesia dengan AS. Latihan ini merupakan latihan kesekian kalinya bersama Amerika, di mana dari tahun ke tahun programnya semakin meningkat.

Marsetio mengatakan, latihan yang diselenggarakan dengan AS rutin tiap tahun digelar, dan bukan disebabkan memanasnya situasi Laut China Selatan.


Latihan bersama ini terdiri dari tahap pangkalan dan tahap laut. Tahap pangkalan lebih bersifat interaksi antara angkatan laut dengan masyarakat, seperti simposium, pelatihan, olahraga, dan kunjungan ke sekolah dasar di Jakarta Utara.


Sedangkan tahap laut meliputi kegiatan latihan tempur di perairan Laut Jawa dan latihan Marinir di Korps Marinir, Antralina, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi latihan antara lain di Mako Armabar, perairan Tanjung Priok hingga Kepulauan Seribu, serta Tanjung Pasir, Tangerang, Banten.


Materi latihan yang diaplikasikan antara lain peningkatan kemampuan teknis dalam operasi militer perang dan operasi militer selain perang. Secara garis besar, tahap latihan di laut berupa latihan manuver dan peperangan laut oleh unsur kapal perang republikk Indonesia (KRI) dan kapal perang milik US Navy.

Unsur TNI AL yang akan diikutsertakan antara lain KRI Oswald Siahaan-354, KRI Sultan Iskandar Muda-367, pasukan Marinir TNI AL, Koarmabar, dan Pangkalan Utama Angkatan Laut III. Sedangkan unsur kekuatan US Navy adalah kapal USS Tortuga LSD-46, USNS Safeguard T-ARS 50, dan USS Charles Momsen DDG-932






Sumber : Poskota

22 komentar:

  1. apa gak capek latihan terus :D

    http://tinyurl.com/terpaksa-kaya

    BalasHapus
  2. Gitu dong kmendan!! Latihan 3x perang 1x mantap!!! Latihan tempur ya jgn latihan komunikasi kapal ke darat dalm rangka memperlancar bahasa inggris seperti negara jiran!!!!

    BalasHapus
  3. Kalau ginikan INA jadi aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman ???? jadi kacung gopblok sampai kapan ?,apa 2 harus lapor kekayaan alam habis di keruk kembali ke saman si pitung " sby demokrat jadi tuan demang penjilat bodoh .padahal indo punya kemampuan mandiri seperri india ,china .pantesan belenja alutsista barang ronsokan semua jadi udah ada yg gatur ,dasar penjilat .!!!!

      Hapus
  4. awas ilmu n tehnik kita jangan dikeluarin semua tar ketahuan dong tehnik kita dalam perang..keluarin aja ilmu debus n ilmu kebal..biar marinir usa miris..

    BalasHapus
  5. Dasar TNI goblok mau aja di jadikan kacung dg USA by adrian kalibata city Herbas 02/ct

    BalasHapus
  6. Dasar TNI goblok mau aja di jadikan kacung dg USA by adrian kalibata city Herbas 02/CU

    BalasHapus
  7. ngapain sih sering2 latihan bareng ma usa dan antek2 nya yg licik dan bermuka dua itu cuuiihh... sering2 latihan babareng ntu ama russia udah terbukti teman ngebantu ne negara dari jaman sukarno juga...

    BalasHapus
  8. Harusnya laithannya di wilayah USA....jangan di Indonesia terus...........sampai hafal prajurit USA dgn kondisi Indonesia krn latihanya selalu di sini......

    BalasHapus
  9. Hahaha bukan hanya thu ano18:39.... Ya alutsista Canggih sudah dikeluarin semua, bahkan prajurit2 elite dikeluarkan semua, daripda sok2an mendingan hati2...

    BalasHapus
  10. ahirnya tanah kelahiranku jadi negara KAMBING BODOH DAN GOPBLOK .jadi bangsa babu .ala peminpin arap yg komplin di bunuh ,prajurit triak 2 di pecat "liat foto di atas memamalukan asal kaya tidak peduly jadi penghianat" HORMAT ...DEMI DEMOKRAT jadi bangsa BABU.!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul. jangan pileh partai gmbar kerbau dungu bulat yang ngaku banteng. babu komunis. !!! selamanya pilpres tdkk d pileh rakkyat.

      Hapus
    2. yaaa tapi repot jugaa komunisnya ambruk bubar ,tinggal sekutu ipralisme sama ambruk ,anda capa begokkk amat komunisnya mati lama cekali, komunis harto kali yaaa neih penerusnya babu barat penjilat ,liat foto di atass pantas itu ??? kalau mau perang ama cina silah kan demokrat di depan biar mampus duluan tohh rakyat yg di untungkan penjilat penjarah menghilang dari bumi pertiwi ,kami bukan partisan partai .

