Rabu, Mei 22, 2013
17
JAKARTA-(IDB) : Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin menegaskan bahwa Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Laut masih menunggu selesainya produksi kapal cepat rudal pengganti KRI Klewang yang terbakar pada September 2012 lalu. Produsen KRI Klewang, PT Lundin Industry Invest, kabarnya sedang memproses pembuatan kapal berkemampuan antiradar yang kedua.

"Kapal itu belum diserahkan ke TNI, jadi itu tanggungjawab produsen (mengganti)," kata Sjafrie saat ditemui di kantornya, Selasa, 21 Mei 2013.


Selain itu Kementerian dan TNI AL masih menunggu hasil investigasi soal penyebab terbakarnya kapal. Ada spekulasi kebakaran dipicu terjadi kesalahan rancang bangun. Meski begitu, menurut Sjafrie, ada informasi kalau KRI Klewang terbakar karena hubungan arus pendek.


Meski begitu, Sjafrie melanjutkan, semua pihak harus menunggu kepastian dari hasil investigasi. Menurut Sjafrie kepastian soal penyebab terbakarnya KRI Klewang penting agar kualitas produk dan nama baik PT Lundin --juga industri pertahanan Indonesia-- tetap terjaga.


Untuk saat ini, Sjafrie meminta agar masyarakat tidak langsung memandang sebelah mata produk industri pertahanan dalam negeri, khususnya PT Lundin. Dia berjanji jika hasil investigasi sudah keluar dan kapal buatan Lundin terbukti berkualitas, Kementerian Pertahanan akan mendorong produsen kapal perang antiradar lokal itu ke ranah  internasional. Salah satunya dengan memamerkan kapal itu ke negara-negara tetangga dan sahabat. "Itu sudah pasti."


Pada tanggal 28 September 2012, sekitar pukul 15.15, kapal baru milik TNI Angkatan Laut KRI Klewang 625 ludes terbakar. Padahal, seyogyanya, pada hari tersebut, kapal seharga Rp 114 miliar ini akan memulai uji coba perdana laut atau sea trial dari Dermaga Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Jawa Timur.


Kapal canggih jenis trimaran yang konon tidak bisa terdeteksi radar --alias kapal siluman-- ini diluncurkan pada 30 Agustus 2012 lalu. Kapal KRI Klewang ini memiliki panjang 63 meter, kecepatan maksimal 35 knot, bobot 53,1 GT, serta mesin utama 4x marine engines MAN nominal 1.800 PK.






Sumber : Tempo

17 komentar:

  1. China Indonesia Information
    Selasa, 21 Mei 2013

    Kegiatan anti korupsi bagi pejabat di provinsi Hebei - China




    Membangun pemerintahan yang bersih dan bekerja anti-korupsi, untuk meningkatkan kesadaran dan konsep hukum dan ketertiban, meningkatkan kapasitas untuk melawan korupsi, Komisi Inspeksi Disiplin unit akar rumput di berbagai bagian Provinsi Hebei melakukan kegiatan salah satu nya bagi petugas penjara untuk melaksanakan pendidikan peringatan anti-korupsi, kegiatan bagi para kader keamanan untuk disiplin.

    BalasHapus
  2. Bung Ano08.07 kalo komen anda itu domainnya KPK, ini domainnya Defence dan komen lucu2 dan komen2 tukaran yg seru antar ano yg g jelas identitasnya karena tidak berani alias pengecut semua.
    Kalau komen bersih2 san di tempat yg sdh ditentukan!!!!
    Hayo minggir,!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat dulu blognya bro....itu masuk berita militer di china. Ngomong ae ga di chek disik

      Hapus
  3. Memang forumnya omong2an jogo benteng.tapi kalo soal korupsi jadi puanjang dan lama. Yang simple2 aja korupsi yang mikir yo orang2 sok penting buat pencitraan. Kita bahas yang enteng2 aja tekno pertahanan. Betul om boler. Wong kita baca gratis gak bayar.

    BalasHapus
  4. Ano 09.28. Itu Primbon pasti copypaste dari Buku Primbon Bental Jemur Adam Makno, mestinya di massukan di komen ini tatacara dan do'a sepasang penganten yg sedang olah krida dlm rangka bersatunya Lingga dan Yoni agar tenteram dan lega semua sesudahnya sesuai dg perlambang tuwuhan atau tetanaman di pintu gerbag yg punya hajat(Jawa) disamping pisang berbuah ada tebu. Tebu itu artinya sang manten mantab kalau sudah mlebu alais masuk.

