Kamis, Mei 26, 2011
0
" Article dibawah mungkin sedikit menyimpang dari tema IDB, tetapi perlu kita ketahui bersama penemuan ini sangat penting dan bisa merubah dunia bila diterapkan secara pintar,bijak dan tepat termasuk juga tidak menutup kemungkinan dalam bidang militer "
MI-(IDB) : Sebuah rekor baru terpecahkan dalam mentransfer data. Para peneliti mentransfer data dengan memakai laser tunggal berkecepatan 26 terabits per detik.

Pada kecepatan itu tim peneliti mampu mengirimkan data keseluruhan dari Perpustakaan Kongres dalam waktu 10 detik.

Cara menggunakan teknologi fast fourier transform, yaitu dengan membedah lebih dari 300 warna terpisah dari cahaya dalam sinar laser. Masing-masing warna dikodekan dengan string informasi sendiri. Teknik ini dijelaskan peneliti dalam jurnal Nature Photonics.

Dorongan kecepatan data tinggi dalam teknologi komunikasi berbasis cahaya mengalami lompatan signifikan. Sementara itu teknologi serat optik disandikan pada string data, sebagai goyangan dalam satu warna cahaya.

Dalam teknologi laser ada yang dikenal sebagai pembagian frekuensi multiplexing orthogonal, yang menggunakan sejumlah laser, untuk mengkodekan string data dan warna cahaya berbeda. Semuanya dikirim melalui serat bersama.

Pada sisi penerima, satu set osilator laser dapat digunakan untuk mengambil sinyal cahaya dan membalikkan proses.

Skema pengiriman data oleh laser dibatasi oleh jumlah laser yang tersedia. ''Kami sudah melakukan eksperimen 100 terabits per detik,''kata Profesor Wolfgang Freude dari Karlsruhe Institute of Technology Jerman kepada BBC News.

Menurut Profesor Freude, dibutuhkan lebih dari satu laser. Bahkan bisa mencapai 370 laser. Untuk mendapatkannya mahal dan butuh mengkonsumsi beberapa kilowatt listrik.

0 komentar:

Posting Komentar