Senin, Maret 17, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Kabut asap yang masih menelimuti sebagian wilayah Sumatra dalam 2 bulan terahir khususnya di Provinsi Riau sudah sangat memprihantikan, dengan jarak pandang kurang dari 100 meter saja, sehingga sangat mengganggu aktivitas warga maupun perusahaan penerbangan.


Untuk mengatasi masalah tersebut, TNI Angkatan Udara menerbangkan pesawat C-130 Hercules A-1328 yang sudah dimodifikasi untuk menyemai garam (NaCl) di udara untuk memodifikasi hujan buatan. Garam (NaCl) yang akan dibawa untuk disebar di Provinsi Riau sebanyak 5 Ton. Jum’at (14/3).


Pesawat C-130 Hercules A-1328 dipiloti Mayor Pnb. Ridwan dan Mayor Pnb. Chandra tersebut menempuh rute Halim Perdanakusuma, Pekanbaru, Palembang dan kembali Ke Lanud Halim Perdanakusuma.


Kabut asap di Riau diakibatkan oleh pembakaran lahan/hutan baik oleh warga maupun perusahaan-perusahaan perkebunan yang beroperasi di Riau.


Terkait dengan hal tersebut, TNI juga menggelar apel kesiapan melibatkan 1500 personel TNI yang dipimp[in Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (15/3), yang akan dikirim ke Pekan Baru untuk bergabung dengan personel yang sudah ada untuk membantu pemandaman api.


Satu Brigade TNI (1500 Personel) terdiri dari 2 Batalyon TNI AD, 1 Batalyon Marinir dan 1 Batalyon Paskhas.


Kabut asap saat ini sudah menyebar ke wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi maupun Sumatra Selatan. TNI akan terus berlanjut untuk memdamkan kebakaran hutan di wilayah Riau, baik melalui mekanisme hujan buatan maupun melalui pasukan darat.




Sumber : TNI AU

0 komentar:

Posting Komentar