Selasa, Februari 19, 2013
27

JAKARTA-(IDB)Kementerian Pertahanan menargetkan dapat mempercepat realisasi rogram modernitasi alat utama sistem persenjataan TNI hingga kekuatan pokok minimun. Target awal program pada 2024 diharapkan dapat dipenuhi pada 2019.

"Kita tidak perlu menunggu sampai 2024, bisa dipercepat 2019 untuk mencapai kekuatan pertahanan kita sampai kepada minimum essential forces," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di kantor Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2013).

Salah satunya adalah mempercepat penambahan 10 unit pesawat angkut Hercules tipe C-130A untuk TNI AU. Sebanyak empat unit di antaranya merupakan hibah dari Australia sementara enam sisanya adalah unit yang dibeli dalam kondisi baru.

"Sekarang sebagian sudah dalam proses produksi. Sebagian lagi sudah datang. Kita harapkan akhir semester pertama 2014 sudah hadir," imbuhnya.

Selain pesawat angkut militer, TNI AU juga akan mendapatkan tambahan satu lagi squadron pesawat jet tempur Sukhoi dari Rusia dan F-16 dari Amerika Serikat. Sedangkan TNI AL akan diperkuat dengan kapal selam.

"Totalnya ada 45 alutsista yang besar," jelas menhan dalam keterangan pers hasil evaluasi Isu-Isu Pertahanan 2013 sore ini.






Sumber : Detik

27 komentar:

  1. Jngn2 targetnya bs dipercepat krn bnyk alutsista yg gak jd dibeli dikrnkan bnyk intervensi asing, apalg para tetangga udh mulai gelisah...co:rncna pembelian apache yg dganti black hawk

    BalasHapus
  2. Tapi jangan yang tanggung tanggung pak menhan,,jangan asal punya dan untuk memenuhi target doang..tak apa sedikit tapi cabe rawit.. menggigit pedasnya bro..(ini menurut saya aja) tak tau menurut agan agan yang sudah expert di bidang ini..

    BalasHapus
  3. Yang penting alutsistanya yang BEST OF THE BEST AND BRAND NEW pak menhan,kayak zaman presiden Sukarno dulu,bkn yg biasa2 aja. Plus jgn mudah didikte negara asing yg notabene menginginkan indonesia memiliki alutsista kw2.

    BalasHapus
  4. daripada beli alutsista gak jelas juntrungnya kmna..plus dtmbah situasi politik dan polemik dr external..lbh baik dananya digunakan untuk memaksimalkan riset riset yang ada. gak pnya blackhawk dan apache jg gak masalah.. kalo pemerintah itu pinter proyek helicopter serbu Gandiwa tu dilanjutkan kembali dengan mengundang pakar2 dari iran atau rusia saya rasa projectnya jg bakal jadi.kalo toh cuma sekedar tambah kuantitas untuk percepatan mef.. helicopter bell 412 dimodifikasi jd heli semi serbu pun jadi. sdm kita tu benernya puinter2...sayang tho yo gak digunakan. inget bangsa yang hebat bukan diukur dari berapa banyak mesin perangnya. melainkan dari kualitas sumber daya manusianya. kalo ada yg berpendapat apache harus dimiliki itu statement plg bodoh..yg pernah saya dengar. kalo dah ada apache buat apa..? toh mi 35 kita yg segelintir jg jarang buat latihan gabungan TNI. biaya operasional helicopter serbu itu lumayan mahal. dan difungsikan bila memang ada operasi khusus.. bukan sekedar buat mondar mandir..patroly msh gunakan nbell 412 dan bolcow.. So seurgent itukah apache kudu dimiliki?

    BalasHapus
  5. awas banyak malon yg nyamar apa emang pengen pindah negara..

    BalasHapus
  6. di percepat setuju banget, tapi jangan asalan......
    klau asalan medingan ngak usah beli.

    BalasHapus
  7. Mantap pak De komisinya, he....he....he... ya sudah di cepetin saja, mau cepet mau lambat itu kan urusan bisa diatur, he......he......he.....

    BalasHapus
  8. Salah satunya adalah mempercepat penambahan 10 unit pesawat angkut Hercules tipe C-130A untuk TNI AU. Sebanyak empat unit di antaranya merupakan hibah dari Australia sementara enam sisanya adalah unit yang dibeli dalam kondisi baru......?

    baru apanya yang baru? second kali... ga salah?

    BalasHapus
  9. Kita baru sampe MEF,singa dan ausi sdh punya F 35,..ketinggalan maning son son..

