Jumat, Februari 07, 2014
8
MALANG-(IDB) : Dalam waktu seminggu ini, setiap malam langit Malang Raya dibisingkan oleh deru suara pesawat C-130 Hercules yang ber-home base di Skadron 32 Wing 2 Lanud.Abd Saleh. Hal ini sejalan dengan para Penerbang dan Crew pesawat C-130 Hercules kembali melakukan latihan rutin operasi terbang malam di wilayah Malang Raya dan sekitarnya. Latihan terbang malam ini harus sering dilakukan, karena selain untuk melatih para Penerbangnya agar lebih terampil dan profesional di bidangnya, juga merupakan operasi penerbangan yang lebih sulit dilakukan dibanding terbang pada siang hari.


Komandan Skadron Udara 32, Letkol Pnb Reza Ranesa tadi malam Kamis (6/2) memimpin langsung Latihan Terbang Malam dengan menggunakan dua pesawat Hercules yang diawali dengan briefing penerbangan, penyiapan semua pendukung dan diakhiri dengan doa memohon rahmat dan lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, agar latihan dapat berjalan lancar, aman dan selamat. Terbang malam bagi seorang Pilot merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan dan membutuhkan latihan rutin karena terbang malam hanya mengandalkan instrument di dalam kockpit disamping visual dengan alat bantu berupa lampu penerangan yang ada di dua sisi landasan. Untuk itu para penerbang dituntut lebih teliti dan hati-hati dalam menerbangkan pesawatnya.


“Kemampuan dan keahlian terbang malam harus benar-benar dikuasai setiap Pilot, hal ini terkait dengan keberadaan Penerbang yang harus siaga setiap saat menerima perintah Komando Atas untuk mengamankan wilayah NKRI, sehingga setiap saat kualifikasi kemampuan setiap penerbang harus terus meningkat agar mampu melaksanakan tugas dengan baik setiap saat”, demikian Letkol Pnb Reza menjelaskan.


Jika Komando Atas memberikan Perintah untuk melaksanakan operasi penerbangan di malam hari, maka seorang pilot harus siap dan mampu melaksanakannya dengan baik. Para Penerbang yang bertugas mengawal wilayah Dirgantara Nasional tersebut harus siap melaksanakan tugasnya setiap saat. Oleh karenanya operasi Latihan terbang malam ini menjadi penting dan harus dilaksanakan dengan serius tanpa mengabaikan safety factor.


Kegiatan latihan operasi terbang malam yang saat ini dilakukan, bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme baik skill (keahlian) maupun kemampuan terbang para penerbang dan seluruh crew pesawat dalam mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya gangguan, ancaman serta pelanggaran wilayah udara Indonesia oleh pihak lain, baik yang datang pada siang hari maupun pada malam hari.



Sumber : TNI AU

8 komentar:

  1. Semoga selamat dan sukses !

    BalasHapus
  2. Kalo mau latihan pendaratan malam ,lakukan di kota saya saja....lagian tiap sore masih dilakukan pemadaman listrik,jd cocok buat latihan pendaratan malam...hehe...sumut kab.langkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh... parah ya mas? semoga PLN kerjanya lebih cekatan

      Hapus
  3. Admin tolong ulasan tentang F-16 Singapore yg masuk wilayah NKRI (batam) dengan sengaja kemarin.

    Kementrian Luar Negeri, KeMenHan & Presiden mana protesnya ????

    BalasHapus
  4. Mungkin bukan F-16 tetapi F-18 Hornet yang ingin ikut Air Force Show....

    BalasHapus
  5. @Ano 10.28
    Hoax...!
    Anda sudah terlalu banyak minum bodrex!
    Pikir pakai otak kamu, kalu benar maka pers media di Indonesia akan ramai berita tsbt. Ini bukan di malaysia, dimana rakyat malaysia seperti katak dalam tempurung yg mudah dijejali dan dibodohi oleh pers media yg diatur oleh pemerintah dan penguasa. LoL

    BalasHapus
  6. Sudah saatnya lah... kita bersama-sama saling gotong royong, bahu membahu, membangun dan memajukan negara ini... sejarah telah membuktikan bahwa kita mampu terlepas dari penjajahan yang sekian lama karena persatuan, kesatuan, yang kuat dan tekat yang bulat... marilah kita belajar dari sejarah, bersatu, dan hilangkan rasa kecurigaan... meskipun pernah terjatuh beberapa kali, tapi yang perlu diingat adalah berapa kali kita bangkit... Karena dari awal kita sudah yakin. bahwa kita bisa membuat negara Indonesia tercinta ini semakin maju didalam berbagai bidang... :)

    BalasHapus