Jumat, Februari 07, 2014
10
JAKARTA-(IDB) : Pemerintah Singapura memprotes penyematan nama Sersan Usman Haji Mohamad Ali dan Kopral Harun Said pada tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) baru milik TNI AL. Protes pun dilayangkan Menteri Luar Negeri Singapura, K Shanmugam kepada Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa .

Penolakan itu bukan tanpa alasan, masyarakat Singapura menganggap keduanya adalah pelaku kejahatan. Sebab, dua marinir asal Indonesia ini melakukan pengeboman terhadap sebuah bank bernama McDonald's House yang menewaskan tiga orang dan melukai 22 warganya.

Indonesia tidak bergeming, TNI AL sendiri menyatakan disematkannya nama Usman Harun pada satu dari tiga kapal baru sudah melalui prosedur tetap. Pencantuman nama diberikan sebagai penghormatan bagi para pahlawan nasional atau prajurit TNI AL yang berjasa luar biasa untuk bangsa dan negara.

"Proses penamaan sudah melalui prosedur dan dilakukan oleh anggota tim yang ditunjuk. Kami memilih nama KRI Usman Harun karena mereka adalah pahlawan nasional yang berjasa kepada bangsa ini," kata Kadispen TNI AL Laksamana Untung Surapati.

Dari penelusuran merdeka.com, KRI Usman Harun merupakan satu kapal dari tiga kapal baru yang akan dimiliki TNI AL. Dua kapal lainnya diberi nama KRI John Lie dan KRI Bung Tomo. Kapal ini dibuat BAE Systems Marine di Inggris.

KRI Usman Harun merupakan kapal patroli lepas pantai jenis korvet. Kapal ini sebelumnya dibuat khusus untuk Angkatan Laut Kerajaan Brunei Darussalam. Kontrak dimulai sejak 1995, dan diluncurkan berturut-turut pada Januari 2001, Juni 2001 hingga Juni 2002.

Sesuai kontrak, kapal ini seharusnya sudah dipindahtangankan pada Brunei pada Juni 2007. Namun, pemerintah Brunei memutus perjanjian dengan alasan kekurangan personel, mereka lantas menghubungi perusahaan German Lrssen untuk mencari pembeli baru.
Selang lima tahun, Indonesia menyatakan tertarik membeli ketiga kapal itu dan diharapkan dapat beroperasi dalam kurun 2013-2014.

Kapal ini dilengkapi misil MBDA Exocet Block II anti-ship serta VL MICA anti-air. Misil jenis Exocet mampu melesat hingga 72 km dengan kecepatan 1,134 km per jam. Sementara, VL Mica mampu melesat hingga 80 km untuk menjatuhkan serangan pesawat tempur.

Meriam Oto Melara 76mm menjadi kekuatan utama kapal ini. Terpasang di dek bagian depan, meriam ini dapat digunakan sebagai pertahanan atas tembakan kapal lawan dan menargetkan serangan udara. Senjata ini mampu menembakkan 110 butir amunisi dengan jarak tembak sejauh 16 km.

Perlengkapan sensor dan radar jammer menjadi salah satu kelebihan lainnya. Thales Sensors Cutlass 242 dan Scorpion radar jammer ini mampu mencegah serangan dari kapal musuh.

Sebagai mesin penggerak, empat MAN 20 RK270 dipasang di kedua sisi kapal. Alhasil, kapal ini mampu melesat dengan kecepatan hingga 30 knot.





Sumber : Merdeka

10 komentar:

  1. Dengan beberapa keunggulannya... adalah pilihan yang tepat untuk memasukkan arsenal ini kedalam arsenal negara tercinta ini.... semoga ditangan user yang hebat yang dimiliki oleh ibu pertiwi... semakin memberikan efek "getar" dikawasan kita...

    BalasHapus
  2. Banyak masyarakat singapore yg katanya dan kononnya pintar, tapi maaf "bodoh" dlm sejarah dan tdk mengetahui serta memahami sejarah. Itu wajar sj karena singapore tdk punya tokoh dan pahlawan, dan tdk tahu arti patriotisme dan nasionalime. Itu Mac Donald House bukan Mc Donalds Restourant, karena banyak orang singapore menganggap dan tahunya 2 KKO RI sabotase infrastrukstur sipil Mc Donalds Restourant dan dilakukan saat bukan perang. Pdhl saat itu sdng konfrontasi dan singapore msh blm merdeka dr malaysia.

    BalasHapus
  3. Usman-Harun bangkit kembali dan menghantui singapoor....

    BalasHapus
  4. Saya nggak ngerti sama Singpur. Protesnya nggak masuk akal:

    - Waktu Usman-Harun dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional, Singpur nggak protes.
    - Waktu jasad Usman-Harun dikebumikan di Taman Pahlawan Kalibata, Singpur nggak protes.

    Kok baru sekarang protes?

    Kemudian:

    - Tahun 1973 Perdana Menteri Lee Kuan Yew datang ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk menabur bunga di makam Usman-Harun yang sudah berstatus Pahlawan Nasional.

    Itu berarti singapur sudah mengakui kalau Usman-Harun memang Pahlawan Nasional RI. Lha...kok sekarang mereka bilang Usman-Harun "pelaku kejahatan" ?

