Senin, Desember 09, 2013
0
SURABAYA-(IDB) : Naval Base Open Day (NBOD) Tahun 2013 diselenggarakan oleh Koarmatim hari Minggu tanggal 8 Desember 2013. Even ini dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Armada RI, yang acara puncaknya telah dilaksanakan pada tanggal 5 Desember baru  lalu. 

Pangkalan TNI Angkatan Laut terbesar di Indonesia yang bermarkas di Ujung, Surabaya ini dibuka untuk masyarakat umum. Pada saat Naval Base Open Day, masyarakat  diperbolehkan untuk mengunjungi dan masuk ke Markas Komando Koarmatim serta naik ke kapal-kapal yang sandar di dermaga di Koarmatim.

Selain itu, masyarakat juga dapat menyaksikan pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki TNI AL, bazar, BMX Free Style, joged Cesar oleh ribuan prajurit TNI AL dan pangung hiburan yang dimeriahkan oleh Grup Band Wali. Tidak itu saja, masyarakat juga bisa mengikuti lomba yang digelar oleh panitia, yaitu lomba lari 10 K, serta acara Gowes Bareng (Fun Bike) yang rencananya akan dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio dengan finish di Koarmatim. Lomba lari 10 K mengambil route start di Balai Kota Surabaya-Jl. Walikota Mustajab- Jl. Genteng Kali-Jl. Bubutan-Jl. Kebon Rojo-Jl. Stasiun Kota-Jl. BunguranJl. KH. Mas Mansyur-dan finish di Koarmatim dengan memperebutkan hadiah utama berupa uang tunai Rp.10.000.000,-.

Sedangkan Fun Bike start di parkir Grand City Mall-Jl. Pemuda-Jl. Panglima Sudirman-Jl. Basuki Rahmad-Embong Malang-Jl. Blauran-Jl. Bubutan-Jl. Indrapura-Jl. Perak Barat-Jl.Jakarta-Jl. Hang Tuah-Koarmatim menempuh jarak sekitar 13 Km. 

Banyak hadiah yang disediakan oleh panitia, diantaranya 10 unit sepeda MTB, lemari es, mesin cuci, TV, Tablet PC, 5 unit Motor dan Grand Prize berupa satu unit mobil Honda Brio. Untuk mendapatkan hadiah menarik tersebut, para peserta gowes harus membeli tiket sebesar Rp.15.000,- dan akan diundi setelah finish.

Tujuan utama dari even Naval Base Open Day ini adalah untuk mendekatkan TNI khususnya TNI AL kepada Masyarakat luas. Mungkin selama ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui sistem senjata yang dimiliki oleh TNI AL, atau bahkan belum pernah tahu rasanya naik Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), saat inilah masyarakat umum diberikan kesempatan untuk menyaksikan sistem senjata apa saja yang ada di TNI AL dan diijinkan untuk merasakan canggihnya naik Kapal Perang yang dibeli dari uang rakyat tersebut.




Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar