Kamis, September 20, 2012
6
JAKARTA-(IDB) : Kementerian Pertahanan mengklaim jika disetujui dan disahkan menjadi undang-undang, maka RUU Industri Pertahanan akan memangkas habis agen dalam pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) di Indonesia. "Salah satu tujuannya memang untuk menghalangi agen yang merugikan negara," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Hartind Asrin saat dihubungi oleh Tempo, Rabu, 19 September 2012.

Dia meminta masyarakat tidak langsung curiga dengan RUU ini. Sejumlah pihak misalnya mempersoalkan rencana pengalihan tanggungjawab pembinaan industri pertahanan, dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara menjadi ke Kementerian Pertahanan. Ada yang menganggap rencana itu akan membuka kembali peluang para purnawirawan TNI berbisnis. "Pengalihan itu hal yang wajar, orang militer lebih paham masalah-masalah militer," kata Hartind.


Hartind mengakui bahwa sejumlah pasal dalam RUU Industri Pertahanan masih perlu dibahas lebih lanjut. "Belum final, masih ada banyak masukan lain terkait hal itu," kata dia. RUU ini sendiri merupakan inisiatif DPR dan rencananya disahkan Desember 2012 depan.


Industri Pertahanan Memang Harus Dekat TNI


Rencana pemerintah mengalihkan tanggung jawab pembinaan industri pertahanan dari Kementerian BUMN ke Kementerian Pertahanan dinilai positif. Dengan perubahan ini, maka industri pertahanan tidak dibebani kewajiban untuk menghasilkan profit dan dividen semata.


"Industri pertahanan harus dikembalikan pada bisnis intinya, dan tidak boleh dibebani lini produksi lain," kata Andi Widjajanto, pengamat pertahanan Universitas Indonesia, Rabu, 19 September 2012. Apalagi, katanya, pasar untuk industri macam ini amat spesifik.


Andi kemudian mencontohkan bisnis PT. Pindad yang terpaksa mengembangkan produksi mobil listrik sebagai upaya menambah profit. "Jadi untuk memastikan industri pertahanan ada di jalur yang benar, pelibatan TNI memang dibutuhkan," kata dia.


Andi tak mempermasalahkan jika pasca pengalihan ke Kementerian Pertahanan, banyak jabatan komisaris di industri pertahanan ditempati para purnawirawan TNI. "Itu praktek yang banyak terjadi di seluruh dunia," ujarnya. Selama bukan perwira aktif, Andi menilai hal itu lazim saja.


Wacana pengalihan industri pertahanan ke Kementerian Pertahanan muncul pada Rancangan Undang-Undang Industri Pertahanan yang sedang dibahas di DPR. Sejumlah kalangan menilai rencana itu bakal mengembalikan TNI pada kegiatan bisnis, sesuatu yang sudah dilarang oleh UU TNI.



Sumber : Tempo

6 komentar:

  1. Saya kog persimis akan lolos di Rumah Tikus (baca Gedung DPR) secara "Rekanan2 itu" kan TEMAN dekat para Tikus.....

    BalasHapus
  2. Bicara industri boing ,north.gruman kalagan profezional yg gawakin industri bukan lah pertempuran di darat ala pasukan infantri ,malain kan tenaga ahli di bidangnya .saya kurang setuju ...kalau industri di pinpin meliter bakal jalan di tempat .!mau ukti saman orde baru ,semua bumn plat merah kendali meliter habis di jarah garuda ,jamsostek telkom ,ahirnya mereka gumpet ikut berdemokrasi sekarang .kalau mau jujur siapa pelakunya para caloo di industri pindad yg natabe jalan di tempat diam 2pemerintah sekarang ini sudah mempertonton kan muka aslinya !!?...

    BalasHapus
  3. Optimis ajalah dulu, semoga pengadaan alutsista dengan budget kita yang serba ngepas ini bisa efisien dengan adanya rule baru ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sadar dan istifar negara ini Indonesia . butuh ke jujuran bukan tukang tipu !!!!

      Hapus
  4. Kita lihat aja dulu,kalau sampe terulang lagi bener2 ada yg aneh sama SDM nya indonesia,negara lain mencoba untuk maju,ini negara dari taun jebot ampe skrang msh aja kisruh menyangkut pertahanan jga

    BalasHapus
  5. Kalo dialihkan ke Kementrian Pertahanan, berdasarkan sejarah justru BUMN2 tersebut selalu merugi bahkan bangkrut..bukankah kondisi sekarang ini bagus?

    BalasHapus