Selasa, Desember 03, 2013
13
SINGAPURA-(IDB) : Singapura, yang secara militer paling modern di Asia Tenggara, Senin (2/12/2013), mengatakan, pihaknya membeli dua kapal selam baru dari kontraktor pertahanan Jerman, ThyssenKrupp Marine Systems.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian pertahanan Singapura mengatakan, negara itu telah menandatangani kontrak untuk memperoleh dua kapal selam "Type 218SG", yang diproyeksikan akan diserahkan tahun 2020.

Pernyatakan itu menyebutkan, kesepakatan mencakup sebuah paket logistik dan pengaturan pelatihan awak di Jerman, tetapi tidak mengungkapkan total biaya pembelian.

Kedua kapal selam baru itu, bersama dengan kapal selam kelas Archer yang dibeli dari Swedia tahun 2005, akan menggantikan kapal selam kelas Challenger yang dibangun tahun 1960 dan diperoleh negara kota itu tahun 1990-an.

"Kapal selam-kapal selam pengganti itu akan secara signifikan meningkatkan kemampuan dan dilengkapi dengan Air Independent Propulsion Systems," kata kementerian itu dalam pernyataan tersebut.

Perusahaan Jerman itu mengatakan, sistem propulsi secara signifikan meningkatkan jangkauan bawah air kapal selam sehingga mengurangi risiko untuk bisa ditemukan.

Singapura mengumumkan pada September lalu bahwa negara itu membeli sebuah sistem pertahanan udara canggih Eropa untuk menggantikan pelontar rudal Hawk permukaan ke udara buatan Amerika Serikat yang menua. Negara itu telah menyisihkan 12,34 miliar dollar Singapura untuk pertahanan pada tahun 2013, naik dari 11,83 miliar dollar pada tahun 2012.

Singapura, yang dikelilingi negara tetangga yang jauh lebih besar, telah menerapkan strategi pertahanan yang kuat sejak pecah dari Malaysia tahun 1965. Semua pria berbadan sehat di negara itu harus bertugas selama dua tahun di militer setelah usia 18 tahun. Kebijakan itu menyediakan tenaga cadangan bagi sekitar 20.000 pasukan reguler negara itu. 




Sumber : Kompas

13 komentar:

  1. wow AIP, kayaknya tipe 209 buatan korsel belum ada teknologi kayak ini..... mestinya indonesia begini, beli kapal selam yang dari sumber terpercaya kayak jerman, bukan korsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kan masalahnya Indonesia beli kapal selam + TOT-nya...dan yg mau kasih TOT hannya pabrikan Daewo Korsel meskipun berbelit. Pabrikan yg lain maunya beli putus, pembeli cukup sbg negara pemakai saja...tdk dapet ilmu kapal selamnya...

      Hapus
    2. Bro, pejabat" kita ngerti atau pura" ngak ngerti. Walaupun mereka ngak bilang ' wani piro ?!' Seharusnya pejabat kita harus berani bayar tinggi untuk TOT nya, bukan di kantongin sendiri mungkin atau pun sikon negara kita.

      Hapus
    3. Setau ane sih tipe 209 yg dipesan Indonesia dari Korsel sudah memiliki AIP. Karena speknya harus dapat bertahan di dalam air minimal 21 hari nonstop. Bahkan dikabarkan bisa sampai 1 bulan nonstop. Asal jangan sampai gak nimbul2 lagi. Beda sama KS Malaysia yang dibeli dari perancis. KS tapi gak bisa nyelem.

      Hapus
    4. KALAU LAWAN DENAGAN NCANG BOGO NYA KITA, KIRA KIRA MNANG SIPA YA',... :-?

      Hapus
  2. Kta ini uda di butakan dngan berita2 kyk indonesia ini gampang di taklukkan kalau perang...gak akan munkin. Kalau negara luar mau coba2 perang dngn indonesia,,sy taktkan kalau perang saudara dlm indonesia.pasti akan hancur..walaupn militer singapura modern apa bisa menjamin,pesawat, kapal selam gk selamanya di pake saat trjadi perang..kenapa krn senjata yg dibwa pesawat tempur dan kapal selam terbatas.kalau senjatanya habis dia musti kembali kepangkalanya nah kalau singapura di gempur dngan rudal, negara cma segemgam kera akan porak poranda.dan bgaimana bisa kalau da porak poranda bisa kembali ke markasnya untk ambil senjata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul jg ente.. Y yg menhawatirkan kalau seandainya terjadi perang saudara sesama bngsa indonesia,pasti akn hancur, contoh Iraq wkt perang melawan amerika. Iraq gampan di kalahkan krn rakytnya ada yg mendukung amerika pada waktu itu.kalau seluruh rakyt iraq bersatu susah amerika mau jatuhkan. Begtu juga libya hancur krn rakyatnya berpecah.amerika senang membombardir... SINGAPURA negara kecil.kalau indonesia menembakkan roket 2000 aja maka porak poranda singapura,rakyt mau lari kemana.sembunyi dimana.berbeda dngan indonesia,

      Hapus
  3. PADA NGOMOG APA TO... PERANG CM AKAN MENGAKIBTKAN PENDERITAAN.. WALAUPN SINGAPURA BERBELANJA BESAR,INDONESIA GK USAH TAKUT.. BIARKAN MEREKA BERBELANJA BESAR. TO KALAU TRJADI PERANG BESAR SINGAPURA KETAKUTAN.. WALAUPN PNYA ALAT CANGGI TPI TERBATAS SAAT PERANG.KENAPA NEGARA KEPULAUAN YG SNGAT KECIL AKAN MERASAKAN SAAT TERJADI GEMPURAN. KRN KETERBATASAN TEMPAT.KALAU SEANDAINYA TNI MELEPASKAN ROKET KE BANDARANYA MAKA AKAN SUSAH PERGERAKAN PESAWANYA.KRN SINGAPURA CM PNYA 1 PANGKALAN .

