Rabu, Maret 19, 2014
5

flagj

JKGR-(IDB) : Asia-Pasifik termasuk Asia Tenggara adalah wilayah yang paling pesat mengalami perkembangan modernisasi militer, termasuk juga Indonesia. Singapura, sebagai negara kecil dikelilingi tetangga-tetangga yang lebih besar di kawaan Asia tenggara mempunyai perasaan kerentanan yang kemudian mendorong pemerintah Singapura menjadi negara dengan anggaran terbesar di kawasan Asia Tenggara.


Namun kondisi tersebut mungkin tidak lama lagi akan berubah. Program modernisasi TNI di Indonesia dengan program Minimum Essential Force yang akan merubah postur dan doktrin TNI mengancam posisi Singapura sebagai negara dengan militer terkuat dan tercanggih di Asia Tenggara.


Pada tahun 2012, Singapura dan Indonesia secara kolektif mencapai hampir 57% dari total anggaran pertahanan negara-negara ASEAN. Anggaran pertahanan lima besar negara ASEAN (Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, Philipina) diperkirakan mencapai $61.6 milyar USD pada tahun 2020 dari $29.3 milyar pada tahun 2012, atau tumbuh dengan CAGR sebesar 9,8% selama periode proyeksi tersebut. 

Sebagian besar belanja ini diperkirakan akan didorong oleh peningkatan belanja Indonesia yang meningkat sebesar 17% CAGR selama periode tersebut. Pada tahun 2020, diprediksi Indonesia akan memberikan kontribusi hampir 40% atau sekitar $24.6 milyar USD dari anggaran pertahanan ASEAN diikuti oleh Singapura dengan 23% ($14 milyar USD) dan dan Thailand 17% ($10 milyar USD).

defence asean
Belanja pertahanan 5 besar ASEAN 2012-2020
Singapura terus menjaga peningkatan anggaran pertahanan yang stabil. Anggaran pertahanan Singapura 2014 diumumkan senilai $12.56 miliar SGD ($9.93 miliar USD), naik 3,2 % dari anggaran pengeluaran pada 2013. Ketika kenaikan anggaran belanja pertahanan Indonesia banyak yang digunakan untuk pengembalian postur yang lama diabaikan, anggaran Singapura telah lama ada pada kondisi mengejar kualitas dan deterrence. Selain itu alokasi R&D yang besar menyebabkan industri strategis Singapura menjadi pemimpin industri pertahanan di Asia Tenggara, sementara di sisi lain Indonesia baru saja akan memulai kembali mengemangkan industri strategis setelah terbengkalai pasca krisis moneter 1997.


Alokasi Singapura tersebut sekitar 22% dari pengeluaran total pemerintah tahunan dan sekitar 3,3 % dari PDB. Pendekatan jangka panjang negara untuk anggaran pertahanan diarahkan mempertahankan level kemampuan tinggi Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) dan mengejar SAF sebagai generasi lanjut angkatan bersenjata yang modern.


Persentase anggaran pertahanan dari PDB Singapura (3.3%), lebih tinggi dari rata-rata global yang ada di kisaran 2% PDB, namun angka tersebut masih jauh di bawah batas maskimal anggaran pertahanan Singapura yang punya batas hingga 6% PDB. Namun potensi besar Indonesia bahkan di saat sekarang yang hanya menganggarkan 1% PDB telah mampu mendekati anggaran 3.3% PDB Singapura. Pada akhirnya, walaupun Singapura menganggarkan batas maksimal anggaran pertahanan-pun tetap saja pada suatu saat akan terlewati dan tidak akan bisa bersaing dengan tetang-tetangganya yang lebih besar.


Menteri Pertahanan Ng Eng Hen berbicara depan Parlemen alasan peningkatan anggaran yang stabil adalah upaya Singapura dalam pembangunan kemampuan pertahanannya sehingga mencapai kemampuan pencegahan strategis, dan juga untuk menghindari kondisi tidak siap menghadapi potensi resiko ancaman yang tidak diperkirakan dan bisa terjadi kapan saja. Dia memberi gambaran bagaimana bentuk Angkatan Bersenjata Singapura hingga tahun 2030.

Gambaran Kekuatan Militer SAF saat ini - 2030
Proyeksi kekuatan militer SAF saat ini hingga 2030
Saat ini Singapura sedang dalam upaya pengadaan pesawat Multi-Role Tanker Transport (MRTT), berpotensi menjadi pengguna pertama kapal selam produksi dari prototype, mengakuisisi pesawat generasi lima pada tahun 2020, upgrade kendaraan lapis baja Bionix dan meluncurkan kendaraan driverless untuk membantu melindungi kedaulatan Singapura. Sementara itu Singapura sebelumnya sudah menerima F-15SG dan sedang dalam proses upgrade armada F-16 mereka.

Jumlah dan generasi pesawat tempur negara 5 besar ASEAN sejak tahun 1990-an
Jumlah dan generasi pesawat tempur negara 5 besar ASEAN sejak tahun 1990-an

Angkatan Darat Singapura juga berencana merekrut sebanyak 1.100 prajurit karier. Menteri Pertahanan Ng Eng Hen mengatakan bahwa memiliki tentara karir profesional yang lebih berpengalaman dalam unit pelatihan akan membuat pelatihan peserta wamil lebih efektif dan efisien.


Pertumbuhan ekonomi memungkinkan Singapura terus mempertahankan “Keunggulan kuantitatif dan kualitatif SAF” terhadap kekuatan militer tetangganya, namun, fundamental pertumbuhan ekonomi dan proporsional ukuran dan sumber daya Singapura berbanding Indonesia pada akhirnya akan menuju pada situasi dan kondisi ketika kemampuan SAF tidak akan lagi mampu memberikan efek gentar bagi TNI. Dan mengingat sejarah masa lalu, memang wajar jika mereka merasa terancam.