    BalasHapus
  5. Komen sanggahan mu boler tak tunggu iki jendral safri koncoku pernah melu perang, pernah nyusup, pernah pake tank, pernah nembakin roket, sakiki menjabat duwur!!! Monggo di sanggah pake cangkem rodo mingkem yo

    BalasHapus
  6. Sorry bin maap lha Boler kok arep di adu karo wong sing pangkat duwur lan jabatane, karepe ki opo tho? Udah gitu nyangkem-nyangkemke padahal gampang ;
    1. Mau mbalas komen nggak mampu
    2. Bilang sama admin IDB komen Boler jgn dimuat
    Selesai.
    Ojo angeng-angeng nek komen, messake temen kowe Dul.
    Kalau ano njagoin pak Sapri aku njagoain Allah aja deh, wani ora?

    BalasHapus
  7. hahahahaha.....lucu..lucu... Kanjeng Bopo Eyang Anoman..egh Anonym..kenalane jendral cah..wedi aku...!!!!!! hahahahaha.... bapakku melu gerilya ama jendral besar soedirman ikut gerilya dari ambarawa ampe gunung kidul aja diem aja gak koar2.. ning yo cuma tentara veteran biasa..pahlawan tanpa tanda jasa..ora diakoni pahlawan karo penguasa orde baru..saiki yo lumayan dapet tunjangan penisuna walaupun gak seberapa

    BalasHapus
  8. Salam hormat kpd Bp bro Yulius Erry.
    Sura jaya dijaya lebur dening pangastuti.........endi abamu ano yg njagoin pak Sapri jgn pak Sapri yg jualan bakiak, ..........di Ambarawa.

    BalasHapus
  9. welah...iki do tukeran lapak po piye cah?

    BalasHapus
  10. Нåª˚◦♪н媷¨♫нåª˚◦♪ boleeeeeer sopo yg mau ngadu lu sama jendral sapri??? Kami nunggu komen amburadul mu tuk bahan tertawaan jgn gr dong say!!! Нåª˚◦♪н媷¨♫нåª˚◦♪. Boleeeeeer kuwi melu srimulat pantes tenan!

    BalasHapus
  11. Komentnya orang goblok gak berpendidikan by:adrian kalibata city herbas 02/ct

    BalasHapus
  12. Adrian kalo sdh tahu kumpulan org goblok dan g berpendidikan di blog ini, lebih baik Adrian cari blog lain tempatnya org pinter dan berpendidikan.
    Saya tahu anda pinter dan berpendidikan tinggi setara dg S3 kalo saya hanya S lilin, alias lulusan SR thn '57.
    Wong pinter kok urusan sama org goblok, berarti yang .........lebih.........alias dungu bin pandir, he...he...he.......

    BalasHapus
  13. Terbukti polisi dan tni gak akur, klewang di tangkap polisi malah tni siapin penggantinya!!!

    BalasHapus
  14. Mbah Bole dan para ano sekalian.
    Mohon dijelaskan ya, saya kok masih bingung. Kelewang yg terbakar kemarin itu yg terbuat dari FIBERGLASS ataukah FIBERCARBON. Karena yg tampak waktu kebakaran asapnya hitam pekat dan tampak mudah sekali kebakar, persis spt FIBERGLASS kalo kebakar. Menurut beberapa ahli kalo FIBERCARBON sulit terbakar dan jika terbakar warnanya asapnya PUTIH KEKUNINGAN....
    Jadi Klewang kemarin yg terbakar terbuat dari apa?
    Kalo Klewang yg terbakar kemarin terbuat dari FIBERGLASS, lha Klewang yg terbuat FIBERCARBON kemana?
    Mohon pencerahannya mbah Bole dan ano2 semua...tks

    BalasHapus
  15. Sesuai press release dari pihak Lundin beberapa bulan berselang, bahan yg dipakai adalah Fiber Carbon, mereka import bahan tsb dari China.
    Agar lebih jelas lagi sila hubungi Lundin di Banyuwangi.
    Demikian, tks.

    BalasHapus