Senin, September 24, 2012
1
SEVILLA-(IDB) : Serah terima 2 pesawat angkut taktis menengah CN295 ini merupakan batu loncatan untuk peningkatan industri pertahanan Indonesia dan kerjasama strategisnya dengan Airbus Military.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pertahanan Letnan Jenderal (Purn.) Sjafrie Sjamsoeddin dalam sambutan upacara serah terima dengan Airbus Military Vice President Head of Programmes Light & Medium and Derivatives Rafael Tentor di Airbus Military, San Pablo, Sevilla, Spanyol, Rabu (19/9/2012)

"Kesembilan pesawat CN295 hasil kerjasama PTDI dan Airbus Military ini dipesan oleh Kementerian Pertahanan untuk memenuhi target modernisasi TNI dan memenuhi makna angkatan bersenjata," ujar Wamenhan.

Atas nama pemerintah Indonesia, Wamenhan juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah Spanyol atas dukungannya untuk program ini, juga kepada PTDI dan Airbus Military, tidak hanya untuk 9 pesawat tersebut tetapi juga kerjasama strategis jangka panjang.

Sebagaimana disampaikan Atase Pertahanan RI di Madrid Kolonel CAJ Erry Herman kepada detikcom, pesawat angkut taktis menengah militer ini selanjutnya akan memperkuat TNI AU untuk berbagai keperluan militer, logistik, misi evakuasi kemanusiaan dan medis di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu Vice President Airbus Military Rafael Tentor dalam sambutannya mengatakan, penyerahan 2 pesawat ini adalah bagian dari total penjualan 9 pesawat CN295 kepada Indonesia, dimana penyerahan akhir akan dilakukan pada musim panas 2014.

"Pengiriman pesawat ini merupakan langkah penting dalam kerjasama Airbus Military dengan PTDI dan kami sangat berharap dapat meningkatkan kerjasama di tahun-tahun mendatang," ujar Tentor.

Generasi baru CN295 adalah pesawat ideal untuk misi militer dan sipil antara lain operasi bantuan kemanusiaan, patroli laut, dan misi pengintaian lingkungan. Kedua pesawat ini diharapkan sudah bisa dipresentasikan pada HUT TNI 5 Oktober mendatang.

Berkat ketahanan dan kehandalan, dan sistem yang sederhana, pesawat taktis menengah ini memberi versalitas dan fleksibilitas luas yang diperlukan bagi personel, pasukan dan kargo, evakuasi korban, komunikasi dan tugas-tugas logistik serta air-dropping.

Ikut hadir delegasi High Level Committee (HLC) antara lain Dirjen Renhan Marsda Sunaryo, Ka Baranahan Kemhan Mayjen Ediwan Prabowo, Aslog Kasad Mayjen Joko Sriwidodo, Aslog Kasau Marsda JFP Sitompul, Kabag Fora Set Baranahan Kemhan Kolonel Laut (E) Listyanto, dan Kasubag Duk Mayor Laut (KH) Isam Hadi, Deputi Bidpol Hukum dan Hankam Bappenas RI Rizky Ferianto, dan Kasubditwas Lembaga Pemerintah Bidang Hankam BPKP Bea Rejeki Tirta Dewi.

Kemudian Duta Besar Adiyatwidi Adiwoso Asmadi, Atase Pertahanan RI Kolonel CAJ Erry Herman, Dirut PTDI Budi Santoso, Direktur Aerostruktur Andi Alisjahbana, Sales Marketing Aircraft Integration Ariwibowo, dan Asisten Dirut Hubungan Kepemerintahan Irzal Rinaldi.

Selain itu juga dari Bank BRI selalu pihak finance yang menyediakan bridging loan: Managing Director BRI Asmawi Syam, Senior Vice President Susy Liestiowaty, dan Senior Vice President M. Sodo Harisetyanto.



Sumber : Detik

1 komentar:

  1. Daerah yg mengembangkan bisnis transportasi pesawat terbang, lebih baik membeli CN - 295 utk angkutan daerah dan pesawat ini sangat bagus dg bandara yg pendek serta bandel modifikasinya bodi. Ayo belilah

    BalasHapus