Senin, Desember 16, 2013
22
Kunjungan Kasal Laksamana Marsetio ke Galangan Kapal Severnaya Verf  Saint Petersburg - Rusia September 2013, melihat Korvet 20380 Steregushchy
Kunjungan Kasal Laksamana Marsetio ke Galangan Kapal Severnaya Verf Saint Petersburg – Rusia September 2013, melihat Korvet 20380 Steregushchy

MOSCOW-(IDB) : Kantor Galangan Kapal Severnaya Verf (Northern Shipyard) Saint Petersburg – Rusia mendapat kunjungan dari pejabat teras TNI AL yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Marsetio, 20 September 2013.


Dalam kunjungan ini Kasal Laksamana Marsetio melihat kemampuan line-produksi dari galangan pembuat kapal perang Severnaya Verf, termasuk pengerjaan dinding dermaga modern yang dimiliki mereka.

kasal-Strereguschy-2
Kunjungan Kasal Laksamana TNI Marsetio ke Galangan Kapal Severnaya Verf, pembuat Korvet 20380 Stereguschchy, Saint Petersberg, Rusia.

Rombongan KASAL juga menyaksikan presentasi dari Direktur Jenderal Galangan Kapal Severnaya Verf, A.V.Ushakova, serta Kepala Desain Korvet 20380. Mereka mempresentasikan korvet I.N.Ivanova TTX tipe “Guarding”.


Korvet 20380 didisain oleh Central Marine Design Bureau “Almaz”, sebagai kapal perang multipurpose zona maritim, untuk berperang menghadapi kapal permukaan, kapal selam serta menyediakan pertahanan udara dan artileri untuk operasi pendaratan pasukan maupun serangan amphibi.
Seluruh Kepala Staff Angkatan, TNI AD, AU dan AL tahun 2013 adalah peraih  trophy Adi Makayasa (lulusan Akmil terbaik), termasuk Laksamana TNI Marsetio
Seluruh Kepala Staff Angkatan, TNI AD, AU dan AL tahun 2013 adalah peraih trophy Adi Makayasa (lulusan Akmil terbaik), termasuk Laksamana TNI Marsetio

Proyek 20380 Steregushchy
 
Korvet 20380 class dibangun galangan kapal JSC Severnaya Verf dan Amur Shipbuilding Plant untuk Angkatan Laut Rusia. Korvet 20380 dimaksudkan untuk menggantikan korvet Grisha Class, untuk patroli pantai, pengawalan dan operasi perang anti-kapal selam (ASW).


Korvet 20380 pertama diberi nama Steregushchy dan diproduksi bulan Desember 2001 serta diluncurkan Mei 2006. Korvet 20380 Steregushchy mulai ujicoba laut pada bulan November 2006 dan bergabung dengan Armada Baltik Rusia, November 2007.

Korvet  20380 Steregushchy Class  buatan Galangan kapal  JSC Severnaya Verf, Rusia
Korvet 20380 Steregushchy Class buatan Galangan kapal JSC Severnaya Verf, Rusia

Korvet kedua 20380 class bernama Soobrazitelny, diproduksi Mei 2003 dan diluncurkan pada bulan Maret 2010 dan mulai digunakan Angkatan Laut Rusia pada bulan Juli 2011.


Korvet ketiga, bernama Boyky diproduksi bulan Juli 2010, diluncurkan April 2011 dan beroperasi di militer Rusia tahun 2013.

Sovershenny diproduksi Juni 2006 dan diharapkan dapat diluncurkan pada tahun 2013 untuk commissioning pada tahun 2014. Stoyky diproduksi bulan November 2006, diluncurkan pada Mei 2012 untuk commissioning pada tahun 2013. Pembangunan kapal keenam dari Korvet 20380 Class diberinama, Gromky dan dimulai pada Februari 2012.


Pada bulan Juni 2011, United Shipbuilding Corporation (USC) menandatangani kontrak dengan eksportir resmi persenjataan Rusia Rosoboronexport, untuk memasok dua korvet Tiger Kelas untuk Aljazair Navy. Tiger Class adalah varian ekspor korvet Steregushchy Class.

Korvet  20380 Steregushchy Class, Rusia
Korvet 20380 Steregushchy Class, Rusia

Fitur Desain Steregushchy Class
 
Steregushchy Kelas dirancang oleh Biro Desain Pangkalan Utama Angkatan Laut Almaz. Corvette ini menggabungkan lambung baja, komposit dan suprastruktur bulbous bow. Bagian hull kapal dibagi menjadi sembilan subdivisi kedap air.


Desain siluman secara signifikan mengurangi jejak radar kapal. Sistem akustik kapal, infra-merah, magnetik dan jejak visual juga dikurangi dengan menggabungkan teknologi siluman dalam pembangunan kapal perang .


Steregushchy Class memiliki panjang 105 meter, lebar 13 m dan draft 3.7m. Kapal dengan muatan penuh 2100 ton ini, dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 27 knot. Steregushchy mengangkut 100 personel, termasuk kru pemeliharaan helikopter.


