Kamis, September 20, 2012
0
MOROTAI-(IDB) : Puluhan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), turut menyemarakkan iven internasional, Sail Morotai tahun 2012. Lebih dari sepuluh KRI di jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), mengikuti Sailing Pass di perairan sekitar Dermaga Pelabuhan Very, Juanga, Morotai, Sabtu (15/9). Puncak acara perhelatan akbar itu dihadiri Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn serta jajaran menteri kabinet Indonesia bersatu.

Acara Sailing Pass diikuti oleh 10 KRI dan beberapa kapal perang dari negara sahabat dan kapal-kapal milik Polair, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dan kapal surve milik (BPPT). Unsur KRI yang terlibat dalam Sailing Pass tersebut yaitu, KRI Slamet Riadi-352, KRI Abdul Halim*Perdana Kusuma-355, KRI Hasan Basri-382, KRI Teluk Ratai-503, KRI Teluk Bone-511, KRI Badik-623, KRI Rencong-622, KRI Hiu-80.., dan KRI Kakap-811.

Kapal perang dari negara sahabat, USNS Henson (US. Navy), HMAS  Sirius (Royal Australian Navy), RSS Presistence (Republic Singapore Navy), dan kapal patroli milik Polair, DKP serta Kapal Pelni KP Abimanyu. Acara juga dimeriahkan dengan tarian kolosal Soya-Soya dan tarian Tide-Tide, atraksi terjun payung serta Sailing Pass (pawai) kapal-kapal nelayan.

Beberapa kapal perang yang tergabung dalam Satgas Terpadu Sail Morotai-12, melaksanakan lego jangkar di perairan sekitar Dermaga Daruba, Morotai Selatan. Kapal perang tersebut adalah kapal perang rumah sakit, KRI dr. Soeharso-990 dari jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim, mengangkut Satgas Operasi Bhakti (SBJ) LXI/2012, KRI Surabaya-591 dari Jajaran Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmatim, mengangkut Satgas Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara ke-3 serta KRI Banda Aceh-593, dari jajaran Kolinlamil Jakarta, mengangkut Satgas Ekspedisi Bhakti Nusantara ke-3.

Melalui Sail Morotai 2012, Koarmatim ikut berperan serta melalui kegiatan Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya LXI /2012, di wilayah Lantamal VI dan Lantamal IX dengan kegiatan*bakti sosial dan pelayanan kesehatan di Takabonerate, Bacan, Ternate dan Morotai.

Operasi Bhakti SBJ LXI/2012 bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka pembangunan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat lokal, khususnya masyarakat yang berada di pesisir pantai serta pulau–pulau kecil. Sedangkan kegiatan Sail Morotai tahun 2012 dilaksanakan untuk mempromosikan potensi pariwisata yang berada di wilayah Morotai.

Satgas SBJ LXI/2012, menyalurkan sejumlah bantuan dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal), Pundi Amal SCTV, Dexa Medica, Alumni ITB 75, Lions Club, Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia serta bantuan dari SMP 160 No. 94 Cegar, Cipayung, Jakrta Timur. 



Sumber : Koarmatim
,/div>

0 komentar:

Posting Komentar