Kamis, Mei 26, 2011
0
USS Howard (DDG-83)
JAKARTA-(IDB) : Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Soeparno mengatakan, latihan bersama (Latma) Cooperation Afloat Readines and Training (CARAT) 2011 dalam rangka kerjasama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat. Latma CARAT ini juga merupakan suatu bentuk latihan bersama yang dilaksanakan oleh TNI AL dan Angkatan Laut AS.

"Latma CARAT ini dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2002 hingga 2006. Kemudian tahun 2007, istilah CARAT diubah menjadi Naval Enggagement Activity/NEA dan dipakai hingga 2010. Kemudian pada Latma 2011 ini istilah CARAT kembali digunakan," kata Laksamana TNI Soeparno saat sambutan Pembukaan Latma CARAT di Markas Komando Armada RI Kawasan Barat, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu (25/5).

Soeparno menjelaskan Latma CARAT bertujuan untuk meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara, meningkatkan kemampuan profesionalisme kedua Angkatan Laut. Selain itu, Latma ini juga menjadi tolok ukur untuk menilai kemampuan masing-masing Angkatan Laut terutama dalam bidang operasional dan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi baik dalam persenjataan maupun doktrin dan prosedur peperangan baru.

Menurutnya, sasaran latihan bersama ini sangat strategis. Pertama, terpeliharanya hubungan baik antar kedua negara khususnya kedua Angkatan Laut. Kedua, tercapainya peningkatan koordinasi dan kerjasama taktis antara satuan TNI AL dan US Navy dalam berbagai operasi baik operasi militer perang maupun operasi militer selain perang.


Soeparno menambahkan Latma CARAT 2011 yang berlangsung tanggal 25 Mei hingga 2 Juni 2011 di Lat Jawa, Bogor, dan Sukabumi. Latihan ini dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap pangkalan dan tahap laut.

Kegiatan pada tahap pangkalan meliputi kegiatan simposium tentang penerbangan, kesehatan dan operasi militer. Selain itu, kegiatan pelayanan kesehatan, perbaikan fasilitas sekolah, olahraga persahabatan dan interaksi sosial melalui pertunjukkan musik dan seni budaya. Sedangkan kegiatan pada tahap laut adalah kegiatan latihan tempur dan menuvra lapangan unsur/kapal di perairan Laut Jawa.

Latihan bersama Angkatan Laut RI dan AS ini melibatkan 3 kapal perang RI dan 3 kapal perang AS serta tim kesehatan, tim marinir, tim komunikasi dari kedua Angkatan Laut RI-AS. Latihan ini melibatkan 1.500 personel dengan rincian 1.137 personel TNI AL dan 363 personel US Navy.

Sumber: Jurnas

0 komentar:

Posting Komentar