Rabu, Maret 19, 2014
4
SABANG-(IDB) : Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Imam Musani, menerima Alutsista terbaru buatan dalam negeri yang berjenis Alpung PATKAMLA Combat Boat type X-8 Catamaran dan satu unit Sea Raider, di didermaga Lanal Sabang, Selasa (18/3).

Dalam sambutanya, Danlanal Sabang mengatakan bahwa dengan tambahan dua Alutsista ini akan meningkatkan kemampuan operasi pengamanan dan penegakan hukum dilaut perairan Aceh, terlebih lagi situasi keamanan di Propinsi Aceh yang mulai memanas menjelang dilaksanakannya Pemilu 2014. Kedatangan Combat Boats dan Sea Reider ini di Lanal Sabang akan menambah kekuatan Alutsista yang sudah ada di Lanal Sabang sebagai sarana untuk melaksanakan patroli dilaut di perairan Aceh.

 

Lebih lanjut Danlanal Sabang menyampaikan bahwa,untuk Combat Boat Type X-8 Catamaran ini merupakan Alutsista terbaru buatan dalam negeri yang dikerjakan di galangan kapal di Banyuwangi yang berkerjasama dengan TNI AL. Combat Boats ini memiliki spesifikasi dua buah lunas dengan dua mesin Marine Diesel VGT 400 PK bertenaga 220 HP buatan Swedia serta dilengkapi dengan alat navigasi dan komunikasi modern.




Sumber : Koarmabar

4 komentar:

  1. kasin ya. letaknya di ujung pulau sumatera yang banyak dilalui oleh kapal-kapal besar,dan banyak terjadi pencurian ikan dan ilegal logging,tapi kapal patrolinya sekecil itu,cobalah disediakan kapal patroli yang besar,kalo kapalnya sekecil itu gimana mau bikin takut para pencuri dan pembajak,tapi semoga ini adalah awal dari daftar alutsista yang akan didatangkan dan ditempatkan di sabang sehingga memberi rasa aman dan memberi efek getar buat yang lainnnya.amin

    BalasHapus
  2. Sabar mas Bro, seiring dengan belanja yang bertambah akan ditambah terus. awalnya sea rider, kemudian combat boat, kemudian KCR-40 Meter, nantinya tambah lagi KCR-60. yang penting sudah mulai semakin banyak menggunakan produk dalam negeri. Menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.

    BalasHapus
  3. wah.. sudah multi hull rupanya, lebih kencang dan stabil. mantabz...

    BalasHapus
  4. Camaran hrs diberdayakan utk patut (patroli laut) diwilayah Sabang (penyusup dr utara), P. Tanimbar (dekat Darwin), sbg antisipasi penyelusup imigran/ilegal logging/ pencurian ikan dan kapal ini cocok utk maritim kawasan timur. Salam utk strategi TNI.........................

    BalasHapus