Command And Control Systems
 
Korvet Steregushchy Class dilengkapi sistem manajemen informasi tempur “Sigma”. Sistem ini mengumpulkan informasi dari radar dan sensor dan menyediakan keadaaan situasional secara real-time. Sistemnya juga memungkinkan kapal untuk bertukar informasi intelijen dengan unit angkatan laut lainnya dalam pertempuran kelompok.


Senjata Dan Rudal Steregushchy Kelas
 
The Steregushchy Class dipersenjatai kombinasi sistem rudal, termasuk rudal Kh-35 dan Rudal 3M-54 Klub. Dua sistem anti-pesawat on-board Kashtan untuk close-in air defence terhadap: rudal anti-kapal, pesawat dan target permukaan kecil. Mulai dari korvet Soobrazitelny, kapal-kapal baru di kelas ini, sedang dipersenjatai dengan REDUT-K SAM system, menggantikan di Kashtan sistem .


Senjata utama di depan dipasang Arsenal A- 190 100mm naval gun. Dua CIWS otomatis enam laras 30mm jenis AK-630M, juga terpasang di kapal.


CIWS AK-630M dapat menembakkan 5.000 peluru/menit untuk jangkauan maksimum 5.000 meter. Steregushchy dilengkapi tabung torpedo 2×4 E/NK antitorpedo missile.
CIWS Korvet 20380 Steregushchy
CIWS Korvet 20380 Steregushchy

Sensor/Radar Dan Helikopter Deck
 
Peralatan sensor dilengkapi: Furke-E 3D, E/F band air search radar, Garpun-B/3Ts-25E/Plank Shave surface search radar, Hot Flash radar, Ratep 5P-10E Puma fire control radar and a Monument targeting radar. Korvet ini juga dilengkapi Zarya-ME sonar suite dan Vinyetka-EM towed sonar array.


Steregushchy Class memiliki dek helikopter di buritan dan hanggar, untuk mendukung operasi dari helikopter Ka-27 untuk pengintaian dan misi anti-kapal selam.


Countermeasures And Propulsion
 
Peralatan Countermeasures mencakup sistem ECM TK-25E-5 dan PK-10E decoy sistem. TK-25E-5 dapat menekan/mereduksi radar akusisi target udara dan permukaan, radar pengendalian tembakan serta radar pencari anti-ship missile (ASM).


Sistem Decoy PK-10E dilengkapi sistem peluncuran KT-216-E, dengan cara menembakkan 50 butir AZ-SO-50/AZ-SOM-50 untuk menipu radar dan optik rudal musuh.
Persenjataan Korvet/ Frigate Steregushchy Class
Persenjataan Korvet/ Frigate Steregushchy Class

Empat mesin diesel 16D49 menghasilkan daya output total 23.320 hp dan 4 set diesel on-board menghasilkan 2.520 kW listrik untuk penerangan kapal. Mesin dipasang pada platform teredam dan diesel gen-set di dek kedua untuk mengurangi kebisingan kapal.


Sistem propulsi menyediakan kecepatan maksimum 27kt dan daya jelajah 4.000 mil pada kecepatan 14kt. Steregushchy memiliki kemampuan operasi 15 hari, tanpa mengisi ulang logistik.
Kita berharap kunjunga
n petinggi TNI AL bukanlah untuk membeli Steregushchy atau Tiger Class (export), melainkan mengajak Galangan Kapal Severnaya Verf Rusia, untuk bekerjasama membangun Frigate Nasional yang sudah berjalan dengan DSNS Belanda. 




Sumber : JKGR

22 komentar:

  1. Mudah-mudahan aja terwujud kerjasamanya. . .mantap ne fregate rusky. . .

    BalasHapus
  2. Kerjasama dg russia perlu trs ditingkatkan,...walau russia pun punya kepentingan tapi tetap akan jauh lebih baik bila kita bekerjasama dg russia,beda dg barat dan antek2nya karena sifat kolonialnya masih melekat erat dibenaknya yg rakus suber daya alam..... ...tapi semua kejayaan barat akan segera berakhir sesuai dg hukum alam karena tdk ada keabadian didunia fana ini...

    BalasHapus
  3. sigma rasa Steregushchy. ato bisa jadi bener bener akan akuisisi Steregushchy class. bisa jadi beberapa sistem persenjataan bisa diaplikasikan di kcr 60 pt pal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PREEEETTT,....MUSTAHIL SELAMA ANTEK AMRIK MASIH BERCOKOL DI NEGRI INI,....BUBARKAN DULU KOMNAS HAM TANGAN PANJANG NYA AMRIK

      Hapus
    2. HILANGKAN KETIDAK ADILAH DULU DINEGERI INI,,,MAKA KOMNAS HAM DAN ANTEK BARAT TIDAK AKAN BISA BERJAYA ,,, SELAMA KETIDAK ADILAH MASIH ADA,,, MAKA SELAMA ITU PULA ANTEK BARAT AKAN BERJAYA,,,

      Hapus
  4. sulit brooo....kita kalah cepat ama vetnam yg baru merdeka ke maren ,contoh pengadaan kapal fregat vetnam menolak mentah 2....tawaran bae sytem corvet nah koda ragam dan langsung beralih ke russia hasilnya luar biasa , vetnam langsung memesan 3 buah real fregat 2 buah di bangun di rusia 1 buah lagi fregat di bangun di produksi galangan kapal vetnam . sedangkan kita nkri cukup nah koda ragam yg penting upeti komisi lancar itu pesan ibu negara .