    BalasHapus
  10. Kalo saya mending beli alutsist yg kemampuannya sedang tapi banyak.... Dari pada bagus tapi se'cuil...

    BalasHapus
  11. dipercepat tapi yang dibeli gak kualitas yo podo ae pak de...?
    mending gak usah cepet-cepet tapi kualitase nombor wahid. kan punya detteren effect. tul kan pakde? lontong kabeh.

    BalasHapus
  12. Ga apa mas bro ketinggalan juga kan kita bakal banyak punya f 16 odong2..tabrak2kin aja f35 singa/ausi..hanya itu satu2nya jalan biar menang duel udara,tapi itu juga klo ga rontok duluan dihajar roket f35

    BalasHapus
  13. Mending dananya buat beli S300/400...apache ga bisa ngerontokin F18 aussie n siingaparna..coba klo S 300,,,

    BalasHapus
  14. Mending beyi mi oyeng, uuuuueeennnnaaak.

    BalasHapus
  15. Indonesia mau ga mau harus beli alutsista dari negara adikuasa krn mereka lagi rugi perang alias boke. kalo ngga mao beli papua bakal tambah ricuh. tuh liat pacific fleetnya lagi show off. makanya harus nyumbang bro ( beli rongsokan kan sama aja nyumbang)

    BalasHapus
  16. Mending dimasukin kantoong ya pak...
    Lumayaan bisa buat jajan anak sekolah.
    Betulkan pak...??
    Kalopun ada apa" sama indonesia santaii aja.
    Bisa plesir ke negara lain.

    BalasHapus
  17. Yg mau beli alat itu tentara, yg mau pake tentara, yg tau spec nya tentara, yg pernah nyobain tentara, yang bisa ngebandingin dgn alat lain tentara, yang tau kebutuhan tentara!!! Hidup tentara! Lanjutkan! Jgn dengerin ocehan para tkg gosip ini!!!

    BalasHapus
  18. Tentara beli make uang rakyat, karena tahu dia dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat karena itu tentara cinta sama rakyat, kalau dikritik rakyat tentara seneng kecuali tentara "BODREX"nya Ano 13.55, yang nggak mau dengerin rakyat karena tentara BODREX, hidup tentara BODREX kelaut ajah loe!!!!!.........

    BalasHapus
  19. ciussssss..???? maem mi oyeeeng sik mas bole... hbs tu nonton mi yabi..wkwkwkwkwkwk... monggo mas dahar mi oyeng

    BalasHapus
  20. quote yang bagus @boleroes11, jenius sekali komentarnya . . .

    jadi kesimpulannya tentara itu bukan rakyat?

    BalasHapus
  21. @ano 15:31, ini negara demokrasi masbro, tentara itu bukan rakyat, buktinya gak punya hak pilih.

    BalasHapus
  22. Hai boler boeh di kritik boleh di beri masukan boleh kasih arahan! Tapi tetap tentara yang paling tahu!!! Kalau tentara dengerin ocehan rakyat gak jelas semacam boler apalagi anonim ya semut aja ketawa!!!

    BalasHapus
  23. Kalau Tentara nggak tahu karena Tentara Bodrex ya semut aja ketawa, hik...hik....hik..... Tentara Bodrex.........

    BalasHapus
  24. Ya ketawa liat tingkah boler yg sok tahu ini

    BalasHapus
  25. 5 killo class ,2 destroyer ,2 skuadron su 35 bm ,
    rudal S 300 untuk jaga jakarta ,1 skuadron Pak fa ,
    mlrs astros ditambah 2 batayon ,5 fregat ,
    hindari alutsista dr sekutu yg suka embargo,
    biar malon gk bisa tidur.

    BalasHapus
  26. walah-walah kok, MEF bisa di percepat ada angin apa nich ???? terus akuisisi KS yang targetnya 12 KS ampe 2019 twh gmna ??? PeDe amat,jangan2x KS kita dah da lebih dari 2 KS hmmmmmm,curiga nich klw kita kalkulasikan 10-12 KS ampe 2019 twh g' masuk akalkan ??? kata menhan sekarang tni AL baru punya 2 KS trus di + KS tot dari KORSEL 3 biji, itupun selesai diperirakan satu KS 2 tahunan untuk 3 KS berarti 6 tahunan,wah berarti sampe 2019 cuma dapat 5 KS doangs donxz terus untuk target 10-12 KS bwat memenuhi MEF 2019 gmana twh ?????? nah inich yang membuat kita jadi bingung tujuh keliling tpi biarlah itu rahasia menhan,hmmmmmmmmmmmm.

    BalasHapus