Jumat, April 08, 2011
0
Anggota TNI AL sedang melaksanakan embarkasi keberangkatan.
JAKARTA-(IDB): Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar latihan pratugas kesiapan unsur KRI dalam melaksanakan tugas operasi angkutan laut di seluruh wilayah NKRI. Latihan ini bertujuan untuk mendukung tugas pokok TNI.

Hal tersebut dikatakan Panglima Kolinlamil, Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan usai mendengarkan paparan Asops Pangkolinlamil, Kolonel Laut (P) Kris Sri Hod Irian T tentang rencana garis besar Latihan Pratugas (Latpratugas) Unsur KRI Kolinlamil di di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (6/4).

Pangkolinlamil mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dalam Latihan pratugas pada intinya merupakan upaya untuk mengukur kesiapsiagaan, kemampuan serta kehandalan prajurit dan Alusista Kolinlamil agar mencapai tingkat kesiapan operasional yang maksimal.

Dikatakannya, kesiapan operasional yang dilatihkan tersebut dalam rangka penggunaan kekuatan TNI maupun untuk mendukung tugas-tugas lain yang diberikan kepada Kolinlamil dari instansi pemerintah maupun instansi non pemerintah. Sedangkan untuk melaksanakan angkutan laut militer (Anglamil) sesuai dengan mekanisme dan aturan yang telah ditentukan.

Pangkolinlamil mengatakan dalam pembekalan materi latihan latihan pratugas kepada para pelaku latihan untuk pelibatan unsur-unsur KRI yang berkaitan dengan pembinaan kekuatan diarahkan sampai dengan penggunaan kekuatan dalam kegiatan operasi angkutan laut militer. Antara lain meliputi pergeseran material, logistik dan pasukan serta dalam kegiatan penanggulangan bencana.

“Dalam latihan pratugas ini, para peserta pelaku latihan pratugas dituntut untuk mengutamakan keselamatan dan harus selalu menaati petunjuk/prosedur yang telah ditetapkan guna mewujudkan zero accident,” kata Pangkolinlamil seperti dilansir dalam siaran pers Kadipen Kolinlamil yang diterima Jurnal Nasional, Rabu (6/4).

Ia juga menekankan kepada para Komandan unsur KRI jajaran Kolinlamil agar terlebih dahulu memberikan briefing kepada perwira pengawak KRI mulai dari palaksa, perwira nagi, perwira muat, dan para perwira asisten dan sebagainya pada setiap event-event materi yang dilaksanakan dalam manuver lapangan sebelum pelaksanaan serial latihan selanjutnya.

Sementara itu, Asisten Operasi Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Kris Sri Hod Irian T mengatakan latihan pratugas Unsur Kolinlamil ini dimulai pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan tahap pengakhiran berlangsung mulai akhir Maret sampai dengan awal Bulan Mei 2011.

Latihan ini melibatkan unsur KRI jenis Landing Ship Tank (LST), Frosch, Bantuan Umum (BU) serta akan dilibatkan dua KRI jenis Landing Platform Dock (LPD). Selain itu melibatkan pasukan dari Korps Marinir dengan kekuatan 1 SSK dan pasukan katak serta beberapa ranpur marinir dalam rangka pendaratan administrasi.

Dalam kegiatan latihan ini, ditunjuk sebagai Komandan Satuan Tugas Latpratugas Kolonel Laut (P) Irwan Achmadi yang sehari-hari menjabat Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya.

Kegiatan paparan latihan Pratugas tersebut dihadiri oleh Irkolinlamil, para Asisten dan Komandan Satuan serta para Kepala Dinas jajaran Kolinlamil.

Sumber: Jurnas

0 komentar:

Posting Komentar