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan nuduh lah ,,, kecuali anda berani terang-terangan dan punya bukti ,,, jangan2 kamu antek BARAT yaa? yang tidak suka SBY melarang Freeport dan New Mount mengirim bahan mentah hasil tambang kenegeri mereka?
      kamu dibayar berapa oleh Mister BARAT ???

      Hapus
    2. kami bicara fakta bukan garang negaramu negaraku sudah di kuasai maling bersimpel barat . ini bukan fitnah tukar guling dari migas sampai freeport apqkah saya pelakunya ?..... aturannya anda prihatin kok malah kruptor anda bella anda atau saya penjilat negara ??.... hanya waktu yg bicara faktanya kesana . kami pilih mati di di ujung pelor dari pada jadi penghianat !!!!!

      Hapus
    3. hasil esport migas ibu negara lewat tangan mentri energi menyurati BI tidak boleh di simpan dalam negeri madsudnya apa itu ? .....newmont ulah siapa mau di jual ke abr ? ...hehe.....malah bumn ada larangan kerras dari istana di akusisi new mout . lagi 2.... madsud apa itu ?.... hehe...lagi brooo.....ano 13.53 bicara mirip tikus gumpet di kali ,anda buta tuli negara mu di sudah kuasai maling gaku 2... badman .

      Hapus
    4. halah sama2 pengecut...kalo berani jgn pake anonim tp tunjukkan siapa kamu..

      Hapus
  5. Jgn salahkan barat karena petinggi kita masih senang korupsi..yg jual negri kita siapa sebenarnya..??? ya petinggi korup kita

    BalasHapus
  6. LAH SEMUA KOK PADA BERTENGKAR SENDIRI, AYO SELAMATKAN NEGARA INI JANGAN MAU DI ADU DOMBA SESAMA KITA.

    BalasHapus
  7. Masih banyak antek garong amerika bercokol di kabinet kita. Gelar satria diganti gas minyak bumi bernilai triyulnan rupiah.emas newmot.freeport .minyak chevron .exxon. Kita dapat bekas lobang yg menganga

    BalasHapus
  8. ayoooo pancung antek antek ASU

    BalasHapus
  9. euyy..euyy....stop tengkar dan buang amarah , negeri tercinta patut kita tangisi hanya karna salah paham berakhir saling hujat .
    mudah mudahan tidak bennar apa yg di katakan saudara ano ..di atas soal ke kayaan alam yaris?..... bagus mulai besok kita kibarkan bendera setegah tiang sebagai tanda bela sungkawa akibat rakus nya tuan demang .

    BalasHapus
  10. sikit teaenggol lalu nak fight sama negara orang,sesama bangsa pun tak sepaham boleh begadoh selarat macam anjing anjing berebot makanan,macam tak de lagi perkara yang lebih mulia untok di perbincangkan,akhlak tak lagi mulia kerana dah dikuasai nafsu..hidop bkn lagi nak cari pahala kerana hati dah membatu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon d larang bacot di mari...
      napa tempat lu??? kagak d update" ya,,,
      ndk kreatif ndk berotak donk admin lu...wkwkw

      Hapus
  11. Ni bukan begadoh pak cik, tukar pikiran dan pendapat, di negeri kami berdebat macam ni bebas dan sah-sah saja, ga ada Internal Security Act, ga ada kekang dalam jurnalisme, bebas tak de ketakutan macam di negara pak cik, kalo pak cik mau bolehlah bergabung berdebat di forum ini, ga akan kita tangkap kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon d larang bacot di mari...
      napa tempat lu??? kagak d update" ya,,,
      ndk kreatif ndk berotak donk admin lu...wkwkw

      Hapus
  12. ampun....dah , bagus nya stergus fregat class keren abis ,kapal jeniis suluman buatan beruang merah moskow . patut segera di akusisi untuk menggantikan corvet buatan jerman timur harusnya ke sena sih....bertindak cepat buat keselamatan negara bakal menuai pujaa puji dari rakyat . kapan lagi kalau bukan sekarqng mederen sasi korvet 2... sudah usur harus ada kebijakan cepat biokrasi di pangkas karna bikin kapal perang baru butuh waktu lama sekali .

    BalasHapus
  13. hmmm stereguchy hampir sama aja sama sigma....pada dasarnya design masih cantik sigma...tapi yg dinamakan fregat itu harusnya standart senjata kayak de seven pruvicien......impian kita design sigma...panjang 150m....senjata 155 naval gun(kayak howitzer).....2 ciws,vls sam jangkauan minim 60km,...rudal minim yakhont....torpedo cita rasa skyval...radar long range smart L....

    BalasHapus
  14. Ayo pak Kemhan cepat....... meniru strategi vietnam guna pengadaan fregat nasional untuk memenuhi MEF Tni...............

    BalasHapus