Sabtu, April 02, 2011
0

BANTEN-(IDB):Kegiatan menembak baik pistol maupun senjata laras panjang merupakan ilmu dasar keprajuritan yang wajib dikuasai oleh seluruh prajurit TNI khususnya prajurit TNI AL Lanal Banten. Ilmu menembak sebenarnya ilmu yang sangat mudah di pelajari, akan tetapi dalam kenyataannya baik perwira bintara maupun tamtama sangat sulit dalam penguasan senjata yang diawaki itu sendiri apabila tidak pernah dilatihkan baik secara personel maupun dalam suatu satuan Mako.
Mako Lanal Banten sebagai salah satu Lanal tipe B yang mempunyai daya tarik stategis baik secara letak geografis maupun fungsional serta mempunyai Tupok yang sangat besar dalam rangka meminimalis terjadinya kerawanan kejahatan baik tindak pidana di laut maupun didarat untuk menjaga kedaulatan NKRI.
Didalam meningkatkan pengetahuan senjata pada umumnya serta melatih dan meningkatkan profesionalisme prajurit Lanal Banten maka pada TW 1 tahun 2011, tanggal 22 Maret 2011 prajurit Lanal Banten melaksanakan latihan menembak pistol P2 , FN dan wolter serta senjata laras panjang SS1-m di lapangan tembak Kopassus, Serang Banten.
Latihan menembak dihadiri langsung oleh Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Agus Priyatna, St. beserta seluruh perwira staff dan seluruh prajurit Lanal Banten baik bintara dan tamtama dari staff Mako Lanal Posal Posal dibawah jajaran wilayah Lanal Banten .
Adapun materi yang diajarkan dalam latihan menembak pistol maupun senjata laras panjang meliputi : bongkar pasang senjata, mencari nol benar senjata, sikap menembak dan praktek lapangan.
Dalam praktek lapangan, menembak pistol diprioritaskan kepada seluruh perwira Mako Lanal Banten beserta satuan kerja Pomal dan intel dengan menembakkan senjata pistol P2 , FN dan wolter dengan jarak 25 meter.
sedangankan pada latihan menembak laras panjang dilaksanakan oleh seluruh prajurit Mako Lanal Banten dengan menembakkan senjata laras panjang SSI-M pada jarak 100 meter dengan sikap menembak mulai dari tiarap, sikap duduk serta berdiri.
Pelaksanaan latihan menembak mulai dari pembekalan sampai dengan pelaksanaan dapat berjalan dengan aman ,tertib dan terkendali sesuai dengan program rencana latihan P1 dan P2 yang telah di buat, dan seluruh anggota dapat melaksanakan program latihan tersebut dengan hasil yang dicapai cukup baik.
           
Latihan menembak ini merupakan salah satu bentuk dedikasi dari program latihan operasi didalam pemantapan dan pengembangan kemampuan prajurit Mako Lanal Banten agar mampu memaksimalkan kemampuan menembak prajurit sehingga tugas pokok dapat berhasil.

Sumber: TNI AL

0 komentar:

Posting Komentar