Kamis, Mei 26, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., dan Chief of Defence Forces Singapore Armed Forces (CDF SAF) LG Neo Kian Hong memimpin Combined Annual Report Meeting (CARM) tahun 2011, bertempat di Hotel JW Marriot Jakarta, Rabu (25/5/2011).

Pertemuan CARM ke-14 merupakan pertemuan tahunan antara TNI dan SAF yang diselenggarakan secara bergantian di kedua negara. Pertemuan kali ini diikuti oleh 36 orang.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Panglima TNI berjumlah 19 orang dan  Delegasi Singapura dipimpin oleh CDF SAF berjumlah 17 orang. Pada pertemuan CARM ke-13 tahun 2010 di Singapura, telah dihasilkan kesepakatan antara lain TNI dan SAF bermitra dalam pertahanan secara erat demi menjaga dan meyakinkan perdamaian dan keamanan kawasan melalui usaha bersama seperti halnya Malacca Straits Sea Patrols, Eyes in the Sky dan Indosin Co-ordinating Patrol (ISCP). 

 Dalam sambutannya Panglima TNI mengatakan bahwa kegiatan bersama antar militer secara umum dimaksudkan untuk berinteraksi dan membahas berbagai upaya dalam meningkatkan kerjasama bilateral, khususnya dalam meningkatkan interaksi antar Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara serta Kepolisian kedua negara dalam menyikapi berbagai permasalahan yang kemungkinan terjadi di sepanjang perbatasan kedua negara.

 Upaya tersebut dilakukan dalam berbagai kegiatan seperti latihan bersama, patroli terkoordinasi, saling kunjung, pertukaran personel, peningkatan sumberdaya manusia di berbagai lembaga pendidikan sipil dan militer serta kegiatan produktif  lainnya. 

Berkaitan dengan tantangan bersama yang dihadapi oleh negara-negara Asean, antara lain keamanan maritim, aksi terorisme, perompakan, penyelundupan, perubahan iklim dan pemanasan global, krisis pangan dan energi serta pandemik dan kegiatan ilegal lainnya, Panglima TNI berharap bahwa pertemuan CARM mendatang akan merupakan forum bagi TNI dan SAF bentuk baru dalam pengertian bahwa kedua pihak akan melaksanakan beragam kegiatan dan interaksi di lapangan serta antar staf yang lebih luas dan lebih komprehensif serta menghasilkan berbagai butir yang positif.  

Terlebih kedua pihak telah membuktikan bahwa dari sekian banyak program yang direncanakan, sebagian besar telah dilaksanakan dengan baik dan bahkan kedua Angkatan Bersenjata telah mampu mencapai hasil kerjasama yang optimal, seperti keberhasilan yang telah dilaksanakan pada patroli terkoordinasi Indonesia-Singapura (Indosin) dan program bhakti sosial lainnya.

 Pada  pertemuan ini, Panglima TNI didampingi oleh beberapa pejabat tinggi TNI lainnya  antara lain Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Tisna Komara W, S.E., Asops Panglima TNI Mayjen TNI Hambali Hanafiah, Aslog Panglima TNI Mayjen TNI Hari Krisnomo, S.IP., M.Sc,. dan  Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E. Sedangkan CDF SAF didampingi oleh Director Military Intelligence RADM Joseph Leong, Commander Maritime Security Task Force RADM Jackson Chia dan Director Joint Operations BG Ngien Hoon Ping.

Sumber: Seruu

0 komentar:

Posting Komentar