    BalasHapus
  5. Bagus monas segera di ganti namanya ( menara usman harun ) berani 2. ..negara kutu singapore menentang aneh....kita pingin tahu reaksi nya ?...

    BalasHapus
  6. INDONESIA JUGA BISA PROTES KARENA SINGAPURA MENGGUNAKAN NAMA RAFFLES UNTUK JALAN, GEDUNG, TAMAN NYA PADAHAL RAFFLES ADALAH GUBERNUR JENDERAL INGGRIS YANG PERNAH MENJAJAH INDONESIA,,,, SEHARUSNYA KITA MENAMAKAN SALAH SATU JALAN KAMPUNG DIJAKARTA DENGAN NAMA JALAN JENDERAL YAMSHITA,,, AYO KITA LIHAT REAKSI SINGAPURA ??? KARENA YAMASHITA ADALAH JENDERAL JEPANG YANG MENYERBU MALAYSIA DAN SINGAPURA TAHUN 1942 DAN MEMBUNUH SEKITAR 50,000 PENDUDUKNYA,,,,

    PEMERINTAH DAN RAKYAT INDONESIA KALAU BER ARGUMENTASI HARUS CERDAS TIDAK EMOSI TAPI MENGGUNAKAN FAKTA SEJARAH,,, PENGEN LIHAT BAGAIMANA SINGAPURA MENANGGAPINYA ???

    SINGAPURA DIKALANGAN INTELIJEN INDONESIA DIKETAHUI SANGAT-SANGAT LICIK TERHADAP KITA DIBIDANG EKONOMI !!!
    MEREKA MEMINDAHKAN INDUSTRI YANG TIDAK RAMAH LINGKUNGAN DAN INDUSTRI YANG AKAN HABIS KE INDONESIA (BATAM),,, MEREKA MEMODALI PENDUDUK ATAUPUN PENGUSAHA YANG BISA DISETIR UNTUK MEMBELI TANAH-TANAH ATAU MENYEWA TANAH-TANAH PESISIR DI BATAM, KARIMUN DAN PULAU-PULAU KECIL AGAR TIDAK DIJADIKAN PELABUHAN YANG AKAN MENYAINGI SINGAPURA,,,,
    MEREKA MENCEGAH PENYELUNDUPAN YANG MASUK KE NEGARANYA TAPI TIDAK MENCEGAH ATAU MEMBERI INFORMASI TENTANG PERGERAKAN BARANG SECARA ILEGAL YANG MENUJU KE INDONESIA !!!
    MEREKA JADI TUKANG TADAH PENJUALAN BBM GELAP DARI INDONESIA SELAMA BELASAN TAHUN !!!
    DISELAT MALAKA KETIKA ADA KAPAL YANG TENGGELA (KAPAL HYUNDAI) DENGAN SENGAJA KAPALNYA DIDORONG KEWILAYAH INDONESIA AGAR TENGGELAM DI INDONESIA,,,
    MEREKA MENERIMA PASIR ILEGAL DARI INDONESIA,,, MEREKA MENAMPUNG RIBUAN ORANG INDONESIA BERMASALAH DENGAN TOTAL ASET PULUHAN MILIAR DOLAR YANG DILARIKAN DARI INDONESIA,,, TANPA INDONESIA BISA BERBUAT APA-APA !!! BANDING KAN DENGAN CHINA NEGARA BESAR YANG MALAH MEMBANTU KITA MENANGKAP ANGGODO BURONAN KPK !!!
    SINGAPURA JUGA DISINYALIR MENDANAI PILKADA-PILKADA DI DAERAH TERUTAMA KEPRI UNTUK CALON-CALON YANG LEBIH RAMAH TERHADAP SINGAPURA ATAU MEMPUNYAI HUBUNGAN DENGAN SINGAPURA !!! INI HARUS DIWASPADAI ,,, MEREKA JUGA BERUSAHA AGAR PEJABAT-PEJABAT YANG BERKUASA DI KEPRI SELALU YANG RAMAH TERHADAP SINGAPURA,,, MELALUI TANGAN-TANGANNYA DI INDONESIA MEREKA DENGAN SISTIMATIS MENDANAI USAHA-USAHA LOBI DI PUSAT.

    AYO RAKYAT INDONESAI SUDAH SAATNYA KALIAN MELEK MATANYA,,, TETANGGA KITA TIDAK SEBAIK SENYUM MEREKA,,, ADA USAHA YANG TERPADU DAN SISTIMATIS UNTUK MELEMAHKAN NEGARA BESAR INI !!!

    JANGAN BODOH !!! KITA HARUS CERDAS RAMAH TETAP SANTUN TAPI MILITAN DAN KERAS JIKA MENYANGKUT KEDAULATAN !!!


    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju ulasannya bung,karena saya paham betul dg kelicikan singaporn....dia ibarat zionis israel di asia.by: semut geni

      Hapus
  7. Kita adalah negara yang berdaulat, jadi untuk penamaan alusista yang dimiliki angkatan bersenjata indonesia adalah hak pribadi negara kita soal tatangga yang pusing biarin lah. GITU AJA KOK REPOT!!!!!

    BalasHapus
  8. Ganyang singaporn

    BalasHapus
  9. Kapan singaporno baik sama nkri..!? Cape deh

    BalasHapus