    BalasHapus
  4. Singapura mempersenjatai diri begitu kuat bukan untuk perang dgn tetangganya tapi untuk menjaga investasi yg sangat besar dari negara barat dan memberikan rasa aman bagi investor dan calon investor. Masalahnya Singapura dengan ledakan penduduk dan tidak adanya sumber daya alam dikemudian hari hanya bergantung kepada ekonomi industri jasa, suatu hari kalau akibat pemanasan global es dilaut utara mencair, maka kapal2 akan punya jalur baru dan lebih dekat dibanding lewat suez dan selat singapura, pada saat itu ekonomimereka akan rontok dan kalau negara tetangga lemah mereka bisa jadi perampok juga dikemudian hari ! Singapura sudah ambil ancang2 dari sejak lama.... coba lihat di Kepri banyak tanah pesisir pulau yg dimiliki disewa secara tidak langsung oleh orang2 singapura ...... waspadalah...waspadalah .... jgn kecolongan seperti dgn malaysia lagi .......

    BalasHapus
  5. ITULAH REPOTNYA KLO JADI NEGARA KECIL MEREKA HARUS MEREKLAMASI PANTAI UNTUK MENAMBAH LUAS DARATANNYA.....SMOGA INDONESIA TIDAK TERPECAH DAN TETAP DALAM SATU KESATUAN NKRI YANG KUAT BAIK DARI SEGI EKONOMI MILITER DAN SDMNYA....SMOGA INDONESIA BISA MENJADI MURCUSUAR DUNIA ENTAH KAPAN WAKTUNYA...

    BalasHapus
  6. CM YG MENJATUHKAN HARGA DIRI BNGSA INDONESIA RAKYTNY SENDIRI. YG MENGANGGAP REMEH SEPELEH,LEMAH JG RAKYT INDONESIA. PADAHAL NEGARA INI SANGAT KUAT, MILITER.EKONMI..WALAUPN INDONESIA PERANG CM ORG YG TINGGAL DIKOTA YG KELAPARAN.TPI YG TINGGAL DIKAMPUNG GAK AKAN KELAPARAN,SY JAMIN.KRN UDA TERBUKTI,TPI NEGARA SINGAPURA TERJADI PERANG MAKA SELURUH RAKYATNYA AKAN KELAPARAN... .PEPERANG BUKAN CM ADUH TEKNOLOGI.TPI STRATEGI.JIWA JUANG DAN SEMANGAT TINGGI, ALAT CANGGI CM PERANTARA TPI GK SELAMANYA DI GUNAKAN SEWAKTU PERANG TERJADI. LHAT LA SYIRIA BAGAIMANA OPOSISI MELAWAN TENTARA PEMERINTAH REPOT DI BUATNYA.. SINGAPURA PNYA ALAT PERANG CANGGIH TPI GAK AKAN MENDUKUN KALAU TENTARA LEMAH.LEMBEK, PESAWAT TEMPUR, KAPAL SELAM TERBATAS PENGGUNAANYA,INTI PERANG SESUNGGUNYA ADALH TENTARA DARAT.. KTA BNGSA INDONESIA HARUS BNGGA SEBAGAI BNGSA INDONESIA.JAGN MELHAT NEGARA LUAR DRI PANDANGAN LUARNYA AJA. TPI LHAT PERMASALAHAN DI DIDALAMYA.GAK ADA NEGARA YG SEMPURNA,MANUSIA AJA GK ADA YG SEMPURNA.APALG SATU NEGARA. SINGAPURA NEGARA KECIL TPI PNYA MASALAH BESAR DALM RAKYTNYA. RAKYT SINGAPURA BNYK YG BUNUH DIRI. TERKEKANG.GAK BISA BERSUARA,INTERNET AJA DI SARING,, RAKYT SINGAPURA HDUP BAGAIKAN PENJARA.KRN TIAP SUDUT DISINGAPURA DIPASANG CCTV.

    BalasHapus
  7. Jagan takut, ama singa pura, sebenarnya ia lebih pantas d blng tikus pura, karana negara itu melindungi koruptor dr indonesia, kalo betingkah anehh2 tembak aja :-t

    BalasHapus
  8. Singap jelas menjadi potensial ancaman terdekat NKRI, kita hrs mulai berani/menerima yg pahit dg hubungan dg Singap dan kita sdh dipojokkan dg Singap baik dr ekonomi maupun dr militer. Mudah2 an ini mrpk tonggal perubahan sejarah kedepan NKRI...........................................

    BalasHapus