      Hapus
    3. 2014 .berakhirnya demokrat jadi penjilat .kwkw.....kita tangkap reme2 sita hartanya ,regenarasi harus berjalan berdemokrasi ala indonesia hindari tukang kemplang jadi penggawa nkri ," Silahkan pilih peminpin menurut anda bisa membawa perubahan ,ada GOLKAR CALONNYA terkennal kaya ,gemplang pajak triliyunan ,"ada HANURA sang mantan panglima tim tim lepas bacot doang gak berperang ,Ada jendral di pecat kaya amat gak tahu dapet dari mana harta?? jellas calon2 potensial 2014 ,di jamin kalau terpilih calon di atas jadi presiden ,indonesia haguss .lupakan JOKOWI KARNA MASIH MUDA JUJUR POLOS PINTAR tidak layak jadi peminpin ,kita pilih para tua bangka dan mantan pembunuh lintah darat .

      Hapus
  11. Ckckckck...komennya anak2 kecil semua.

    BalasHapus
  12. Kalau ano pernah membaca majalah " FORUM" terbitan militer AS dan hanya beredar di kalangan TNI, sebenarnya program "CARAT " ini sdh lama sekali diadakan di berbagai negara di Asia.
    Beberapa kali diadakan para perwira TNI juga diundang untuk berpartisipasi dlm bentuk tulisan dan lainnya.
    "CARAT" ini sebenarnya merupakan cara diplomasi AS untuk penggalangan kemitraan melalui kegiatan latihan tempur, latihan penanggulangan musibah, dan bakti social lainnya.
    Jadi, apabila Indonesia sekarang ini menjadi partner aktive di program latihan "CARAT" ya mungkin sudah waktunya setelah negara lain di Asia mendapatkan kesempatan yg sama.
    Kalo dari aspek pertahanan mungkin ini yg disebut " d penetration pasifique" atau penetrasi paham AS di bidang militer secara halus agar partner di Asia tahu dan paham bagaimana militer AS merupakan kekuatan yg sangat kuat di area Pasifik dan sekitarnya, untuk itu ayo berteman dg saya jangan ragu2 kalau kamu di musuhi dan di serang pihak lain, saya akan membantumu, jadi kamu nggak usah belanja alutsista terlalu kuat, menghamburkan uang saja, kan ada saya manfaatkan saya. Kira2 begitu ringkasnya kalau ngobrol di warung.
    Nanti, kalau ada krisis di LCS, aha aku sudah menghimpun banyak teman yg mau jadi tumbal kalau terjadi perang.

    BalasHapus
  13. Mungkin para ano sdh tahu, bahwa kalaunterjadi krisi atau perang, AS selalu ngajak "Konco" alias keroyokan seperti cerita wayang,yaitu Kurawa.
    Perhatikan perang di Irak, Afghanistan, Libya, Tunisia dan sekarang secara terselubung di Syria, sedang di LCS digalang kemitraan dg Korsel, Jepun, Taiwan, Philipina, S'pore dan sdg tawar menawar dg Vietnam, Tahiland, India suruh ngejaga laut sekitar Maladewa, Australia, sdg Timor Leste sdh digarap Naga Barong untuk itu Marinir As di siagakan di Darwin. Indonesia??????? Soft Power saja, maka nggak perlu KS Kilo.
    Shukoi sdh cukup, Rudal dan roket yg penting sekedar punya, ...............

    BalasHapus
  14. saya liat konvoi helikopter mirip "apache/blackhawk" di sekitaran monas hari ini jam 10.45..ada yang bisa kofirmasi?? helikopter apa yang indonesia punya mirip apache/blackhawk...apa itu punta amerika lagi jalan2???
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya sih Mi 17,yg mau dikirim untuk misi PBB,karena yg dibelakang ada heli putih dg tulisan UN..silahkan dikoreksi bila salah

      Hapus
  15. Itu Seahawk punya US.NAVY yang latihan CARAT,khan dari amrik juga melibatkan unsur helicopter 2 biji..yang dari kita 3 bell 412.

    BalasHapus
  16. Program nampilin carat..ampe tinggal cawat...gantian tempatnya pasti ga mauuuu...

    BalasHapus
  17. bahasa diplomasi halus amat kalau negara singapore malaysia ,thailand sah sah ajaaa jadi babu usa .ini indonesia dari dulu di curangi ,timtim lepas sekarang papua ,asal kekayaan alam habis gua jarahhh ,indonesia harus jadi babu dan hidup setara dengan negara asia tenggara , tohh mereka butuh menyangkut kekayaan alam natuna ,cina selatan ,bergabung dengan asean kalau mau jjujur merugikan ,maanfaatnya bikin untung anak 2 sekutu yg sudah bangkrut ." repotnya kita punya peminpin bisanya gejarah dan penjilat bodohh .

    BalasHapus