Sg militari procuremen by decade
Budget/Alokasi Belanja Militer SAF Berdasarkan Dekade


belanja milter menurut decade
Budget/Alokasi Belanja Militer TNI Berdasarkan Dekade

Demi mengatasi keterbatasan potensi mereka tersebut, Singapura melirik opsi bentuk perlindungan dari luar seperti hubungan pertahanan bilateral dan juga multilateral. Seperti misalnya dengan Amerika Serikat, Australia, Jepang dan lima negara anggota FPDA.


Untuk Indonesia menggantikan Singapura sebagai militer dengan anggaran terbesar hanya tinggal menunggu waktu, sama sekali bukan tantangan berat tapi adalah proses wajar akibat berbedaan potensi ke dua negara. Dan juga harus diingat Singapura dengan maksimal memanfaatkan potensi-potensi yang ada dengan indeks daya saing tinggi, sementara Indonesia terkesan masih mengabaikan berbagai potensi ekonomi dan geografis di dalam negeri. 

Jika Indonesia mampu memberdayakan potensi yang ada pada level yang sama seperti Singapura, maka sebagai benchmark bukan mustahil akan melirik negara yang lebih seimbang dari segi postur dan potensi seperti Brasil, India atau bahkan China.

Bagi Indonesia, Singapura hanyalah satu bagian kecil dari kekuatan asing yang lebih besar. Indonesia tidak bisa melihat hanya pada satu arah sebagai sumber ancaman dan harus juga mengandalkan kecerdikan diplomasi dalam menangkal berbagai bentuk ancaman tersebut, baik militer, politik maupun ekonomi. Di masa multipolar seperti saat ini, untuk kembali menjadi kekuatan regional yang diperhitungkan Indonesia juga harus mewaspadai potensi ancaman diluar ruang lingkup Asia Tenggara. 




Sumber : JKGR

5 komentar:

  1. Untuk capres Jokowi dan capres Prabowo.


    - Bagaimana visi mereka 2014 terhadap pertahanan kita?
    - Apakah mereka mendukung penuh program MEF?
    - Apakah mereka akan mempercepat program MEF?
    - Apakah mereka mendukung industri militer dalam negeri?
    - Siapa yang anda pilih? Atau anda akan golput?

    BalasHapus
  2. Buat para pengambil keputusan dari TNI sendiri. Kalo sudah punya rencana matang untuk beli sesuatu itu jangan lembek di tengah jalan. Misal dengan Killo class yang kita rencanakan untuk beli baru akhirnya tidak beli juga. Kalau seandainya emang itu KS tidak bisa bikin kita puas, kenapa tidak beli herder lain yang lebih dahsyat untuk jagain emper halaman kita.? Kalau cihuahua dipasang didepan halaman kita mana ada maling yang keder? Setidaknya TNI bijak untuk mengganti perencanaan beli killo class dengan kapal selam yang lebih canggih lain seperti Lada class, U212/214, scorpene, dll. Jangan puas dg keinginan kita kalo sdh bisa buat changbego pasti bisa dicantelin dan dimodif senjata apapun. sampai detik ini kita baru bisa melihat korsel buat changbego. Berpikir logis dong. Kenapa tidak beli dulu U 212/214 dari jerman itu yang katanya bisa menembak pesawat juga ya? (mohon koreksi kalo salah). Sembari kita nunggu Indonesia membuat Changbego, kita pesan juga KS yang lebih hebat. Karena bagaimanapun anjing kecil cihuahua harus didamping herder yang garang. ya nggak? Dana ada, kemauan ada, kenapa juga nggak kita laksanakan hasrat itu? Jangan tanggung jagain wilayah dan rakyat kita. dosa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mah ikutan aja aah sama om JustinNews
      semoga dengen kesimpangsiuran publikasi atas ks RI itu bagian strategi..
      memang agak jengkel juga masalah kilo class yg tidak pernah berujung positif, tapi ini konsumsi publik dan tetap menjadi rahasia pertahanan. saya lebih setuju untuk pertahanan negara tidak dipublikkan, saya pikir mereka lebih paham akan pertahanan.. namun sungguh teramat bodoh jika membesar besarkan pertahanan jika tanpa bukti.. maksimal 50% mempublikkan dari keseluruhan atau militer power full

      Hapus
  3. Masalah pertahanan tak bisa di pisahkan dengan ekonomi.Ekonomi kuat otomatis pertahanan kuat.Indonesia harus bisa menjaga kekayaan alam yang kita miliki.Singapure tak pernah jujur dengan neraca export import dengan Indonesia .Kenapa??Jawabannya adalah banyak export Indonesia masuk ke sana tapi dengan cara selundupan .Sampai di Singapure di Legalkan.Sungguh ironis kayu,bahan lainnya tanpa dokumen bisa diterima masuk ke Singapure,Malaysia.Seharusnya pabean disana menolak barang yang tak punya dukumen.Tapi kenyataan tidak.Yang jadi pertanyaan apa sulitnya menjaga laut sekitar Singapure oleh penegak hukum dilaut Indonesia yang banyak macamnya.Ada bea cukai,kkp,polairud,patrioli TNI .Kita dirugikan oleh cara bisnis jiran yang menghalalkan segala cara.Potensi kerugian bakal makin besar dengan diperlakukannya moratorium export bahan mentah.Penyelundupan bahan mentah ke sana makin menjadi jadi.

    BalasHapus